Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara dan Contohnya

Kedudukan hak dan kewajiban merupakan landasan utama yang dimiliki oleh setiap warga negara. Keduanya memiliki peran penting meskipun saling bertentangan, namun perbedaan hak dan kewajiban menciptakan keseimbangan yang tidak dapat dipisahkan. Setiap warga negara berhak dan berkewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak.

Namun kenyataannya banyak warga yang belum merasakan kesejahteraan dalam menjalani kehidupannya. Salah satu alasannya adalah karena pemerintah dan pejabat tinggi lebih mengutamakan hak daripada kewajiban. Namun tidak jarang ada warga negara yang juga lebih menuntut haknya daripada kewajibannya.

Jika hal ini dibiarkan, maka tidak ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Jika keseimbangan ini tidak ada, maka akan terjadi ketimpangan sosial yang berkepanjangan.

Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai hak dan kewajiban warga negara, berikut kami berikan ulasannya.

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Hak dan kewajiban merupakan dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Hak dan kewajiban saling berkaitan satu sama lain. Hak adalah segala sesuatu yang harus diperoleh setiap orang yang telah ada sejak lahir bahkan sebelum lahir. Sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang.

Setiap warga negara yang menjalankan kewajibannya akan mendapatkan haknya. Hal ini merupakan perbedaan hak dan kewajiban yang sangat mendasar agar tercapai keseimbangan untuk memperoleh hak dan kewajiban.

Tujuan mengetahui perbedaan antara hak dan kewajiban adalah untuk mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban itu sendiri. Kuncinya adalah mengetahui posisi diri kita sendiri. Sebagai warga negara harus mengetahui hak dan kewajibannya.

Pengertian Hak

Prof. Dr. Notonagoro menjelaskan bahwa hak adalah kekuasaan untuk menerima atau melakukan sesuatu yang seharusnya diterima atau dilakukan hanya oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.

Sedangkan pengertian hak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hak kuasa atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu. Hak dapat diartikan sebagai kepemilikan, wewenang, kekuasaan, atau derajat dan martabat.

Seringkali hak disandingkan dengan Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam hal ini, untuk mencapai kehidupan yang layak, keberadaan hak asasi manusia sangat penting bagi tercapainya hak-hak warga negara.

Hak asasi manusia adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang bersifat universal, sedangkan hak warga negara diatur dalam UUD 1945. Memahami hak-hak ini akan membantu memberikan pemahaman tentang berbagai hak dan kewajiban warga negara.

Pengertian Kewajiban

Hak asasi manusia yang universal melahirkan kewajiban yang harus dijalankan secara berdampingan. Sebagaimana dalam bab 1 Pasal 1 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia berbunyi “Kewajiban dasar manusia adalah seperangkat kewajiban yang jika tidak dilaksanakan, tidak akan memungkinkan pelaksanaan dan penegakan hak asasi manusia”.

Sedangkan menurut KBBI, kewajiban adalah sesuatu yang wajib, sesuatu yang harus dilaksanakan, atau keharusan.

Contoh Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Contoh hak dan kewajiban warga negara Indonesia tercantum dalam pasal 27 sampai dengan 34 UUD 1945. Contoh ini juga memperjelas perbedaan hak dan kewajiban warga negara.

Hak Warga Negara Indonesia

Berikut dibawah ini Hak Warga Negara Indonesia, antara lain sebagai berikut.

1). Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak: “Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).

2). Hak untuk hidup dan mempertahankan hidup: “Setiap orang berhak untuk hidup dan berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya” (pasal 28A).

3). Hak untuk membentuk keluarga dan meneruskan garis keturunan melalui perkawinan yang sah (Pasal 28B ayat 1).

4). Hak untuk bertahan hidup. “Setiap anak berhak untuk bertahan hidup, tumbuh dan berkembang.”

5). Hak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasar serta hak atas pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup untuk kesejahteraan hidup manusia. (Pasal 28C ayat 1).

6). Hak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya. (Pasal 28C ayat 2).

7). Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum. (Pasal 28D ayat 1).

8). Hak untuk memiliki milik pribadi, hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak atas kebebasan berpikir dan hati nurani, hak untuk beragama, hak untuk tidak diperbudak.

9). Hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun. (Pasal 28I ayat 1).

Kewajiban Warga Negara Indonesia

Berikut dibawah ini Kewajiban Warga Negara Indonesia, antara lain sebagai berikut.

1). Ketaatan pada hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi: “Semua warga negara mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”

2). Wajib ikut serta dalam upaya bela negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 menyatakan: “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara.”

3). Kewajiban untuk menghormati hak asasi orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan: “Setiap orang wajib menghormati hak asasi orang lain”.

4). Harus tunduk pada batasan-batasan yang ditetapkan oleh undang-undang. Pasal 28J ayat 2 menyatakan: “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib mematuhi pembatasan yang ditetapkan undang-undang dengan maksud untuk menjamin pengakuan dan penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain serta untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan moral. pertimbangan, nilai, dan prinsip, nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam masyarakat yang demokratis.”

5). Wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menyatakan: “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara.”

Contoh hak warga negara Indonesia dalam kehidupan sehari hari

Jika diatas tadi hak dan kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD 1945, berikut ini contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari:

1). Contoh hak warga negara dalam kehidupan

  • Setiap warga negara berhak memeluk dan mengamalkan agama yang dianutnya.
  • Setiap warga negara berhak mengeluarkan pendapatnya secara lisan dan tertulis sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
  • Setiap warga negara berhak untuk menikah.
  • Setiap warga negara berhak atas penghidupan yang layak.
  • Setiap warga negara berhak memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan mendapat perlindungan hukum.

2). Contoh kewajiban warga negara Indonesia

  • Kewajiban membayar pajak dan retribusi yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan daerah.
  • Kewajiban untuk mentaati, mentaati, dan menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia
  • Kewajiban menghormati orang lain
  • Kewajiban mengikuti pendidikan dasar
  • Kewajiban mempertahankan kedaulatan negara
  • Kewajiban untuk tunduk pada pembatasan hak atas kebebasan.

Demikian artikel kami tentang hak dan kewajiban warga negara beserta contohnya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai hak dan kewajiban warga negara. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Contoh Soal Biologi Kelas 11 SMA dan Jawabannya

Mata pelajaran Biologi diharapkan mampu mengajak siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitarnya. Biologi menjadi mata pelajaran yang menarik…

Yakinkan Yuni Shara, Raffi Ahmad Keringat Dingin di Depan Kakak KD: Aku tuh Gak Pernah Bohong

Jeli, kakak KD, Yuni Shara rupanya tak termakan ucapan Raffi Ahmad. Raffi Ahmad sampai keringat dingin saat disidang langsung oleh…

Berani Semprot Yuni Shara Kenakan Rok Mini di Acara Ultah Ussy Sulistiawaty, Krisdayanti: Mentang-mentang Badan Segini Pakai Rok Sejengkal

Berikut tanggapan Krisdayanti saat melihat kakaknya, Yuni Shara memaki seragam sekolah sma di acara ulang tahun Ussy Sulistiawaty. Ya, hadir…

Tolak Cinta Sahrul Gunawan, Ayu Ting Ting Justru Terang-terangan Lamar Aktor Beristri Ini: Tanyakan Orang Tuamu Kapan

Kisah cinta Ayu Ting Ting kerap menjadi sorotan. Ayu Ting Ting sempat diisukan dekat dengan Sahrul Gunawan usai sang aktor…

Ibu Mertua Hina Pengantin Wanita Pendek dan Jelek, Suami Tega Langsung Tinggalkan: Aku Malu

Wanita bernama Lamia Al-Labawi asal Tunisia ditinggal suaminya setelah acara pernikahan, penyebabnya terkuak. Pernikahan adalah salah satu momen yang bahagia…

Dalih Arya Saloka Hapus Foto Istri, Sosok Sahabat Putri Anne Tanggapi Maksud Keputusan Sang Aktor, Bocorkan Tabiat Asli

Arya Saloka yang mendadak menghapus foto-foto Putri Anne dari akun media sosial pribadinya menimbulkan kehebohan. Bahkan berembus isu Arya Saloka…

Tak Masalah Tubuh Diiris Tulang Dipotong, Lucinta Luna Sebut Jadi Cantik Bikin Dompet Gemuk: Balik Modal 2 Kali Lipat!

Sosok Lucinta Luna, diketahui telah menjalani beragam prosedur operasi plastik untuk menjadi cantik. Meski beberapa orang menilai operasi yang dijalani…

15 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang tidak pernah mendengar nama Kota Pekalongan ? Salah satu kota yang memang terkenal dengan batiknya ini memang memiliki…

Doa Mau Tidur dan Bangun Tidur Beserta Artinya

Sebagai manusia normal jelas tidur merupakan kebutuhan sehari-hari untuk beristirahat dari banyaknya aktifitas yang telah dilalui seharian. Agar tidur kita…

Tewas Terikat Bugil di Hutan, Ayah Rina Arano Nyatanya Punya Jabatan Mentereng di Perusahaan Farmasi, Tetangga Bintang Film Dewasa: Gadis Kecil yang Imut

Belakangan ini sosok bintang film dewasa asal Jepang atau JAV, Rina Arano ramai jadi perbincangan publik. Pasalnya, Rina Arano ini…