Pengertian Kemampuan Menurut Ahli, Konsep dan Contoh Manifestasi dari Kemampuan

Kemampuan individu sering dipertanyakan, baik dalam keadaan formal maupun non formal.

Berasal dari kata mampu, memiliki arti yang lebih dalam tentang kemampuan seseorang untuk melakukan suatu tindakan. Agar sama-sama belajar, lengkapnya yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Kemampuan Menurut Ahli

Kemampuan atau ability selalu dikaitkan dengan seberapa baik seseorang dapat melakukan sesuatu. Potensi tidak jarang merupakan kata yang berkesinambungan dengan kemampuan itu sendiri.

Karena keduanya merupakan dasar dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan atau tindakan. Tanpa kemampuan dan potensi kita sebagai individu tidak dapat berbuat apa-apa.

Untuk itu, kita perlu mengasah kemampuan dan potensi yang kita miliki agar apa yang kita lakukan bisa maksimal.

1). Soehardi (2003:24)

Kemampuan seseorang akan ikut menentukan perilaku dan hasil. Kemampuan atau kesanggupan adalah bakat yang melekat pada diri seseorang untuk melakukan suatu kegiatan fisik atau mental yang diperolehnya sejak lahir, dipelajari dan dari pengalaman.

2). Stepen P. Robbins (dalam Organizational Behavior (2003:52))

Sedangkan menurut Stepen P. Robbins dalam bukunya Organizational Behavior mengatakan bahwa kemampuan adalah kapasitas individu untuk melaksanakan tugas dalam pekerjaan tertentu.

3). Soelaiman (2007:112)

Kemampuan adalah suatu sifat bawaan atau terpelajar yang memungkinkan seseorang menyelesaikan pekerjaannya, baik mental maupun fisik. Karyawan dalam suatu organisasi, meskipun termotivasi dengan baik. Tidak semua memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik.

Nah, kemampuan dan keterampilan memainkan peran utama dalam perilaku dan kinerja individu. Keterampilan adalah keterampilan yang berkaitan dengan tugas-tugas yang dimiliki dan digunakan seseorang pada waktu yang tepat.

4). Robert Kreitner (2005:185)

Menurut Robert Kreitner, yang dimaksud dengan kemampuan adalah karakteristik. Tepatnya karakteristik stabil yang berkaitan dengan kemampuan mental fisik maksimal seseorang.

5). Stephen P. Robins (2006, 46)

Kemampuan adalah kapasitas individu untuk melaksanakan berbagai tugas dalam pekerjaan tertentu. Semua kemampuan yang dimiliki seorang individu pada hakikatnya terdiri dari dua perangkat faktor, yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

6). Mc Shane dan Glinow dalam Buyung (2007:37)

Kemampuan merupakan bakat alami dan kemampuan yang dipelajari yang diperlukan untuk berhasil menyelesaikan suatu tugas. Kecerdasan adalah bakat alami yang membantu karyawan mempelajari tugas-tugas tertentu lebih cepat dan melakukannya dengan lebih baik.

Konsep Kemampuan

Makna kemampuan sebagai suatu konsep dalam kehidupan masyarakat tidak terlepas dari mekanisme evaluatifnya untuk memperbaiki diri dalam contoh kelompok sosial.

Oleh karena itu, konsep yang diterapkan dalam kapabilitas ini adalah sebagai berikut:

1). Keberadaan

Tahapan dalam kemampuan yang diperoleh seseorang akan dimulai dari keberadaannya di tengah-tengah kehidupan.

Hal ini dapat dicerminkan dalam tanggung jawab fungsional, misalnya dalam menjalankan tugas seseorang akan melakukan tindakan sesuai dengan kapasitasnya.

Tindakan ini contohnya dilakukan pada suatu perusahaan atau kantor pemerintahan tertentu.

2). Melakukan

Dalam upaya menjelaskan kemampuan seseorang, langkah selanjutnya adalah melaksanakan tindakan yang sesuai dengan ajaran yang diberikan.

Inilah pentingnya kemampuan untuk terus belajar lebih baik agar apa yang dilakukan membuahkan hasil yang maksimal.

Contoh Manifestasi dari Kemampuan

Sebagai dasar dalam diri kita, kemampuan memberi kita kesempatan untuk berusaha dan berusaha mencapai sesuatu. Adapun contoh manifestasi dari kemampuan tersebut, misalnya;

1). Kemampuan Analisis

Contoh masalah sosial yang sedang berkembang di Indonesia misalnya tentang kemiskinan, ketimpangan, ketimpangan sosial, dan pembangunan sumber daya manusia.

Jadi dari kajian masalah, kemampuan seseorang untuk mengkonseptualisasikan tidak seharusnya didasarkan pada pendapatan rendah dan kebijakan yang tidak tepat.

Namun lebih dari itu, merupakan perampasan kebebasan oleh berbagai elemen untuk merebutnya. Realisasinya, seperti adanya pemahaman tentang kemiskinan dalam kehidupan masyarakat, menyebabkan rendahnya pendidikan, kesehatan yang buruk dan pola hidup yang tidak sehat.

Hal ini terjadi karena kemampuan yang mereka miliki tidak dapat berjalan sesuai harapan karena mereka sendiri berada dalam dogma orang-orang yang meminimalkan mereka untuk berkembang.

2). Kemampuan Intelektual

Konsep yang dapat menjelaskan kemampuan lain adalah adanya contoh kemampuan intelektual yang terjadi pada seseorang yang lebih mampu memahami sekaligus. Misalnya dengan belajar matematika dengan perhitungan dibandingkan dengan bahasa Indonesia.

Dimana, seseorang yang memiliki kecenderungan seperti pada hakekatnya dapat dimaksimalkan dengan lebih mengatur rasionalitas kemampuannya di masa depan atau memilih jurusan kuliah di bidang ekstasi.

Dengan adanya kemampuan berpikir maka tindakan yang akan dilakukan akan terarah dan dapat bekerja dengan efisien karena tentunya manusia tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan fisik untuk melakukan sesuatu. Kemampuan intelektual juga dapat diukur melalui IQ yang menunjukkan seberapa cerdas seseorang.

3). Kemampuan Fisik

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan berpikir harus dibarengi dengan kemampuan fisik. Kita dapat menggunakan kemampuan fisik untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan stamina dan energi.

Kunci kemampuan seperti yang disebutkan dalam definisi kemampuan di atas terletak pada kemauan dan sikap optimis yang selalu ada dalam pikiran

Setiap individu dapat melihat seberapa besar kemampuan yang dimilikinya dengan melakukan penilaian terhadap keterampilan yang dimilikinya.

Latihan praktis akan memberi gambaran bagaimana kemampuan dapat dioptimalkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

4). Kemampuan Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah seni, fungsi, proses dan kemampuan untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang dengan cara ketaatan. Didalamnya terdapat kepercayaan dan kesetiaan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan maksud dan tujuan yang telah ditetapkan.

Istilah kepemimpinan sendiri berasal dari bahasa Inggris serapan yang berarti leadership. Kata kepemimpinan memiliki kata dasar leader yang berarti pemimpin, serta kata to lead yang keduanya mengandung beberapa arti yang berkaitan.

Yaitu bergerak lebih awal, berjalan lebih awal, mengambil langkah pertama, bertindak terlebih dahulu, memimpin dan mengarahkan pikiran orang lain.

Secara garis besar, kepemimpinan atau leadership adalah proses mempengaruhi orang untuk memahami dan menyetujui apa yang perlu dilakukan secara efektif. Termasuk proses untuk memfasilitasi individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama.

Kepemimpinan juga merupakan suatu kemampuan untuk menggerakkan, memotivasi, dan mempengaruhi orang agar bersedia melakukan tindakan yang diarahkan untuk mencapai tujuan melalui keberanian mengambil keputusan tentang kegiatan yang harus dilakukan.

Biasanya keterampilan kepemimpinan dimiliki oleh orang-orang yang memegang jabatan penting atau menduduki jabatan strategis dalam sistem dan hierarki pekerjaan dan tanggung jawab dalam suatu organisasi.

Berhasil tidaknya suatu organisasi ditentukan oleh kepemimpinannya dalam memimpin organisasi tersebut, bahkan maju mundurnya suatu organisasi seringkali diidentikkan dengan perilaku kepemimpinan para pemimpinnya.

Demikian artikel kami mengenai pengertian kemampuan menurut ahli, konsep dan contoh manifestasi dari kemampuan.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai kemampuan. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

15 Tempat Wisata di Bangkalan yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangkalan memang menjadi salah satu kabupaten yang cukup terkenal, karena jika Anda melintasi Jembatan Suramadu maka Kabupaten Bangkalan adalah…

‘Masih Bisa Saya Toleransi’ Haji Faisal Santai, Tak Masalah Kalau Fuji Dugem dengan Thariq Halilintar

Haji Faisal ayah Fuji menanggapi gosip tak sedap yang belakangan menimpa putrinya dan Thariq Halilintar. Gosip beredar belakangan menyebut Fuji…

Harga Pertalite di Malaysia Cuma Rp Rp6.780, Ini Alasan BBM Murah di Negeri Jiran

Jika di Indonesia BBM tengah jadi polemik nasional, tak demikian halnya di Malaysia. Warga negara Negeri Jiran itu selama ini…

Pernikahan dengan Sule Hancur, Nathalie Holscher Kepikiran Copot Hijab

Pasca-bercerai dari komedian Sule, rupanya Nathalie Holscher sempat berniat untuk copot hijab. Diketahui, Nathalie Holscher belum lama memeluk Islam. Ia…

Pasal 173 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

15 Tempat Wisata di Kota Denpasar Bali yang Wajib Dikunjungi

Kota Denpasar memang sudah terkenal sebagai tujuan pariwisata dunia. Tak heran jika di tempat ini Anda akan menemukan banyak sekali…

15 Tempat Wisata di Flores yang Wajib Dikunjungi

Flores merupakan sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini dinamai Flores yang memiliki arti bunga dari…

Heboh Kabar Agnes Mo Berjilbab dan Peluk Agama Islam, Netizen: Tak Seperti Artis Lain, Melepas Iman Demi Cinta!

Agnes Monica alias Agnez Mo ramai diberitakan menjadi mualaf atau memeluk agama Islam. Kabar ini mencuat usai foto pelantun "Matahariku"…

11 Tempat Wisata di Cikampek yang Wajib Dikunjungi

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang mempesona. Anda dapat menemui keindahan alam hampir disetiap daerah di Indonesia. Cikampek yang merupakan…

15 Tempat Wisata di Kota Kediri yang Wajib Dikunjungi

Meski letak Kota Kediri ini berada di tengah kepungan Kabupaten Kediri, namun Kota Kediri menjadi kota terbesar ke-3 lho di…