Pengertian Jaringan Komputer, Jenis-Jenis, Topologi dan Manfaat Jaringan Komputer

Kehadiran internet dalam kehidupan manusia telah memberikan dampak yang cukup besar. Salah satu fungsi dari internet itu sendiri adalah untuk menghubungkan jaringan komputer yang satu dengan yang lainnya. Tetapi apakah kamu pernah mendengarkan jaringan komputer? Dan tahukah Anda apa itu jaringan komputer?

Untuk mengenal lebih jauh tentang jaringan komputer, mari simak ulasan berikut yang membahas tentang pengertian jaringan komputer, jenis, topologi jaringan hingga manfaat jaringan komputer dalam kehidupan.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling berhubungan atau terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagai sumber data.

Setiap titik akhir dalam jaringan memiliki pengidentifikasi, yang biasa disebut sebagai alamat IP atau alamat kontrol akses media.

Jaringan dapat bersifat pribadi atau publik. Dalam penggunaan jaringan pribadi, biasanya memerlukan akses pengguna untuk memasukkan kredensial berupa kata sandi yang dimasukkan secara manual oleh administrator atau diperoleh langsung oleh pengguna. Untuk penggunaan jaringan publik seperti internet, jangan membatasi akses.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya akan kami jelaskan sebagai berikut:

PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan ini mencakup area yang lebih kecil, misalnya di kantor dan rumah. Biasanya banyak digunakan hanya untuk keperluan internet, begitu juga dengan printer. Dan tidak membutuhkan resource yang besar untuk menggunakan jaringan PAN.

LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dalam kondisi jangkauan yang relatif kecil. Contoh penerapan jaringan LAN adalah sistem jaringan di sekolah, kantor, dan rumah.

Banyak orang cenderung menggunakan konektivitas tertentu, terutama pada token ring dan ethernet. Selain itu, LAN juga menyediakan teknologi jaringan nirkabel menggunakan WiFi dan lebih dikenal dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

CAN (Campus Area Network)

Jaringan CAN dapat dikatakan memiliki kemiripan dengan MAN, namun lebih terbatas pada lingkup kampus atau akademisi. Untuk jaringan ini banyak digunakan untuk praktikum lab, email, update kelas, dan lain sebagainya.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan yang menghubungkan satu perangkat komputer dengan perangkat lain dalam lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari jaringan LAN.

WAN (Wide Area Network)

WAN adalah kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung menggunakan teknologi untuk konektivitas jarak jauh.

Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Cakupan internet mencakup hampir seluruh pelosok dunia.

Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi di berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya.

VPN (Virtual Private Network)

VPN merupakan salah satu solusi untuk memberikan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, ada banyak platform yang
menjual VPN secara gratis, serta menyediakan akses premium.

Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Beberapa topologi jaringan komputer tersedia dan digunakan dalam berbagai aktivitas manusia sebagai berikut:

Bus

Topologi bus merupakan topologi yang memiliki satu kabel yang masing-masing workstation dan server saling terhubung.

Kelebihan dari topologi bus sendiri adalah ketika mengembangkan jaringan dan workstation baru tidak mengganggu workstation lain. Kekurangannya adalah ketika kabel rusak atau putus maka akan mengalami gangguan pada seluruh jaringan.

Cincin (Ring)

Topologi ring merupakan topologi yang terbentuk ketika semua perangkat terhubung, sehingga menyerupai pola cincin atau lingkaran. Jadi, setiap workstation akan menerima informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Kelebihan dari topologi ring adalah tidak akan terjadi tubrukan atau tubrukan antar data. Sedangkan kekurangan dari topologi ini adalah jika salah satu node mengalami masalah maka seluruh jaringan akan mengalami gangguan.

Bintang (Star)

Topologi star adalah topologi dimana setiap workstation memiliki jalur yang terhubung langsung melalui server atau hub. Kelebihan topologi ini adalah jika salah satu workstation mengalami masalah, tidak semua jaringan akan mengalami hal yang sama.

Sebab, setiap workstation memiliki line atau kabel tersendiri. Kekurangan dari topologi star adalah membutuhkan biaya yang besar, karena membutuhkan resource kabel yang banyak.

Pohon (Tree)

Topologi tree merupakan gabungan dari topologi star dan bus. Topologi jaringan ini menyerupai bentuk akar pohon, yang bisa dikatakan hanya perangkat hub yang terhubung langsung dengan bus pohon.

Dan setiap hub berfungsi sebagai akar pohon. Kelebihan dan kekurangan topologi tree sama dengan topologi bus dan star. Namun, menggunakan jaringan pohon ini mendukung perluasan jaringan yang lebih baik.

Topologi Mesh

Sering digunakan ketika ada kondisi dimana tidak ada hubungan komunikasi yang terputus secara mutlak antar node dalam suatu jaringan komputer. Perangkat akan langsung terhubung selama berada di jaringan yang sama.

Kelebihan topologi mesh adalah komunikasi antar komputer lebih cepat, dan keamanan lebih terjamin. Kekurangan dari topologi mesh adalah membutuhkan biaya yang lebih besar dalam penyediaan kabel.

Manfaat Jaringan Komputer

Tentu setiap hal harus memiliki manfaat agar tetap eksis, nah adapun beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari yakni:

1). Untuk berbagi dokumen

Jaringan komputer digunakan sebagai media untuk berbagi dokumen yang kamu miliki dengan perangkat komputer lain menggunakan jaringan internet. Kamu juga dapat berbagi dokumen menggunakan kabel data atau nirkabel.

2). Untuk menjaga dan mengelola keamanan data

Data akan lebih baik jika disimpan lebih terpusat. Selain itu, jaringan juga berguna untuk memudahkan administrator dalam mengelola data penting perusahaan. Dengan memanfaatkan shared server, setiap orang dapat mencari data dengan cepat dan efisien.

3). Mudah untuk berkomunikasi

Jaringan komputer juga sangat memudahkan untuk berkomunikasi antar individu dan dengan orang lain dari geografi yang berbeda secara cepat dan akurat. Dengan berkomunikasi secara tepat dapat membantu dalam mengatasi segala permasalahan yang mungkin terjadi di dalam perusahaan.

4). Menyampaikan informasi dengan cepat

Proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat tanpa batasan waktu dan tempat. Kamu dapat membaca informasi apa pun dari seluruh dunia.

5). Membantu aktivitas manusia

Jaringan komputer juga dapat membantu setiap aktivitas manusia menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan jaringan yang baik, setiap aktivitas baik di dalam maupun di luar kantor dapat terkoneksi dengan baik.

Demikian artikel kami mengenai pengertian jaringan komputer lengkap dengan Jenis, Topologi serta Manfaat Jaringan Komputer. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai jaringan komputer. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Hak Asuh Gala Sky Seakan Jadi Rebutan Keluarga Mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Kak Seto Beri Peringatan Keras Ini: Mohon dengan Hormat!

Nasib Gala Sky usai menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal bersamaan dalam kecelakaan maut langsung menjadi perbincangan publik. Ya,…

Profil Tubagus Joddy Sopir Vanessa Angel yang Selamat dari Kecelakaan Maut, Tanggal Lahir, Profesi dan Usia

Profil Tubagus Joddy, sopir Vanessa Angel yang terlibat dalam kecelakaan maut di Tol Nganjuk arah Surabaya Kilometer 672 pada Kamis,…

Pihak Bibi Andriansyah Ingin Jual Peninggalan untuk Tabungan Gala Sky, Ayah Vanessa Angel Ngotot Warisan Dipisah: Biar Dipakai Mayang

Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat sedang menjadi perhatian karena mengusulkan agar warisan Bibi Andriansyah dan anaknya dipisahkan. Usulan ini menuai…

Dituduh Eksploitasi Anak Vanessa Angel, Adik Bibi Ardiansyah Klarifikasi

Adik Bibi Ardiansyah, Fuji angkat bicara mengenai tudingan sejumlah pihak soal mengeksploitasi Gala Sky Andriansyah, anak Vanessa Angel. "Aku mau…

Astaga, Beredar Pengakuan Pengendara yang Disalip Mobil Vanessa: Ngebut Banget! Saking Kerasnya, Kepental Gitu

Meninggalnya artis Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Ardiansyah, menyisakan luka dan duka mendalam bagi orang-orang yang mengenal mereka. Ya,…

Sang Ponakan Dalangnya, Sosok Syahrini Sampai Diusir dari Ruangan, Video Istri Reino Barack saat Digiring Keluar Viral: Gegara Raja nih!

Bisa dibilang nasib Syahrini saat itu benar-benar apes. Acara Syahrini jalan-jalan ke Singapura bareng Reino Barack beberapa waktu lalu berubah…

Videonya Viral, Nikita Mirzani Sebut Mulan Jameela Harus Sadar Diri, Tak Terima Dituduh Ingin Rebut Ahmad Dhani: Dia Gak Sadar ya?

Belakangan viral video pengakuan Nikita Mirzani soal Mulan Jameela. Dalam pengakuannya, Nikita mirzani seret nama istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela.…

Klaim Punya Kos-kosan Bernilai Rp 2 M, Teddy Pardiyana Tuding Pihak Sule Curi Uang Setorannya: Saya Mau Mempertanyakan

Teddy Pardiyana kini kembali berselisih dengan keluarga Sule soal harta warisan Lina Jubaedah. Konflik tersebut kembali mencuat usai Teddy Pardiyana…

Pengertian Media Sosial, Ciri – Ciri, Manfaat dan Dampak Media Sosial

Saat ini, setiap orang bisa dengan mudah ntuk mengakses yang namanya media sosial di mana saja dan kapan saja hanya…

Disuruh Sadar Diri, Sosok Artis Janda Ini Ungkap Pernah Dituding Mulan Jameela Ingin Rebut Ahmad Dhani, Nyai: Dia Rebut Laki Orang!

Sudah bukan rahasia lagi, Mulan Jameela sempat dituding sebagai artis pelakor (perebut lelaki orang) setelah kisah asmaranya dengan Ahmad Dhani…