Pengertian Ihsan dan Contoh Ihsan dalam Islam

Siapa yang tidak ingin mendapat predikat terbaik di hadapan Allah SWT, tentunya semua orang beriman sangat mendambakannya.

Namun perlu diingat bahwa melakukan yang terbaik menurut Allah SWT hanya dapat dilakukan oleh setiap muslim yang mampu melakukan perbuatan baik.

Senang kehidupan dunia pada hakikatnya adalah ujian bagi kita masing-masing untuk mengetahui dengan pasti siapa di antara kita yang paling baik amalan hidupnya.

Oleh karena itu, mari hiasi diri kita dengan memperbanyak ihsan. Apa yang dimaksud dari ikhasan itu? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Ihsan

Dalam Islam, gradasi ihsan berada di atas Islam dan keimanan. Oleh karena itu, seorang muslim yang mampu melakukan ihsan adalah muslim yang sangat mulia di hadapan Allah SWT.

Rasulullah SAW pernah ditanya oleh Malaikat Jibril tentang arti Ihsan. Rasulullah SAW menjawab, “Ihsan adalah kamu menyembah Allah seolah-olah kamu melihat-Nya. Sekalipun kamu tidak dapat melihat-Nya, ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat (apa yang kamu kerjakan).”

Artinya, setiap muslim diperintahkan untuk berusaha melakukan perbuatan terbaik yang dikehendaki Allah dalam situasi dan kondisi apapun. Hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad dalam kehidupannya. Dia menyerukan umat manusia untuk bersatu dalam Allah SWT.

Contohnya ketika Nabi Muhammad dihina, dilecehkan dan dimusuhi kaum Quraisy, Beliau tidak memiliki dendam sedikitpun terhadap mereka. Padahal, jika ada kesempatan berbuat baik kepada orang yang menghina dan menghinanya, Rasulullah akan selalu berusaha menjadi yang pertama melakukannya.

Seperti riwayat yang menyebutkan bahwa ada seorang kafir Quraisy yang selalu meludahi Nabi Muhammad SAW ketika melewati depan rumahnya menuju Ka’bah. Kejadian ini terjadi setiap kali Rasulullah (SAW) melewati rumah orang kafir.

Suatu ketika Rasulullah lewat seperti biasa, tetapi saat itu tidak ada ludah yang mendarat di wajahnya. Sepulang dari ibadah, Rasulullah (SAW) mengetahui di mana orang yang suka meludahinya.

Mendengar orang itu sakit, Rasulullah segera menjenguk orang yang sangat membencinya itu. Orang kafir itu terharu, bingung dan senang ketika melihat Rasulullah datang menjenguknya. Tak disangka, orang yang awalnya membenci Rasulullah langsung menjadi sangat mencintainya.

Ibnu Abi Hatim dalam Tafsir Fath Al-Qadir, Imam Al-Syau Kani mengatakan bahwa suatu ketika Nabi Isa ditanya tentang makna ihsan.

Nabi Isa menjawab, “Bukanlah suatu perbuatan disebut ihsan jika kamu membalas kebaikan orang yang berbuat baik kepadamu, tetapi ihsan itu adalah ketika kamu mampu berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepadamu”

Contoh Ihsan dalam Islam

Selain ihsan kepada Allah, yakni beribadah kepada Allah dan tidak berbuat syirik, seorang muslim juga wajib berbuat baik kepada orang lain. Allah ta’ala berfirman :

 

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

 

Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. [QS. An-Nisa’: 36]

Adapun beberapa contoh penerapan ihsan dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat dalam poin poin berikut!

1). Ihsan Dalam Menyembah Allah

Ihsan dalam beribadah kepada Allah adalah “Kamu menyembah-Nya seolah-olah kamu melihatnya, jika kamu tidak melihat-Nya maka Dia benar-benar melihatmu” dimana contoh ihsan dalam hal ibadah adalah:

  • Sembahlah Allah saja dan jangan menyekutukan-Nya
  • Melaksanakan ibadah-ibadah yang diperintahkan Allah seperti shalat, puasa, haji dan sebagainya.
  • Tidak melakukan bid’ah atau melakukan ibadah yang tidak diperintahkan.
  • Melakukan ibadah dengan menyempurnakan syarat dan rukun, menjalankan sunnah dan adab-adab.

Semua contoh ini tidak akan bisa kita jalani kecuali kita merasa bahwa kita melihat Allah ta’ala, atau setidaknya merasa bahwa Allah mengawasi kita.

2). Ihsan Kepada Kedua Orang Tua

Begitu banyak dalil dalam Al-Quran dan As-Sunnah yang mewajibkan berbuat baik atau ihsan kepada kedua orang tua. Contoh ihsan kepada kedua orang tua adalah:

  • Berbuat baik untuk keduanya
  • Taati kedua perintah itu asalkan tidak melanggar aturan Allah
  • Meminta kepada Allah untuk mengampuni dosa keduanya
  • Jalankan dua amanat
  • Memuliakan sahabat keduanya
  • Mencari kesenangan dari keduanya

3). Ihsan Kepada Kerabat

Kewajiban selanjutnya adalah berbuat baik kepada kerabat atau keluarga. Salah satu bentuk atau contoh ihsan kepada kerabat adalah bersedekah kepada mereka.

  • Mengutamakan infak kepada kerabat setelah orang tua
  • Menyayangi kerabat
  • Bersimpati kepada kerabat
  • Tidak berbuat buruk kepada mereka
  • Menyambung tali silaturahmi

4). Ihsan kepada Tetangga

Contoh berbuat baik kepada tetangga adalah merbanyak kuah sayur untuk diberikan kepada tetangga, tidak mengganggu tetangga baik lisan maupun perbuatan, memberi makan tetangga mereka yang lapar, memberikan rasa aman kepada tetangga dan berbuat baiklah kepada tetangga meskipun mereka kafir

5). Ihsan untuk Yatim

Di antara contoh berbuat baik kepada anak yatim adalah melindungi hak dan properti mereka, mendidik, membelai kepala dan bersikaplah lembut dengan mereka

6). Ihsan kepada Orang Miskin

Di antara contoh berbuat baik kepada orang miskin adalah memberikan makanan dan pakaian kepada orang miskin, tidak memandang rendah, tidak menghina dan tidak  bersikap kasar kepada orang miskin.

7). Ihsan Kepada Hamba atau Karyawan

Di antara contoh dan cara melakukan ihsan kepada hamba adalah membayar upah sebelum keringat mengering (tidak menunda upah), tidak dipaksa bekerja atau melayani di luar kemampuannya melainkan memberi beban yang bisa dikerjakan, menjaga kemuliaan  dan kehormatannya.

8). Ihsan di Bermuamalah

Allah ta’ala memerintahkan hamba-Nya untuk berlaku adil dan dengan kebaikan. Oleh karena itu, sebagai seorang hamba, sudah sepatutnya kita bersikap adil dan ihsan dalam segala hal, termasuk bermuamalah. Di antara contoh ihsan dalam muamalah adalah:

  • Jangan saling menipu dalam jual beli
  • Memudahkan satu sama lain dalam jual beli
  • Bayar sesuai harga
  • Lunasi utang jika punya utang dan jangan tunda lagi
  • Tidak mempersulit transaksi utang usaha
  • Memberi sedekah jika debitur tidak mampu membayar
  • Memaafkan orang yang meminta maaf
  • Tangguhkan pada yang membutuhkan yang berutang atau menyumbangkannya

9). Ihsan Pada Orang Yang Berbuat Buruk

Tahukah Anda? Ternyata seorang muslim juga dianjurkan untuk berbuat baik pada orang yang berbuat buruk. Dimana contoh berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat antara lain:

  • Memaafkan orang yang berbuat buruk
  • Tinggalkan pertarungan
  • Mendekati orang yang menjauh
  • Melupakan kesalahan orang lain
  • Melupakan rasa sakit
  • Bermurah hati kepada mereka yang menyakiti
  • Jaga kesabaran
  • Lakukan kebalikan dari apa yang dilakukan orang yang jahat / Balas dengan kebaikan.

10). Ihsan kepada Orang Lain dengan Perkataan Baik

Di antara contoh ihsan dengan ucapan adalah mengajarkan pengetahuan kepada orang lain, memimpin kebenaran dalam yang terhilang, tidak merendahkan atau menghina orang lain, tidak menyakiti dengan kata-kata dan masih banyak lagi

11). Ihsan dalam Perdebatan

Contoh dan cara ihsan dalam debat adalah tidak merendahkan lawan debat, meninggalkan perdebatan jika terjadi pertengkaran, memerhatikan ketika berbicara dan tidak berdebat untuk kemenangan

12). Ihsan Kepada Hewan

Tidak hanya kepada manusia, seorang muslim juga diperintahkan untuk berbuat baik atau berbuat baik kepada hewan, baik hewan ternak seperti kambing, kerbau, maupun hewan peliharaan seperti kuda, keledai, dan sebagainya.

Di antara contoh berbuat baik kepada hewan adalah menyediakan makanan dan minuman, serta merawatnya saat sakit

Demikian ulasan kami mengenai pengertian ihsan dan contoh ihsan lengkap dengan contohnya.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan ihsan. Terimakasih ya sudah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN