Pengertian IoT, Manfaat, Komponen dan Contoh IoT

Sudah tentu kita sering menggunakan media teknologi internet setiap harinya. Penggunaan Internet of things (IoT) pasti sering manfaatkan setiap harinya tanpa kita sadari.

IoT merupakan teknologi terbarukan yang dapat melakukan transmisi atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia.

Dalam aktifitas kita ada banyak sekali penggunaan IoT yang dapat kita temukan contohnya penggunaan QR Code, teknologi nirkabel, penggunaan sensor suara, sensor cahaya dan masih banyak lagi, berikut kita akan mengulas penggunaan IoT yang sering kita gunakan setiap harinya.

Pengertian IoT

Berikut dibawah ini pengertian IoT, antara lain sebagai berikut.

1). Casagras

Pendapat Casagras, Coordinator and Support Action for Global RFID-rRlated Activities and Standardization atau Coordinator and Support Action for Activities and Global Standardization terkait RFID memberikan pandangannya tentang pengertian Internet of Things atau IoT adalah infrastruktur jaringan global, dimana.

Mereka menggabungkan objek (baik fisik maupun virtual) melalui eksploitasi, perekaman dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur tersebut terdiri dari jaringan yang ada, serta internet seperti sekarang ini dengan jaringan yang dikembangkan.

2). Kevin Ashton

Menurut Kevin Ashton, definisi IoT berdasarkan pernyataannya adalah sebuah alat dengan dukungan kemampuan internet, dimana alat tersebut (Internet of Things) berpotensi untuk mengubah sebuah dunia.

Internet of Things adalah sebuah konsep yang dirancang untuk memperluas manfaat dari koneksi internet yang berkelanjutan.

Secara sederhana, Internet of Things (IoT) mengacu pada tren yang sedang berlangsung untuk menghubungkan semua jenis objek fisik ke internet, terutama yang mungkin tidak kamu duga.

Internet of Things mampu menghubungkan semua perangkat yang berbeda dengan menambahkan sensor dan kecerdasan digital, sehingga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real-time tanpa harus melibatkan campur tangan manusia.

Manfaat IoT

Banyaknya penggunaan IoT dalam kehidupan yang telah kita gunakan dan memudahkan pekerjaan kita. Berikut adalah manfaat IoT dalam kehidupan kita sehari-hari.

Manfaat utama IoT adalah kemudahan konektivitas yang ditawarkannya. Dengan menggunakan IoT, maka koneksi dapat dilakukan lebih cepat dan praktis karena tidak memerlukan penggunaan kabel (nirkabel).

Selain itu, IoT juga menggunakan teknologi cerdas yang memastikan koneksi jaringan dan perangkat berjalan lancar. Tentu saja ini memudahkan pekerjaan apa pun.

1). Meningkatkan efisiensi kerja

Manfaat lain dari IoT adalah efisiensi kerja yang ditawarkannya. Karena kemudahaan dan bantuan dari IoT maka efisiensi pasti dapat dikerjakan untuk suatu pekerjaan dan pastinya waktu akan dapat dipangkas dengan lebih cepat.

Tentunya hal ini sangat membantu para pelaku bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi kerja mereka.

Selain itu, IoT juga dapat di gunakan untuk mengontrol efektivitas para pegawai, hal ini dapat dilihat melalui kamera tersembunyi (CCTV).

2). Kenyamanan

Perangkat IoT seperti smartphone kini menjadi perangkat yang umum dimiliki oleh kebanyakan orang.

Misalnya, Smart Refrigerator dan Amazon Dash Button memungkinkan kamu menyusun ulang item dengan mudah hanya dengan melakukan satu atau dua tindakan yang menunjukkan persetujuan kamu.

Komponen IoT

Komponen IoT merupakan syarat yang harus ada agar penggunaan IoT dapat berjalan dan bisa digunakan, tanpa komponen ini maka IoT mungkin tidak akan dapat berfungsi dengan baik.

Adapun beberapa komponen untuk menunjang penggunaan IoT adalah adalah sebagai betikut :

1). Artificial Intelligence (AI)

Salah satu komponen dasar dari Internet of Things adalah kecerdasan buatan yang berperan sebagai “otak” dari perangkat tersebut.

Teknologi kecerdasan buatan ini memberikan kecerdasan berdasarkan fungsi dari perangkat itu sendiri Internet of Things akan berpartisipasi secara aktif dalam berbagai hal yang tersedia.

2). Konektivitas

Tanpa koneksi jaringan, IoT tidak akan berfungsi dengan baik. Konektivitas adalah komponen kunci dari IoT yang membantu perangkat untuk terhubung ke jaringan tertentu.

3). Sensor

Sensor pada perangkat IoT bertujuan untuk menentukan instrumen dan mengubah perangkat menjadi sistem aktif yang dapat menjalankan fungsinya dengan semestinya

4). Keterlibatan aktif

Banyak perangkat konvensional masih menggunakan metode keterlibatan pasif. IoT menerapkan keterlibatan aktif dan aktif dalam berbagai produk, dan layanan yang tersedia.

5). Perangkat kecil dan kompak

Di era modern ini, banyak perangkat kecil yang mampu melakukan banyak hal, smartphone misalnya. Salah satu ciri IoT adalah penggunaan perangkat kecil yang canggih.

Contoh IoT

Ada banyak ilmu yang menggunakan IoT dalam kehidupan kita. Berikut adalah bebrapa contoh penggunaan IoT dalam kehidupan kita sehari-hari

1). Energi

Dalam bidang ini IoT dapat digunakan untuk aplikasi sensor yang mendeteksi cahaya, sebagai koneksi ke pengisian daya nirkabel, dan banyak lagi.

2). Transportasi

Teknologi IoT juga dapat digunakan untuk membuat mobil pintar yang dapat mengemudi sendiri, sistem autopilot di pesawat terbang, atau sistem lalu lintas di jalan.

3). Pertanian

Di bidang ini, IoT dapat digunakan untuk mengumpulkan data seperti suhu, curah hujan, dll. melalui mesin otomatis.

4). Layanan publik

Dalam layanan publik IoT sering kita lihat pada pembuka gerbang jalan bebas hambatan (tol), kartu e- elektronik

5). Kendaraan

Pada kendaraan kunci cerdas agustus adaptor sering digunakan untuk pelacakan mobil otomatis dapat melacak informasi tentang mobil kamu menggunakan adaptor dalam mobil.

Perangkat ini melacak jarak tempuh, jam mengemudi, biaya bahan bakar, efisiensi bahan bakar, lokasi, dan sebagainya.

Kamu dapat menghubungkannya dengan aplikasi lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat. Banyak kendaraan di era ini sudah memiliki kemampuan Internet of Things, memungkinkan pemilik mobil untuk memantau lebih lanjut.

6). Rumah

Dengan perangkat smart lock, kamu tidak lagi membutuhkan kunci karena kunci akan otomatis terbuka saat kamu kembali ke rumah dan mengunci saat kamu menutup pintu.

Kamu juga dapat memberikan kunci tamu kepada teman atau pengurus rumah tangga dan mengatur waktu kedaluwarsa ketika kamu tidak lagi ingin memberikan akses ke rumah kamu.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian, IoT manfaat, komponen, serta contoh IoT.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan IoT. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Dear Diary – Els Warouw

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Madiun Ngawi – Happy Asmara

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Harga Mobil Toyota Corolla Cross Terbaru 2022

Tahukah kamu bahwa Toyota yang merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia awalnya memproduksi mesin jahit? Ya, perusahaan yang…

Lirik Lagu Batak Sai Horas Ma Ho Tu Si Boru Lomomi

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Anggur Merah 2 – Loela Drakel

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Tondi Tondiku – Style Voice

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Tega Celupkan Wajah Pacarnya ke Panci Restoran yang Mendidih, Pria Ini Tak Merasa Bersalah hingga Cuek Pergi

Media sosial memungkinkan siapa saja untuk mengunggah berbagai hal tentang kehidupannya, tak hanya tentang diri sendiri tetapi juga tentang hubungan…

Lirik Lagu Bintang yang Dinyanyikan oleh Anima

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Kekasih Bayangan – Angga Candra

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Ridwan Kamil Unggah Sosok Penemu Jasad Eril, Seorang Guru Tiap Berjalan Melihat ke Arah Sungai

Gubernur Jawa Barat sekaligus ayah dari Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Ridwan Kamil mengunggah sebuah video yang berisi pertemuannya dengan…