Pengertian Ide Pokok, Ciri-Ciri, Jenis-Jenis dan Cara Menentukan Ide Pokok

Subtitle goes here

By:

Agustus 27, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Bagi yang suka dengan dunia kepenulisan, pasti sudah tidak asing lagi dengan ide pokok. Namun bagi yang baru terjun dalam tulis menulis, mungkin sedikit bingung ya.

Untuk membantu kamu dan sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai ide pokok berikut!

Faktanya, dalam sebuah tulisan tidaklah hadir begitu saja. Sebab ketika kamu memulai menulis baik fiksi maupun non fiksi, pasti harus menemukan ide pokok dalam setiap paragraf yang dibuat.

Materi mengenai ide pokok ini juga sudah sangat umum dibahas di sekolah. Karena memahami ide pokok akan membantu dalam mengembangkan suatu alur tulisan. Tulisan sendiri juga memiliki beberapa tahap.

Yaitu dengan mengetahui pertama-tama mengenai pengertian kedua unsur paragraf diantaranya adalah ide pokok dan ide penjelas. Untuk penjelasan ide pokok, akan dibahas sebagai berikut:

Pengertian Ide Pokok

Ide pokok atau gagasan utama adalah sebuah topik yang akan dibahas di dalam sebuah paragraf. Sebuah paragraf yang baik memiliki ide pokok dan beberapa kalimat penjelas. Ide pokok berfungsi sebagai topik pembahasan, dilanjutkan dengan kalimat penjelas yang berfungsi untuk menjelaskan topik.

Sebuah paragraf tentunya harus memiliki ide pokok yang disertai dengan kalimat penjelas. Dimana ide pokok ini kemudian berkorelasi atau saling berhubungan. Ide pokok hadir sebagai konsep utama yang ingin disampaikan penulis kepada para pembacanya.

Ide pokok juga sering disebut sebagai gagasan utama yang menjadi landasan sebuah paragraf. Sebuah paragraph pada umumnya hanya akan ditemukan satu ide pokok. Biasanya diletakan lah ide pokok tersebut ada di awal atau akhir paragraf.

Nama Lain Ide Pokok

Ada beberapa sebutan lain untuk kata ide pokok itu sendiri. Jadi mungkin kamu masih belum familiar dengan ide pokok, pernah mendengar beberapa istilah yang sering disebutkan berikut:

  • Gagasan utama
  • Gagasan pokok
  • Pokok pikiran
  • Pokok masalah
  • Pikiran utama
  • Inti paragraf
  • Inti masalah
  • Masalah utama
  • Tema
  • Topik
  • Simpulan

Pada hakikatnya, semua istilah dalam penyebutan ide pokok di atas sama saja. Sehingga, kamu bisa memilih menggunakan itilah mana saja yang merujuk pada pengertian yang sama.

Ciri Ciri Ide Pokok

Agar lebih memahami, ada baiknya kamu juga harus mengetahui ciri-ciri dari ide pokok itu sendiri. Sebab dengan kecakapan mengidentifikasi ide pokok akan sangat membantu kita mengetahui ide utama dari paragraf terkait. adapun ciri-ciri ide pokok yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kalimat pendukung atau kalimat penjelasan
  • Kalimat pendukung yang dimaksud tersaji baik itu berupa penjelasan atau alasan yang menguatkannya
  • Merupakan inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan

Jenis Jenis Ide Pokok

Ada beberapa jenis ide pokok yang harus kamu ketahui. Untuk jelasanya berikut kami paparkan:

Paragraph Deduktif

Paragraf deduktif memiliki ciri khas tersendiri, dimana ide pokok akan disampaikan pada awal kalimat yang dibentuk. Maka bisa disimpulkan bahwa paragraf deduktif mempunyai alur tulisan dari khusus ke umum.

Paragraph Induktif

Paragraf induktif dapat ditandai dengan ide pokok yang diposisikan di akhir tulisan. Maka, dapat disimpulkan bahwa paragraf induktif memiliki alur penulisan dari umum ke khusus.

Paragraph Campuran

Paragraf campuran merupakan gabungan dari ide pokok yang diletakkan di awal dan juga akhir kalimat. sedangkan alur yang dimiliki paragraf campuran adalah dari khusus ke umum kemudian kembali lagi ke khusus.

Paragraph Deskriptif

Paragraf deskriptif memungkinkan ide pokok untuk diletakkan di semua bagian paragraf. Singkatnya bahwa setiap kalimat akan membahas inti dari pembicaraan yang langsung ingin disampaikan oleh penulis.

Cara Menentukan Ide Pokok

Nah, setelah memahami betul mengenai ide poko, selanjutnya kamus sudah bisa menentukan ide pokok itu sendiri. Jelasanya cara menentukan ide pokok adalah sebagai berikut:

1). Terlebih dahulu baca keseluruhan dari paragraph dengan berkonsentrasi dan lebih cermat.

2). Baca dan mencerna setiap kata dan informasi dalam sebuah paragraf. Langkah ini bisa membantu Anda menentukan ide pokok dan membedakannya.

3). Bedakan antara kalimat utama dan kalimat penjelas dalam paragraph.

4). Lakukan penandaan info penting yang tertera dalam setiap kalimat maupun paragraph.

5). Kenali kalimat penjelas dalam suatu paragraf bersifat sebagai pendukung.

6). Tarik kesimpulan dari isi sebuah paragraph yang akan membantu mencari dan menentukan ide pokok.

7). Tandai ide pokok pada setiap paragraf dari sebuah tulisan secara keseluruhan.

Demikian ulasan kami mengenai ide pokok yang menjelaskan mulai dari pengertian, nama lain, ciri, jenis dan cara menentukannya. Semoga ulasan kami dapat membantu kamu, terutama menambah wawasan mengenai ide pokok. Terimakasih sudah singgah.

0 Comment

Comments closed.