Pengertian HTML, Sejarah dan Fungsi HTML

Subtitle goes here

By:

November 15, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Bagi yang sudah lama mengenal ilmu komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai kode yang ada di dalamnya.

Namun bagi orang awam, mungkin mereka hanya mendengar dan melihat istilah HTML tanpa mengetahui arti dari HTML dan kegunaannya yang sebenarnya.

Untuk mengenal lebih jauh tentang HTML, yuk simak ulasan kami tentang pengertian HTML, jenis dan manfaat HTML di bawah ini.

Pengertian HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web dan kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di browser.

Tanpa HTML, browser tidak akan tahu cara menampilkan teks sebagai elemen atau memuat gambar atau elemen lainnya. HTML disusun berdasarkan kode dan simbol tertentu, yang disertakan dalam file atau dokumen sehingga dapat ditampilkan di layar computer dan dapat dipahami oleh pengguna internet.

Sejarah HTML

HTML pertama kali dikembangkan oleh Tim Berners-Lee dari European Organization for Nuclear Research (CERN) pada tahun 1990. Bahasa markup atau HTML ini dibuat oleh perusahaan yang menjual perangkat keras dan perangkat lunak, yaitu IBM atau International Business Machines.

Sekitar tahun 1980-an, IBM menciptakan bahasa yang menggabungkan tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen. Bahasa yang dibuat oleh IBM dikenal sebagai bahasa markup atau Generalized markup language (GML).

Kemudian rilis HTML versi pertama ditulis oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1993. Dikutip dari Washington.edu, sejak saat itu, ada banyak versi HTML yang berbeda. Versi yang paling banyak digunakan sepanjang tahun 2000-an adalah HTML 4.01, yang menjadi standar resmi sejak Desember 1999.

Versi lain, XHTML, adalah penulisan ulang HTML sebagai bahasa XML. XML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat bahasa markup lainnya. Ratusan bahasa XML masih digunakan hingga saat ini, termasuk GML (Geography Markup Language), MathML, MusicML, dan RSS (Really Simple Syndication).

HTML menjadi standar resmi pada tahun 2000, dan diperbarui pada tahun 2002. XHTML sangat mirip dengan HTML, tetapi memiliki aturan yang lebih ketat. Aturan ketat diperlukan untuk semua bahasa XML, karena tanpa aturan tersebut, interoperabilitas antar aplikasi tidak mungkin dilakukan.

Sebagian besar halaman di Web saat ini dibuat menggunakan HTML 4.01 atau XHTML 1.0. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, W3C telah berkolaborasi dengan organisasi lain, WHATWG. Mereka telah mengerjakan versi baru dari HTML, yaitu HTML5. Sejak 2011, HTML5 masih berupa draft spesifikasi dan belum menjadi standar resmi.

Fungsi HTML

Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web. Berikut fungsi dari HTML:

1). Membuat halaman web yang dapat dibaca dan dipahami dengan lebih mudah.

2). Sebagai penanda teks pada halaman dengan tag atau simbol tertentu. Simbol dan tag ini akan membuat teks tampak tebal, miring, bergaris bawah dan sebagainya.

3). Sebagai dasar dari website. Website yang dibuat tentunya memiliki beberapa fitur. Dibuat menggunakan java script untuk mengelola perilaku web, implementasi bahasa pemrograman server PHP, dan desain web menggunakan CSS. Semua bahasa tersebut dapat diterapkan jika web memiliki HTML sebagai bahasa dasarnya.

4). Untuk menampilkan tabel, gambar, video, dan lainnya. Umumnya pada halaman website atau blog kita tidak bisa langsung meletakkan tabel, gambar atau video. Sehingga dibutuhkan komponen-komponen yang ditempatkan pada web menggunakan bahasa HTML.

5). Untuk menandai elemen dan membuat formulir online. HTML berfungsi untuk menandai bagian-bagian website antara lain header, footer, main, navigasi dan lain sebagainya. Selain itu, HTML juga digunakan sebagai bahasa dalam membuat formulir digital atau formulir online.

Demikian artikel kami mengenai pengertian HMTL lengkap dengan sejarah serta fungsi HTML. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai HTML. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.