Pengertian Hotel Menurut Para Ahli dan Jenis-Jenis Hotel

Hotel adalah suatu bangunan, atribut, instansi, atau badan usaha akomodasi yang menyediakan fasilitas jasa penginapan, memfasilitasi makanan dan minuman, serta menyediakan fasilitas lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hotel adalah bangunan bertingkat yang disewakan sebagai tempat menginap bagi para pelancong.

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

Berikut pendapat para ahli tentang hotel, yaitu sebagai berikut:

1). Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi No. Km 94/HK103/MPPT 1987

Menurut SK Menteri Pariwisata tahun 1987 Km 94/HK103/MPPT, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagiannya untuk jasa penginapan, fasilitator makanan dan  minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dioperasikan secara komersial.

2). Lawson

Menurut Lawson, hotel adalah wahana tempat tinggal umum bagi turis atau pelancong dengan menyediakan fasilitas jasa kamar, fasilitator makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.

3). American Hotel and Association

Menurut American Hotel Association, hotel adalah tempat yang dirancang untuk tujuan penginapan, makan dan minum serta fasilitas hotel lainnya.

4). Sulastiyono

Menurut Sulastiyono, hotel adalah sebuah usaha yang menguntungkan yang menyediakan tempat menginap, makanan, dan fasilitas umum lainnya.

5). Hotel Oroprietors et all (dalam sulistiyono)

Menurut Oroprietors et all, hotel adalah suatu instansi yang diatur oleh pemiliknya dengan menyiapkan fasilitas makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada turis atau peloncong yang yang sedang dalam perjalanan dan sanggup membayar sesuai dengan fasilitas yang diterima tanpa terdapatnya perjanjian khusus.

6). Richard Sihite

Menurut Richard Sihite, hotel adalah suatu jenis akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

7). Yayul Sri Perwani

Menurut Yayul Sri Perwani, hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, yang disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan serta makanan dan minuman.

8). Widanaputra (2009)

Menurut Widanaputra, hotel adalah jenis akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menggunakan sebagian atau seluruh bangunan yang ada untuk menyediakan fasilitas pelayanan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa yang lainnya dimana fasilitas dan pelayanan tersebut disediakan untuk para tamu dan masyarakat umum yang ingin menginap.

9). Ikhsan (2008)

Ikhsan menjelaskan bahwa hotel adalah suatu lembaga yang menyediakan para tamu untuk menginap dimana setiap orang dapat menginap, makan, minum dan menikmati fasilitas yang lainnya dengan melakukan transaksi pembayaran.

10). Agus Sambodo dan Bagyono

Menurut Agus Sambodo Bagyono, hotel adalah tempat dimana wisatawan berkelas untuk memperoleh fasilitas penginapandan makan dengan cara menyewa.

11). Endar Sri

Menurut pendapat Endar Sri, hotel adalah sebuah bangunan yang didirikan dan dioperasikan untuk tujuan yang menguntungkan dengan jalan menyiapkan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum.

12). Rumekso

Menurut Rumekso, hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk penginapan para turis dan wisatawan, makanan dan  minuman serta fasilitas lain yang dibutuhkan.

13). Wikipedia

Menurut Wikipedia, hotel adalah tempat penghimpunan buat para wisatawan atau bisa menjadi bangunan fasilitator pondokan dan makanan untuk umum.

14). Prof. K. Kraft

Hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan layanan makanan dan pelayanan yang bersangkutan dengan perjalanan.

Jenis – Jenis Hotel

Pemerintah telah memutuskan kualitas dan kuantitas hotel yang menjadi kebijakan berupa standar jenis klasifikasi yang ditujukan serta berlaku bagi sebuah pada hotel.

Penetapan jenis hotel berdasarkan keputusan Menteri RI Perhubungan No. 241/4/70 15 Agustus 1970.

Hotel digolongkan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

1). Residensial hotel

Residensial Hotel adalah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang menginap dalam jangka waktu yang lama tetapi tidak berniat untuk tinggal secara permanen.

Jenis hotel ini terletak di pusat kota atau pinggiran kota dan berfungsi sebagai penginapan bagi orang yang belum menerima perumahan di kota tersebut.

2). Transiental hotel

Transiental hotel adalah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan waktu tempuh yang relatif singkat.

Secara umum, jenis hotel terletak di pinggir jalan kota dan berfungsi sebagai terminal point. Para pengunjung yang menginap umumnya hanya sebentar saja, hanya untuk persinggahan.

3). Resort hotel

Resort hotel adalah sebuah hotel yang disediakan untuk pengunjung yang melakukan perjalanan wisata dan liburan.

Pada umumnya hotel jenis ini terletak di daerah yang dekat dengan tempat rekreasi/wisata. Jenis hotel ini mengandalkan potensi alam berupa pemandangan dan tempat liburan yang indah untuk menarik para wisatawan.

Demikian artikel kami tentang pengertian hotel menurut para ahli. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai pengertian hotel. Terima kasih telah berkunjung

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

‘Tahun Ini udah Fix!’ Verrell Bramasta Umumkan Pernikahan, Siapa Calonnya? Bocorkan Ada 3 Pilihan Wanita

Artis Verrell Bramasta mengatakan bahwa tahun ini dirinya akan menikah. Punya tiga kandidat calon istri. Belum lama ini Verrell Bramasta…

15 Tempat Wisata di Bangli Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Bangli memang agak berbeda jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Bangli tidak terkenal…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

Kasihan! Rela main belakang demi punya momongan, Syahrini disebut sulit hamil karena hal ini

Tiga tahun menjalin bahtera rumah tangga dengan Reino Barack, Syahrini harus menerima kenyataan belum juga dikaruniai momongan. Penyanyi cantik ini…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Sudahkah Anda berkunjung ke Kabupaten Probolinggo ? Probolinggo memiliki banyak sekali objek wisata menarik lho untuk Anda kunjungi. Probolinggo memiliki…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Purworejo merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Purworejo menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat menyenangkan dan indah untuk…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ponorogo yang Wajib Dikunjungi

Ketika mendengar nama Kabupaten Ponorogo tentu yang ada dibenak Anda adalah kesenian reog bukan ? Ya, salah satu kesenian dari…

Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah dan Syarat Pengurusan Terbaru

Apakah Anda berencana untuk mengurus balik nama sertifikat tanah setelah transaksi? Pertama, Anda harus mengetahui detail biaya yang harus dikeluarkan…