Pengertian GPS, Jenis, Komponen dan Penggunaan dari GPS

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan aplikasi maps untuk memudahkan kita semua, baik untuk datang ke suatu tempat yang hendak dituju maupun ketika kita hendak mendatangi suatu daerah baru yang belum kita ketahui sama sekali. Posisi kita dengan tujuan yang akan kita datangkan dari maps dapat dilihat melalui sebuah teknologi navigasi yang sangat canggih yang sering disebut dengan GPS (Global Positioning System). Banyak hal yang tentunya akan memudahkan kegiatan kita dengan adanya GPS. Untuk itu berikut ini kita akan mengulas banyak hal mengenai GPS.

Pengertian GPS

  • Winardi

Winardi menjelaskan pengertian dari GPS merupakan suatu sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit untuk mengirim sinyal gelombang mikro ke bumi.

  • Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon

Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon menyatakan bahwa GPS yaitu suatu sistem navigasi yang dioperasikan dengan menggunakan satelit secara terus-menerus untuk emberikan posisi, waktu serta tanggal.

  • Bramantiyo Marjuki

Bramantiyo Marjuki  menyatakan bahwa GPS adalah suatu sistem navigasi satelit yang dibuat untuk menyediakan informasi dan lokasi di kondisi cuaca apapun, selama masih menerima sinyal GPS yang di pancarkan dari satelit.

  • Greg Pendleton

Greg Pendleton mendefinisikan bahwa GPS merupakan sebuah sistem navigasi satelit yang dirancang untuk mampu menyediakan pelacakan posisi serta pengaturan waktu kepada pengguna.

Jenis-jenis GPS

GPS dibagi atas beberapa jenis, pembagian jenis dari GPS dilihat dari kegunaan dan orang yang memakainya, berikut adalah jenis-jenisnya :

  • GPS untuk militer

Di sisi militer GPS dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem pertahanan militer baik untuk bagian darat, maupun laut dan udara. GPS dapat memantau pergerakan musuh selama perang.Selain itu, peta yang ada dapat memandu arah bom agar lebih tepat sasaran.

  • GPS untuk navigasi

Dalam kebutuhan berkendara sistem GPS pun sangat membantu sekali khususnya bagi seseorang yang baru datang ke sebuah daerah dan belum paham mengenai lokasi-lokasi yang ada di daerah tersebut, dengan adanya GPS Tracker terpasang pada kendaraan maka akan membuat perjalanan semakin nyaman Arah dan tujuan jalan dapat diketahui setelah GPS mengirimkan lokasi kendaraan kita.

  • GPS untuk Sistem Informasi Geografis

GPS untuk sistem informasi geografis digunakan untuk beberapa penggambaran lokasi untuk mempermudah proses pemetaan secara umum seperti untuk pembuatan peta, mengukur jarak perbatasan, atau bisa dijadikan sebagai referensi pengukuran suatu wilayah.

  • GPS untuk Sistem Pelacakan Kendaraan

Gps mampu untuk menampilkan dan menerima sinyal sehingga dapat mempermudah proses pelacakan suatu kendaraan yang hilang. Misalnya kita bisa mencari lokasi kendaraan yang hilang dengan melihat koordinat yang dihasilkan oleh peralatan yang terpasang pada kendaraan tersebut., untuk melihatnya bisa melalui media smartphone atau alat-alat khusus lainnya.

  • GPS untuk Pemantau Gempa

Kemajuan teknologi di masa sekarang sangat baik dan sangat teliti dalam membaca segala hal, bahkan GPS mampu dimanfaatkan untuk memantau pergerakan tanah di bumi. Dari hasil pembacaan yang ada maka para ahli geologi mampu untuk memprediksi akan adanya gempa, sehingga pemerintah mampu sigap untuk melakukan tindakan yang terbaik.

Komponen-komponen pembuat GPS

Berikut adalah beberapa komponen yang perlu dibuat untuk membuat sebuah GPS mampu untuk bekeerja dan dioperasikan secara maksimal.

  • Satelit

Satelit merupakan komponen utama dan komponen yang sangat penting bagi sebuah GPS, tanpa adanya satelit maka gps tidak akan mampu bekerja dan berguna. Layanan satelit yang dikirim ke luar angkasa mencatat semua informasi tentang lokasi dan informasi rinci lainnya di permukaan bumi dari atas langit. Selanjutnya satelit akan mengirimkan sinyal-sinyal ke bumi yang akan diterima oleh perangkat-perangkat lainnya seperti smartphone, GPS Tracker dan masih banyak lagi.

  • Pengontrol

Komponen pengontrol adalah mengendalikan satelit yang berada di orbit bumi langsung dari bumi. Semacam seperti remote control. Semua pergerakan satelit dikendalikan melalui alat yang disebut Controller ini. Kontrol biasanya dilakukan secara berkala.

  • Receiver

Komponen selanjutnya yang juga penting dalam teknologi GPS adalah Receiver. Fungsi dari alat ini adalah untuk menerima dan mengolah semua data yang dikirimkan dari satelit. Kemudian, semua data yang dikirim oleh satelit akan diubah menjadi data yang dapat dibaca manusia, misalnya informasi lokasi, posisi dan koordinat suatu area.

Penggunaan GPS

Dalam kehidupan kita sehari-hari tentu kita selalu menggunakan GPS berikut adalah beberapa contoh  penggunaan GPS dalam keseharian kita.

  • Tanggap Darurat

Selama keadaan darurat atau bencana alam, responden pertama menggunakan fungsi GPS untuk memetakan, mengikuti dan memprediksi cuaca, dan melacak personel darurat. Di UE dan Rusia, peraturan eCall mengandalkan teknologi GLONASS (GPS alternatif) dan telematika untuk mengirim data ke layanan darurat jika terjadi kecelakaan kendaraan, sehingga mengurangi waktu respons.

  • Hiburan

Fungsionalitas GPS dapat dimasukkan ke dalam permainan dan aktivitas seperti Pokémon Go dan Geocaching.

  • Kesehatan dan kebugaran

Jam tangan pintar dan teknologi yang dapat dikenakan dapat melacak aktivitas kebugaran kita dan biasanya digunakan untuk mengukur jarak lari dan membandingkannya dengan demografi serupa.

  • Transportasi

Dalam meningkatkan keselamatan dan produktivitas pengemudi umumnya perusahaan logistik menggunakan alat GPS. GPS digunakan pada truk sebagai pelacak yang dapat digunakan untuk mendukung pengoptimalan rute, efisiensi bahan bakar, keselamatan dan kepatuhan pengemudi.

  • Industri lain

Banyak sekali fungsi dari GPS dan umumnya digunakan meliputi pertanian, kendaraan otonom, penjualan dan layanan, militer, komunikasi bergerak, keamanan, dan perikanan.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian GPS, jenis, komponen, serta penggunaan dari GPS. Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan GPS. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Sudah Operasi Tapi Kondisinya Makin Memburuk , Bintang Sinetron Jin dan Jun ini Meninggal Dunia Usai Sekian Lama Menahan Sakit Luar Biasa

Innalillahi wa innailaihi rojiun, artis senior ini meninggal dunia dengan kondisi yang memilukan. Nama Misye Arsita mungkini memang tak terlalu…

Ditagih Utang Oleh Seorang Ibu, Yusuf Mansur Marah: Geblek Bener Sih Lu!

Percakapan dalam sebuah video yang diduga antara seorang Ibu-ibu dengan pengusaha Jamaan Nurchotib Mansur alias Ustaz Yusuf Mansur viral di…

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

Kronologi Nikita Mirzani Diduga Hina Bacaan Salat, Gegara Video Dipotong-potong

Berikut kronologi artis Nikita Mirzani diduga hina bacaan salat. Kejadian ini berawal dari live instagram yang dilakukan Nikita Mirzani. Video…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

‘Dulu Waktu Hamil Diceraiin Ya’ Nikita Mirzani Tertawa Puas! Tersindir Tingkah Ussy Sulistiawaty yang Pamer Suami, Janda Dipo Latief Kuliti Masa Lalu Pahit Istri Andhika Pratama: Kayak Gak Pernah Janda Aja!

Bukan Nikita Mirzani jika tak menuai kontroversi. Nama Nikita Mirzani memang kerap disebut sebagai artis kontroversial. Ia kerap membuat kehebohan…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Sampai Tanam Benang di Alat Vital Meski Jadi Istri Keempat, Hidup Sosok Artis Seksi Ini Berubah 180 Derajat, Begini Kabarnya!

Nama Five Vi, sempat masuk jajaran artis cantik dan seksi Tanah Air kala awal masuk ke dunia hiburan. Bahkan sosok…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

PEDIH Hati Istri Diselingkuhi Suami dengan Janda saat Hamil, Langsung Buat Perjanjian Tuntut Harta

Tiap pasangan pasti mendambakan hubungan langgeng dan bahagia. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada…