Pengertian Java, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Java

Bagi kita yang akrab dengan dunia IT, pasti sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman java. Java adalah salah satu bahasa pemrograman populer yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi seluler, desktop, dan situs web.

Beberapa situs web besar dunia seperti yahoo, linkedIn, dan spotify juga telah menggunakan java untuk mengembangkan situs web mereka. Salah satu alasan popularitas java adalah keserbagunaannya untuk digunakan di berbagai platform.

Tak heran sekitar 12 juta developer menggunakan java untuk pengembangan aplikasi. Nah kali ini kita akan membahas apa itu java, yuk simak ulasan kami tentang pengertian, fungsi dan kelebihan serta kekurangan java dibawah ini.

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi pada objek dan umumnya digunakan untuk mengembangkan bagian back-end perangkat lunak aplikasi android, dan situs web.

Program Java terdiri dari bagian-bagian yang disebut kelas. Kelas terdiri dari metode yang melakukan pekerjaan dan mengembalikan informasi setelah melakukan pekerjaan mereka.

Pemrogram Java memanfaatkan kumpulan kelas di perpustakaan kelas Java yang disebut Java Application Programming Interface (API). Kelas-kelas ini diatur ke dalam kelompok yang disebut paket. Java API telah menciptakan applet dan aplikasi yang kuat dengan menyediakan fungsionalitas yang memadai.

Java adalah bahasa pemrograman non-spesifik atau bersifat umum. Artinya, bahasa pemrograman Java berorientasi objek (OOP) dapat dijalankan untuk berbagai platform atau sistem operasi. Selain itu, OOP juga memungkinkan program komputer sebagai kumpulan objek yang dapat berinteraksi satu sama lain.

Sedangkan Object Oriented Programming (OOP) bertanggung jawab untuk mengatur program sebagai kumpulan komponen yang kemudian disebut sebagai objek. Objek-objek ini bersifat independen, dapat berkomunikasi dengan objek lain dengan aturan tertentu.

Kehadiran Java di tengah perkembangan teknologi tidak lepas dari sosok James Gosling pada tahun 1995. Saat itu, bahasa pemrograman Java diciptakan sebagai pengembangan dari bahasa pemrograman C dan C++ yang kurang fleksibel.

Hingga saat ini Java menjadi bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh para developer karena kelebihannya. Diantaranya mudah dijalankan di beberapa platform, memiliki library yang lengkap, berorientasi objek, dan mudah dipelajari karena mirip dengan bahasa C++.

Fungsi Java

Dalam pembuatan aplikasi, bahasa pemrograman Java memiliki banyak fungsi yang membuatnya lebih sering digunakan oleh para programmer. Berikut fungsi dari bahasa pemrograman java.

1). Dapat Digunakan di Berbagai Sistem Operasi

Fungsi utama dan alasan menggunakan pemrograman Java adalah dapat berjalan di berbagai sistem operasi. Bahasa pemrograman Java yang independen merupakan salah satu faktor yang memungkinkan hal tersebut.

Tidak hanya itu, Java juga memiliki variabel yang berukuran sama dengan berbagai platform. Variabel yang dimiliki oleh Java adalah bilangan bulat yang memiliki ukuran yang sama. Saat dibuat menjadi file, file yang dibuat juga dapat digunakan di perangkat apa pun.

2). Berfokus pada Objek

Bahasa pemrograman Java hanya berfokus pada objek. Dengan memfokuskan hanya pada objek, program komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam sekelompok objek.

3). Penggunaan Bahasa yang Relatif Sederhana

Fungsi selanjutnya adalah penggunaan bahasa Java sederhana. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Java memang lebih sederhana karena menggunakan sintaks yang mirip dengan C++.

Namun di Java, sintaks yang digunakan telah diperbaiki, terutama pada bagian multiple inheritance dan penggunaan pointer yang cenderung rumit. Java juga menggunakan fitur sampah memori dan alokasi memori otomatis yang membuat pekerjaan lebih mudah.

4). Mendukung Native Method

Java mendukung metode atau fungsi asli yang ditulis dalam bahasa lain, terutama C dan C++. Dengan dukungan native untuk metode ini, memungkinkan programmer untuk menulis berbagai fungsi yang dapat dilakukan dengan cepat jika dibandingkan dengan fungsi lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Java

Bahasa pemrograman Java memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya salah satu bahasa pemrograman favorit para programmer.

Meski begitu, ada juga kekurangan yang menjadi poin yang harus diperhatikan oleh programmer saat menggunakan bahasa pemrograman ini.

Kelebihan Java

Berikut dibawah ini kelebihan Java, antara lain.

1). Multiplatform

Keunggulan Java yang paling utama adalah bahasa pemrograman ini bersifat multiplatform. Ini berarti Java dapat digunakan pada platform apa pun dan bersifat universal. Hal ini sangat memudahkan para pengembang aplikasi saat menggunakannya.

2). Mudah Dikembangkan

Keuntungan utama menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman adalah Java lebih mudah untuk dikembangkan. Dengan keunggulan tersebut, developer bisa lebih leluasa dalam mengembangkan aplikasinya.

3). Dukungan Sistem Exception-Handling

Java menawarkan keuntungan bagi programmer yang ingin membuat aplikasi dengan system Exception-Handling. Aplikasi yang dibangun dengan Java dapat digunakan pada platform apa pun. Hal ini berkaitan dengan usability atau kegunaan dari aplikasi yang dikembangkan.

Kekurangan Java

Selain kelebihan yang disebutkan di atas, java juga memiliki beberapa kekurangan. Termasuk berikut ini:

1). Membutuhkan Banyak Memori

Java memang memiliki banyak modul dan fitur yang memudahkan pengembang untuk mengembangkan aplikasi. Sayangnya, program berbasis Java memakan cukup banyak memori. Itu karena java memerlukan data untuk pengumpulan sampah, pembuatan kelas, kompiler, dan banyak lagi.

Semua proses ini mampu membuat aplikasi Java aman dan bekerja dengan lancar. Namun, perangkat yang menjalankan aplikasi Java cenderung kehabisan RAM yang cukup banyak.

2). Mudah Didekompilasi

Salah satu kelemahan Java adalah mudah untuk didekompilasi. Dekompilasi adalah proses mengubah kode menjadi kode sumber. Harap dicatat, bahwa ketika program dijalankan, file Java akan dikompilasi menjadi bytecode platform.

Namun, setelah dikompilasi, algoritma dasar program Java mudah dilihat. Jadi, kemungkinan aplikasi dibajak akan lebih besar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kamu perlu meningkatkan keamanan program secara ekstra. Misalnya dengan menggunakan lisensi terenkripsi.

3). Graphical User Interface (GUI) yang Tidak Menarik

Graphical User Interface adalah tampilan aplikasi atau website yang berfungsi untuk berinteraksi dengan pengguna. Beberapa komponen GUI misalnya, ikon, tombol, menu, dan lain-lain.

Sayangnya, jika ingin membuat tampilan aplikasi atau website menggunakan Java, hasilnya akan kurang menarik. Sebab, keunggulan Java biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat back- end sebuah aplikasi. Jadi, jika kamu ingin membuat tampilan yang menarik, kamu bisa membuatnya menggunakan JavaScript.

Demikian artikel kami tentang pengertian bahasa pemrograman java lengkap dengan fungsi dan kelebihan dan kekurangan java.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan Anda tentang bahasa pemrograman Java. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pasal 151 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana)

Kitab Undang-undang Hukum Pidana (bahasa Belanda: Wetboek van Stafrecht, umum dikenal sebagai KUH Pidana atau KUHP) adalah peraturan perundang-undangan yang…

Nathalie Holscher Bak Jadi Sosok Orang Ketiga, Marissya Icha Pasrah Kalau Tak Dipilih Frans Faisal: Enggak Maksa

Marissya Icha ikhlas bila Frans Faisal berjodoh dengan Nathalie Holscher. Belakangan, Frans Faisal dan Nathalie Holscher memang ramai dijodohkan oleh…

6 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu Bagi Pemula

Untuk memiliki sebuah barang yang sedang sangat dibuthkan atau berharga, terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih…

15 Tempat Wisata di Kota Batu yang Wajib Dikunjungi

Kota Batu memang memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dengan beragam kekayaan alamnya. Bahkan banyak yang menyebut bahwa…

Roro Fitria Syok Berat Lihat Suami Menari-nari Telanjang Bulat di Depan Foto Orang yang Sudah Wafat

Roro Fitria nampaknya syok berat kepada sang suami, Andre Irawan. Roro Fitria sampai tak habis pikir dengan kelakuan Andre. Maka…

Foto Penampakan Jenazah Brigadir J Sesaat Usai Dieksekusi Ferdy Sambo cs

Komnas HAM menunjukkan foto jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, terkapar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Foto…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tulungagung dan Bali menjadi dua tempat yang tidak jauh berbeda, pesona keindahan pantainya menjadi salah satu yang harus Anda kunjungi…

18 Tempat Wisata di Kabupaten Purbalingga yang Wajib Dikunjungi

Purbalingga merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Pemalang pada sisi sebelah utara. Kabupaten Purbalingga memang…

15 Tempat Wisata di Badung Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Badung memang sudah sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mengagumkan. Pasir pantai putihnya pun menjadi salah satu keunggulan dari…

15 Tempat Wisata di Kota Blitar yang Wajib Dikunjungi

Kota Blitar memang memiliki kenangan tersendiri tentang penjajahan bangsa Indonesia. Kota ini juga menjadi tempat hembusan nafas pertama dan terakhir…