Pengertian Kebutuhan dan Klasifikasi Kebutuhan Berdasarkan Intensitas

Tentu demi kelangsungan kehidupan sehari-hari, kita menemukan sesuatu dibutuhkan. Namun, kebutuhan sendiri juga memiliki tingkatan kepentingan.

Dimana seringkali kita merasa membutuhkan sesuatu, tetapi pada kenyataannya kita hanya menginginkannya.

Untuk itu, mari kita simak ulasan mengenai pengertian kebutuhan dan klasifikasi kebutuhan berdasarkan intensitas, waktu, sifat, sosial budaya & subjeknya berikut!

Pengertian Kebutuhan

Dalam dunia ekonomi, hal ini sering terjadi dan penting untuk diketahui apa perbedaannya. Banyak teori yang menyatakan bahwa kebutuhan merupakan hal yang mendasar dalam memenuhi kelangsungan hidup dan harus segera dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan makhluk hidup khususnya manusia merupakan faktor dasar dalam berbisnis.

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebutuhan berarti sesuatu yang diperlukan. Dengan demikian, kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dipenuhi manusia.

Bisa juga keinginan manusia yang harus dipenuhi, guna mencapai kepuasan lahir dan batin demi kelangsungan hidupnya. Kebutuhan ini dapat berupa barang atau jasa. Jika manusia dapat memenuhi kebutuhannya, maka dapat dikatakan hidupnya telah mencapai kesejahteraan.

Dalam dunia perekonomian terdapat tingkat pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Tingkatan ini adalah keinginan dan kebutuhan. Keinginan tidak mengikat dan tidak memiliki kewajiban untuk segera dipenuhi.

Keinginan lebih tambahan, ketika kebutuhan dasar telah terpenuhi. Kebutuhan adalah segala barang atau jasa yang dibutuhkan manusia untuk menunjang segala aktivitas dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya

Perlu kita ketahui bersama bahwa ternyata ada intensitas dari kebutuhan. Nah, berdasarkan intensitasnya, kebutuhan masih direduksi menjadi beberapa kelompok sebagai berikut;

Kebutuhan mutlak

Mutlak artinya harus dan tidak boleh tidak. Jadi kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

Jika kebutuhan tidak terpenuhi, individu tidak dapat bertahan hidup contohnya adalah kebutuhan makan dan minum.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer atau disebut juga dengan kebutuhan dasar adalah kebutuhan manusia untuk hidup yang layak. Kebutuhan primer, antara lain sebagai berikut:

1). Pangan merupakan kebutuhan primer yang pertama yang dapat diperoleh dengan pengolahan dari sumber hewani dan nabati.

2). Sandang termasuk dalam kebutuhan primer manusia. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari lingkungan luar, seperti sengatan matahari, cuaca dingin, serangan binatang dan juga melindungi tubuh dari keinginan atau pikiran yang tidak bermoral.

3). Papan, identik dengan rumah atau tempat tinggal yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dan tempat beraktivitas. Papan merupakan kebutuhan primer, meskipun dimiliki sendiri atau disewa dari pihak lain.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang muncul apabila semua kebutuhan primer telah tercukupi. Setiap individu memiliki tentunya berbagai kebutuhan sekundernya masing-masing.

Dimana kebutuhan tersebut tergantung pada keinginan dan kemampuan masing-masing individu untuk memenuhinya. Kebutuhan sekunder bagi individu, seperti kendaraan, sepatu, telepon, make up dan lain-lain.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan turunan dari kelompok kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya.

Nah, kebutuhan tersier ini akan muncul apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi.

Sebab bentuk dari kebutuhan ini seperti barang-barang mewah yang merupakan bagian dari hiburan.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu

Kebutuhan berbasis waktu, kebutuhan di sini tidak berbicara tentang durasi, namun menjelaskan tentang waktu.

Agar lebih jelas, mari kita lihat kebutuhan berdasarkan waktu yang terbagi menjadi tiga sebagai berikut:

1). Kebutuhan Mendesak

Kebutuhan yang mendesak, bisa jadi bukan merupakan kebutuhan yang telah direncanakan sebelumnya. Kebutuhan ini dapat muncul sewaktu-waktu bersifat kritis, mendesak atau darurat, cenderung memaksa untuk segera dipenuhi.

Dapat dikaitkan dengan kehidupan individu, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi. Misalnya, pemenuhan kebutuhan plasma darah bagi orang yang terinfeksi virus.

2). Butuh Sekarang

Hampir sama dengan kebutuhan mendesak, hanya berbeda akibatnya. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi tanpa bisa ditunda.

Misalnya, mengantar orang ke dokter atau memberikan bantuan kepada korban bencana alam.

3). Kebutuhan Masa Depan

Berdasarkan waktu kebutuhan, jenis kebutuhan ini paling toleran. Sebab kebutuhan ini dapat dipenuhi di kemudian hari, dapat ditunda dan tidak mendesak.

Tapi ada baiknya, jika dipersiapkan sekarang, atau dimulai dari sekarang misalnya seperti asuransi dan investasi.

4). Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifatnya

Pengelompokan kebutuhan manusia selanjutnya adalah kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya. Adapun klasifikasi dari kebutuha manusia berdasarkan sifatnya adalah sebagai berikut:

5). Kebutuhan Jasmani

Hal jasmani tentunya berhubungan dengan tubuh atau fisik manusia itu sendiri. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam rangka memenuhi kepuasan jasmani. Contoh dari kebutuhan jasmani adalah olahraga, istirahat, berpakaian dan banyak lainnya.

6). Kebutuhan Rohani

Sebagai pendamping jasmani, ada juga kebutuhan rohani. Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh pikiran atau jiwa, efeknya jika kebutuhan tersebut terpenuhi maka manusia mendapatkan kebahagiaan.

Contoh dari kebutuhan rohani adalah ibadah, hiburan, kumpul bersama teman dan sederet lainnya.

Kebutuhan Sosial Budaya

Kata sosio di atas erat kaitannya dengan sosial, atau lingkungan sosial masyarakat. Sedangkan budaya adalah sesuatu yang berasal dari tradisi masyarakat setempat mencakup aspek psikologis.

Jadi, kebutuhan sosial budaya bisa dibagi lagi menjadi beberapa kebutuhan diantaranya sebagai berikut:

1). Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang timbul karena kedudukan individu dalam masyarakat, sehingga individu tersebut harus mampu melakukan berbagai upaya, agar terlihat kaya. Misalnya seperti sumbangan sosial, kendaraan bermotor dan kegiatan lainnya.

2). Kebutuhan Psikologis

Kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang berkaitan dengan spiritual, atau kondisi batin seseorang.

Misalnya kebutuhan untuk diterima oleh orang lain, kebutuhan untuk dicintai, kebutuhan akan kebebasan dan rasa aman.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subyeknya

Dalam kelompok ini, kebutuhan manusia dibagi lagi menjadi dua macam. Adapun penjelasan dari kedua macam tersebut adalah sebagai berikut:

1). Kebutuhan Individu

Dari judulnya sudah jelas definisinya, artinya merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Karena setiap individu terlahir beragam dan memiliki kebutuhannya masing-masing.

2). Kebutuhan Kolektif

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang digunakan untuk kepentingan banyak orang. Misalnya pembangunan jembatan, pembangunan waduk, renovasi jalan, pembangunan stadion.

Demikian artikel kami mengenai pengertian kebutuhan dan klasifikasi kebutuhan berdasarkan intensitas, waktu, sifat, sosial budaya & subjeknya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai kebutuhan. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Harga Mobil Honda CR-V Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Lirik Lagu FirmanMu Pelita Bagi Kakiku – Victor Retraubun

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Bak Petir Menyambar, Perilaku Tak Terpuji Faisal Ini Rupanya Picu Dendam Doddy Sudrajat, Vanessa Angel Diperlakukan Tak Pantas?

Ayah mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat rupanya masih memendam kekecewaan mendalam akibat ulah ayah Bibi Andriansyah, Haji Faisal di masa…

Lirik Lagu Marmanda – Nagabe Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Peramal Terawang Kenapa Ayu Ting Ting Masih Menjanda

Ayu Ting Ting, apapun yang ia lakukan selalu jadi sorotan media. Kini Ayu Ting Ting malah kena ramal. Peramal tersebut…

Sebelum Angga Wijaya Layangkan Gugatan Cerai, Dewi Perssik Sempat Curhat Nelangsa Gara-gara Perlakuan Ibu Mertua: Aku Diomongin

Kabar mengejutkan datang dari Dewi Perssik dan Angga Wijaya. Tak ada angin tak ada hujan, Angga Wijaya mendadak melayangkan gugatan…

Lirik Lagu Karo Durma Daging – Maharani Tarigan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Sejauh Mungkin yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Kondisi Nikita Mirzani Mengkhawatirkan, Ini Unggahan Terakhirnya

Kondisi Nikita Mirzani yang sedang dirawat di rumah sakit tampaknya mengkhawatirkan. Hal tersebut diketahui dari unggahan Instagram Story di akun…

Buat Ayu Ting Ting Menyesal Usai Gantungkan Cintanya, Ivan Gunawan Bakal Bersaing Lawan Nassar Dekati Desy Ratnasari?

Sudah menjadi rahasia umum, hubungan asmara Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan memang sempat mencuri perhatian. Bahkan kedua orang tua…