Pengertian, IoT Manfaat, Komponen dan Contoh IoT

Sudah tentu kita sering menggunakan media teknologi internet setiap harinya. Penggunaan Internet of things (IoT) pasti sering manfaatkan setiap harinya tanpa kita sadari. IoT merupakan teknologi terbarukan yang dapat melakukan transmisi atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia.

Dalam aktifitas kita ada banyak sekali penggunaan IoT yang dapat kita temukan contohnya penggunaan QR Code, teknologi nirkabel, penggunaan sensor suara, sensor cahaya dan masih banyak lagi, berikut kita akan mengulas penggunaan IoT yang sering kita gunakan setiap harinya.

Pengertian IoT

  • Casagras

Pendapat Casagras, Coordinator and Support Action for Global RFID-rRlated Activities and Standardization atau Coordinator and Support Action for Activities and Global Standardization terkait RFID memberikan pandangannya tentang pengertian Internet of Things atau IoT adalah infrastruktur jaringan global, dimana. Mereka menggabungkan objek (baik fisik maupun virtual) melalui eksploitasi, perekaman dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur tersebut terdiri dari jaringan yang ada, serta internet seperti sekarang ini dengan jaringan yang dikembangkan.

  • Kevin Ashton

Menurut Kevin Ashton, definisi IoT berdasarkan pernyataannya adalah sebuah alat dengan dukungan kemampuan internet, dimana alat tersebut (Internet of Things) berpotensi untuk mengubah sebuah dunia.

Internet of Things adalah sebuah konsep yang dirancang untuk memperluas manfaat dari koneksi internet yang berkelanjutan. Secara sederhana, Internet of Things (IoT) mengacu pada tren yang sedang berlangsung untuk menghubungkan semua jenis objek fisik ke internet, terutama yang mungkin tidak kamu duga.

Internet of Things mampu menghubungkan semua perangkat yang berbeda dengan menambahkan sensor dan kecerdasan digital, sehingga memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real-time tanpa harus melibatkan campur tangan manusia.

Manfaat IoT

Banyaknya penggunaan IoT dalam kehidupan yang telah kita gunakan dan memudahkan pekerjaan kita. Berikut adalah manfaat IoT dalam kehidupan kita sehari-hari. Manfaat utama IoT adalah kemudahan konektivitas yang ditawarkannya. Dengan menggunakan IoT, maka koneksi dapat dilakukan lebih cepat dan praktis karena tidak memerlukan penggunaan kabel (nirkabel).

Selain itu, IoT juga menggunakan teknologi cerdas yang memastikan koneksi jaringan dan perangkat berjalan lancar. Tentu saja ini memudahkan pekerjaan apa pun.

  • Meningkatkan efisiensi kerja

Manfaat lain dari IoT adalah efisiensi kerja yang ditawarkannya. Karena kemudahaan dan bantuan dari IoT maka efisiensi pasti dapat dikerjakan untuk suatu pekerjaan dan pastinya waktu akan dapat dipangkas dengan lebih cepat.

Tentunya hal ini sangat membantu para pelaku bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi kerja mereka. Selain itu, IoT juga dapat di gunakan untuk mengontrol efektivitas para pegawai, hal ini dapat dilihat melalui kamera tersembunyi (CCTV).

  • Kenyamanan

Perangkat IoT seperti smartphone kini menjadi perangkat yang umum dimiliki oleh kebanyakan orang.

Misalnya, Smart Refrigerator dan Amazon Dash Button memungkinkan kamu menyusun ulang item dengan mudah hanya dengan melakukan satu atau dua tindakan yang menunjukkan persetujuan kamu.

Komponen IoT

Komponen IoT merupakan syarat yang harus ada agar penggunaan IoT dapat berjalan dan bisa digunakan, tanpa komponen ini maka IoT mungkin tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Adapun beberapa komponen untuk menunjang penggunaan IoT adalah adalah sebagai betikut :

  • Artificial Intelligence (AI)

Salah satu komponen dasar dari Internet of Things adalah kecerdasan buatan yang berperan sebagai “otak” dari perangkat tersebut. Teknologi kecerdasan buatan ini memberikan kecerdasan berdasarkan fungsi dari perangkat itu sendiri Internet of Things akan berpartisipasi secara aktif dalam berbagai hal yang tersedia.

  • Konektivitas

Tanpa koneksi jaringan, IoT tidak akan berfungsi dengan baik. Konektivitas adalah komponen kunci dari IoT yang membantu perangkat untuk terhubung ke jaringan tertentu.

  • Sensor

Sensor pada perangkat IoT bertujuan untuk menentukan instrumen dan mengubah perangkat menjadi sistem aktif yang dapat menjalankan fungsinya dengan semestinya

  • Keterlibatan aktif

Banyak perangkat konvensional masih menggunakan metode keterlibatan pasif. IoT menerapkan keterlibatan aktif dan aktif dalam berbagai produk, dan layanan yang tersedia.

  • Perangkat kecil dan kompak

Di era modern ini, banyak perangkat kecil yang mampu melakukan banyak hal, smartphone misalnya. Salah satu ciri IoT adalah penggunaan perangkat kecil yang canggih.

Contoh IoT

Ada banyak ilmu yang menggunakan IoT dalam kehidupan kita. Berikut adalah bebrapa contoh penggunaan IoT dalam kehidupan kita sehari-hari

  • Energi

Dalam bidang ini IoT dapat digunakan untuk aplikasi sensor yang mendeteksi cahaya, sebagai koneksi ke pengisian daya nirkabel, dan banyak lagi.

  • Transportasi

Teknologi IoT juga dapat digunakan untuk membuat mobil pintar yang dapat mengemudi sendiri, sistem autopilot di pesawat terbang, atau sistem lalu lintas di jalan.

  • Pertanian

Di bidang ini, IoT dapat digunakan untuk mengumpulkan data seperti suhu, curah hujan, dll. melalui mesin otomatis.

  • Layanan publik

Dalam layanan publik IoT sering kita lihat pada pembuka gerbang jalan bebas hambatan (tol), kartu e- elektronik

  • Kendaraan

Pada kendaraan kunci cerdas agustus adaptor sering digunakan untuk pelacakan mobil otomatis dapat melacak informasi tentang mobil kamu menggunakan adaptor dalam mobil. Perangkat ini melacak jarak tempuh, jam mengemudi, biaya bahan bakar, efisiensi bahan bakar, lokasi, dan sebagainya.

Kamu dapat menghubungkannya dengan aplikasi lain untuk mendapatkan lebih banyak manfaat. Banyak kendaraan di era ini sudah memiliki kemampuan Internet of Things, memungkinkan pemilik mobil untuk memantau lebih lanjut.

  • Rumah

Dengan perangkat smart lock, kamu tidak lagi membutuhkan kunci karena kunci akan otomatis terbuka saat kamu kembali ke rumah dan mengunci saat kamu menutup pintu. Kamu juga dapat memberikan kunci tamu kepada teman atau pengurus rumah tangga dan mengatur waktu kedaluwarsa ketika kamu tidak lagi ingin memberikan akses ke rumah kamu.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian, IoT manfaat, komponen, serta contoh IoT. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan IoT. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Bak ABG Lagi Kasmaran, Doddy Sudrajat Akui Ngebet Ingin Nikahi Sosok Wika Salim Hingga Nekat Lakukan Hal Ini!

Usai diceraikan oleh mantan istrinya, Puput, nyatanya tak membuat Doddy Sudrajat berhenti mencari pasangan. Bahkan baru-baru ini disebut-sebut sosok Doddy…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…