Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis – Jenis Iklan

Saat sedang menonton televisi atau sedang menonton youtube, kita pasti sering melihat munculnya iklan. Kehadiran iklan tak lepas dari semakin canggihnya teknologi. Hampir setiap hari kita bertemu dengan iklan, entah itu dengan sengaja atau tidak.

Proses pembuatan iklan biasanya mendapat batasan tertentu. Misalnya untuk tipe iklan media cetak, maka ada pembatasan ruang, tempat, dan sasaran pembaca. Sedangkan untuk tipe iklan digital, pembatasannya adalah durasi tayang iklan.

Namun tahukah kamu apa pengertian iklan itu sendiri? Untuk sama sama belajar, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian iklan, ,Fungsi Iklan, Manfaat serta Jenis Iklan berikut ini.

Pengertian Iklan

Secara umum iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan oleh seseorang, instansi/lembaga, atau perusahaan yang isinya berupa pesan yang menarik tentang suatu produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak atau kelompok masyarakat tertentu.

Pada umumnya iklan berupa informasi non-personal tentang suatu produk atau jasa, perusahaan, merek, dan lain-lain, dengan kompensasi biaya tertentu. Iklan akan dibuat semenarik mungkin dan dipasang di berbagai media agar dapat dilihat oleh banyak orang, baik media offline maupun online.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan periklanan, berikut beberapa penjelasan mengenai pengertian periklanan menurut para ahli:

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, iklan adalah berita yang diperintahkan untuk mendorong, membujuk masyarakat umum agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

2). Kotler

Kotler berpendapat bahwa periklanan adalah segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi ide, barang, atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

3). Rhenald Kasali

Pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan suatu produk, yang ditujukan kepada masyarakat melalui suatu media.

Tujuan Iklan

Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian iklan di atas, pada dasarnya tujuan iklan adalah untuk membujuk atau mendorong orang lain agar tertarik pada suatu produk/jasa sehingga mereka menggunakan produk/jasa tersebut. Tujuan periklanan adalah sebagai berikut:

1). Memberikan informasi kepada publik tentang produk atau layanan, merek, perusahaan, lowongan pekerjaan, aktivitas, atau ide.

2). Mempengaruhi orang lain yang menjadi target pasar untuk menggunakan dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

3). Membangun citra baik suatu produk, merek, dan perusahaan di mata publik.

4). Meningkatkan jumlah penjualan suatu produk, baik barang maupun jasa.

Fungsi dan Manfaat Iklan

Seorang ahli komunikasi dari Amerika Serikat bernama Terence A. Shimp mengungkapkan bahwa sebuah iklan pada dasarnya memiliki empat fungsi, yaitu:

1). Memberikan informasi (informing).

2). Membujuk (membujuk).

3). Mengingatkan (remining).

4). Memberikan nilai tambah (adding value).

Iklan tidak akan pernah ada jika tidak memberikan manfaat bagi pengiklan. Pada dasarnya ada beberapa manfaat iklan yang dapat diperoleh pengiklan, yaitu:

1). Produk atau jasa yang diiklankan akan dikenal atau lebih terkenal di masyarakat luas.

2). Jumlah konsumen baru semakin meningkat, sehingga meningkatkan jumlah penjualan produk/jasa yang diiklankan.

3). Keuntungan pengiklan akan meningkat karena penjualan produk/jasa yang diiklankan.

4). Meningkatkan brand awareness suatu merek di masyarakat luas sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengidentifikasi produknya.

Jenis – Jenis Iklan

Banyak sekali jenis iklan yang bisa kita lihat di berbagai media, baik melalui media online seperti televisi maupun offline seperti majalah dan baliho.

Berikut penjelasan jenis-jenis iklan berdasarkan isi, media, dan sifat iklan tersebut:

Jenis Iklan Berdasarkan Konten

Berikut dibawah ini jenis – jenis iklan berdasarkan konten, antara lain.

1). Pemberitahuan Iklan (Pengumuman)

Iklan jenis ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui suatu informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan notifikasi adalah iklan berita sedih, iklan kehilangan dan lain sebagainya.

2). Iklan Penawaran (Niaga)

Jenis iklan ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada masyarakat umum. Contoh iklan penawaran adalah penawaran tas, penawaran rumah, jasa cuci mobil, jasa kurir dan masih banyak lagi.

3). Iklan layanan masyarakat

Iklan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu.

Iklan layanan masyarakat dibuat oleh instansi atau instansi pemerintah atau organisasi nirlaba. Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi dan lain-lain.

Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan

Berikut dibawah ini jenis iklan berdasarkan media yang digunakan, antara lain.

1). Iklan Media Cetak

Iklan jenis ini dipasang pada media yang menggunakan teknik cetak, baik itu laser, sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering terlihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya.

2). Periklanan Elektronik

Jenis iklan ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet).

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Berikut dibawah ini jenis – jenis iklan berdasarkan tujuannya, antara lain.

Iklan berdasarkan tujuannya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial.

1). Iklan komersial

Tujuan dari iklan komersial adalah untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi menjadi tiga, yaitu iklan konsumen, iklan bisnis, dan iklan profesional.

2). Iklan Non-Komersial

Jenis iklan nonkomersial ini umumnya dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi, ajakan, dan edukasi kepada masyarakat.

Iklan ini bukan untuk keuntungan ekonomi, tetapi untuk manfaat sosial bagi seluruh masyarakat. Contoh iklan non komersial adalah iklan bahaya rokok, kampanye keluarga berencana dan sebagainya.

Demikian artikel kami mengenai pengertian iklan lengkap dengan tujuan, fungsi, manfaat dan jenis iklan. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai iklan. Terimakasih sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Ini Foto-Foto Kondisi Mobil Vanessa Angel Suami yang Alami Kecelakaan

Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah atau yang akrab disapa dengan Bibi Andriansyah mengalami kecelakaan di Tol Nganjuk arah Surabaya.…

Sosok Pak Kumis Baik Hati yang Selamatkan Gala Sky Pasca Insiden Kecelakaan Maut Terungkap, Fakta di Baliknya Bikin Haru

Kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah membuat publik mempertanyakan nasib putra semata wayang keduanya, Gala Sky. Pasalnya,…

Pengertian Media, Jenis – Jenis dan Fungsi Media

Media adalah bentuk jamak dari kata medium. Kalimat media sebenarnya berasal dari bahasa latin yang secara harfiah berarti perantara atau…

Tak Ada Angin Ayu Ting Ting Tiba-tiba Ngamuk, Pengakuan Ivan Gunawan Bikin Sang Biduan Naik Pitam: Ih Bencong Halu!

Pedangdut Ayu Ting Ting kerap menjadi sosok yang disoroti publik. Selain selalu menelurkan karya-karya yang laris di pasaran, kisah cinta…

Pengertian Fiqih, Sumber, Objek Pembahasan, Manfaat dan Urgensi Ilmu Fiqih

Bagi umat muslim, tentu saja sudah tidak asing lagi mendengar istilah fiqih. Namun sudahkah kita memahami apa yang dimaksud dengan…

Kondisi Pengasuh Gala Sky Terkini, Saksi Kunci Kecelakaan Maut Mobil Vanessa Angel: Nanti Digeser ke RS Bhayangkara untuk Memudahkan Penyelidikan

Siska Lorensa (21) menjadi salah satu korban selamat dalam kecelakaan maut yang merenggut nyawa Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di…

Alasan Fuji Adik Bibi Andriansyah Sebut Tubagus Joddy Jahat

Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah masih meninggalkan duka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa kini Tubagus…

Kabar Terbaru Tubagus Joddy, Pengendara Mobil Vanessa Angel

Nama Tubagus Joddy menjadi perbincangan publik ketika dirinya diketahui sebagai sosok di balik pengemudi kecelakaan mobil Vanessa Angel dan Bibi…

Rizky Billar Kucel Tak Terawat Usai Nikahi Lesti Kejora, Irfan Hakim Soroti Penampilan Kontras Leslar: Kayak Kecapean

Penampilan Rizky Billar usai menikah dengan Lesti Kejora dikomentari Irfan Hakim. Pasalnya kini penampilan Rizky Billar berubah drastis dibanding saat…

Hak Asuh Gala Anak Vanessa Angel Jadi Rebutan, Ayah Bibi Ardiansyah Tegaskan Hal Tak Terduga Terkait Nasib Cucunya yang Jadi Yatim Piatu

Kecelakaan maut yang merenggut nyawa artis cantik Vanessa Angel dan suaminya Bibi Ardiansyah masih jadi sorotan. Polisi kini tengah mencoba…