Pengertian Jaringan Komputer, Jenis – Jenis dan Manfaat Jaringan Komputer

Subtitle goes here

By:

Agustus 16, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Pengertian Jaringan Komputer
Loading...

Kalau bicarain tentang istilah jaringan komputer, mungkin beberapa dari anda mungkin pernah mendengar istilah tersebut. Di era yang serba digital seperti sekarang, kebutuhan manusia akan komputerisasi tidak dapat dihindarkan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian jaringan komputer menurut para ahli, jenis-jenis jaringan komputer, jenis-jenis perangkat jaringan komputer dan manfaat jaringan komputer itu sendiri.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Jaringan komputer merupakan suatu sistem yang dimana terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung antara satu sama lain yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dan juga data.

Ketika saling terhubung antara satu sama lain, maka ada yang menjadi pihak yang meminta dan ada pihak yang memberi. Pihak yang meminta layanan dikenal dengan istilah client sedangkan pihak yang memberi dikenal dengan dengan istilah server. Maka dari itu, sistem ini disebut dengan sistem client-server.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian jaringan komputer, disini kami akan mengulas beberapa defenisi jaringan komputer menurut para ahli yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.

1. Yayasan Sandhykara

Menurut Yayasan Sandyhkara, jaringan komputer merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang terpisah, melalui sebuah media komunikasi untuk melakukan komunikasi data satu dengan lain dengan tujuan berbagi sumber daya.

2. Jafar Noor Yudianto (2007)

Menurut Jafar Noor Yudianto, jaringan komputer merupakan suatu sistem yang dimana terdiri dari sebuah komputer-komputer yang dibuat untuk dapat berbagi sumber daya (cpu, printer), berkomunikasi dan dapat mengakses informasi.

3. Umi Proboyekti

Menurut Umi Proboyekti, jaringan komputer ialah suatu kumpulan komputer yang berjumlah besar dan terpisah-pisah, akan tetapi komputer-komputer tersebut tetap berhubungan satu sama lain dalam menjalankan tugasnya.

Dua buah komputer dapat dikatakan saling terkoneksi jika mereka dapat saling bertukar informasi. Adapun bentuk dari koneksi itu tersebut diantaranya seperti serat tembaga,gelombang mikro dan satelit komunikasi.

4. Anonim

Menurut Anonim, jaringan komputer ialah suatu kelompok komputer otonom dimana kelompok tersebut saling berhubungan satu sama lain dengan menggunakan protokol komunikasi yang melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, informasi dan lain-lain bersama beberapa perangkat keras(hardware) seperti printer, harddisk dan sebagainya.

5. Zymon Machajewski

Menurut Zymon Machajewski, jaringan komputer adalah sebuah seperangkat komputer yang saling terhubung satu sama lain secara bersamaan dan juga memiliki tujuan yang sama. Tujuannya yaitu untuk bisa saling membagi informasi atau membagi sumberdaya. Salah satu sumberdaya yang sekarang ini paling banyak digunakan yaitu sumber daya internet.

Jenis – Jenis Perangkat Jaringan Komputer

Jaringan komputer sendiri terbagi kedalam beberapa jenis, beberapa jenis perangkat jaringan komputer diantaranya:

1. LAN (Local Area Network)

Perangkat jaringan komputer jenis LAN menghubungkan perangkat jaringan dengan cakupan jarak yang cukup pendek. Biasanya perangkat jaringan komputer jenis ini dapat ditemukan dirumah, kantor ataupun sekolah yang biasanya terdapat satu LAN.

Selain itu, terdapat juga jenis LAN yang bersifat wireless yang menggunakan Wi-Fi yang dikenal dengan sebutan WLAN (Wireless Local Area Network).

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Perangkat jaringan komputer jenis MAN merupakan jenis jaringan komputer yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat lain dalam ruang lingkup jaringan kota yang sama.

Jika jarak yang mengubungkan antara dua perangkat yang menggunakan LAN tidak memungkinkan untuk membangun jaringan, maka jaringan jenis ini dapat digunakan.

3. WAN (Wide Area Network)

Perangakat jaringan komputer jenis WAN adalah sekumpulan perangkat komputer jenis LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan komputer jenis WAN umumnya cenderung menggunakan teknologi seperti ATM, X25 dan juga Frame Relay untuk konektivitas jarak yang dapat digunakan lebih jauh lagi.

4. PAN (Personal Area Network)

Perangkat jaringan komputer jenis PAN merupakan jenis jaringan komputer yang biasanya hanya mencakup wilayah kecil saja seperti jaringan rumah ataupun kantor dan juga perangkat jaringan komputer digunakan dalam hal berbagi resources seperti internet atau printer.

5. Internet

Perangkat jaringan komputer jenis internet merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh seorang manusia. Ruang cakupan internet sendiri sangat luas. Perangkat komputer jenis ini juga menghubungkan jutaan perangkat komputasi yang diantaranya seperti PC (personal computer), smartphone,Tv dan lain sebagainya.

Manfaat Jaringan Komputer

Beberapa manfaat yang diberikan dari kehadiran jaringan komputer dalam kehidupan sehari-hari diantaranya sebagai berikut.

1. Dalam hal berbagi dokumen

Dengan kehadiran perangkat komputer jenis internet memungkinkan anda untuk dapat berbagi dokumen yang anda punya kepada perangkat komputer lain. Selain itu anda juga bisa membagikan dokumen tersebut melalui kabel data atapun nirkabel.

2. Memudahkan dalam berkomunikasi

Adanya jaringan komputer memberikan kemudahan kepada anda untuk melakukan komunikasi secara personal ataupun tim yang berbeda geografis secara cepat.

3. Menyampaikan informasi secara cepat

Dengan bantuan dari jaringan komputer, proses penyampaian informasi bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa ada batasan tempat. Dengan begitu, anda dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

4. Membantu aktivitas manusia

Dengan memanfaatkan jaringan komputer, aktivitas yang dilakukan manusia setiap harimya dapat dilakukan secara efektif dan juga efisien.

Nah itu dari artikel kami mengenai pengertian jaringan komputer menurut para ahli, jenis-jenis dan manfaat dari jaringan komputer. Ternyata jaringan komputer di era sekarang sangat memberi dampak yang besar bagi manusia. Kemudahan dan manfaat yang diberikan oleh adanya jaringan komputer membuat aktivitas manusia lebih efektif dan efisien.

0 Comment

Leave a Comment