Pengertian Instagram, Fitur, Tujuan dan Manfaat Instagram

Bagi kaum milenial dan generasi z, Instagram mungkin sudah tidak asing lagi. Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat berbagi foto maupun video hingga berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Pertumbuhan pengguna Instagram dari waktu ke waktu juga meningkat secara signifikan. Selain sebagai media informasi dan komunikasi antar pengguna, Instagram juga menjadi model peluang
bisnis online baru.

Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Instagram, yuk simak ulasan kami tentang pengertian instagram, fitur , tujuan dan manfaat instagram berikut ini.

Pengertian Instagram

Istilah Instagram diambil dari kata “Insta” yang berasal dari kata “Instan”. Nama ini diambil dari kamera polaroid yang merupakan kamera instan. Sedangkan kata “gram” diambil dari kata “Telegram” yang mampu mengirimkan informasi dengan cepat.

Dalam hal ini, kata-kata dibuat sesuai dengan tujuan Instagram yang mampu mengirim foto dan video di jaringan internet secara instan dan cepat.

Secara umum Instagram dapat diartikan sebagai aplikasi yang dapat berfungsi sebagai media untuk berbagi foto dan video dalam suatu jejaring sosial, memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video, serta menambahkan filter untuk menambah kesan menarik pada foto dan video tersebut.

Instagram bisa diakses melalui perangkat smartphone seperti Android dan iOS. Namun, pengguna tetap menjalankan Instagram dalam mode aplikasi web, meski dengan fitur terbatas.

Sama seperti jejaring media sosial lainnya, Instagram memiliki konsep interaksi antar pengguna dengan cara mengikuti (following) atau pengikut (follower). Pengguna juga dapat menambahkan komentar ke foto dan video, menyukai, mengirim, dan menyimpannya di akun mereka.

Fitur Instagram

Saat ini tersedia berbagai fitur dan fungsi Instagram. Fungsi Instagram tidak lagi hanya sebagai tempat berbagi foto dan video.

Namun kini, fungsi Instagram juga untuk meningkatkan interaksi penggunanya dengan berbagai fitur layanan baru. Berikut fitur yang ada di instagram:

1). Instagram Questions

Instagram Questions adalah fitur yang diperkenalkan pada Juli 2018. Fungsi Instagram Questions adalah untuk memungkinkan pengguna menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengikutnya.

Jika kamu mengirim pertanyaan kepada seseorang yang kamu ikuti, mereka dapat memposting pertanyaan tersebut ke cerita atau cerita mereka, dan menulis tanggapan atau jawaban tanpa harus menandai kamu sebagai orang yang mengajukan pertanyaan tersebut. Ini adalah fitur populer di kalangan influencer.

2). Instagram Direct

Instagram Direct memungkinkan kamu berbagi foto, video, halaman hashtag, profil, dan lokasi dengan satu orang atau sekelompok kecil orang (hingga 15 orang) langsung dari umpan berita pengguna. Kamu dapat mengakses dan menikmati fungsi Instagram Direct melalui ikon Kotak Masuk di sudut kanan atas aplikasi.

3). Instagram Stories

Instagram Stories adalah fitur yang memungkinkan pengguna memposting foto/video pilihan ke dalam satu cerita. Fungsi Instagram akan menghilang setelah 24 jam. Instagram stories tidak diposting ke profil pengguna atau di Beranda.

Instagram Stories mengikuti pengaturan privasi yang sama dengan profil Instagram pengguna. Misalnya, jika pengguna memiliki akun pribadi dan memposting cerita, hanya teman pengguna yang dapat melihat cerita ini.

4). Video Instagram

Kamu mungkin akrab dengan postingan Video Instagram. Fungsi Video Instagram sama seperti postingan foto biasa. Namun, video berdurasi hingga 60 detik yang berguna untuk menjelaskan dan mempromosikan produk yang kamu jual. Kamu juga dapat menambahkan filter, teks, dan menandai lokasi sebelum membagikan kiriman.

Postingan video menghasilkan lebih banyak keterlibatan pengguna daripada foto di Instagram. Fungsionalitas Video Instagram sangat besar untuk merek yang ingin memenangkan algoritma baru Instagram, di mana ia melacak keterlibatan pengguna dalam posting kamu untuk menentukan apakah konten yang akan ditampilkan secara luas atau tidak.

5). Video live Instagram

Fitur dan fungsi Video Live Instagram berbeda dengan Video Instagram biasa karena fitur yang satu ini disiarkan secara langsung atau real time. Cara kerjanya adalah, pengikut akan mendapatkan pemberitahuan push yang memberi tahu mereka bahwa kamu akan memiliki video langsung.

Pengikut dapat berkomentar atau menyukai streaming video langsung kamu secara real time. Video langsung ini akan hilang setelah kamu mengakhirinya dan tidak disimpan ke akun kamu. Fitur ini adalah cara lain bagi pemasar untuk membangun transparansi dan keaslian merekKedua hal ini penting, sejalan dengan update algoritma terbaru Instagram.

6). IGTV

Instagram TV atau IGTV adalah aplikasi di dalam Instagram yang memberi penggunanya kemampuan untuk berbagi video hingga satu jam seperti episode TV.

Ini adalah fitur pilihan bagi pembuat konten yang menyukai konten video, salah satu tren yang paling cepat berkembang dalam pemasaran konten karena lebih dari 80% bisnis saat ini menggunakan pemasaran video.

IGTV memberi pemasar kemampuan untuk membagikan konten video yang lebih panjang. Fungsi Instagram TV ini menguntungkan pengguna dengan pemberitahuan secara real time ketika penjual membagikan video yang biasanya berisi penawaran produk terbaru, diskon, dan acara menguntungkan lainnya.

Tujuan dan Manfaat Instagram

Perkembangan dan perubahan Instagram dari waktu ke waktu memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan. Media sosial seperti Instagram tidak hanya digunakan sebagai media interaksi dan komunikasi, berbagi foto dan video, tetapi lebih dari itu.

Instagram adalah media baru yang dapat mempengaruhi semua orang. Saat ini, penggunaan Instagram telah berkembang sebagai media hiburan, pendidikan, inspirasi, dan bisnis. Jadi, inilah tujuan dan manfaat Instagram:

1). Saling Interaksi Antar Pengguna

Sama seperti media sosial lainnya, Instagram memiliki fungsi dan tujuan utama untuk berinteraksi antar pengguna, mulai dari berbagi foto dan video, mengirim pesan (direct messenger), menambahkan komentar, dan lain-lain.

Instagram juga terus menghadirkan fitur-fitur baru yang dapat memanjakan penggunanya, mulai dari Instagram Live, IGTV, Instagram Stories, Instagram Reels, Filter, dan lain sebagainya.

2). Sebagai Media Hiburan

Di Instagram, pengguna bisa menemukan berbagai hiburan seru dan menyenangkan. Instagram telah berkembang menjadi media hiburan atau entertainment untuk beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan kehidupan sosial saat ini.

Akun meme, komik, lelucon, dan animator di Instagram cukup banyak. Bahkan perusahaan media digital, TV, hingga artis telah memberanikan diri ke Instagram untuk menghibur dan terus meningkatkan popularitasnya.

3). Mencari Inspirasi dan Ide Kreatif

Selain hiburan, pengguna juga dapat menemukan berbagai ide kreatif dan inspiratif untuk produktivitas atau kebutuhan lainnya. Misalnya, ketika kamu membutuhkan ide baru tentang dekorasi rumah atau ruangan, kamu dapat menemukan berbagai contoh di Instagram.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat dengan mudah menemukan setup komputer, desain grafis, editing video, membuat konten IG, dan hal-hal menarik lainnya di explore Instagram.

4). Mendapatkan Rekomendasi Tempat Liburan

Rekomendasi tempat liburan yang asyik dan eye catching juga banyak tersedia di Instagram. Banyak sekali pengguna Instagram yang sering memposting liburan ke suatu tempat lengkap dengan tag lokasinya.

Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pengguna yang menyukai liburan, akan lebih mudah mencari destinasi wisata yang bagus dan keren. Biasanya untuk mempermudah pencarian, penggunaan hashtag tertentiu yang akan memudahkan pengguna menemukan tempat yang diinginkan.

5). Menjadi Influencer

Semua pengguna onstagram mungkin menjadi Influencer, terutama bagi pengguna yang memiliki keterampilan dan daya tarik yang tidak dimiliki pengguna lainnya. Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang dapat membentuk influencer.

Mereka yang berhasil menjadi Influencer tentunya akan mendapatkan penghasilan baru, entah itu berupa endorsement, review produk, menjual produk sendiri, dan lain sebagainya.

6). Bisnis Online

Pengguna Instagram yang terus meningkat dari tahun ke tahun tentunya menjadi peluang baru dalam berbisnis online. Penggunaan Facebook Ads yang juga terintegrasi dengan Instagram menjadi strategi baru dalam menjual produk secara cepat dan efisien.

Instagram memanfaatkan semua data pengguna, mulai dari konten yang dilihat dan disukai, hingga lokasi yang dikunjungi. Semua penargetan ini bisa sangat tepat dan mampu memikat pengguna untuk melihat iklan sehingga tertarik untuk membeli.

Demikian artikel kami tentang pengertian instagram lengkap dengan firut, tujuan dan manfaat Instagram.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai Instagram. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

‘Mereka Melakukan Hubungan Seks’, Karier Syahrini Hampir Hancur Saat Boroknya Dengan Pria Bule Dibongkar Sosok Ini!

Nama Syahrini memang tak pernah lepas dari dunia keartisan termasuk gosip-gosip yang sering menerpa banyak selebritis. Bahkan Syahrini disebut salah…

13 Tahun Nikah Hingga Dikaruniai 5 Anak, Wanita Ini Diceraikan karena Suami Mau Nikah Lagi

Walau berat, wanita bernama Nur Hidayu Rosly ini mencoba ikhlas menerima kenyataan bahwa sang suami, Imam Muda Syed Mohd Faris…

Diceraikan oleh Sang Suami Gara-gara Dituding Hamil Anak Ariel NOAH, Nasib Artis Cantik ini Berubah Drastis Setelah Dinikahi Pemain Band, Pilih Tekuni Profesi ini

Begini nasib artis cantik yang pernah dituding jalin hubungan dengan Ariel NOAH. Siapa yang masih ingat dengan artis sekaligus presenter,…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…

Ditendang Keluarga Reino Barack karena Masa Lalunya, Foto Seksi Luna Maya hingga Pakaian Dalamnya Setengah Terlihat Heboh di Sosial Media

Lakukan pemotretan hingga pakaian dalam terlihat, Luna Maya langsung bikin geger warganet. Siapa yang tak mengenal sosok artis cantik Luna…

Bak Petir Menyambar, Terkuak Lucinta Luna Sudah 18 Kali Operasi Plastik, Telan Biaya Sangat Fantastis, Segini Besarannya!

Selebgram Lucinta Luna terus menjadi sorotan usai keputusan melakukan operasi ganti kepala. Lucinta Luna diketahui baru saja selesai melakukan perubahan…