Pengertian Kalimat Efektif, Syarat, Elemen dan Tujuan Kalimat Efektif

Sebuah karya tulis, baik esai, artikel atau karya ilmiah, terdiri dari kumpulan kalimat yang mengandung ide-ide tertentu. Supaya gagasan dalam sebuah karya tulis dapat dipahami oleh pembaca dengan baik, maka kalimat penyusunnya juga harus efektif.

Tidak sedikit tulisan yang justru mengusung ide-ide menarik, namun tidak menarik minat pembaca karena kalimat – kalimatnya sulit dicerna. Oleh karena itu, kemampuan menulis kalimat yang efektif sangat penting untuk dikuasai.

Nah agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian kalimat efektif menurut ahli, syarat, elemen dan tujuan kalimat efektif berikut!

Pengertian Kalimat Efektif Menurut Ahli

Kalimat efektif merupakan kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain dapat berbentuk lisan maupun tulisan. Agar lebih paham, berikut pengertian kalimat efektif menurut para ahli:

1). Arifin

Menurut Arifin, kalimat efektif adalah kalimat yang memenuhi kriteria dan kaidah serta jelas dan mudah dibaca.

2). Nasucha, Rohmadi dan Wahyudi

Nasucha, Rohmadi, dan Wahyudi mendefisinikan kalimat efektif sebagai kalimat yang dapat menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

3). Akharga, Arsjad dan Ridwan

Selanjutnya menurut Akharga, Arsjad, dan Ridwan, kalimat efektif adalah kalimat yang benar dan jelas sehingga mudah dipahami oleh orang lain.

4). Rahayu

Jika melihat pendapat Rahayu mengenai kalimat efektif, yakni kalimat yang memenuhi syarat komunikatif, gramatikal dan sintaksis. Serta kalimat yang mudah dipahami dan mampu membangkitkan imajinasi pembaca.

5). Widjono

Menurut Widjono, kalimat efektif adalah kalimat yang pendek, padat, jelas, lengkap, dan dapat menyampaikan informasi secara tepat. Sehingga apa yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

6). Badudu

Badudu berpendapat bahwa kalimat efektif adalah kalimat yang baik. Sebab apa yang penulis pikirkan atau rasakan dapat diterima dan dipahami oleh pembaca.

7). Putrayasa

Pendapat ahli lain datang dari Putrayasa, kalimat efektif adalah kalimat yang mampu menyampaikan informasi secara sempurna. Karena memenuhi syarat-syarat pembentukan kalimat efektif.

Syarat Kalimat Efektif

Agar suatu kalimat dikatakan efektif, setidaknya harus memenuhi empat syarat. Adapun beberapa syarat kalimat efektif adalah sebagai berikut:

1). Menurut PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia)

Syarat pertama yang harus dipenuhi agar suatu kalimat dapat dikatakan efektif adalah memenuhi aturan yang berlaku. Aturan tersebut berupa ejaan, tanda baca, dan bentuk baku atau tidak baku.

Aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia telah berubah seiring dengan perkembangan zaman. Untuk saat ini, aturan yang berlaku dalam bahasa Indonesia adalah PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

2). Setidaknya terdiri dari subjek dan predikat

Syarat kalimat efektif selanjutnya adalah kalimat efektif minimal harus terdiri dari satu subjek dan satu predikat.

Kalimat yang tidak memiliki subjek dan/atau predikat tidak dikatakan efektif karena kalimat tersebut tidak lengkap sehingga maknanya tidak dapat dipahami.

Selain itu, subjek dan predikat harus ditempatkan secara runtut agar pembaca dapat mengikuti jalan pikiran penulis dengan baik.

3). Tidak bertele-tele

Syarat ketiga yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah jangan bertele-tele. Kalimat yang terlalu panjang justru akan menyulitkan pembaca untuk memahami maksudnya.

Oleh karena itu, kalimat tersebut sebaiknya dipecah menjadi beberapa kalimat yang lebih ringkas agar lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Sebaliknya, gunakan saja kata-kata yang paling mewakili ide yang ingin di sampaikan dan buang yang tidak perlu agar tidak terlalu bertele-tele.

4). Jelas

Syarat terakhir untuk kalimat efektif adalah tidak ambigu atau multitafsir. Kalimat yang efektif mencegah munculnya multitafsir karena apa yang dipahami pembaca sama persis dengan apa yang dipikirkan penulis.

Dengan demikian, ketiga syarat sebelumnya harus dipenuhi agar syarat kalimat efektif terakhir juga dapat terpenuhi.

Elemen Kalimat Efektif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalimat efektif harus memiliki subjek dan elemen lainnya. Adapun elemen kalimat efektif dengan penjelasannya adalah sebagai berikut:

1). Subyek

Subjek adalah bagian dari klausa yang menandai apa yang dikatakan pembicara atau subjek kalimat. Dengan kata lain, subjek adalah pelaku atau objek yang menjadi topik pembicaraan.

Subjek dalam bahasa Indonesia dapat berupa kata benda (nouns) atau kata kerja yang bersifat kata benda (nominalized verbs). Nah, dalam sebuah kalimat harus memiliki setidaknya satu subjek.

2). Predikat

Predikat adalah bagian kalimat yang menandai apa yang dikatakan pembicara tentang subjek. Dengan kata lain, predikat mengacu pada tindakan yang dilakukan oleh subjek.

Dalam bahasa Indonesia, predikat dapat berupa frasa verbal, frasa preposisional, frasa nominal, kopula, atau kata sifat (adjective). Seperti subjek, sebuah kalimat harus memiliki setidaknya satu predikat.

2). Objek

Objek adalah kata benda yang melengkapi verba transitif dalam sebuah klausa. Dengan kata lain, objek adalah segala sesuatu yang menjadi sasaran tindakan subjek.

Tidak jauh berbeda dengan subjeknya, objeknya bisa berupa frase nominal atau verba yang dinormalisasi. Selain itu, objek dibedakan menjadi dua, yaitu objek langsung dan objek tidak langsung.

3). Komplementer (pelengkap)

Komplemen adalah bagian dari frasa verbal yang menjadikannya predikat lengkap dalam sebuah klausa.

Dengan kata lain, pelengkap adalah bagian kalimat yang diperlukan untuk melengkapi makna kalimat. Pelengkap dapat berupa frasa nominal atau frasa preposisi.

4). Deskripsi

Kata keterangan adalah kata atau kelompok kata yang digunakan untuk memperluas sekaligus membatasi makna subjek atau predikat dalam sebuah kalimat.

Singkatnya, kata keterangan adalah elemen yang menjelaskan bagian lain dari kalimat. Kata keterangan umumnya berbentuk prepositional phrase atau adverbial phrase.

Tujuan Kalimat Efektif

Kalimat efektif dapat berbentuk tulisan atau lisan dengan maksud sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan pengarang atau pembicara dengan jelas. Sehingga pembaca atau pendengar dapat memahami gagasan tersebut dengan benar.

Dengan kata lain, tujuan kalimat efektif adalah untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman dalam komunikasi antara pendengar dan pembicara atau penulis dan pembaca.

Demikian artikel kami mengenai pengertian kalimat efektif menurut ahli, syarat, elemen dan tujuan kalimat efektif.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai pengertian kalimat efektif. Terimakasih sudah berkunjung.

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.