Pengertian Hardware, Fungsi dan Jenis – Jenis Hardware Disertai Contohnya

Subtitle goes here

By:

Agustus 31, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Kata hardware sering kita dengar ketika kita sedang berbicara mengenai komputer. Karena, komputer sendiri terdiri dan tersusun atas beberapa software dan juga hardware. Namun, tidak semua orang mengetahui tentang hardware tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian hardware secara umum dan menurut para ahli, fungsi dan jenis-jenis hardware beserta dengan contohnya.

Pengertian Hardware Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, hardware merupakan komponen-komponen dari sebuah komputer yang dapat dilihat bentuknya dan dapat diraba secara langsung.

Sebuah hardware memiliki fungsi untuk mendukung seluruh proses dalam kegiatan komputerisasi dan berkerja sesuai dengan perintah yang telah diberikan oleh pengguna sebelumnya atau yang disebut dengan brainware.

Dengan adanya sebuah komponen hardware, maka segala bentuk output dari seluruh proses dapat terealisasikan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai pengertian dari hardware, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari hardware.

Berikut beberapa pengertian dari hardware menurut pendapat beberapa ahli.

1. Ali Zaki

Ali Zaki mengemukakan bahwa hardware merupakan sebuah perangkat keras berbentuk fisik dari sebuah komputer, termasuk didalamnya sirkuit digital yang terdapat pada perangkat komputer.

2. Joko Untoro

Joko Untoro berpendapat bahwa hardware merupakan perangkat fisik berupa komponen-komponen komputer beserta seluruh instrumen pendukung.

3. Raya Fahreza

Menurut Raya Fahreza, hardware merupakan bagian-bagian dari sebuah perangkat komputer yang bekerja sesuai instruksi dari software.

4. Sunarto, S.Kom

Sunarto, S.Kom berpendapat bahwa hardware merupakan perangkat pendukung Electronic Data Processing System atau yang disingkat EDPS yang dapat diraba serta dirasa.

5. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arfianto, hardware merupakan komponen – komponen pada sebuah komputer yang dapat untuk diraba atau dirasakan secara fisik dan dapa dilihat oleh indera penglihatan.

6. R. Wilman dan Riyan

R. Wilman dan Riyan berpendapat bahwa hardware merupakan serangkaian piranti elektronik yang tersusun dengan rapat (compact) dalam perangkat yang memiliki fungsi satu sama lain sebagai satu kesatuan.

7. Rainer

Menurut Rainer, hardware ialah semua komponen pada komputer yang berbentuk fisik seperti monitor,keyboard dan lain sebagainya.

Sebuah hardware berfungsi dalam menerima data serta juga informasi, melakukan proses data dan menampilkan data mentah yang akan menjadi sebuah informasi yang memiliki manfaat bagi penerimanya.

8. James O’Brien

Menurut James O’Brien, hardware merupakan segalah atau seluruh peralatan yang bersifat fisik dan dapat digunakan dalam melakukan proses informasi.

Fungsi Sebuah Hardware

Berdasarkan pengertian hardware diatas, dapat diketahui beberapa fungsi dari sebuah hardware. Berikut beberapa fungsi hardware diantaranya sebagai berikut.

1. Mengolah data atau informasi

Sebuah hardware memiliki fungsi untuk bisa mengelola dan memproses data. Adapun contoh dari device process seperti CPU, RAM dan lain sebagainya.

2. Menerima output

Sebuah hardware juga memiliki kemampuan utnuk menerima input dari user. Data yang diterima tersebut akan ditransfer pada output.

3. Memberi output

Ketika sudah diproses, hardware kemudian akan memberikan output lagi kepada user. Semua output tadi dapa dilihat oleh user yang ditampilkan pada sebuah hardware khusus.

4. Menyimpan informasi dan juga data

Seluruh hasil output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan di sebuah perangkat penyimpanan sekunder dari komputer. Penyimpanan yang dilakukan tidak hanya pada perangkat yang terpasang didalam saja, melainkan perangakat yang terpasang diluar juga termasuk kedalamnya.

Jenis – Jenis Hardware Disertai Contohnya

Sebuah hardware dapat dipisahkan kedalam beberapa jenis. Berikut beberapa jenis – jenis hardware dan juga contohnya.

1. Perangkat Input (input device)

Perangkat input merupakan salah satu jenis hardware yang berfungsi dalam memasukkan setiap informasi dan juga data. Baik itu dalam format video,teks dan lain sebagainya kedalam sebuah komputer. Beberapa contoh dari perangkat input adalah:

  • Mouse
    Mouse sendiri merupakan hardware yang berfungsi untuk menggerakkan sebuah kursor pada komputer.
  • Keyboard
    Keyboard sendiri berfungsi untuk memasukkan huruf, angka dan simbol-simbol lain.
  • Scanner
    Scanner sendiri berfungsi untuk memproses dokumen dari hard copy menjadi soft copy.

2. Perangkat Output

Perangkat output merupakan jenis hardware yang berfungsi untuk menampilkan informasi serta mencetak hasil sebuah input data yang telah dilakukan oleh seorang user.

Informasi tersebut berasal dari hardware input yang sudah melewati proses dari hardware. Beberapa perangkat yang termasuk kedalam perangkat output yakni:

  • Monitor
    Monitor merupakan sebuah perangkat yang menampilkan hasil pemrosesan data atau informasi masuka.
  • Printer
    Printer merupakan perangkat keras yang terhubung pada sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk mencetak tulisan ataupun gambar.
  • Speaker
    Speaker ialah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan sinyal elektrik berupa suara yang berasal dari komputer. Penggunaan dari speaker sendiri ketika ingin digunakan untuk memutar musik.

3. Perangkat Proses

Perangkat proses merupakan perangkat-perangkat yang digunakan untuk mengubah data dan juga menjalankan proses pada sebuah sistem komputer. Beberapa komponen yang termasuk kedalam perangkat proses diantaranya.

  • CPU
    CPU merupakan komponen komputer yang digunakan untuk mengontrol seluruh proses pada sebuah komputer
  • VGA
    VGA merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk mengelola data grafis hingga dapat ditampilkan dimonitor.
  • RAM
    RAM merupakan komponen komputer yang dapat menilai kecepatan akses pada sebuah komputer.

4. Perangkat Untuk Menyimpan

Perangkat penyimpanan atau storage device merupakan perangkat yang befungsi untuk menyimpan seluruh data-data pada komputer. Beberapa yang termasuk kedalam perangkat ini diantaranya:

  • Harddisk
    Harddisk merupakan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan data serta infromasi dengan ukuran yang besar.
  • Flashdisk
    Flashdisk merupakan sebuah perangkat penyimpanan yang berukuran kecil dan berbentuk seperti sebuah USB. Anda dapat menggunakan flashdisk untuk menyimpan foto atau video anda.
  • Optical Disk
    Optical disk merupakan sebuah perangkat penyimpanan pada komputer yang dapat dibaca melalui bantuan cahaya laser. Umumnya, optical disk sendiri berupa CD atau juga DVD.

5. Perangkat tambahan

Beberapa perangkat tambahan lain seperti modem. Modem sendiri berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian hardware secara umum dan menurut para ahli,fungsi-fungsi dan jenis-jenis hardware beserta dengan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.