Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Subtitle goes here

By:

Agustus 27, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Apakah kamu pernah belajar IPS? Ada banyak materi pembahasan yang terkandung dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ini. Menjadi penting bagi kita untuk memahami IPS, sebab sebagai masyarakat tentunya kita hidup dalam lingkungan sosial.

Berdasarkan urgensi mempelajari IPS tersebut, apakah kita sudah mengatahui pengertian dari IPS itu sendiri? Agar sama-sama belajar dan menambah pengetahun mengenai IPS, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian IPS

Ilmu Pengetahuan Sosial ini berasal dari Amerika dengan nama Social Studie. National Council for Social (NCSS). Di asal negara ini dikatakan bahwa “Studi sosial adalah studi terpadu dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk mempromosikan kompetensi kewarganegaraan.

Dalam program sekolah, disiplin ilmu seperti antropologi, arkeologi, psikologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama dan sosiologi. Serta konten yang sesuai dari humaniora, matematika dan ilmu alam.”

IPS tak lain merupakan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan lingkungan sosial. Cabang ilmu pengetahuan ini mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota dalam masyarakat. Sebab tingkah laku manusia dalam masyarakat memiliki berbagai aspek. Termasuk diantaranya aspek ekonomi, aspek mental, aspek budaya dan aspek hubungan sosial.

Pembelajaran IPS berperan demi merealisasikan ilmu sosial yang hubungan sosial itu sendiri. Sebab penerapan kajian ilmu sosial yang bersifat teoritis kehidupan nyata di masyarakat.

Itulah alasannya secara substansi, materi IPS di tingkat persekolahan mengintegrasikan berbagai ilmu sosial dalam pembelajarannya. Pengintegrasian berbagai ilmu sosial ini tentu saja sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan tahap perkembangan siswa itu sendiri.

Selanjutnya melalui pembelajaran IPS diharapkan siswa tidak hanya mampu menguasai teori-teori IPS di kehidupan masyarakat. Lebih dari itu, harus mampu menjalani kehidupan nyata di masyarakat sebagai insan sosial secara dewasa dan bijak.

Pengertian IPS Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini beberapa pengertian IPS menurut para ahli:

UU No. 20 Tahun 2003

UU No 2 Tahun 2003 mengatur mengenai Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa IPS merupakan bahan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.

Diantara lain mencakup ilmu bumi/geografi, sejarah, ekonomi, kesehatan dan sederet lainnnya. Dimasudkan untuk mengembangkan pengetahui, pemahaman dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat.”

Sapriya (2006: 7)

Sapriya menyatakan bahwa, IPS  merupakan  ilmu pengetahuan yang memadukan sejumlah konsep pilihan dari cabang-cabang ilmu sosial dan ilmu lainnya. Kemudian diolah berdasarkan prinsip pendidikan dan didaktik untuk dijadikan program pengajaran pada tingkat persekolahan.

M. Numan Somantri (2001)

Ahli ini menegaskan bahwa IPS merupakan perpaduan cabang-cabang ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Termasuk di dalamnya agama, filsafat dan pendidikan, bahkan juga menyangkut aspek-aspek ilmu kealaman juga teknologi.

Djodjo Suradisastra dkk (1991: 4)

Djodjo Suradisastra dan kawan-kawan mengatakan bahwa pada dasarnya IPS merupakan kajian tentang manusia juga dunia sekelilingnya. Arinya yang menjadi pokok kajian dari pelajaran IPS tak lain ialah hubungan antar manusia dan lingkungan di dalam kehidupan nyata manusia

Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial

Setelah memahami pengertian IPS baik secara harafiah dan menurut ahli, penting juga bagi kita mengetahui tujuan dari pembelanjarannya. Selain menyatakan definisi IPS, Supardi juga menyatakan tujuan materinya sebagai berikut:

1). Memberikan pengetahuan, demi menjadikan siswa sebagai warga negara yang baik. Serta sadar sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga bangsa. Materi ini juga bersifat demokratis dan kebanggaan nasional dan tanggung jawab.

2). Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan inkuiri. Bertujuan untuk dapat memahami, mengidentifikasikan dan menganilisis. Disertai juga memiliki ketrampilan sosial untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah – masalah sosial.

3). Melatih belajar mandiri, disamping berlatih untuk membangun kebersamaan. Hal ini dapat dicapai melalui program-program pembelajaran yang lebih kreatif inovatif.

4). Mengembangkan kecerdasan, kebiasaan dan juga ketrampilan sosial.

5). Diharapkan dapat melatih siswa untuk menghayati nilai-nilai hidup yang baik dan terpuji. Termasuk moral, kejujuran, keadilan dan sederet lainnya. Sehingga siswa dalam pembelajaran tersebut bisa memiliki akhlaq mulia.

6). Mengembangkan kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat serta lingkungannya.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian IPS dan juga tujuan pembelajarannya. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu, khususnya dalam lebih memahami terkait pengertiann IPS! Terimakasih sudah singgah dan terus semangat belajar ya!

0 Comment

Comments closed.