Pengertian Informasi, Jenis – Jenis dan Fungsi Informasi

Hadirnya teknologi informasi ditengah kehidupan, membuat kita semakin mudah dalam kebutuhan informasi sehari-hari. Setiap Informasi dibutuhkan masyarakat bukan hanya untuk menambah wawasan tetapi juga dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Tapi tahukah kamu arti dari informasi itu sendiri? Agar bisa belajar bersama, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian, jenis dan fungsi informasi berikut ini!

Pengertian Informasi

Secara etimologis, informasi berasal dari bahasa Perancis yaitu informacion yang berarti suatu konsep, ide, atau garis besar. Informasi itu sendiri adalah kata benda yang berarti aktivitas dalam pengetahuan yang dikomunikasikan.

Secara umum informasi adalah kumpulan data atau fakta yang dikelola menjadi sesuatu yang berguna bagi penerimanya. Biasanya informasi akan diproses terlebih dahulu agar penerima dapat dengan mudah memahami informasi yang diberikan. Sederhananya, informasi telah diolah menjadi suatu bentuk yang bernilai atau bermakna.

1). Azhar Susanto (2004)

Dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi adalah hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat.

2). Jogianto (2004)

Dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Perancangan Sistem Informasi, jogianto mengemukakan bahwa informasi adalah data yang diolah menjadi suatu bentuk yang lebih bermanfaat bagi yang menerimanya.

Jenis – Jenis Informasi

Dikutip dari Arkanasas State University, ada berbagai jenis informasi yang bisa kita temukan, seperti informasi nyata, analitis, subjektif, dan objektif.

1). Informasi nyata atau factual, adalah informasi yang hanya berkaitan dengan fakta. Biasanya, jenis informasi ini jarang memberikan latar belakang yang mendalam tentang topik tertentu.

2). Informasi analisis, adalah informasi yang biasanya dihasilkan peneliti dalam suatu penelitian tertentu.

3). Informasi subjektif, adalah informasi yang hanya dilihat dari satu sudut pandang. Biasanya, informasi ini berisi pendapat atau argumen dari pihak tertentu.

4). Informasi objektif, adalah informasi yang dapat dipahami dari berbagai sudut pandang.

Selain itu, informasi juga dapat dikelompokkan berdasarkan sifatnya. Adapun Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1). Faktual, yaitu informasi yang berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.

2). Opini atau konsep, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu.

3). Deskripsi, yaitu informasi yang dibuat berupa penjelasan rinci tentang sesuatu.

Fungsi Informasi

Informasi memiliki berbagai fungsi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi informasi adalah sebagai berikut:

1). Sumber Pengetahuan

Informasi menyediakan peristiwa dan kondisi dalam masyarakat tertentu, menunjukkan hubungan kekuasaan, dan memfasilitasi berbagai jenis inovasi. Dengan begitu, masyarakat umum dapat memperoleh informasi terkait kebutuhan dan minatnya serta sebagai sumber pengetahuan baru.

2). Sebagai Media Hiburan

Media elektronik memiliki posisi tertinggi dalam memberikan hiburan dibandingkan fungsi lainnya. Umumnya orang menggunakan televisi sebagai hiburan.

Sedangkan media cetak menempatkan informasi pada posisi teratas. Meski begitu, kedua media informasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai hiburan.

Tujuan dari fungsi hiburan itu sendiri bisa beragam seperti memberikan hiburan untuk mengalihkan perhatian dan sebagai sarana relaksasi dan meredakan ketegangan sosial bagi masyarakat.

Sementara itu, hiburan juga merupakan sarana untuk melepaskan beban atau masalah hidup bagi setiap individu.

3). Fungsi Mempengaruhi

Fungsi informasi selanjutnya adalah mempengaruhi khalayak. Banyak orang terpengaruh oleh informasi yang diberikan oleh media massa, baik artikel maupun iklan yang sering ditayangkan. Menurut De Vito, fungsi mempengaruhi dianggap paling penting dalam komunikasi massa.

Selain itu, fungsi mempengaruhi itu sendiri dapat muncul dalam berbagai bentuk, percaya dalam memperkenalkan etika, menggerakkan seseorang, mengubah sikap, dan memperkuat sikap. Dengan demikian, informasi memiliki peran penting dalam mengubah keadaan suatu masyarakat.

3). Menyatukan Opini

Di era media sosial ini, sangat mudah untuk mengungkapkan pendapat di ruang publik. Namun, tidak semua pendapat tersebut sesuai dengan fakta.

Adanya informasi yang valid dari sumber yang dapat dipercaya akan berguna untuk menilai setiap pendapat yang diungkapkan di ruang publik apakah sudah sesuai dengan informasi tersebut.

Demikian artikel kami mengenai pengertian informasi lengkap dengan jenis dan fungsi informasi. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai informasi. Terimakasih sudah berkunjung.