18+ Pengertian Karya Sastra Menurut Para Ahli

Apakah kamu merupakan penikmat karya sastra? Atau mungkin kamu bercita-cita menjadi seniman dalam karya sastra?

Tepat sekali kamu datang ke sini, karena kali ini kita akan membahas mengenai karya sastra. Mulai dari pengertian katya sastra menurut ahli, jenis dan fungsi karya sastra!

Pengertian Karya Sastra Menurut Para Ahli

Kata sastra diambil dari bahasa Sansekerta yaitu kata shastra yang memiliki arti petunjuk atau petunjuk. Kata “sas” yang dalam bahasa Indonesia berarti pengajaran atau pengajaran digunakan untuk tujuan sastra.

Pengertian sastra secara umum adalah karangan berupa tulisan yang sarat makna dan memiliki keindahan. Pengertian sastra adalah sesuatu yang tidak pernah selesai dibicarakan setiap saat. Hal ini selalu menjadi perdebatan sejalan dengan pemikiran para pelaku sastra dan kemajuan zaman.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sastra adalah “karya tulis yang bila dibandingkan dengan karya tulis lain memiliki ciri-ciri yang lebih unggul, seperti keaslian, kesenimanan, keindahan isi dan ekspresi”. Karya sastra berarti karangan yang mengacu pada nilai-nilai kebaikan yang ditulis dengan bahasa yang indah. Sastra memberikan wawasan umum tentang masalah manusia, sosial dan intelektual, dengan cara yang unik. Pembaca sastra diperbolehkan memaknai teks sastra menurut wawasannya sendiri.

  1. Aristoteles

Aristoteles sebagai seorang filsuf terkenal tentunya juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian sastra. Dimana beliau mengatakan bahwa sastra sebagai kegiatan lain melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.

  1. Plato

Sastra merupakan hasil peniruan atau representasi dari kenyataan (Mimesis). Sebuah karya sastra harus menjadi contoh alam semesta sekaligus model realitas. Oleh karena itu, nilai sastra sastra semakin rendah dan jauh dari dunia gagasan.

  1. Semi

Sastra adalah suatu bentuk dan hasil karya seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai medianya.

  1. Mursal Esten

Sastra adalah ekspresi fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia (masyarakat). Disampaikan melalui bahasa sebagai media dan berpengaruh positif pada kehidupan manusia (kemanusiaan).

  1. Ahmad Badrun

Menurut Ahmda Badrun, sastra adalah kegiatan seni yang menggunakan bahasa dan garis simbol lain sebagai alat dan bersifat imajinatif.

  1. Panuti Sudjiman

Sastra sebagai karya lisan dan tulis yang memiliki keunggulan seperti orisinalitas, artistik, keindahan isi dan ekspresi.

  1. Taum

Sastra adalah karya imajinatif ciptaan atau fiksi” atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal lain”.

  1. Sapardi

Ia menjelaskan bahwa sastra merupakan pranata sosial yang menggunakan bahasa sebagai medianya. Bahasa itu sendiri adalah ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan dan kehidupan itu sendiri merupakan realitas sosial.

  1. Mukarovsky, E.E. Cummings dan Sjklovski

Menurut mereka, sastra adalah karya fiksi yang merupakan hasil kreasi berdasarkan luapan emosi secara spontan. Karya ini mampu mengungkapkan aspek estetis, baik secara kebahasaan maupun dari segi makna.

  1. Levere

Menurutnya, sastra adalah gambaran pengalaman manusia yang memiliki dimensi pribadi dan sosial serta pengetahuan manusia yang sejajar dengan bentuk kehidupan itu sendiri.

  1. Wellek dan Warren

Menurut Wellek dan Warren, yang dimaksud dengan sastra adalah kegiatan kreatif, rangkaian karya seni.

  1. Tari

Menurut Tari, sastra merupakan obyek gejolak emosi pengarang dalam mengungkapkannya.  Seperti perasaan sedih, frustasi, gembira dan sederet emosi lainnya.

  1. Sumarno

Sastra adalah pengalaman ekspresi pribadi manusia berupa pikiran, perasaan, gagasan, gairah, keyakinan, dalam bentuk gambar yang membangkitkan daya tarik konkret dengan alat bahasa.

  1. Mursal Esten

Definisi karya sastra didefinisikan oleh Mural Esten sebagai asal muasal fakta-fakta inovatif dan imajinatif sebagai aktualisasi kehidupan sosial manusia. Pengungkapan ini menggunakan bahasa sebagai penghubung yang berdampak baik bagi kehidupan manusia. Pengungkapan artistik membuat karya sastra terlihat indah.

  1. Terry Engleton

Menurut Terry Engleton, karya sastra adalah karya tulis yang indah (letters belle) dengan format bahasa tertutup. Dan memperdalam bahasa, memelintir, memelintir, mempersingkat dan membuatnya aneh. Atau kreasi estetika lainnya yang menggunakan bahasa sebagai penghubung.

  1. Panuti Sudjiman

Karya sastra tersebut digambarkan sebagai sebuah karya dalam bentuk lisan dan tulisan oleh Panuti Sudjiman. Karya tersebut memiliki berbagai karakter dan keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain artistik, orisinalitas, artistic dan keindahan isi dan ekspresi. Karya dibuat dengan bahasa yang indah.

  1. Sumardjo dan Sumaini

Pengertian karya sastra yang dikemukakan oleh Sumardjo dan Sumaini memiliki pengertian yang lebih luas. Menurut mereka sastra adalah seni berbahasa, karya sastra adalah ungkapan pikiran dengan menggunakan bahasa sebagai penghubung. Sumarjo dan Sumaini juga berpendapat bahwa karya sastra adalah kehidupan dalam segala bentuk dalam sebuah inspirasi dan keindahan. Selain itu, pengertian karya sastra menurut Sumardjo dan Sumaini adalah buku yang memuat perasaan manusia. Dan mengandung kebenaran dan kesucian moral. Isi dalam buku tersebut berupa sentuhan, gambaran yang luas dan format yang sangat menawan.

  1. Damono

Pakar sastra selanjutnya, Damono yang menyatakan bahwa kehidupan sastra menyampaikan gambaran, dan kehidupan itu sendiri adalah fakta sosial. Pengertian sastra di sini menjelaskan bahwa isi karya sastra tentang kehidupan meliputi hubungan antara masyarakat dan individu. Antar pribadi dan antar peristiwa yang terjadi dalam hati seseorang terkandung dalam karya sastra.

Jenis Karya Sastra

Beberapa definisi karya sastra menurut para ahli di atas mengedepankan karya imajinatif dan estetis. Hal ini karena bidang ini identik dengan imajinasi seperti puisi, novel, prosa fiksi dan lain-lain. Meski banyak karya sastra berbentuk nonfiksi, hanya saja Anda tidak merasa sedang membaca sebuah karya sastra saat menikmatinya. Berikut beberapa jenis sastra yang harus kita ketahui:

  • Karya Sastra Non-Imajinatif

Karya sastra yang bukan hasil imajinasi dan didasarkan pada bukti nyata dan ilmiah disebut karya sastra nonimajinatif. Pembuatan karya sastra nonimajinatif menggunakan informasi yang diambil dari sumber terpercaya dan dikemas dalam tulisan yang menarik sehingga dapat dinikmati oleh pembaca. Misalnya, esai, otobiografi, sejarah, kritik, buku harian dan sederet hasil karya lainnya.

  • Karya Sastra Imajinatif

Berdasarkan pemahaman karya sastra, faktor imajinatif mendominasi. Karya sastra imajinasi terbagi menjadi dua, yaitu puisi dan prosa. Dalam prosa masih dibagi menjadi dua bagian prosa fiksi yang terdiri dari novel, cerita pendek, dan roman. Serta drama prosa seperti komedi, tragedi, melodrama dll. Berikut adalah penjelasan dari beberapa karya sastra imajinatif.

  • Puisi

Jenis karya sastra yang mengandung ungkapan perasaan disebut puisi. Dalam puisi terdapat rima dan irama serta menggunakan kata-kata yang ditempatkan dengan benar. Bahasa yang digunakan dalam puisi mengandung rima, ritme dan kiasan. Bentuk puisi berupa bait-bait dengan letak yang teratur dan sangat memperhatikan ejaan.

  • Prosa Narasi Atau Fiksi

Sejalan dengan pengertian karya sastra dari beberapa ahli, prosa adalah cerita yang diperankan oleh pelaku berdasarkan hasil imajinasi pengarang. Fantasi atau imajinasi tersebut dirangkai menjadi sebuah cerita yang menarik. Cerpen, novel dan roman menjadi bagian dari prosa naratif.

  • Cerpen (Cerita pendek)

Cerpen adalah cerita-cerita berbentuk fiksi yang menceritakan tentang kehidupan manusia yang terdapat dalam sebuah karangan pendek. Cerita pendek yang berisi pemikiran-pemikiran dalam bentuk fantasi. Sebuah artikel dapat masuk dalam kategori cerpen jika jumlah kata di bawah 10 ribu kata atau sekitar 10 halaman. Cerpen hanya fokus pada satu karakter.

  • Novel

Jenis fiksi yang memiliki banyak penggemar adalah novel. Oleh karena itu, novel tersebut dipilih untuk diulas sebagai contoh karya imajinatif dalam sebuah artikel tentang makna karya sastra. Berbeda dengan cerpen, novel merupakan karangan prosa yang menceritakan tentang pelaku utama dan tokoh lain di sekitarnya, lengkap dengan sifat dan wataknya. Cerita dalam novel sangat panjang dan biasanya dibuat menjadi buku.

Fungsi Karya Sastra

Beberapa manfaat karya sastra adalah pendidikan, moral dan religi karena mengandung nilai-nilai yang baik. Sedangkan manfaat hiburan dan keindahan adalah karena karya sastra dapat menutupi kisahnya dan membagikan keindahannya kepada khalayak.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian karya sastra menurut ahli, jenis dan fungsi karya sastra. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan karya sastra. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Masih Sempat Hura-hura Sebelum Kecelakaan Renggut Nyawanya, Model Cantik Ini Tinggalkan Wasiat yang Buat Bulu Kuduk Berdiri di Postingan Terakhirnya

Innalillahi wa innailaihi rojiun, kepergian model cantik ini mengejutkan banyak orang. Namanya adalah Nguyen Thi Tuyet, seorang model ternama dari…

Lowongan Kerja PT Kaltim Prima Coal (KPC)

Dikutip dari kpc.co.id diinfokan PT Kaltim Prima Coal membuka lowongan kerja untuk posisi Graduate Development Program (GDP). Pendaftaran dibuka sampai…

Lirik Lagu Dalan Liyane – Guyon Waton

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Ghea Youbi Ingin Rebut Raffi Ahmad dari Nagita: Jujur Ya, Kalau Suka Nggak Papa

Kabar yang menggegerkan datang dari Pedangdut muda Ghea Youbi beberapa waktu lalu sempat diisukan memiliki rasa suka ke Raffi Ahmad,…

Lirik Lagu Anju Ma Au – Victor Hutabarat

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Mati-matian Dituntut Harus Bisa Layani Anang Hermansyah Setiap Hari, Ashanty Tak Kehilangan Akal Kini Jadikan Urusan Ranjang untuk Ancam Sang Suami saat Berdebat: ‘Enggak Usah Nanti Malem!’

Harus mati-matian layani Anang Hermansyah setiap hari, Ashanty kini jadikan urusan ranjang untuk ancam sang suami berdebat. Kehidupan keluarga Anang…

Lirik Lagu Oh Angin yang Dinyanyikan oleh Trio Ambisi

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Suaranya Bergetar, Raisa Akui Air Matanya Bak Dikuras saat Dengar Kabar Kepergian Eril, Persembahkan Lagu Ini untuk Anak Ridwan Kamil

Sosok penyanyi, Raisa turut berduka atas kepergian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. Ya, kepergian anak Ridwan Kamil,…

Lirik Lagu Nunga Adong Nampuna Au – Nabasa Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Pisah – Guyon Waton

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…