Pengertian Hotel Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Hotel

Hotel adalah suatu bangunan, atribut, instansi, atau badan usaha akomodasi yang menyediakan fasilitas jasa penginapan, memfasilitasi makanan dan minuman, serta menyediakan fasilitas lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hotel adalah bangunan bertingkat yang disewakan sebagai tempat menginap bagi para pelancong.

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Berikut pendapat para ahli tentang hotel, yaitu sebagai berikut:

1). Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. Km 94/HK103/MPPT 1987

Menurut SK Menteri Pariwisata tahun 1987 Km 94/HK103/MPPT, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagiannya untuk jasa penginapan, fasilitator makanan dan  minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dioperasikan secara komersial.

2). Lawson

Menurut Lawson, hotel adalah wahana tempat tinggal umum bagi turis atau pelancong dengan menyediakan fasilitas jasa kamar, fasilitator makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

3). American Hotel and Association

Menurut American Hotel Association, hotel adalah tempat yang dirancang untuk tujuan penginapan, makan dan minum serta fasilitas hotel lainnya.

4). Sulastiyono

Menurut Sulastiyono, hotel adalah sebuah usaha yang menguntungkan yang menyediakan tempat menginap, makanan, dan fasilitas umum lainnya.

5). Hotel Oroprietors et all (dalam sulistiyono)

Menurut Oroprietors et all, hotel adalah suatu instansi yang diatur oleh pemiliknya dengan menyiapkan fasilitas makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada turis atau peloncong yang yang sedang dalam perjalanan dan sanggup membayar sesuai dengan fasilitas yang diterima tanpa terdapatnya perjanjian khusus.

6). Richard Sihite

Menurut Richard Sihite, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

7). Yayul Sri Perwani

Menurut Yayul Sri Perwani, hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

8). Widanaputra (2009)

Menurut Widanaputra, hotel adalah jenis akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada untuk menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa yang lainnya dimana fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang ingin menginap.

9). Ikhsan (2008)

Ikhsan menjelaskan bahwa hotel adalah suatu lembaga yang menyediakan para tamu untuk menginap dimana setiap orang dapat menginap, makan, minum dan menikmati fasilitas yang lainnya dengan melakukan transaksi pembayaran.

10). Agus Sambodo dan Bagyono

Menurut Agus Sambodo Bagyono, hotel adalah tempat dimana wisatawan berkelas untuk memperoleh fasilitas penginapandan makan dengan cara menyewa.

11). Endar Sri

Menurut pendapat Endar Sri, hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dioperasikan untuk tujuan yang menguntungkan dengan jalan menyiapkan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum.

12). Rumekso

Menurut Rumekso, hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk penginapan para turis dan wisatawan, makanan dan  minuman serta fasilitas lain yang dibutuhkan.

13). Wikipedia

Menurut Wikipedia, hotel adalah tempat penghimpunan buat para wisatawan atau bisa menjadi bangunan fasilitator pondokan dan makanan untuk umum.

14). Prof. K. Kraft

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan layanan makanan dan pelayanan yang bersangkutan dengan perjalanan.

Jenis – Jenis Hotel

Pemerintah telah memutuskan kualitas dan kuantitas hotel yang menjadi kebijakan berupa standar jenis klasifikasi yang ditujukan serta berlaku bagi sebuah pada hotel.

Penetapan jenis hotel berdasarkan keputusan Menteri RI Perhubungan No. 241/4/70 15 Agustus 1970.

Hotel digolongkan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

1). Residensial hotel

Residensial Hotel adalah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang menginap dalam jangka waktu yang lama tetapi tidak berniat untuk tinggal secara permanen.

Jenis hotel ini terletak di pusat kota atau pinggiran kota dan berfungsi sebagai penginapan bagi orang yang belum menerima perumahan di kota tersebut.

2). Transiental hotel

Transiental hotel adalah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan waktu tempuh yang relatif singkat.

Secara umum, jenis hotel terletak di pinggir jalan kota dan berfungsi sebagai terminal point. Para pengunjung yang menginap umumnya hanya sebentar saja, hanya untuk persinggahan.

3). Resort hotel

Resort hotel adalah sebuah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan perjalanan wisata dan liburan.

Pada umumnya hotel jenis ini terletak di daerah yang dekat dengan tempat rekreasi/wisata. Jenis hotel ini mengandalkan potensi alam berupa pemandangan dan tempat liburan yang indah untuk menarik para wisatawan.

Demikian artikel kami tentang pengertian hotel menurut para ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai pengertian hotel. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Mbak Rara Ramal Putra Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Aar, Umar Hasibuan: Manusia Model Kayak Ini Asli Gak Punya Hati dan Otak

Hasil ramalan tersebut diunggah melalui akun Instagram @rara_cahayatarotindigo pada Jumat 27 Mei 2022. “Nantinya akan ditemukan jasadnya sekitaran 8 jam…

Di Persidangan, Ayu Thalia Ngaku Beberapa Kali Check In Sehotel dan Tidur Bareng Anak Ahok

Ayu Thalia membuat pernyataan mengejutkan di persidangan pencemaran nama baik. Di hadapan Nicholas Sean dan majelis hakim Ayu Thalia ungkap…

Harga Mobil Honda BR-V Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…

Lirik Lagu Dongan Matua – Ementa Voice

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Maafkanlah yang Dinyanyikan oleh Ungu

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Menikah Umur 19, Artis Ini Menjanda Setelah Diselingkuhi dan Jadi Korban KDRT, Kini Fokus Asuh Anak

Artis ini jadi janda di usia 22 tahun usai diselingkuhi dan jadi korban KDRT. Kini dia mencoba bangkit dan berhasil…

Lirik Lagu Love, Maybe – Secret Number

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Batak Sai Horas Ma Ho Tu Si Boru Lomomi

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Akhirnya Terungkap Siapa Bapak Kandung Gala, Benarkah Prof Bambang Ayah Biologisnya karena Wajahnya Sangat Mirip? Pengakuan Doddy Sudrajat Mengejutkan : ‘Semua Ada Bukti-buktinya’

Sudah Hampir 5 bulan, selebriti Vanessa Angel meninggal dunia. Kecelakaan mobil tragis telah menjemput nyawanya ke haribaan Tuhan. Kepergian yang…

Kabar Bahagia Kelahiran Anak Syahrini Sudah sangat Ditunggu, Istri Reino Barack Bikin Gemas

Sosok Reino Barack diketahui terlahir sebagai anak konglomerat sampai dijuluki Celeb King. Terlahir sebagai anak konglomerat sampai dijuluki Celeb King,…