Pengertian GPS, Jenis, Komponen dan Penggunaan dari GPS

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan aplikasi maps untuk memudahkan kita semua, baik untuk datang ke suatu tempat yang hendak dituju maupun ketika kita hendak mendatangi suatu daerah baru yang belum kita ketahui sama sekali.

Posisi kita dengan tujuan yang akan kita datangkan dari maps dapat dilihat melalui sebuah teknologi navigasi yang sangat canggih yang sering disebut dengan GPS (Global Positioning System).

Banyak hal yang tentunya akan memudahkan kegiatan kita dengan adanya GPS. Untuk itu berikut ini kita akan mengulas banyak hal mengenai GPS.

Pengertian GPS

Berikut dibawah ini pengertian GPS, antara lain sebagai berikut.

1). Winardi

Winardi menjelaskan pengertian dari GPS merupakan suatu sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit untuk mengirim sinyal gelombang mikro ke bumi.

2). Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon

Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon menyatakan bahwa GPS yaitu suatu sistem navigasi yang dioperasikan dengan menggunakan satelit secara terus-menerus untuk emberikan posisi, waktu serta tanggal.

3). Bramantiyo Marjuki

Bramantiyo Marjuki  menyatakan bahwa GPS adalah suatu sistem navigasi satelit yang dibuat untuk menyediakan informasi dan lokasi di kondisi cuaca apapun, selama masih menerima sinyal GPS yang di pancarkan dari satelit.

4). Greg Pendleton

Greg Pendleton mendefinisikan bahwa GPS merupakan sebuah sistem navigasi satelit yang dirancang untuk mampu menyediakan pelacakan posisi serta pengaturan waktu kepada pengguna.

Jenis – Jenis GPS

GPS dibagi atas beberapa jenis, pembagian jenis dari GPS dilihat dari kegunaan dan orang yang memakainya, berikut adalah jenis-jenisnya :

1). GPS untuk militer

Di sisi militer GPS dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem pertahanan militer baik untuk bagian darat, maupun laut dan udara.

GPS dapat memantau pergerakan musuh selama perang.Selain itu, peta yang ada dapat memandu arah bom agar lebih tepat sasaran.

2). GPS untuk navigasi

Dalam kebutuhan berkendara sistem GPS pun sangat membantu sekali khususnya bagi seseorang yang baru datang ke sebuah daerah dan belum paham mengenai lokasi-lokasi yang ada di daerah tersebut, dengan adanya GPS Tracker terpasang pada kendaraan maka akan membuat perjalanan semakin nyaman Arah dan tujuan jalan dapat diketahui setelah GPS mengirimkan lokasi kendaraan kita.

3). GPS untuk Sistem Informasi Geografis

GPS untuk sistem informasi geografis digunakan untuk beberapa penggambaran lokasi untuk mempermudah proses pemetaan secara umum seperti untuk pembuatan peta, mengukur jarak perbatasan, atau bisa dijadikan sebagai referensi pengukuran suatu wilayah.

4). GPS untuk Sistem Pelacakan Kendaraan

Gps mampu untuk menampilkan dan menerima sinyal sehingga dapat mempermudah proses pelacakan suatu kendaraan yang hilang.

Misalnya kita bisa mencari lokasi kendaraan yang hilang dengan melihat koordinat yang dihasilkan oleh peralatan yang terpasang pada kendaraan tersebut, untuk melihatnya bisa melalui media smartphone atau alat-alat khusus lainnya.

5). GPS untuk Pemantau Gempa

Kemajuan teknologi di masa sekarang sangat baik dan sangat teliti dalam membaca segala hal, bahkan GPS mampu dimanfaatkan untuk memantau pergerakan tanah di bumi.

Dari hasil pembacaan yang ada maka para ahli geologi mampu untuk memprediksi akan adanya gempa, sehingga pemerintah mampu sigap untuk melakukan tindakan yang terbaik.

Komponen-komponen pembuat GPS

Berikut adalah beberapa komponen yang perlu dibuat untuk membuat sebuah GPS mampu untuk bekeerja dan dioperasikan secara maksimal.

1). Satelit

Satelit merupakan komponen utama dan komponen yang sangat penting bagi sebuah GPS, tanpa adanya satelit maka gps tidak akan mampu bekerja dan berguna.

Layanan satelit yang dikirim ke luar angkasa mencatat semua informasi tentang lokasi dan informasi rinci lainnya di permukaan bumi dari atas langit.

Selanjutnya satelit akan mengirimkan sinyal-sinyal ke bumi yang akan diterima oleh perangkat-perangkat lainnya seperti smartphone, GPS Tracker dan masih banyak lagi.

2). Pengontrol

Komponen pengontrol adalah mengendalikan satelit yang berada di orbit bumi langsung dari bumi. Semacam seperti remote control.

Semua pergerakan satelit dikendalikan melalui alat yang disebut Controller ini. Kontrol biasanya dilakukan secara berkala.

3). Receiver

Komponen selanjutnya yang juga penting dalam teknologi GPS adalah Receiver. Fungsi dari alat ini adalah untuk menerima dan mengolah semua data yang dikirimkan dari satelit.

Kemudian, semua data yang dikirim oleh satelit akan diubah menjadi data yang dapat dibaca manusia, misalnya informasi lokasi, posisi dan koordinat suatu area.

Penggunaan GPS

Dalam kehidupan kita sehari-hari tentu kita selalu menggunakan GPS berikut adalah beberapa contoh  penggunaan GPS dalam keseharian kita.

1). Tanggap Darurat

Selama keadaan darurat atau bencana alam, responden pertama menggunakan fungsi GPS untuk memetakan, mengikuti dan memprediksi cuaca, dan melacak personel darurat.

Di UE dan Rusia, peraturan eCall mengandalkan teknologi GLONASS (GPS alternatif) dan telematika untuk mengirim data ke layanan darurat jika terjadi kecelakaan kendaraan, sehingga mengurangi waktu respons.

2). Hiburan

Fungsionalitas GPS dapat dimasukkan ke dalam permainan dan aktivitas seperti Pokémon Go dan Geocaching.

3). Kesehatan dan Kebugaran

Jam tangan pintar dan teknologi yang dapat dikenakan dapat melacak aktivitas kebugaran kita dan biasanya digunakan untuk mengukur jarak lari dan membandingkannya dengan demografi serupa.

4). Transportasi

Dalam meningkatkan keselamatan dan produktivitas pengemudi umumnya perusahaan logistik menggunakan alat GPS.

GPS digunakan pada truk sebagai pelacak yang dapat digunakan untuk mendukung pengoptimalan rute, efisiensi bahan bakar, keselamatan dan kepatuhan pengemudi.

5). Industri lain

Banyak sekali fungsi dari GPS dan umumnya digunakan meliputi pertanian, kendaraan otonom, penjualan dan layanan, militer, komunikasi bergerak, keamanan, dan perikanan.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian GPS, jenis, komponen, serta penggunaan dari GPS.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan GPS. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Rembang yang Wajib Dikunjungi

Rembang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Mungkin nama kabupaten Rembang ini tidak cukup populer di telinga Anda. Namun…

Cara Membuat Daftar Pustaka Jurnal, Buku, Makalah dan Skripsi

Sebelum masuk pembahasan cara membuat daftar pustaka baik untuk Jurnal, Buku, Makalah maupun Skripsi ada beberapa hal yang harus anda…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Ngawi, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini selain memiliki alam yang begitu mengagumkan juga memang kaya…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Sudahkah Anda berkunjung ke Kabupaten Probolinggo ? Probolinggo memiliki banyak sekali objek wisata menarik lho untuk Anda kunjungi. Probolinggo memiliki…

Tanggapi Somasi dari Mbak Rara gegara Bongkar Trik Pawang Hujan, Pesulap Merah Santai: Saya Gak Nyebut Nama Dia!

Mbak Rara pawang hujan MotoGP Mandalika 2022, mlayangkan somasi kepada Pesulap Merah karena telah membongkar trik pawang hujan yang dilakukannya.…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Pamekasan yang Wajib Dikunjungi

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama Kabupaten yang berada di Pulau Madura ini. Ya, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…