Pengertian Kerjasama, Jenis-Jenis dan Manfaat Kerjasama

Subtitle goes here

By:

Agustus 31, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pernahkah kamu melakukan kerja sama? Atau mungkin saat ini kamu juga sedang melakukan kerja sama?

Sebab pada hakikatnya, kerja sama ini sangat dekat dengan kehidupan kita ya… Nah, untuk lebih mengetahui apa itu kerjasama, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Kerjasama

Kata kerja sama secara harafiah dapat diartikan sebagai bentuk usaha bersama antara individu. Tak hanya bagi individu, biasanya juga terjadi dalam kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Kerjasama sendiri memungkinkan untuk terjalin apabila dua individu yang sedang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama. Disertai pula dengan kesadaran untuk bekerjasama dan mencapai tujuan tersebut.

Interaksi kerja sama ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Kerjasama sendiri dapat tercipta dengan sempurna jika dua individu akan saling bahu-membahu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sebab jika menilik dari definisi kerjasama sendiri, juga dapat diartikan sebagai bentuk interaksi sosial dengan sifat asosiatif. Hanya akan terjadi ketika ada sebuah kelompok masyarakat yang memiliki pandangan bersama dan tujuan untuk mewujudkannya bersama.

Pentingnya Kerjasama

Setelah memahami pengertiannya, yang menjadi pertanyaan adalah apa pentingnya kerja sama itu? Memang ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulutentang pengertian dari kerjasama.

Agar lebih mudah dipahami, kita kerucutkan saja hal ini menjadi kerja sama dalam bisnis ya. Dimana pengertian kerjasama dalam bisnis sendiri adalah pengaturan kemitraan saling menguntungkan.

Demia terjadinya, harus dilakukan secara sukarela oleh dua bidang usaha atau lebih. Sebab kerjasama akan menjadi hal yang menguntungkan, sebab suatu permasalahan besar akan menjadi lebih ringan jika dikerjakan bersama-sama.

Tidak hanya soal mencari dana saja, beberapa pebisnis lebih suka menjalin relasi yang menguntungkan dengan sesama kompetitor. Dimaksudkan sebagai pencegahan persaingan yang memusingkan, akan jauh lebih baik saling melengkapi hal-hal yang tidak dimiliki.

Kerja sama juga sangat diperlukan saat keadaan darurat. Misalnya seorang suplier sayuran yang pada suatu hari ia kehabisan stok, ia bisa mencari sayur ke suplier lain.

Jenis – Jenis Kerjasama

Dari manfaat kerjasama, juga akan dapat menghadirkan ragam jenis dari kerjasama. Dalam hal ini baik dilakukan oleh individu ataupun kelompok yang sepakat akan melakukan kerjasama.

Nah, dari kerjasama inilah tercipta jenis-jenis yang akan disepakati. Adapun beberapa jenis-jenis kerjasama yang umum dilakukan dalam dunia bisnis diantaranya adalah:

Bagi Hasil

Jenis kerjasama bagi hasil ini masuk dalam kategori memberikan manfaat dalam bentuk bisnis yang paling sederhana. Sebab jika melihat dalam dunia kemitraan, sistem bagi hasil dan biasanya masih marak dilakukan oleh pelaku bisnis kecil.

Contoh sederhananya ketika kamu mengajak orang lain seperti saudara atau sanak keluarga atau teman untuk menjadi pemodal. Dimana ketika kamu berhasil mengolah modal tersebut, pembagian hasil nantinya akan diatur bersama sesuai kesepakatan di awal.

Membuat Peluang Usaha

Selanjutnya adalah bermanfaat dalam membuat peluang usaha. Hal ini juga dikenal dengan Business Oportunity yang menawarkan keuntungan pada orang lain, bisa juga badan usaha yang menjalankannya.

Contoh dekatnya dapat kita lihat ketika penulis yang menerbitkan buku. Kemudian si penulis akan mengajak kerjasama orang-orang disekelilingnya untuk membantu menjualkannya.

Build, Operate and Transfer (BOT)

Jika kerja sama sebelumnya merujuk pada linkup kecil, jenis satu ini bisa dikatan lebih besar. Dimana kenis kerjasama ini dipakai untuk menghasilkan manfaat kerjasama dalam bisnis properti.

Sistem BOT sendiri harus mengandalkan kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah, tak lain untuk diajak kerjasama. Selanjutnya tanah tersebut akan dioperasikan untuk membangun usaha dalam jangka waktu tertentu.

Joint Venture

Joint venture ialah sistem patungan, yang demi mencapai tujuannya harus dilakukan oleh beberapa orang. Keuntungan dari sistem ini hadir dari kesepakatan pembagian resiko.

Sistem joint venture termasuk dalam kegiatan pemodal asing. Sistem ini nyatanya juga sudah diatur oleh pemerinah dengan hasil sangat menguntungkan, antara lain:

a). Memperoleh modal dari Asing

b). Memperoleh lebih banyak pengalaman, dikarenakan kesempatan untuk bisa mempelajari menejemen mereka

c). Memiliki kemampuan untuk menembus pasar luar negeri

d). Akses pihak asing menembus sumber lokal akan jadi jauh lebih mudah

e). Menggunakan mitra lokal, pihak asing akan lebih mudah menjangkau pasar domestic

Manfaat Kerjasama

Selain menghadrikan keterikatan dalam dunia bisnis, masih banyak segudang manfaat kerjasama. Sebab kerjasama juga akan mempengaruhi banyak aspek yang akan dirasakan oleh kedua pihak individu.

Bisa juga kelompok yang memang sedang saling mempererat hubungan mereka dalam pekerjaannya. Adapun beberapa manfaat dari adanya kerjasama antara lain:

  • Meningkatkan rasio demi mampu mencapai suatu keuntungan.
  • Meningkatkan kesatuan dan persatuan dalam suatu negara sebagai bangsa yang rukun dalam kerja sama.
  • Menciptakan ruang saling mengenal satu sama lain antara pihak yang melakukan kerja sama.
  • Sebagai sarana untuk mengemukakan opini dan juga pendapat yang kondusif.

Demikian artikel kami mengenai kerja sama yang mengulas mulai dari pengertian, pentingnya, jenis dan manfaat kerja sama. Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan baru mengenai kerja sama. Terimakasih sudah singgah.

0 Comment

Comments closed.