Pengertian Interaksi Menurut Ahli, Syarat, Pola dan Faktor Pengaruh Interaksi

Sebagai mahluk sosial kita tentu memerlukan interaksi dalam menjalankan aktivitas kita sehari. Interaksi yang berhubungan dengan hal penting ataupun yang ringan pasti kita lakukan setiap harinya. Interaksi yang terjadi juga dilakukan baik interaksi antara individu dengan individu maupun interaksi individu dengan kelompok.

Sangat pentingnya interaksi membuat kita akan selalu melakukan interaksi, bahkan ketika hendak makan sekalipun kita membutuhkan interaksi untuk bertransaksi dengan penjual makanan atau penjual minuman yang hendak kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Berikut ini kita akan membahas mengulas lebih jelas lagi mengenai interaksi.

Pengertian Interaksi Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian interaksi menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Clelland

Cleland. berpendapat bahwa interaksi sosial adalah dorongan atau motif sosial yang dimiliki manusia untuk mengadakan hubungan dan interaksi dengan satu orang ke orang lain.

2). Soekanto

Soekanto sendiri mengartikan interaksi sosial sebagai pola dari hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia.

3). Murdiyatmo dan Handayani

Murdiyatmo dan Handayani memberikan pandangan mereka tentang pengertian interaksi sosial dimana terdapat hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangunnya struktur sosial. Pada struktur sosial tersebut juga terbangun hubungan yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

4). Walgito

Sedangkan Walgito menyatakan bahwa pengertian dari interaksi sosial memiliki hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain. Interaksi sosial juga mempengaruhi antara kelompok dengan kelompok serta hal lainnya yang saling berhubungan.

Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial memliliki beberapa syarat, syarat tersebutlah biasanya merupakan hal-hal yang membuat terbentuknya interaksi interaksi sosial, berikut adalah beberapa syarat interaksi sosial, yaitu :

1). Kontak Sosial

Dalam pengertian sosiologis, kontak sosial tidak hanya interaksi tatap muka, tetapi juga melakukan kontak tanpa tatap muka seperti informasi melalui radio, telepon bahkan surat elektronik. Termasuk interaksi sosial yang berkembang pada zamannya. Kontak sosial dibagi menjadi dua:

a). Kontak Sosial Primer: Kontak terjadi secara langsung seperti tatap muka.

b). Kontak Sosial Sekunder: Kontak terjadi secara tidak langsung atau menggunakan media penghubung seperti telepon, surat elektronik bahkan melalui pesan media sosial.

2). Komunikasi

Dalam interaksi sosial, komunikasi sangat penting dengan maksud untuk saling mengungkapkan perilaku baik itu dalam berbicara, sikap bahkan gerak tubuh untuk menyampaikan pesan. Beberapa unsur pokok pada komunikasi, yaitu :

a). Komunikan adalah orang atau kelompok yang menerima pesan dari komunikator.

b). Media merupakan perantara untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar bahkan film yang biasanya memberikan pesan tertulis.

c). Pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh komunikator. Pesan biasanya berisi informasi, pertanyaan, bahkan ekspresi emosi dan perasaan.

d). Komunikator merupakan orang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan untuk menjadi narasumber dalam suatu hubungan atau hubungan.

e). Efek adalah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan, setelah mendapat pesan dari komunikator.

Pola Interaksi Sosial

Adapun pola interaksi sosial adalah bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok dan bentuk lainnya.

Adapun jenis pola interaksi sosial tersebut adalah sebagai berikut ini :

1). Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Interaksi sosial individu merupakan pertemuan secara tatap muka antara seseorang dengan orang lain yang memiliki tujuan untuk memberikan tinndakan atau tanggapan menjadi teman dan mengarah pada kerja sama jika reaksinya positif, tetapi jika reaksinya negatif kemungkinan besar akan muncul konflik atau konflik.

Contoh:

a). Sapa, salam dan bertanya jika ada sesuatu hal yang dirasa membingungkan.

b). Mengajak kawan untuk bermain catur.

c). Berbicara tentang sebuah informasi penting pada seseorang.

2). Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

Interaksi sosial individu dengan kelompok merupakan sebuah interaksi pada satu kelompok atau lebih dimana biasanya sebuah kelompok tersebut terdiri dari lebih dari 3 orang yang memberikan informasi baik itu promosi, informasi, bahkan seminar. Umumnya komunikasi di sampaikan satu arah.

Contoh:

a). Mempresenntasikan tugas di depan kelas.

b). Menyampaikan informasi promosi sebuah produk baik baru maupun tidak kepada masyarakat.

c). Seorang Inspektur upacara yang menyampaikan pidatonya kepada peserta upacara.

3). Interaksi Kelompok dengan kelompok

Interaksi kelompok dengan kelompok adalah interaksi yang dilakukan dengan pertemuan antara dua kelompok atau lebih dengan kelompok yang berbeda-beda, untuk mengkomunikasikan hal-hal penting yang atau sebuah kegiatan yang akan dilakukan secara bersama, pembahasan umumnya tidak bersifat pribadi tetapi untuk kepentingan kelompok itu sendiri.

Komunikasi dalam kelompok anda harus mampu untuk menjaga komunikasi karena ada pro dan kontra pada setiap hal yang akan dilakukan bersama, pencarian solusi dengan sama-sama menguntungkan adalah cara terbaik untuk dapat membuat komunikasi menjadi sangat baik.

Contoh:

a). Divisi keuangan dan divisi pemasaran yang bekerja sama untuk membuat sebuah promosi barang.

b). Kementerian Pemuda dan Olahraga dan PSSI yang bekerja sama untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Indonesia.

Menyatukan individu dengan karakter yang berbeda memang tidak mudah dilakukan, namun ada baiknya saling berinteraksi secara baik, sopan dan jelas to the point apa tujuannya.

Karena komunikasi yang baik akan memberikan ketenangan dan kesepakatan yang mungkin merupakan hal jangka panjang. Misalnya, koneksi tentang usaha bisnis menjadi pelanggan, menjadi seseorang yang Anda percayai, dan hal lainnya.

Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan interaksi sosial, faktor-faktor tersebut kemudian membuat orang melakukan interkasi sosial. Berikut merupakan penjelasannya.

1). Identifikasi

Sifatnya lebih dalam karena kepribadian individu dapat dibentuk atas dasar proses identifikasi.

Proses ini dapat berlangsung dengan sendirinya atau dengan sengaja, karena individu membutuhkan tipe ideal tertentu dalam proses hidupnya

2). Sugesti

Hal ini terjadi ketika individu memberikan pandangan atau sikap yang berasal dari dirinya yang kemudian diterima oleh pihak lain.

Sugesti dapat terjadi pada penerima sugesti yang sedang dalam keadaan emosi yang labil sehingga menghambat daya pikir rasionalnya. Biasanya orang yang memberi saran bersifat otoritatif atau mungkin otoriter.

3). Simpati

Simpati adalah proses dimana individu merasa tertarik pada pihak lain. ketertarikan ini membuat orang mau untuk melakukan interaksi, meskipun dorongan utama simpati adalah keinginan untuk bekerja sama.

4). Imitasi

Imitasi memiliki peran penting dalam proses interaksi. Salah satu aspek positif dari imitasi adalah dapat mendorong seseorang untuk mematuhi aturan dan nilai yang berlaku.

Untuk aspek negatifnya imitasi dapat membuat orang-orang menjadi seorang yang tidak teratur, misalnya yang ditiru adalah perbuatan yang menyimpang dan mematikan daya kreasi seseorang.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian interaksi menurut ahli, syarat, pola, serta faktor yang mempengaruhi interaksi.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan interaksi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Dalih Arya Saloka Hapus Foto Istri, Sosok Sahabat Putri Anne Tanggapi Maksud Keputusan Sang Aktor, Bocorkan Tabiat Asli

Arya Saloka yang mendadak menghapus foto-foto Putri Anne dari akun media sosial pribadinya menimbulkan kehebohan. Bahkan berembus isu Arya Saloka…

Doa Akhir Tahun Latin dan Artinya, Dibaca Setelah Magrib Tahun Baru

Ada beberapa penanggalan yang kita ketahui sebagai warga Negara Indonesia namun sebagai umat muslim tentunya kita tidak boleh mengabaikan penanggalan…

Berstatus Janda, Gisel Blak-blakan Akui Lakukan Hubungan dengan Dua Pria Sekaligus

Hubungan asmara Gisella Anastasia kerap jadi sorotan. Sejak cerai, Giselle Anastasia alias Gisel akhirnya membuka secara gamblang status hubungan dengan…

10 Travel Umroh Terbaik di Medan

Selain ibadah haji, umroh juga tentu menjadi salah satu keinginan dari setiap umat Islam. Ibadah umroh sendiri memang hampir mirip…

Veranosiliyana Diduga Hamil Anak Sirajuddin Mahmud, Kabarnya Sang Model dan Suami Zaskia Gotik Tidak Pernah Menikah Resmi Maupun Siri

Pengadilan Negeri Cikarang baru saja kembali menggelar sidang gugatan pengakuan status anak yang diajukan Veranosiliyana terhadap suami Zaskia Gotik, Sirajuddin…

Semakin kurus, ahli spiritual sebut Ruben Onsu diserang ilmu hitam: Si makhluk akan pergi ketika sudah hancur!

Kondisi kesehatan Ruben Onsu yang kurang baik belakangan ini membuatnya terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan intensif.…

10 Contoh Surat Dokter untuk Berbagai Keperluan

Surat dokter memiliki peranan yang sangat penting untuk seseorang. Seperti untuk bersekolah, pekerjaan, atau yang lainnya. Surat keterangan dokter dipergunakan…

Contoh Soal AKM SMA Kelas 10 dan Pembahasannya

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kompetensi mendasar yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengembangkan kapasitas diri dan memberikan kontribusi…

Kondisi Terkini Istri Irjen Ferdy Sambo Memprihatinkan, Komnas Perempuan: Dia Butuh Pemulihan

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap (Komnas) Perempuan mengungkap kondisi terkini P, istri Irjen Ferdy Sambo. Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani…

Nikita Mirzani Dijemput Paksa Polisi di Mal Gegara Kasus dengan Dito Mahendra, Anak Bungsunya sampai Nangis Histeris Pegangi sang Ibu, Begini Pernyataan Fitri Salhuteru

Video Nikita Mirzani dijemput paksa mendadak viral di media pada Kamis (21/7/2022). Peristiwa Nikita Mirzani dijemput paksa terungkap lewat video…