Pengertian Intranet, Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Sistem jaringan teknologi informasi memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain dengan bertukar data. Dengan berkembangnya teknologi informasi, aktivitas manusia kini semakin mudah dan cepat.

Setidaknya ada tiga jenis jaringan teknologi informasi yang dikenal hingga saat ini, salah satunya yaitu intranet. Ketika kita mendengar kata intranet, kita akan menghubungkannya dengan internet, namun sebenarnya keduanya sangat berbeda.

Intranet merupakan bagian terkecil dari internet karena intranet hanya mencakup lingkungan yang sangat kecil dan intranet itu sendiri tidak dapat terhubung ke jaringan yang lebih luas jika tidak ada akses internet.

Nah kali ini kita akan membahas tentang intranet. Untuk sama-sama mengetahui apa itu intranet, yuk simak ulasan kami tentang pengertian intranet, sejarah, manfaat serta kelebihan dan kekurangan intranet berikut ini.

Pengertian Intranet

Intranet adalah jaringan pribadi / private network yang terhubung menggunakan protokol internet TCP/IP untuk berkomunikasi dan mengirim informasi rahasia dalam lingkup terbatas seperti sekolah, universitas, dan perusahaan.

Dengan kata lain, intranet adalah jaringan internet tertutup dengan skala terbatas, atau jaringan internet pribadi. Intranet biasanya dimiliki oleh organisasi atau perusahaan tertentu yang tidak dapat diakses secara bebas oleh pihak luar.

Suatu organisasi dapat membangun sebuah intranet jika memiliki beberapa komponen protokol internet yang sering digunakan, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

Diantaranya seperti komputer client, server, hub, modem, dan protokol internet (HTTP, FTP, POP3, SMTP, dan lain-lain).

Sejarah Intranet

Penggunaan intranet berawal dari ditemukannya World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners Lee dan rekan-rekannya pada tahun 1989. Saat itu internet dan jaringan komputer pribadi sangat populer di berbagai perusahaan dan instansi.

Pada tahun 1995 intranet diperkenalkan oleh beberapa penyedia produk jaringan sesuai dengan kebutuhan informasi dalam bentuk web pada suatu perusahaan.

Dengan intranet, sebuah organisasi dapat melakukan berbagai aktivitas, dari komunikasi data standar hingga pengiriman informasi rahasia.

Penggunaan intranet di dalam perusahaan tidak pernah lepas dari perkembangan internet. Kedua teknologi ini dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah di dalam perusahaan, seperti efektivitas dan efisiensi kerja.

Penggunaan intranet di perusahaan adalah untuk membantu alat dan aplikasi, seperti kolaborasi dalam kolaborasi, manajemen proyek, manajemen hubungan pelanggan, dan sebagainya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Manfaat Intranet

Mengacu pada pengertian intranet tersebut di atas, maka fungsi utama dari intranet adalah untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain atau perangkat jaringan, seperti server, switch, printer, access point.

Namun, pada intranet akses layanan hanya terbatas pada satu lokasi. Adapun beberapa kelebihan dan manfaat intranet adalah sebagai berikut;

1). Peningkatan produktivitas kerja, dengan adanya intranet setiap orang dalam organisasi dapat memperoleh informasi untuk menunjang perannya dalam organisasi.

2). Efisiensi biaya dan waktu, dengan produktivitas kerja yang lebih baik tentunya penggunaan waktu akan lebih efektif dan dapat mengurangi biaya yang tidak perlu.

3). Kemudahan komunikasi, intranet dapat membantu proses komunikasi antar divisi dalam organisasi, baik secara horizontal maupun vertikal.

4). Operasi dan manajemen, intranet sangat membantu untuk proses operasional dan pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan, baik secara internal maupun antar organisasi.

5). Kerangka kerja perubahan budaya kerja, setiap orang dalam organisasi dapat terhubung dan bekerja sama secara online sehingga memungkinkan munculnya berbagai ide untuk kemajuan organisasi.

Kelebihan dan Kekurangan Intranet

Setiap produk teknologi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Beberapa kelebihan dan kekurangan intranet adalah sebagai berikut:

Kelebihan Intranet

Berikut dibawah ini kelebihan intranet, antara lain.

1). Dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri.

2). Membantu proses komunikasi dan kerjasama antar individu dalam suatu organisasi.

3). Adanya keseragaman informasi yang diterima oleh setiap orang dalam organisasi.

4). Intranet dapat meningkatkan kualitas kerjasama tim karena kemudahan dalam mengakses informasi internal.

5). Dapat membantu meningkatkan respon terhadap kebutuhan dan keluhan pelanggan.

6). Dapat membantu dalam efisiensi biaya dan waktu sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Intranet

Selain kelebihannya, intranet juga memiliki kekurangan, antara lain sebagai berikut:

1). Keamanan data tidak terjaga.

2). Memerlukan pelatihan yang cukup memakan waktu untuk mendidik anggota dalam menggunakan intranet.

3). Tenaga ahli dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan intranet dalam suatu organisasi.

4). Potensi overload (data penuh) sangat dimungkinkan karena pengiriman pesan antar pengguna intranet secara gratis.

5). Informasi yang salah dan hal-hal yang tidak pantas (misalnya kata-kata kasar) juga dapat beredar melalui intranet, sehingga kesadaran moral setiap pengguna sangat diperlukan.

Demikian artikel kami tentang pengertian intranet lengkap dengan sejarah, manfaat serta kelebihan dan kekurangan intranet.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu tentang intranet. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pernah Hidup di Garis Kemiskinan, Sosok Artis Ini Akui Sampai Nekat Jual Anaknya ke Tukang Sayur, Begini Kabarnya Sekarang!

Nama Elly Sugigi memang cukup dikenal di kalangan artis maupun pemirsa televisi saat ini. Berawal dari koordinator penonton bayaran, Elly…

Segera Lakukan Tes DNA, Doddy Sudrajat akan Jemput Gala Sky di Rumah Haji Faisal

Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat kembali mengungkapkan rencana tes DNA yang akan dilakukan pada cucunya, Gala Sky Ardiansyah. Usai menghadiri…

Berawal dari Teman Curhat, Artis Ini Kepincut Suami Orang hingga Nekat Dimadu Demi Rasakan Cinta Seperti Istri Pertama!

Masih ingat dengan sosok artis cantik satu ini? Ya, dia adalah Zarina Zainuddin. Artis asal negeri jiran Malaysia ini sempat…

Sudah Tak Tahan Saking Lamanya Belum Dapat Jatah, Anang Hermansyah Pernah Main Paksa di Depan Anak, Ekspresi Ashanty Langsung jadi Sorotan!

Tak bisa dipungkiri keharmonisan rumah tangga salah satunya dipengaruhi oleh kualitas hubungan ranjang. Begitu pula dengan rumah tangga Anang Hermansyah…

10+ Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah bisnis. Ditambah lagi zaman modern ini bisnis tidak melulu hal yang besar,…

Masih Pakai Baju Dinas, Oknum ASN Joget Sambil Pegang Miras, Netizen: Tidak Etis!

Beredar di media sosial Instagram yang diunggah akun @andreli_48. Di dalam sepenggal video yang dilihat, sejumlah wanita berseragam ASN berjoget…

Heboh Vidi Aldiano Nikahi Sheila Dara, Maharnya Bikin Geleng-geleng

Pasangan aktris Vidi Aldiano dan Sheila Dara kini sudah resmi menikah. Momen sakral itu digelar secara langsung melalui YouTube Vidi…

Kondisi Aurel Hermansyah Mengkhawatirkan, Istri Atta Halilintar hingga Tak Bisa Lahiran Secara Normal

Tak terasa, tinggal dua bulan lagi Aurel Hermansyah akan resmi menjadi seorang ibu. Menuju hari H persalinannya, Aurel Hermansyah sudah…

Pengertian Hosting, Jenis – Jenis Web Hosting dan Fungsi Hosting

Jika kamu ingin membuat website, hosting adalah salah satu hal yang kamu butuhkan. Banyak perusahaan yang memanfaatkan paket hosting untuk…

Ancam Polisikan Anggota Keluarga Bibi Ardiansyah, Doddy Sudrajat Kini Kena Amukan Faisal, Ayah Fuji Geram Bukan Main Sampai Larang Besannya Temui Gala Sky

Doddy Sudrajat diketahui sempat marah terhadap salah satu saudara Bibi Ardiansyah. Dikutip Gridhot dari Tribunstyle sebelumnya, Doddy diketahui meminta sosok…