Pengertian Hardware, Jenis – Jenis dan Fungsi Hardware

Bagi kita yang sudah lama bermain di komputer atau PC mungkin sudah sering mendengar istilah hardware. Perangkat keras atau hardware adalah perangkat fisik komputer yang berguna untuk memproses input, pemrosesan, dan output. Sebut saja RAM, CPU, mouse, keyboard, scanner, monitor, printer, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hardware, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian hardware, jenis serta fungsi hardware berikut ini.

Pengertian Hardware

Hardware atau disebut juga dengan perangkat keras adalah setiap perangkat atau komponen komputer yang sifatnya dapat dilihat dan dapat disentuh secara langsung. Dengan kata lain, perangkat keras adalah komponen yang memiliki bentuk nyata.

Hardware berfungsi untuk mendukung semua proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang telah ditentukan oleh pengguna (brainware). Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.

Seperti yang kita ketahui, komputer memiliki beberapa komponen yang bekerja sama untuk mengolah informasi mentah menjadi informasi baru yang mudah dipahami manusia.

Jika salah satu komponen tidak dapat bekerja dengan baik maka proses pengolahan informasi/data pada komputer tidak akan berjalan dengan baik. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan hardware, berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai definisi hardware menurut para ahli:

1). Rainer

Menurut Rainer, perangkat keras adalah perangkat fisik dalam komputer seperti prosesor, monitor, keyboard, dan printer. Perangkat keras berfungsi untuk menerima data/informasi, mengolah dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.

2). James O’Brien

Menurut James O’Brien, definisi perangkat keras adalah semua peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, pemindai, dan lain-lain.

Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.

3). Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Pendapat lain juga datang dari Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto. Menurut mereka, pengertian perangkat keras adalah suatu komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik, yaitu dapat disentuh dan dilihat atau dilihat oleh mata.

Jenis – Jenis Hardware

Berikut ini adalah tiga jenis hardware atau perangkat keras berdasarkan fungsinya:

1). Perangkat Masukan (input devices)

Perangkat input adalah perangkat keras atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke dalam komputer.

Data atau informasi tersebut dapat berupa gambar, teks, video, dan audio. Beberapa contoh perangkat input antara lain Keyboard, Mouse, Mikrofon dan sebagainya.

2). Perangkat Proses (process device)

Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau mengolah berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.

Perangkat proses juga bisa disebut sebagai “otak” komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.

Beberapa contoh perangkat proses adalah CPU (Central Processing Unit), VGA (Video Graphics Adapter) dan RAM (Random Access Memory).

3). Perangkat Keluaran (output device)

Perangkat keluaran adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi menampung dan menghasilkan data dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung dengan komputer.

Misalnya, informasi atau data yang dikeluarkan berupa gambar, teks, video, dan audio. Beberapa perangkat keras untuk perangkat output termasuk monitor komputer, proyektor dan printer.

4). Perangkat Penyimpanan (storage device)

Perangkat penyimpanan adalah perangkat keras yang dapat menyimpan informasi dan data, baik di dalam maupun di luar komputer.

Salah satu contoh unit penyimpanan adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpan data pada komputer. Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan di komputer, tetapi juga dapat dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.

5). Perangkat Tambahan (periferal)

Peripheral adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna.

Modem adalah contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet.

Fungsi Hardware

Seperti yang telah dijelaskan di atas, perangkat keras adalah komponen dalam komputer yang dapat dilihat dengan mata telanjang dan memiliki fungsi tertentu.

Setiap perangkat keras komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda. Secara umum, ada empat fungsi utama perangkat keras, antara lain:

1). Menerima Masukan

Perangkat keras tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dibuat oleh pengguna. Masukan tersebut akan diolah menjadi informasi baru.

2). Pengolahan Data/Informasi

Setelah menerima masukan atau masukan, beberapa perangkat keras memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau mengolah masukan tersebut menjadi informasi baru.

3). Memberikan Output

Setelah diproses, perangkat keras tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada pengguna. Setiap output yang dilihat oleh pengguna akan ditampilkan melalui perangkat keras khusus.

4). Menyimpan Data/Informasi

Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder di komputer. Perangkat keras untuk menyimpan data tidak hanya dipasang di dalam komputer, tetapi ada juga perangkat keras yang dipasang di luar.

Demikian artikel kami mengenai pengertian hardware lengkap dengan jenis dan fungsi hardware. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai perangkat keras (hardware). Terima kasih sudah berkunjung.