Pengertian Hedonisme Menurut Ahli, Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Mengatasi Hedonisme

Hedonisme merupakan sebuah tindakan gaya hidup yang suka membeli barang tanpa menggunakan barang tersebut secara maksimal.

Orang-orang yang memiliki ideologi ini akan cenderung menggunakan uang dengan cara yang tidak tepat, mereka akan membeli segala sesuatu untuk kebahagiaan mereka saja.

Umumnya mereka yang memiliki pola hidup hedonisme tidak akan berfikir untuk membelanjakan uangnya dan akan menghambur-hamburkan uangnya.

Berikut ini kita akan mengulas lebih banyak lagi mengenai hedonisme dalam artikel berikut ini.

Pengertian Hedonisme Menurut Ahli

Berikut dibawah ini pengertian Hedonisme menurut para ahli, antara lain sebagai berikut.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Hedonisme adalah pandangan yang menganggap bahwa setiap kesenangan dan kenikmatan berupa materi merupakan tujuan utama dalam kehidupan seseorang.

2). Suprana

Pengertian hedonisme adalah pola hidup yang mengarahkan kegiatannya untuk mencari kesenangan hidup, seperti; lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, lebih banyak bermain, menikmati hiruk pikuk kota, sering membeli barang mahal hanya untuk iseng, dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

3). Collins GEM

Pengertian hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal terpenting dalam hidup. Dengan kata lain, hedonisme adalah paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata.

4). Sarlito Wirawan Sarwono

Pengertian hedonisme adalah suatu konsep diri, dimana gaya hidup seseorang dijalani sesuai dengan citra yang ada dalam pikirannya. Misalnya pengertian hedonisme adalah seorang atlet, biasanya pola hidup sehat menjadi prinsip hidup dan menjadi kesenangan tersendiri bagi mereka.

5). Susianto

Pengertian hedonisme adalah gaya hidup yang mengarahkan kegiatannya untuk mencari kesenangan hidup dan kegiatan tersebut berupa menghabiskan waktu di luar rumah, lebih banyak bermain, menikmati hiruk pikuk kota, senang membeli barang yang tidak dibutuhkan dan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Ciri – Ciri Hedonisme

Ada banyak orang yang tanpa sadar telah menjadikan dirinya sebagai seorang yang hedonisme.

Untuk dapat mencegah kamu dari gaya hidup hedonisme kamu harus mengenali ciri-ciri berikut ini.

1). Orang dengan gaya hidup hedonistik, tidak peduli dengan kepentingan dan kebahagiaan orang lain, sehingga menjadi pribadi yang egois.

2). Orang dengan gaya hidup hedonistik tidak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya, baik kekayaan maupun keluarga.

3). Orang dengan gaya hidup hedonistik cenderung diskriminatif dan arogan.

4). Orang dengan gaya hidup hedonistik selalu memandang orang lain berdasarkan kekayaan dan merasa dirinya lebih baik dari orang lain.

5). Penganut hedonisme berpikir bahwa tujuan hidup mereka hanyalah untuk bersenang-senang atau mencari kesenangan.

6). Sayangnya, karena mereka hanya fokus pada kesenangan, para hedonis akhirnya lupa bahwa terkadang menahan rasa sakit sebenarnya membawa manfaat tertentu.

7). Sikap hedonistik ini seringkali berujung pada konsumerisme. Orang tersebut memprioritaskan keinginan daripada kebutuhan.

Jenis – Jenis Hedonisme

Ada tiga macam jenis-jenis dari hedonisme, yaitu Psychological Hedonism, Evaluative Hedonism, dan Rationalizing Hedonism.

Berikut ini merupakan penjelasan dari jenis-jenis hedonisme yang ada.

1). Psychological Hedonism

Hedonisme jenis ini beranggapan bahwa manusia diciptakan secara lahiriah untuk menginginkan kesenangan.

Dan hal yang wajar jika kita ingin untuk bersenang-senang dan menghindari rasa sakit serta penderitaan dalam hidup.

2). Evaluative Hedonism

Kemudian hedonisme jenis ini beranggapan bahwa kesenangan adalah apa yang diinginkan dan dikejar seseorang.

Dalam konsep hedonisme evaluatif, hanya kesenangan yang berharga dan rasa sakit atau ketidaksenangan adalah sesuatu yang mengecewakan atau dianggap sebagai sesuatu yang tidak layak untuk dirasakan oleh manusia.

3). Rationalizing Hedonism

Jenis hedonisme yang terakhir berpendapat bahwa seseorang mencari kesenangan, tetapi juga memahami konsekuensi yang akan mereka terima.

Contoh yang sering terjadi di lapangan adalah para pengguna narkoba yang ingin melepas beban sejenak dan bersenang-senang.

Sebenarnya pengguna telah mengetahui yang dilakukan merupakan suatu tindakan yang merusak kesehatan tapi tetap dilakukan.

Cara Mengatasi Hedonisme

Jika kamu telah terkena hedonisme sesuai dengan ciri-ciri hedonisme maka kamu dapat mencoba beberapa hal berikut ini untuk mengatasi hedonisme tersebut.

Berikut ini merupakan cara untuk mengatasi dari hedonisme.

1). Mengurangi Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit bisa menjadi kesenangan sesaat. Karena kamu hanya menggesek untuk membeli sesuatu. Karena kamu tidak mengeluarkan uang tunai, kamu akan kesulitan untuk mengontrol pengeluaran.

Sebaliknya, cara mengatasi hedonisme adalah dengan mengurangi penggunaan kartu kredit. Supaya kamu tidak ketiduran dan tergoda untuk terus berbelanja hingga tagihannya meledak.

2). Sadar Bahwa Hidup Bukan Sekedar Bersenang-senang

Kita harus dapat sadar bahwa hidup selalu berputar, ketika kamu telah menyadari hal bahwa hidup bukan hanya sekedar untuk bersenang-senang, kamu pasti akan terhindar dari hedonisme.

Kamu sebagai manusia harus memahami bahwa hidup selalu berputar. Dimana ada kalanya kamu akan mengalami rasa sedih, sulit, hingga sulit karena sebuah masalah.

Tapi kamu juga akan mendapatkan perasaan senang dan bahagia di waktu-waktu tertentu ketika kamu berhasil melewati tantangan yang ada.

3). Tetapkan Target dan Rencana Keuangan Jangka Panjang

Menetapkan target dan rencana keuangan jangka panjang dapat membuat kamu tercegah dari hedonisme. Perencanaan keuangan yang tepat akan membantu kamu untuk berhemat, serta jika kamu memiliki target untuk jangka panjang sudah tentu kamu akan lebih berhemat untuk mencapai target yang telah kamu tetapkan, maka kamu dapat mengontrol gaya hidup kamu. Karena ada banyak hal yang lebih penting di masa depan.

4). Mengubah Pola Pikir Konsumtif Menjadi Produktif

Lakukanlah perubahan pola pikir kamu yang selama ini ingin bersenang-senang saja dengan gaya hedon yang konsumtif lalu mengubahnya menjadi produktif.

Kamu harus memiliki pola pikir untuk melihat sesuatu berdasarkan produktivitasnya. Lakukan penilaian manfaat sesuatu yang kamu beli saat ini dengan kebermanfaatannya di masa mendatang.

5). Catat Setiap Pengeluaran dan Pendapatan

Gaya hidup hedonis berkaitan dengan pemborosan. Catatlah segala pengeluaran dan pemasukan kamu dalam satu periode misal satu minggu atau satu bulan.

Jika kamu telah melakukan hal tersebut kamu pasti akan terbiasa untuk mengatur uang dengan maksimal dan hemat.

6). Selektif saat Memilih Lingkaran Teman kamu

Lingkungan menjadi faktor penting dalam mempengaruhi gaya hidup kamu. Selektiflah dalam mencari teman dan bangunlah lingkaran pertemanan yang sederhana. Hindarilah lingkungan yang membuat kamu akan menjadi semakin boros dengan bergaya hidup mewah.

7). Membatasi Diri saat Melakukan Self Reward

Self reward seringkali menjerumuskan kita ke dalam gaya hidup hedonis, dengan alasan membahagiakan diri kita akan membeli berbagai hal tanpa menggunakan suatu benda tersebut secara maksimal. Untuk itu cara yang tepat adalah untuk membatasi diri saat melakukan self reward.

Kamu harus bisa mengatur kapan kamu harus membahagiakan diri dan kapan kamu harus berhemat. Upayakan untuk tidak mengatasnamakan self-reward secara terus menerus yang akhirnya akan membuat kamu menjadi semakin boros.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian hedonisme menurut ahli, ciri-ciri, jenis dan cara mengatasi hedonisme.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan hedonisme. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Dua Kali Jadi Janda Tapi Tampangnya Masih Bak ABG, Wulan Guritno Ngaku Kini Fokus Bahagiakan Diri Sendiri: Nggak Perlu Status!

Sosok artis Wulan Guritno selalu berhasil menjadi buah bibir warganet. Pasalnya, apapun yang berkaitan dengan Wulan Guritno tak pernah luput…

Bharada E Sebut Kuat Ma’ruf Bercinta dengan Putri Candrawathi Ketahuan Brigadir J, Ini yang Picu Ferdy Sambo Kesetanan

Kuat Ma'ruf dan Putri Candrawathi disebut bercinta dan ketahuan Brigadir J diduga picu emosi Ferdy Sambo hingga terjadi pembunuhan. Fakta…

Tinggalkan Anak 11 Bulan Demi Berzina dengan Pria Lain, Seorang Anggota Polisi Pergoki Istrinya Berselingkuh dengan Anak Kepala Desa, Temukan Fakta Mencengangkan di Kamar Hotel

Tinggalkan tanggungjawabnya di rumah, sang suami pergoki istrinya asik dengan pria lain. Tak semua pasangan suami istri bisa menangani masalah…

‘Takut Akan Dikejar Wartawan’, Hotman Paris Tolak Jadi Kuasa Hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Meski Sempat Dihubungi Langsung oleh Tersangka: Saya Tidak Mau

Hotman Paris selama ini memang dikenal sebagai pengacara kondang. Yang kemampuannya dalam menangani sebuah kasus tak perlu diragukan lagi. Kendati…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…

Pantas Saja Betah Menjanda, Diam-Diam Ayu Ting Ting Masih Ngarep Berjodoh dan Dinikahi Berondong Tampan Ini, Sayang Harus Berakhir Patah Hati Gegara Hal Ini

Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai biduan dangdut yang memiliki paras cantik. Hal inilah yang membuatnya kerap didekati oleh sejumlah…

15 Tempat wisata di Kabupaten Sidoarjo yang Wajib Dikunjungi

Sidoarjo dan duka saat bencana lumpur lapindo melanda memang tidak pernah bisa dilupakan hingga saat ini. Namun meski begitu musibah…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pacitan yang Wajib Dikunjungi

Keindahan alam di Kabupaten Pacitan memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Keindahan pantainya, goa, dan juga hamparan alam hijau yang…

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

Watak Asli Irjen Ferdy Sambo Dibongkar Grafolog, Sifat Temperamental Terlihat Jelas dari Tulisan Tangannya

Watak asli Irjen Ferdy Sambo baru-baru ini dibongkar oleh ahli tulisan tangan atau grafolog, Tessa Sugito. Watak asli tersebut dibaca…