Pengertian Kebutuhan dan Klasifikasi Kebutuhan Berdasarkan Intensitas, Waktu, Sifat, Sosial Budaya & Subjeknya

Tentu demi kelangsungan kehidupan sehari-hari, kita menemukan sesuatu dibutuhkan. Namun, kebutuhan sendiri juga memiliki tingkatan kepentingan. Dimana seringkali kita merasa membutuhkan sesuatu, tetapi pada kenyataannya kita hanya menginginkannya. Untuk itu, mari kita simak ulasan mengenai pengertian kebutuhan dan klasifikasi kebutuhan berdasarkan intensitas, waktu, sifat, sosial budaya & subjeknya berikut!

Pengertian Kebutuhan

Dalam dunia ekonomi, hal ini sering terjadi dan penting untuk diketahui apa perbedaannya. Banyak teori yang menyatakan bahwa kebutuhan merupakan hal yang mendasar dalam memenuhi kelangsungan hidup dan harus segera dipenuhi. Pemenuhan kebutuhan makhluk hidup khususnya manusia merupakan faktor dasar dalam berbisnis.

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebutuhan berarti sesuatu yang diperlukan. Dengan demikian, kebutuhan manusia dapat diartikan sebagai sesuatu yang harus dipenuhi manusia. Bisa juga keinginan manusia yang harus dipenuhi, guna mencapai kepuasan lahir dan batin demi kelangsungan hidupnya. Kebutuhan ini dapat berupa barang atau jasa. Jika manusia dapat memenuhi kebutuhannya, maka dapat dikatakan hidupnya telah mencapai kesejahteraan.

Dalam dunia perekonomian terdapat tingkat pemenuhan kebutuhan barang dan jasa. Tingkatan ini adalah keinginan dan kebutuhan. Keinginan tidak mengikat dan tidak memiliki kewajiban untuk segera dipenuhi. Keinginan lebih tambahan, ketika kebutuhan dasar telah terpenuhi. Kebutuhan adalah segala barang atau jasa yang dibutuhkan manusia untuk menunjang segala aktivitas dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Kebutuhan Manusia Menurut Intensitasnya

Perlu kita ketahui bersama bahwa ternyata ada intensitas dari kebutuhan. Nah, berdasarkan intensitasnya, kebutuhan masih direduksi menjadi beberapa kelompok sebagai berikut;

Kebutuhan mutlak

Mutlak artinya harus dan tidak boleh tidak. Jadi kebutuhan mutlak adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Jika kebutuhan tidak terpenuhi, individu tidak dapat bertahan hidup contohnya adalah kebutuhan makan dan minum.

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer atau disebut juga dengan kebutuhan dasar adalah kebutuhan manusia untuk hidup yang layak. Kebutuhan primer, antara lain sebagai berikut:

  1. Pangan merupakan kebutuhan primer yang pertama yang dapat diperoleh dengan pengolahan dari sumber hewani dan nabati
  2. Sandang termasuk dalam kebutuhan primer manusia. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh manusia dari lingkungan luar, seperti sengatan matahari, cuaca dingin, serangan binatang dan juga melindungi tubuh dari keinginan atau pikiran yang tidak bermoral.
  3. Papan, identik dengan rumah atau tempat tinggal yang berfungsi sebagai tempat perlindungan dan tempat beraktivitas. Papan merupakan kebutuhan primer, meskipun dimiliki sendiri atau disewa dari pihak lain.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang muncul apabila semua kebutuhan primer telah tercukupi. Setiap individu memiliki tentunya berbagai kebutuhan sekundernya masing-masing. Dimana kebutuhan tersebut tergantung pada keinginan dan kemampuan masing-masing individu untuk memenuhinya. Kebutuhan sekunder bagi individu, seperti kendaraan, sepatu, telepon, make up dan lain-lain.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan turunan dari kelompok kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya. Nah, kebutuhan tersier ini akan muncul apabila kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Sebab bentuk dari kebutuhan ini seperti barang-barang mewah yang merupakan bagian dari hiburan.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu

Kebutuhan berbasis waktu, kebutuhan di sini tidak berbicara tentang durasi, namun menjelaskan tentang waktu. Agar lebih jelas, mari kita lihat kebutuhan berdasarkan waktu yang terbagi menjadi tiga sebagai berikut:

  • Kebutuhan Mendesak

Kebutuhan yang mendesak, bisa jadi bukan merupakan kebutuhan yang telah direncanakan sebelumnya. Kebutuhan ini dapat muncul sewaktu-waktu bersifat kritis, mendesak atau darurat, cenderung memaksa untuk segera dipenuhi. Dapat dikaitkan dengan kehidupan individu, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi. Misalnya, pemenuhan kebutuhan plasma darah bagi orang yang terinfeksi virus.

  • Butuh Sekarang

Hampir sama dengan kebutuhan mendesak, hanya berbeda akibatnya. Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi tanpa bisa ditunda. Misalnya, mengantar orang ke dokter atau memberikan bantuan kepada korban bencana alam.

  • Kebutuhan Masa Depan

Berdasarkan waktu kebutuhan, jenis kebutuhan ini paling toleran. Sebab kebutuhan ini dapat dipenuhi di kemudian hari, dapat ditunda dan tidak mendesak. Tapi ada baiknya, jika dipersiapkan sekarang, atau dimulai dari sekarang misalnya seperti asuransi dan investasi.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifatnya

Pengelompokan kebutuhan manusia selanjutnya adalah kebutuhan manusia berdasarkan sifatnya. Adapun klasifikasi dari kebutuha manusia berdasarkan sifatnya adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan Jasmani

Hal jasmani tentunya berhubungan dengan tubuh atau fisik manusia itu sendiri. Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam rangka memenuhi kepuasan jasmani. Contoh dari kebutuhan jasmani adalah olahraga, istirahat, berpakaian dan banyak lainnya.

  • Kebutuhan Rohani

Sebagai pendamping jasmani, ada juga kebutuhan rohani. Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh pikiran atau jiwa, efeknya jika kebutuhan tersebut terpenuhi maka manusia mendapatkan kebahagiaan. Contoh dari kebutuhan rohani adalah ibadah, hiburan, kumpul bersama teman dan sederet lainnya.

Kebutuhan Sosial Budaya

Kata sosio di atas erat kaitannya dengan sosial, atau lingkungan sosial masyarakat. Sedangkan budaya adalah sesuatu yang berasal dari tradisi masyarakat setempat mencakup aspek psikologis. Jadi, kebutuhan sosial budaya bisa dibagi lagi menjadi beberapa kebutuhan diantaranya sebagai berikut:

  • Kebutuhan Sosial

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang timbul karena kedudukan individu dalam masyarakat, sehingga individu tersebut harus mampu melakukan berbagai upaya, agar terlihat kaya. Misalnya seperti sumbangan sosial, kendaraan bermotor dan kegiatan lainnya.

  • Kebutuhan Psikologis

Kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang berkaitan dengan spiritual, atau kondisi batin seseorang. Misalnya kebutuhan untuk diterima oleh orang lain, kebutuhan untuk dicintai, kebutuhan akan kebebasan dan rasa aman.

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subyeknya

Dalam kelompok ini, kebutuhan manusia dibagi lagi menjadi dua macam. Adapun penjelasan dari kedua macam tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kebutuhan Individu

Dari judulnya sudah jelas definisinya, artinya merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh setiap individu. Karena setiap individu terlahir beragam dan memiliki kebutuhannya masing-masing.

  • Kebutuhan Kolektif

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang digunakan untuk kepentingan banyak orang. Misalnya pembangunan jembatan, pembangunan waduk, renovasi jalan, pembangunan stadion.

Demikian artikel kami mengenai pengertian kebutuhan dan klasifikasi kebutuhan berdasarkan intensitas, waktu, sifat, sosial budaya & subjeknya. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai kebutuhan. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lain Dulu Lain Sekarang, Nissa Sabyan Nelangsa Turun Pamor Tak Laku Lagi di TV, Potret Ayus Cs Manggung di Gang Sempit Disorot, Netizen: Karma Shay!

Sabyan Gambus dikabarkan sepi tawaran job manggung di TV selama Ramadhan kemarin. Hal ini banyak dikaitkan dengan kehebohan isu perselingkuhan…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…