Pengertian Interaksi Menurut Ahli, Syarat, Pola dan Faktor Pengaruh Interaksi

Sebagai mahluk sosial kita tentu memerlukan interaksi dalam menjalankan aktivitas kita sehari. Interaksi yang berhubungan dengan hal penting ataupun yang ringan pasti kita lakukan setiap harinya. Interaksi yang terjadi juga dilakukan baik interaksi antara individu dengan individu maupun interaksi individu dengan kelompok.

Sangat pentingnya interaksi membuat kita akan selalu melakukan interaksi, bahkan ketika hendak makan sekalipun kita membutuhkan interaksi untuk bertransaksi dengan penjual makanan atau penjual minuman yang hendak kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Berikut ini kita akan membahas mengulas lebih jelas lagi mengenai interaksi.

Pengertian Interaksi Menurut Ahli

  • Clelland

Cleland. berpendapat bahwa interaksi sosial adalah dorongan atau motif sosial yang dimiliki manusia untuk mengadakan hubungan dan interaksi dengan satu orang ke orang lain.

  • Soekanto

Soekanto sendiri mengartikan interaksi sosial sebagai pola dari hubungan sosial yang dinamis, yang meliputi hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara perorangan dengan kelompok manusia.

  • Murdiyatmo dan Handayani

Murdiyatmo dan Handayani memberikan pandangan mereka tentang pengertian interaksi sosial dimana terdapat hubungan yang dibangun seseorang dengan orang lain yang dalam proses kehidupan tersebut terbangunnya struktur sosial. Pada struktur sosial tersebut juga terbangun hubungan yang saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

  • Walgito

Sedangkan Walgito menyatakan bahwa pengertian dari interaksi sosial memiliki hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain. Interaksi sosial juga mempengaruhi antara kelompok dengan kelompok serta hal lainnya yang saling berhubungan.

Syarat Interaksi Sosial

Interaksi sosial memliliki beberapa syarat, syarat tersebutlah biasanya merupakan hal-hal yang membuat terbentuknya interaksi interaksi sosial, berikut adalah beberapa syarat interaksi sosial, yaitu :

Kontak Sosial

Dalam pengertian sosiologis, kontak sosial tidak hanya interaksi tatap muka, tetapi juga melakukan kontak tanpa tatap muka seperti informasi melalui radio, telepon bahkan surat elektronik. Termasuk interaksi sosial yang berkembang pada zamannya. Kontak sosial dibagi menjadi dua:

  1. Kontak Sosial Primer: Kontak terjadi secara langsung seperti tatap muka.
  2. Kontak Sosial Sekunder: Kontak terjadi secara tidak langsung atau menggunakan media penghubung seperti telepon, surat elektronik bahkan melalui pesan media sosial.

Komunikasi

Dalam interaksi sosial, komunikasi sangat penting dengan maksud untuk saling mengungkapkan perilaku baik itu dalam berbicara, sikap bahkan gerak tubuh untuk menyampaikan pesan. Beberapa unsur pokok pada komunikasi, yaitu :

  1. Komunikan adalah orang atau kelompok yang menerima pesan dari komunikator.
  2. Media merupakan perantara untuk menyampaikan pesan. Media komunikasi dapat berupa lisan, tulisan, gambar bahkan film yang biasanya memberikan pesan tertulis.
  3. Pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh komunikator. Pesan biasanya berisi informasi, pertanyaan, bahkan ekspresi emosi dan perasaan.
  4. Komunikator merupakan orang atau sekelompok orang yang menyampaikan pesan untuk menjadi narasumber dalam suatu hubungan atau hubungan.
  5. Efek adalah perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan, setelah mendapat pesan dari komunikator.

Pola Interaksi Sosial

Adapun pola interaksi sosial adalah bentuk interaksi sosial antara individu dengan kelompok dan bentuk lainnya. Adapun jenis pola interaksi sosial tersebut adalah sebagai berikut ini :

Interaksi Sosial Individu dengan Individu

Interaksi sosial individu merupakan pertemuan secara tatap muka antara seseorang dengan orang lain yang memiliki tujuan untuk memberikan tinndakan atau tanggapan menjadi teman dan mengarah pada kerja sama jika reaksinya positif, tetapi jika reaksinya negatif kemungkinan besar akan muncul konflik atau konflik.

Contoh:

  1. Sapa, salam dan bertanya jika ada sesuatu hal yang dirasa membingungkan.
  2. Mengajak kawan untuk bermain catur
  3. Berbicara tentang sebuah informasi penting pada seseorang.

Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

Interaksi sosial individu dengan kelompok merupakan sebuah interaksi pada satu kelompok atau lebih dimana biasanya sebuah kelompok tersebut terdiri dari lebih dari 3 orang yang memberikan informasi baik itu promosi, informasi, bahkan seminar. Umumnya komunikasi di sampaikan satu arah.

Contoh:

  1. Mempresenntasikan tugas di depan kelas.
  2. Menyampaikan informasi promosi sebuah produk baik baru maupun tidak kepada masyarakat.
  3. Seorang Inspektur upacara yang menyampaikan pidatonya kepada peserta upacara.

Interaksi Kelompok dengan kelompok

Interaksi kelompok dengan kelompok adalah interaksi yang dilakukan dengan pertemuan antara dua kelompok atau lebih dengan kelompok yang berbeda-beda, untuk mengkomunikasikan hal-hal penting yang atau sebuah kegiatan yang akan dilakukan secara bersama, pembahasan umumnya tidak bersifat pribadi tetapi untuk kepentingan kelompok itu sendiri.

Komunikasi dalam kelompok anda harus mampu untuk menjaga komunikasi karena ada pro dan kontra pada setiap hal yang akan dilakukan bersama, pencarian solusi dengan sama-sama menguntungkan adalah cara terbaik untuk dapat membuat komunikasi menjadi sangat baik.

Contoh:

  1. Divisi keuangan dan divisi pemasaran yang bekerja sama untuk membuat sebuah promosi barang.
  2. Kementerian Pemuda dan Olahraga dan PSSI yang bekerja sama untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Indonesia.

Menyatukan individu dengan karakter yang berbeda memang tidak mudah dilakukan, namun ada baiknya saling berinteraksi secara baik, sopan dan jelas to the point apa tujuannya. Karena komunikasi yang baik akan memberikan ketenangan dan kesepakatan yang mungkin merupakan hal jangka panjang. Misalnya, koneksi tentang usaha bisnis menjadi pelanggan, menjadi seseorang yang Anda percayai, dan hal lainnya.

Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial

Umumnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan interaksi sosial, faktor-faktor tersebut kemudian membuat orang melakukan interkasi sosial. Berikut merupakan penjelasannya.

  • Identifikasi

Sifatnya lebih dalam karena kepribadian individu dapat dibentuk atas dasar proses identifikasi. Proses ini dapat berlangsung dengan sendirinya atau dengan sengaja, karena individu membutuhkan tipe ideal tertentu dalam proses hidupnya

  • Sugesti

Hal ini terjadi ketika individu memberikan pandangan atau sikap yang berasal dari dirinya yang kemudian diterima oleh pihak lain. Sugesti dapat terjadi pada penerima sugesti yang sedang dalam keadaan emosi yang labil sehingga menghambat daya pikir rasionalnya. Biasanya orang yang memberi saran bersifat otoritatif atau mungkin otoriter.

  • Simpati

Simpati adalah proses dimana individu merasa tertarik pada pihak lain. ketertarikan ini membuat orang mau untuk melakukan interaksi, meskipun dorongan utama simpati adalah keinginan untuk bekerja sama.

  • Imitasi

Imitasi memiliki peran penting dalam proses interaksi. Salah satu aspek positif dari imitasi adalah dapat mendorong seseorang untuk mematuhi aturan dan nilai yang berlaku. Untuk aspek negatifnya imitasi dapat membuat orang-orang menjadi seorang yang tidak teratur, misalnya yang ditiru adalah perbuatan yang menyimpang dan mematikan daya kreasi seseorang.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian interaksi menurut ahli, syarat, pola, serta faktor yang mempengaruhi interaksi. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan interaksi. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Bak Tuai Karma Buruk! Dulu Tega Siksa Manohara Hingga Paksa Lakukan Hubungan Seksual Saat Sedang Datang Bulan, Sang Pangeran Kelantan Kini Kabarnya Miris di Depak Dari Istana

Ada yang masih ingat dengan mantan suami Manohara sang Pangeran Kelantan? Sosoknya dahulu pernah viral lantaran melakukan KDRT terhadap Manohara.…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

‘Suami Berlebaran Bersama Istri Pertama’ Nyesek! 28 Tahun Rela Hidup jadi Istri Kedua, Artis Cantik Ini Akhirnya Pilih Pulang Kampung Bareng Anak

Artis cantik Zarina Zainuddin sempat membuat publik geger karena jalinan asmaranya dengan suami orang. Dikutip dari GridPop.id, artis asal negeri…

Nangis Sambil Pegang Alat Vital, Geger Video Syur Tersebar, Sosok Ini Selamatkan Chandrika Chika Dari Fitnah: hoax

Seleb Tiktok sekaligus talent dari RANS Entertainment, Chandrika Chika ramai gegerkan publik. Tak hanya diterpa hujataan usai dirinya disebut terseret…

Rizky Febian Dikabarkan Lamar Mahalini Tanpa Didampingi Ayahnya, Sosok Sule Beberkan Hal Mengejutkan Soal Restu: Penting Kasih Tahu

Jadi rahasia publik, perjalanan asmara Rizky Febian dan Mahalini Raharja diketahui kian hari kian lengket. Enggan berlama-lama pacaran, kabarnya Rizky…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Haji Faisal ngamuk pertanyakan uang asuransi Gala senilai Rp530 juta pada Doddy Sudrajat: Saya dibohongi!

Doddy Sudrajat kembali berulah. Kini dia dikabarkan tengah membatalkan hak wali asuh Gala Sky yang awalnya diserahkan kepada keluarga Haji…

Akui Wanita Hiperseks, Nikita Mirzani Ngaku Emosi Jika Miss V Miliknya Tak Ada yang Menyentuhnya

Kehidupan para artis kini bukan lagi jadi rahasia, hal itu karena seringnya para artis sendiri yang membocorkan soal kehidupan pribadinya,…