Pengertian Keterampilan Menurut Ahli, Kategori dan Contoh Keterampilan

Tentu kita sudah tidak asing dengan istilah “keterampilan” bukan? Nah, keterampilan selalu disebut-sebut sebagai kemampuan yang dimiliki oleh seseorang.

Ada banyak jenis kemampuan yang dimiliki setiap orang misalnya di bidang menulis, olahraga, matematika, seni dan sederet bidang lainnya.

Nah, agar sama-sama belajar mengenai pengertian keterampilan, yuk langsung aja simak ulasan berikut!

Pengertian Keterampilan Menurut Ahli

Keterampilan ini bisa diciptakan dan dilatih, asalkan ada kemauan dan keseriusan untuk belajar. Keterampilan ini bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan.

Artinya kita dapat membuat dan melatih keterampilan dengan memperkaya diri dengan wawasan juga ilmu pengetahuan.

Adapun beberapa ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian keterampilan adalah sebagai berikut:

1). Gordon (1994)

Keterampilan menurut Gordon adalah kemampuan seseorang untuk mengoperasikan pekerjaan dengan lebih mudah dan tepat. Pendapat tentang keterampilan ini menurut Gordon lebih kepada kegiatan/kegiatan yang memiliki sifat psikomotorik.

2). Muzni Ramanto, Soemarjadi dan Wikdati Zahri (1991:2)

Kata keterampilan dapat disamakan dengan kata ketangkasan. Orang yang dapat dikatakan sebagai orang yang terampil adalah orang yang sedang mengerjakan atau juga menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan benar.

Namun, jika orang tersebut melakukan atau menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat tetapi hasilnya tidak sesuai dalam arti yang salah, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan sebagai orang yang terampil.

Jika orang tersebut dapat melakukan pekerjaan dengan benar dan sesuai dengan apa yang diperintahkan. Meskipun lambat dalam menyelesaikannya, maka orang tersebut dapat dikatakan sebagai orang yang terampil.

3). Nadler (1986)

Menurut Nadler, keterampilan ini harus dilakukan dengan latihan sebagai kegiatan pengembangan.

4). Dunette (1976)

Dunette menyatakan bahwa keterampilan ini adalah pengetahuan yang diperoleh dan dikembangkan. Melalui latihan atau pelatihan dan pengalaman dengan melakukan berbagai tugas.

5). Hari Amirullah

Menurut Hari Amirullah, istilah “terampil” juga dapat diartikan sebagai perbuatan atau tugas.

Kategori Keterampilan

Robbins mengemukakan pendapatnya bahwa keterampilan ini terbagi menjadi 4 kategori. Adapun penjelasan dari keempat kategori tersebut adalah sebagai berikut:

1). Basic Literacy Skill

Merupakan keterampilan dasar yang dimiliki oleh setiap orang. Misalnya seperti menulis, membaca, mendengarkan, atau juga kemampuan berhitung.

2). Keterampilan Teknis

Merupakan keterampilan yang diperoleh melalui pembelajaran di bidang teknis. Misalnya menggunakan komputer, memperbaiki ponsel, dan sebagainya.

3). Interpersonal Skill

Merupakan keahlian setiap orang dalam berkomunikasi satu sama lain. Misalnya seperti mengutarakan pendapat dan bekerja sama dalam tim.

4). Problem Solving

Merupakan keahlian seseorang dalam memecahkan suatu masalah dengan menggunakan logika. Dimana orang tersebut secara potensial dapat diterapkan untuk memecahkan suatu masalah yang didukung oleh kemampuan berpikir logis seseorang.

Contoh Keterampilan

Setelah memahami pengertian dan jenis keterampilan, tentu yang menjadi pertanyaan besar adalah contoh dari keterampilan itu sendiri. Nah, keterampilan dapat dicontohkan sebagai berikut:

1). Kemampuan untuk bekerja dibawah tekanan

Seiring dengan perkembangan zaman khususnya dalam dunia kerja yang seringkali menuntut kemampuan pekerja untuk dapat bekerja dibawah tekanan.

Dalam hal ini yang dimaksud dengan kemampuan bekerja di bawah tekanan adalah sikap yang tetap menunjukkan ketenangan dalam menghadapi krisis atau masalah di tempat kerja.

Contoh nyata bekerja dengan tekanan yang sering ditemui adalah ketika perusahaan telah menentukan target yang telah ditentukan setiap hari atau setiap minggu.

Karyawan dituntut untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan target yang telah ditentukan dengan tetap tenang dan mampu mencapai target yang diinginkan, bahkan dalam keadaan darurat yang tidak kondusif.

2). Kepemimpinan

Di semua bidang kehidupan yang berbeda terutama di lingkungan kerja dan organisasi sosial, sangat penting untuk menerapkan keterampilan kepemimpinan.

Secara khusus dalam hal pekerjaan, kepemimpinan adalah keterampilan potensial dalam memegang posisi atau jabatan tertinggi sebagai pemimpin.

Dengan menunjukkan kemampuan untuk mengatur, mengkoordinasikan, dan memotivasi anggota tim secara optimal.

3). Kemampuan komunikasi yang baik

Selanjutnya keterampilan lain yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Dalam hal ini, keterampilan komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi lisan dan tulisan.

Keterampilan komunikasi yang baik merupakan contoh kemampuan yang berperan penting dalam segala aspek kehidupan.

Komunikasi erat kaitannya dengan proses interaksi yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Dalam struktur sosial yang meliputi berbagai bidang, diperlukan komunikasi dalam penyampaian aspirasi, gagasan, pemikiran, serta kebutuhan akan percakapan antar sesama dalam kehidupan bermasyarakat.

Sehingga keterampilan komunikasi yang baik sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan perlu dikembangkan secara optimal.

4). Keterampilan negosiasi dan persuasi yang baik

Dalam bidang pekerjaan khususnya yang berkaitan dengan ranah perusahaan, sangat dibutuhkan kemampuan negosiasi dan persuasi.

Kemampuan bernegosiasi adalah kemampuan merumuskan dan merundingkan kebijakan. Baik dengan pihak internal perusahaan maupun dengan klien atau pihak eksternal perusahaan.

Sedangkan kemampuan persuasi menunjukkan kecakapan dalam hal membimbing atau mengarahkan visi dan misi yang hendak dituju.

Selain itu juga mengajak pihak-pihak perusahaan terkait untuk berperan aktif memajukan atau mengembangkan perusahaan dengan sejumlah rencana dan gagasan yang telah dirumuskan.

Sehingga dalam menjalankan sebuah perusahaan, kemampuan negosiasi dan persuasi yang baik merupakan komponen penting. Berperan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan, serta tujuan bersama yang saling menguntungkan.

Sebagian besar individu menyadari sepenuhnya keterampilan yang dimilikinya, namun ada pula yang tidak menyadari keterampilan yang merupakan potensi yang ada dalam dirinya.

Contoh berbagai keterampilan yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain keterampilan memasak, keterampilan menjahit, keterampilan menulis, keterampilan menyanyi dan masih banyak lagi.

Demikian artikel kami mengenai pengertian keterampilan menurut ahli, kategori dan contoh keterampilan.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai keterampilan. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Buih Jadi Permadani – Zinidin Zidan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Manusia Biasa – Radja

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

BUKTI Lain Kedekatan Kaesang dan Erina Gudono, Jalan Bareng Jokowi Seolah Sinyal Restu, Nasib Nadya?

Erina Gudono ramai menjadi perbincangan setelah kepergok dirangkul Kaesang Pangarep. Belakangan diketahui finalis Puteri Indonesia 2022 itu sudah pernah jalan…

Lirik Lagu Tanpo Tresnamu – Denny Caknan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Harga Mobil Honda Civic Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Lirik Lagu Jangan Salah Menilai – Tagor Pangaribuan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lowongan Kerja Kimia Farma

Dikutip dari rekrutmen.kimiafarma.co.id diinformasikan Kimia Farma Group membuka lowongan kerja untuk sejumlah posisi di beberapa anak cucu perusahaan. Adapun beberapa…

Lirik Lagu Selalu Cinta yang Dinyanyikan oleh Kotak

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

BPOM Gerebek Pabrik Tahu yang Pakai Bahan Pengawet Mayat dan Tidak Higienis, Bisa Produksi 2,5 Ton Tahu dan Diedarkan di Pasar Tangerang dan Jakarta serta Bogor

Tahu adalah salah satu makanan favorit di tanah air. Saat ini, banyak olahan tahu yang dijual, yang paling banyak adalah…

Lirik Lagu Rondo Kempling – Fendik Adella

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…