Pengertian ISO, Jenis-Jenis ISO dan Tujuan ISO

Saat memproduksi segala jenis produk, kualitas keseluruhan dan kepuasan pelanggan sangat penting. Agar produk kita mendapatkan banyak keunggulan dan bersaing secara global, kita perlu menggunakan ISO.

ISO adalah aturan dasar perusahaan untuk terus mengukur, mengevaluasi, dan meningkatkan sistem yang memastikan kualitas produk secara keseluruhan. Produsen ditantang untuk memverifikasi bahwa semua produk sesuai dengan benar dan berfungsi sempurna setiap saat.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut tentang ISO, yuk simak ulasan kami tentang pengertian ISO, jenis-jenis dan kegunaan ISO di bawah ini.

Pengertian ISO

Berbicara tentang ISO, dapat dilihat dari namanya bahwa itu adalah semacam organisasi internasional seperti WHO, UNICEF dan lain-lain.

ISO diambil dari kata ISOS yang artinya serupa. ISO sendiri merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization.

Ini adalah badan non-pemerintah yang terdiri dari lebih dari 160 negara. Mereka bertanggung jawab untuk mengembangkan standar untuk berbagai industri yang mempromosikan kualitas, keamanan dan efisiensi.

Singkatnya, ISO adalah badan penetapan standar internasional yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing negara untuk mengukur kualitas organisasi. Artinya, setiap perusahaan yang ingin bersaing secara global dapat diukur kemampuan atau kondisinya dengan standar yang telah ditetapkan oleh ISO.

Meskipun tidak ada perusahaan yang dipaksa untuk mematuhi standar ISO, memilih pemasok yang terdaftar di ISO memastikan bahwa pemasok produk tersebut mengelola bisnis mereka dengan standar yang konsisten yang mendorong pemborosan dan biaya serta mendorong kualitas dan pengiriman produk.

Dengan organisasi ini, ISO akan memberikan spesifikasi kelas dunia dalam berbagai cara. Perusahaan yang telah terverifikasi ISO akan berpeluang memenangkan persaingan pasar global karena memberikan jaminan kualitas produk sehingga konsumen lebih percaya pada produk.

Jenis – Jenis ISO

Secara umum ISO memiliki berbagai jenis standar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan persaingan global.

Berikut ini adalah beberapa jenis ISO yang telah digunakan oleh banyak produk di Indonesia antara lain:

1). ISO 9001

ISO 9001 memiliki banyak manfaat bagi industri manufaktur. ISO 9001 membantu menginspirasi perusahaan untuk menemukan cara yang lebih efektif untuk menyelesaikan masalah kualitas dan masalah terkait biaya lainnya secara permanen sambil mendorong bisnis untuk menemukan cara kreatif untuk melampaui persyaratan yang ditentukan pelanggan.

Standar ini membantu bisnis mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan meningkatkan sistem yang memenuhi kebutuhan pelanggan tertulis dan “tersirat” seperti:

  • Standar keamanan
  • Manufaktur ramah lingkungan
  • Efisiensi produksi yang diharapkan
  • Spesifikasi dimensi dan fungsional

Perusahaan yang mematuhi standar ISO jenis ini sebagai bagian dari budaya mereka umumnya menikmati kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, lebih sedikit kesalahan, pengurangan biaya, dan keunggulan kompetitif.

2). ISO/IEC 17025

Jenis ISO ini dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki persyaratan lembaga pengujian, seperti laboratorium tipe standar.

ISO/IEC 17025 memungkinkan laboratorium untuk menunjukkan bahwa mereka beroperasi secara kompeten dan menghasilkan hasil yang valid, sehingga meningkatkan kepercayaan dalam pekerjaan mereka baik secara nasional maupun di seluruh dunia.

Ini juga membantu memfasilitasi kolaborasi antara laboratorium dan lembaga lain dengan menghasilkan penerimaan yang lebih luas dari hasil antar negara.

Laporan pengujian dan sertifikat dapat diterima dari satu negara ke negara lain tanpa perlu pengujian lebih lanjut, yang pada gilirannya meningkatkan perdagangan internasional.

3). ISO 28000

ISO 28000 adalah standar internasional yang membahas persyaratan sistem manajemen keamanan. Standar ini mendefinisikan aspek untuk membantu organisasi menilai ancaman keamanan dan mengelolanya saat muncul dalam rantai pasokan mereka.

Dengan ISO 28000, organisasi dapat menentukan apakah langkah-langkah keamanan yang tepat telah diterapkan dan dapat melindungi properti mereka dari berbagai ancaman.

4). ISO 50001

Sebagai standar internasional, ISO 50001 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk mengembangkan, menerapkan, dan meningkatkan sistem manajemen energi.

Hal ini memungkinkan organisasi untuk mengikuti kerangka kerja khusus yang membantu mereka mencapai peningkatan berkelanjutan dalam kinerja, efisiensi, penggunaan, dan konsumsi energi.

Kerangka kerja ini menetapkan pengukuran, dokumen, dan laporan, yang memungkinkan organisasi untuk memantau kemajuan proses dan karyawan mereka menuju kinerja energi.

5). ISO 14001

ISO 14001 adalah standar internasional yang diakui secara luas yang menetapkan persyaratan bagi organisasi yang ingin meningkatkan kinerja lingkungan mereka dan meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Kerangka kerja berdasarkan ISO 14001 akan membantu organisasi mengelola proses jangka pendek dan jangka panjang mereka melalui penggunaan sumber daya yang efisien, yang akan berdampak positif pada lingkungan.

6). ISO 22000

ISO 22000 adalah standar internasional yang diterima secara global, yang menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan pangan.

Didirikan pada tahun 2005, ISO 22000 berlaku untuk semua organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan pangan.

Standar ini menguraikan kerangka kerja yang menyelaraskan semua bagian rantai pasokan makanan, dari produsen hingga konsumen, dan membantu kamu mengurangi bahaya makanan, mengendalikan risiko, dan mencegah kontaminasi.

7). ISO/IEC 27001

ISO/IEC 27001 adalah standar internasional yang menetapkan spesifikasi untuk sistem manajemen keamanan informasi.

Pendekatan praktik terbaiknya membantu organisasi mengelola keamanan informasi mereka dengan menangani orang, proses, dan teknologi.

Sertifikasi yang terakreditasi secara independen untuk standar ini diakui di seluruh dunia sebagai indikasi bahwa sistem manajemen keamanan informasi kamu selaras dengan praktik terbaik keamanan informasi.

8). ISO TS 16949

ISO TS 16949 adalah persyaratan sistem mutu umum yang dikembangkan bersama oleh industri otomotif AS, Jerman, Prancis, dan Italia dalam upaya bersama untuk meningkatkan kualitas dan memastikan integritas pasokan ke industri.

Persyaratan ini berlaku untuk setiap organisasi yang memproduksi komponen, rakitan, dan suku cadang untuk dipasok ke industri otomotif.

Pengertian ISO erat kaitannya dengan jenis-jenis ISO yang telah dibahas. Dengan memahami arti dan tipenya sebagai perusahaan yang akan bersaing secara global, maka dapat mempersiapkan dan memperhatikan apa yang harus dilakukan. Setiap bidang akan memiliki jenis ISO yang berbeda karena semua standar terhadap perusahaan tidak sama.

Tujuan ISO

Saat ini pengelolaan usaha dilakukan dengan berbagai cara agar dapat memperoleh keuntungan dan mampu bersaing dengan baik.

Bagi perusahaan yang akan bersaing secara global harus memiliki standar ISO agar kualitas produk yang dihasilkan lebih dapat diandalkan.

Mengingat hal ini, ISO sangat penting untuk digunakan dan memiliki tujuan yang baik dalam manajemen bisnis. Berikut tujuan dan pentingnya ISO.

1). Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Menggunakan ISO dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan, hal ini penting terutama jika ingin bersaing di pasar global.

Calon pelanggan atau konsumen di bisnis kamu memiliki tingkat kepercayaan merek yang lebih tinggi jika produk atau layanan yang mereka gunakan sesuai dengan standar yang berlaku.

2). Mengoptimalkan Kinerja Karyawan

Perusahaan yang telah memiliki visi, misi dan regulasi mutu yang sesuai standar dapat menjadikan isi perusahaan menjadi optimal dan efisien.

Karyawan yang bekerja di perusahaan akan meningkatkan kualitasnya agar sesuai dengan standar perusahaan yang telah ditetapkan.

3). Meningkatkan Niat Baik Perusahaan

Niat baik dalam bisnis adalah citra yang baik sehingga perusahaan akan dilihat oleh perusahaan mana pun.

Menggunakan sertifikat ISO yang telah diperoleh perusahaan akan membuat nilai perusahaan semakin positif.

Cara ini akan membawa keuntungan bagi perusahaan sehingga banyak mitra bisnis yang akan mengajak kerjasama.

4). Mencegah Pemborosan

Ketika perusahaan yang sedang berjalan mengalami masalah dengan suatu produk atau jasa, tentunya kamu harus memiliki langkah-langkah antisipatif.

Memiliki ISO tentunya akan memudahkan kamu dalam mencari masalah dan juga mencari solusinya. Menggunakan “standar” merupakan antisipasi atau cara untuk mencegah terjadinya masalah dengan produk atau jasa yang diberikan kepada konsumen.

Demikian artikel kami tentang pengertian ISO lengkap dengan jenis serta tujuan ISO.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu tentang ISO. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal AKM SMA Kelas 11 dan Pembahasannya

Asesmen Nasional (AN) merupakan kebijakan baru yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Asesmen Nasional…

Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) SKD CPNS

Salah satu tes yang ada dalam SKD CPNS 2023 adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). TWK merupakan jenis tes yang akan…

Contoh Soal CPNS Kementerian PPN/Bappenas

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian…

Veranosiliyana Diduga Hamil Anak Sirajuddin Mahmud, Kabarnya Sang Model dan Suami Zaskia Gotik Tidak Pernah Menikah Resmi Maupun Siri

Pengadilan Negeri Cikarang baru saja kembali menggelar sidang gugatan pengakuan status anak yang diajukan Veranosiliyana terhadap suami Zaskia Gotik, Sirajuddin…

10 Travel Umroh di Medan, Mulai dari 20 Juta!

Selain ibadah haji, umroh juga tentu menjadi salah satu keinginan dari setiap umat Islam. Ibadah umroh sendiri memang hampir mirip…

15 Contoh Surat Pribadi dan Cara Membuatnya

Pernahkah kamu menulis surat pribadi? Atau apakah kamu tahu seperti apa surat pribadi itu? Surat pribadi adalah surat antar perseorangan,…

Contoh Soal AKM SD Kelas 5 dan Pembahasannya

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dibuat agar siswa mampu mengembangkan kemampuan dan kapastias dirinya untuk berpartisipasi secara positif dalam lingkungannya. AKM…

Inez Gonzale Tuntut 4 Aset dari Suami Zaskia Gotik, Salah Satunya Milik Mantan Istri Pertama Sirajuddin Mahmud, Imel PC: Banyakan Dia dari Harta Gono-gini

Dalam tuntutannya, model Inez Gonzales juga meminta aset dari Sirajuddin Mahmud suami Zaskia Gotik. Sosok Inez Gonzales model asal Yogyakarta…

Contoh Soal Fisika Kelas 9 SMP/MTs dan Jawabannya

Memiliki wawasan yang luas adalah sebuah bekal kehidupan yang amat bermanfaat, ringan dibawa kemana saja, dan dapat digunakan kapanpun juga.…

Contoh Soal Biologi Kelas 9 SMP/MTs dan Jawabannya

Ilmu Biologi modern telah mencakup banyak ilmu pengetahuan yang luas, maka mempelajarinya menjadi hal yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sekarang…