Pengertian Humas, Fungsi, Tujuan dan Manfaat Humas

Humas atau yang biasa disebut hubungan masyarakat merupakan salah satu jabatan yang selalu ada dan dibutuhkan oleh setiap perusahaan dan berbagai instansi atau instansi lainnya.

Dalam hal ini, humas memiliki peran penting dalam menjembatani kepentingan perusahaan atau lembaga dengan masyarakat atau publik. Humas juga menjadi perwakilan dalam memberikan segala informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Tidak hanya itu, humas juga merupakan seseorang yang bertugas membina hubungan baik dengan pihak luar, mulai dari hubungan kerjasama dengan perusahaan atau lembaga lain serta hubungan dengan media.

Hal ini tidak lain dilakukan untuk memperlancar setiap pekerjaan atau proyek yang sedang dikerjakan, sehingga mencapai hasil yang optimal dan bermanfaat bagi semua pihak.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu humas, mari simak ulasan kami tentang pengertian humas, fungsi, tujuan dan manfaat humas di bawah ini.

Pengertian Humas

Secara bahasa, pengertian humas adalah proses komunikasi strategis yang digunakan oleh suatu pihak, baik individu, perusahaan, maupun organisasi, untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Secara sederhana, humas adalah proses pengelolaan penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan publik untuk menjaga reputasi baik organisasi dan mereknya.

Pengertian lain dari humas adalah seni menciptakan pemahaman publik yang baik (good will) sehingga dapat memperdalam tingkat kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi.

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang humas melakukan analisis dan perbaikan diri, serta membuat exit statement. Dalam pelaksanaan prosesnya, seorang humas berfokus pada beberapa hal, yaitu:

  • Informasi apa yang harus dirilis.
  • Bagaimana informasi harus disusun.
  • Bagaimana informasi tersebut harus dirilis.
  • Media apa yang harus digunakan untuk menyebarkan informasi?

Fungsi Humas

Peran utama Humas adalah mempromosikan merek dengan menggunakan konten editorial yang muncul di majalah, surat kabar, saluran berita, dan lain sebagainya.

Dalam praktiknya, bidang Humas nantinya akan memberikan informasi, membangkitkan minat publik, merencanakan strategi untuk mendapatkan simpati agar masyarakat mengerti dalam situasi tertentu.

Seperti halnya ketika sebuah perusahaan diterpa kasus tidak menyenangkan yang mengancam citra baik perusahaan, pihak Humas nantinya akan memberikan edukasi dan berbagai upaya kepada masyarakat agar tidak memberikan citra buruk terhadap perusahaannya.

Divisi Humas akan mengembangkan berbagai strategi untuk mendapatkan simpati dan agar brand yang dibangun dengan susah payah tidak luntur. Karena itulah pekerjaan humas akan berhubungan dengan pers dan tidak pernah lepas dari ilmu komunikasi.

Selain itu, Edward L. Bernays juga menjelaskan fungsi humas sebagai berikut:

1). Memberikan informasi/pemahaman kepada publik.

2). Melakukan persuasi kepada masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku masyarakat.

3). Berusaha menyatukan sikap dan perilaku publik agar sesuai dengan sikap dan tindakan suatu lembaga, atau sebaliknya.

Ada beberapa cara seorang humas dapat menciptakan opini publik, antara lain sebagai berikut:

1). Tekanan (pressure), yaitu dengan memberikan pengaruh yang baik secara individu karena memiliki otoritas.

2). Membeli (buying), kegiatan ini sama dengan membeli amplop atau voting opini publik. Hal ini diperlukan dalam rapat pemegang saham perusahaan untuk menjaga citra perusahaan.

3). Persuasi (persuasive), tindakan persuasif adalah hal yang paling tepat untuk membentuk opini publik.

Tujuan Humas

Pada dasarnya, tujuan utama humas adalah untuk menjaga reputasi positif suatu perusahaan atau merek di mata publik.

Selain itu, Humas juga bertujuan untuk menjaga hubungan strategis antara perusahaan dengan masyarakat, calon pelanggan, mitra, investor, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya yang mengarah pada citra merek yang positif dan membuatnya terlihat sukses, jujur, penting, dan relevan. Berikut ini adalah penjelasan dari tujuan humas:

1). Meningkatkan partisipasi, dukungan dan bantuan nyata dari masyarakat berupa tenaga, sarana dan prasarana serta dana untuk kemudahan dan terlaksananya tujuan organisasi.

2). Merangsang dan membangkitkan rasa tanggung jawab yang lebih besar kepada masyarakat agar program organisasi berjalan efektif dan efisien.

3). Membuat masyarakat berpartisipasi dalam memecahkan masalah yang mereka hadapi.

4). Menjunjung tinggi dan mengembangkan citra yang baik bagi organisasi kepada pimpinan/stakeholder dengan target terkait yaitu publik internal dan publik eksternal.

5). Membuka peluang yang lebih luas bagi pengguna produk/lulusan dan pihak terkait untuk turut serta meningkatkan kualitas organisasi.

Manfaat Humas

Manfaat humas menurut Frank Jefkins (1998) adalah sebagai berikut:

1). Manajemen Krisis

Belakangan ini, hampir semua organisasi mengalami krisis hingga para pimpinan dan manajemen mulai menyadari bahwa mereka perlu dipersiapkan dan dipersiapkan untuk menghadapi berbagai isu mendesak yang terutama terkait dengan hubungan pers. Oleh karena itu, setiap organisasi harus membentuk tim manajemen krisis yang permanen.

2). Penerbitan Desktop

Sistem desktop publishing sebenarnya sangat berguna, tetapi membutuhkan operator dan waktu editor yang lebih berdedikasi daripada metode pengeditan konvensional yang masih menggunakan pensil, tumpukan kertas, dan huruf pembentuk logam.

3). Identitas Perusahaan

Tugas menciptakan identitas perusahaan biasanya menjadi tanggung jawab staf humas karena melibatkan semua aspek organisasi secara keseluruhan dan merupakan bagian terpenting dari semua komunikasi yang dilakukan oleh organisasi.

4). Hubungan Parlemen

Hubungan parlementer dalam hal ini adalah hubungan antara beberapa organisasi baik secara langsung maupun melalui perantara konsultan khusus dengan pemerintah, parlemen, dan birokrat dari beberapa departemen dan instansi pemerintah.

5). Hubungan Masyarakat Keuangan

Sudah lama ada konsultan humas yang berspesialisasi dalam keuangan dan operasi bisnis perusahaan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung rencana perusahaan klien untuk berpartisipasi di bursa atau mendukung peluncuran laporan keuangan tahunan.

Demikian artikel kami tentang pengertian humas lengkap dengan fungsi, tujuan dan manfaat humas.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu tentang Humas. Terima kasih telah berkunjung

Tentang Penulis:

Luna
Penulis tetap di media Lambeturah sejak 2018. Sudah banyak menulis artikel tapi topik yang paling disenangi adalah gosip dan keuangan.
Komentar Anda
Berita terkait
Loading next page... Press any key or tap to cancel.