Pengertian Java, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Java

Bagi kita yang akrab dengan dunia IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi seluler, desktop, dan situs web.

Beberapa situs web besar dunia seperti yahoo, linkedIn, dan spotify juga telah menggunakan java untuk mengembangkan situs web mereka. Salah satu alasan popularitas java adalah keserbagunaannya untuk digunakan di berbagai platform.

Tak heran sekitar 12 juta developer menggunakan java untuk pengembangan aplikasi. Nah kali ini kita akan membahas apa itu java, yuk simak ulasan kami tentang pengertian, fungsi dan kelebihan serta kekurangan java dibawah ini.

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada objek dan umumnya digunakan untuk mengembangkan bagian back-end perangkat lunak aplikasi android, dan situs web.

Program Java terdiri dari bagian-bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri dari metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan pekerjaan mereka.

Pemrogram Java memanfaatkan kumpulan kelas di perpustakaan kelas Java yang disebut Java Application Programming Interface (API). Kelas-kelas ini diatur ke dalam kelompok yang disebut paket. Java API telah menciptakan applet dan aplikasi yang kuat dengan menyediakan fungsionalitas yang memadai.

Java adalah bahasa pemrograman non-spesifik atau bersifat umum. Artinya, bahasa pemrograman Java berorientasi objek (OOP) dapat dijalankan untuk berbagai platform atau sistem operasi. Selain itu, OOP juga memungkinkan program komputer sebagai kumpulan objek yang dapat berinteraksi satu sama lain.

Sedangkan Object Oriented Programming (OOP) bertanggung jawab untuk mengatur program sebagai kumpulan komponen yang kemudian disebut sebagai objek. Objek-objek ini bersifat independen, dapat berkomunikasi dengan objek lain dengan aturan tertentu.

Kehadiran Java di tengah perkembangan teknologi tidak lepas dari sosok James Gosling pada tahun 1995. Saat itu, bahasa pemrograman Java diciptakan sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman C dan C++ yang kurang fleksibel.

Hingga saat ini Java menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para developer karena kelebihannya. Diantaranya mudah dijalankan di beberapa platform, memiliki library yang lengkap, berorientasi objek, dan mudah dipelajari karena mirip dengan bahasa C++.

Fungsi Java

Dalam pembuatan aplikasi, bahasa pemrograman Java memiliki banyak fungsi yang membuatnya lebih sering digunakan oleh para programmer. Berikut fungsi dari bahasa pemrograman java.

1). Dapat Digunakan di Berbagai Sistem Operasi

Fungsi utama dan alasan menggunakan pemrograman Java adalah dapat berjalan di berbagai sistem operasi. Bahasa pemrograman Java yang independen merupakan salah satu faktor yang memungkinkan hal tersebut.

Tidak hanya itu, Java juga memiliki variabel yang berukuran sama dengan berbagai platform. Variabel yang dimiliki oleh Java adalah bilangan bulat yang memiliki ukuran yang sama. Saat dibuat menjadi file, file yang dibuat juga dapat digunakan di perangkat apa pun.

2). Berfokus pada Objek

Bahasa pemrograman Java hanya berfokus pada objek. Dengan memfokuskan hanya pada objek, program komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam sekelompok objek.

3). Penggunaan Bahasa yang Relatif Sederhana

Fungsi selanjutnya adalah penggunaan bahasa Java sederhana. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Java memang lebih sederhana karena menggunakan sintaks yang mirip dengan C++.

Namun di Java, sintaks yang digunakan telah diperbaiki, terutama pada bagian multiple inheritance dan penggunaan pointer yang cenderung rumit. Java juga menggunakan fitur sampah memori dan alokasi memori otomatis yang membuat pekerjaan lebih mudah.

4). Mendukung Native Method

Java mendukung metode atau fungsi asli yang ditulis dalam bahasa lain, terutama C dan C++. Dengan dukungan native untuk metode ini, memungkinkan programmer untuk menulis berbagai fungsi yang dapat dilakukan dengan cepat jika dibandingkan dengan fungsi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Java

Bahasa pemrograman Java memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya salah satu bahasa pemrograman favorit para programmer.

Meski begitu, ada juga kekurangan yang menjadi poin yang harus diperhatikan oleh programmer saat menggunakan bahasa pemrograman ini.

Kelebihan Java

Berikut dibawah ini kelebihan Java, antara lain.

1). Multiplatform

Keunggulan Java yang paling utama adalah bahasa pemrograman ini bersifat multiplatform. Ini berarti Java dapat digunakan pada platform apa pun dan bersifat universal. Hal ini sangat memudahkan para pengembang aplikasi saat menggunakannya.

2). Mudah Dikembangkan

Keuntungan utama menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman adalah Java lebih mudah untuk dikembangkan. Dengan keunggulan tersebut, developer bisa lebih leluasa dalam mengembangkan aplikasinya.

3). Dukungan Sistem Exception-Handling

Java menawarkan keuntungan bagi programmer yang ingin membuat aplikasi dengan system Exception-Handling. Aplikasi yang dibangun dengan Java dapat digunakan pada platform apa pun. Hal ini berkaitan dengan usability atau kegunaan dari aplikasi yang dikembangkan.

Kekurangan Java

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, java juga memiliki beberapa kekurangan. Termasuk berikut ini:

1). Membutuhkan Banyak Memori

Java memang memiliki banyak modul dan fitur yang memudahkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi. Sayangnya, program berbasis Java memakan cukup banyak memori. Itu karena java memerlukan data untuk pengumpulan sampah, pembuatan kelas, kompiler, dan banyak lagi.

Semua proses ini mampu membuat aplikasi Java aman dan bekerja dengan lancar. Namun, perangkat yang menjalankan aplikasi Java cenderung kehabisan RAM yang cukup banyak.

2). Mudah Didekompilasi

Salah satu kelemahan Java adalah mudah untuk didekompilasi. Dekompilasi adalah proses mengubah kode menjadi kode sumber. Harap dicatat, bahwa ketika program dijalankan, file Java akan dikompilasi menjadi bytecode platform.

Namun, setelah dikompilasi, algoritma dasar program Java mudah dilihat. Jadi, kemungkinan aplikasi dibajak akan lebih besar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu meningkatkan keamanan program secara ekstra. Misalnya dengan menggunakan lisensi terenkripsi.

3). Graphical User Interface (GUI) yang Tidak Menarik

Graphical User Interface adalah tampilan aplikasi atau website yang berfungsi untuk berinteraksi dengan pengguna. Beberapa komponen GUI misalnya, ikon, tombol, menu, dan lain-lain.

Sayangnya, jika ingin membuat tampilan aplikasi atau website menggunakan Java, hasilnya akan kurang menarik. Sebab, keunggulan Java biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat back- end sebuah aplikasi. Jadi, jika kamu ingin membuat tampilan yang menarik, kamu bisa membuatnya menggunakan JavaScript.

Demikian artikel kami tentang pengertian bahasa pemrograman java lengkap dengan fungsi dan kelebihan dan kekurangan java.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan Anda tentang bahasa pemrograman Java. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Bayar Listrik dan Air hingga Kebutuhan Rumah Tangga Ditanggung Sang Istri Sebelum Bercerai, Tangis Angga Wijaya Pecah Mohon Maaf pada Dewi Perssik Lantaran Tak Pernah Berikan Nafkah Sepeserpun Selama Menikah

Rumah tangga Dewi Perssik dan Angga Wijaya kini sirna. Setelah lima tahun bersama, jalinan rumah tangga itu kandas begitu saja.…

Serius Jadikan Ayu Ting Ting Sebagai Ibu Wabup, Sahrul Gunawan Ungkap Rencana Tembak sang Biduan, Sosok Ini Gemas: Sekarang Aja

Sahrul Gunawan semakin getol menunjukkan perasaan sukanya pada Ayu Ting Ting. Bahkan, Sahrul Gunawan baru-baru ini telah mengungkap rencana untuk…

Contoh Soal CPNS Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag)

Kementerian Perdagangan mengajak Warga Negara Indonesia untuk menjadi bagian dari Kementerian Perdagangan dalam menjalankan tugas serta fungsinya. Anda bisa mengikuti…

Niat Sholat Ashar dan Tata Cara Pelaksanaannya

Sholat ashar merupakan sholat fardu yang dikerjaan disore hari (pukul berapa tepatnya sholat ashar maupun sholat fardu lainnya disetiap daerah…

15 Tempat Wisata di Kota Magelang yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata…

Contoh Soal AKM SMA Kelas 12 dan Pembahasannya

Jika kelas 12 identik dengan Ujian Nasional (UN), kini tidak lagi perlu menjalaninya. Asesmen Nasional (AN) menjadi sebuah program atau…

Contoh Soal AKM SMA Kelas 11 dan Pembahasannya

Asesmen Nasional (AN) merupakan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Asesmen Nasional…

Terungkap Alasan Nathalie Holscher Enggan Menikah Lagi, Trauma Cerai, Singgung Nama Sule

Nathalie Holscher membuat pengakuan apa yang dipendamnya. Jika sudah resmi cerai dari komedian Sule, Nathalie Holscher mengaku trauma untuk membangun…

Jadi Saksi Pertengkaran Rumah Tangga Sule, Adik Nathalie Holsher Tegas Ogah Beri Izin sang Kakak Rujuk: Takut Mentalnya Kena

Sidang perceraian Sule dan Nathalie Holscher kembali digelar dk Pengadilan Agama Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (3/8/2022). Agenda sidang…

Doa Niat Puasa Bulan Ramadhan dan Tata Cara Melakukannya

Puasa Ramadhan yaitu puasa yang dilakukan satu bulan penuh dalam setahun yakni pada bulan suci Ramadhan. Puasa sendiri bermakna menahan…