Pengertian Gizi, Jenis, Manfaat Serta Cara Memenuhi Gizi

Mendengar kata gizi, tentu kita langsung membayangkan makanan atau minuman dengan segala zat yang dikandungnya dan dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein atau zat lainnya terutama dalam rangka menunjang kesehatan tubuh kita sehari-hari.

Memang benar, gizi berkaitan erat dengan zat yang terdapat dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Makanan yang kurang atau gizinya tidak seimbang saat dikonsumsi akan menimbulkan berbagai masalah yang berakibat pada gangguan gizi pada tubuh manusia itu sendiri

Untuk mengetahui lebih jauh ap aitu gizi, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian gizi, jenisnya, manfaat dan cara pemenuhan gizi bagi tubuh manusia berikut ini.

Pengertian Gizi

Gizi adalah persediaan bahan atau makanan yang dibutuhkan oleh organisme dan sel untuk bertahan hidup.

Sedangkan dalam bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran, gizi dapat merujuk pada ilmu atau praktik mengkonsumsi dan menggunakan makanan.

Tidak hanya tentang metabolisme, nutrisi juga berbicara tentang bagaimana penyakit dapat dicegah atau diminimalkan dengan makanan sehat.

Dengan demikian, pengertian gizi juga berfokus pada bagaimana kita mengenali munculnya penyakit yang disebabkan oleh faktor makanan. Mulai dari pola makan yang buruk, intoleransi makanan, hingga alergi makanan.

Jenis – Jenis Gizi

Pada dasarnya, ada dua jenis zat gizi yang penting bagi tubuh manusia, yaitu zat gizi makro dan zat gizi mikro. Berikut penjelasannya:

Makronutrien

Zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh tubuh. Jenis nutrisi ini dibagi lagi menjadi makronutrien yang menyumbangkan energi dan yang tidak.

Makronutrien yang menyumbang energi

Makronutrien energi meliputi karbohidrat, protein, dan lemak dengan penjelasannya sebagai berikut:

1). Karbohidrat

Karbohidrat memiliki molekul yang terdiri dari monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Polisakarida dianggap lebih baik daripada monosakarida.

Hal ini karena polisakarida lebih kompleks sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk diserap ke dalam aliran darah dan tidak memicu lonjakan gula darah yang besar.

Karena itu, semakin banyak karbohidrat kompleks yang kamu konsumsi, semakin baik nutrisi yang akan kamu dapatkan.

Contoh karbohidrat kompleks adalah biji-bijian, beras merah, dan biji-bijian. Sedangkan jenis karbohidrat sederhana antara lain nasi putih, roti putih, dan pasta.

2). Protein

Protein terdiri dari 20 jenis asam amino. Beberapa asam amino disebut esensial karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus diperoleh melalui makanan. Sedangkan sebagian lainnya tidak esensial karena dapat diproduksi oleh tubuh.

Isoleusin, histidin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, triptofan, treonin, dan valin adalah contoh asam amino esensial.

Sedangkan asam amino non esensial antara lain asam aspartat, sistein, asam glutamat, alanin, arginin, asparagin, glutamin, glisin, prolin, serin, dan tirosin.

Ahli gizi merekomendasikan makanan berprotein seperti ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan unggas.

3). Lemak

Lemak sebenarnya merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Mulai dari membantu organ dalam memproduksi hormon, melumasi persendian, menyerap vitamin tertentu, dan menjaga kesehatan otak.

Banyak orang menghindari asupan lemak karena takut sakit, padahal kamu bisa menggantinya dengan lemak sehat seperti alpukat, keju, telur, kacang-kacangan, minyak kelapa untuk memenuhi kebutuhan lemak tubuh.

Makronutrien yang tidak berkontribusi terhadap energi

Memahami pengertian gizi tentu tidak lengkap tanpa mengetahui zat gizi makro. Nutrisi tersebut berupa serat dan air.

Meskipun mereka tidak menyediakan energi, mereka tetap penting bagi tubuh manusia. beberapa yang termasuk dan tidak menyumbang energi makronutrien adalah sebagai berikut:

1). Serat

Sebagian besar serat terdiri dari karbohidrat. Nutrisi ini penting untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Seperti diketahui, sumber serat berasal dari sayuran dan buah-buahan.

2). Air

Air sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh. Kebutuhan air setiap orang juga berbeda dan dipengaruhi oleh banyak hal.

Misalnya ukuran tubuh, usia, aktivitas fisik, suhu lingkungan, kondisi kesehatan, dan pola makan. Meski begitu, orang dewasa umumnya dianjurkan untuk minum air putih minimal 2 liter setiap hari.

Mikronutrien

Zat gizi mikro adalah zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, dan terdiri dari berbagai mineral dan vitamin. Mari kita lihat pengertian nutrisi berupa mineral dan vitamin di bawah ini:

1). Mineral

Selain oksigen, karbon, hidrogen, dan nitrogen, tubuh juga membutuhkan mineral dari makanan. Ada berbagai mineral yang penting untuk proses biokimia manusia.

Misalnya kalium, klorida, natrium, kalsium, fosfor, magnesium, seng, besi, mangan, tembaga, yodium, selenium, dan molibdenum.

Dalam diet seimbang, kebutuhan mineral akan terpenuhi dengan baik. Mineral juga terkadang ditambahkan ke produk tertentu untuk memenuhi kebutuhan kamu. Proses penambahan ini disebut fortifikasi.

2). Vitamin

Vitamin tidak dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup, sehingga manusia perlu memperolehnya dari makanan.

Vitamin dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu vitamin yang larut dalam air (seperti vitamin A, D, E, K) dan vitamin yang larut dalam lemak (vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12, dan C).

Vitamin yang larut dalam air akan lebih cepat dikeluarkan melalui urin setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, vitamin jenis ini perlu dikonsumsi lebih teratur.

Sedangkan vitamin yang larut dalam lemak mudah terakumulasi di dalam tubuh karena sulit dihilangkan dengan cepat. Akumulasi vitamin yang berlebihan ini disebut hipervitaminosis.

Manfaat Gizi Bagi Tubuh Manusia

Ada beberapa poin penting yang menjadi manfaat gizi bagi tubuh manusia, antara lain sebaagi berikut:

1). Sebagai penghasil energi tubuh,

Beberapa zat dalam makanan yang kita konsumsi oleh sistem pencernaan organ tubuh akan diproses untuk menghasilkan energi.

Energi ini kemudian membantu manusia untuk dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Zat yang membentuk energi tubuh adalah karbohidrat, protein dan juga lipid atau lemak.

2). Sebagai pembentuk sel jaringan tubuh

Zat gizi yang termasuk untuk membentuk sel jaringan tubuh adalah air, mineral dan protein. Dalam hal pembentukan sel jaringan tubuh, ketiga zat tersebut secara bersama-sama diproses oleh organ tubuh sehingga terbentuk sel jaringan baru, terutama sebagai pengganti jaringan yang rusak atau tidak berfungsi lagi.

3). Sebagai pengatur fungsi reaksi biokimia dalam tubuh (stimulan)

Agar fungsi dan reaksi biokimia dalam tubuh dapat berjalan dengan cepat dan baik, tubuh membutuhkan zat sebagai perangsang (stimulator dan pengatur) dalam prosesnya.

Vitamin merupakan zat yang membantu proses reaksi biokimia dalam tubuh agar dapat berjalan dengan baik, nah vitamin ini tentunya terdapat pada setiap makanan yang telah kita konsumsi.

Cara Memenuhi Gizi yang Seimbang

Untuk memenuhi nutrisi seimbang yang dibutuhkan tubuh, kamu bisa mengikuti panduan makan berikut ini:

1). Makan sayur dan buah aneka warna sekitar 1/2 piring.

2). Makan sumber protein dan lemak sehat, seperti ayam, ikan, atau kacang-kacangan sekitar 1/4 piring.

3). Makanan sumber karbohidrat kompleks seperti whole grain, nasi, coklat, gandum, atau pasta sebanyak 1/4 piring.

4). Gunakan minyak yang sehat, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung hingga minyak canola.

5). Minum air putih yang cukup.

6). Konsumsi susu sebaiknya hanya 1-2 gelas sehari dan jus hanya 1 gelas per hari.

Selain yang disebutkan diatas, kamu juga harus diimbangi dengan olahraga teratur. Olahraga dapat membakar kelebihan makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Untuk memenuhi gizi seimbang tersebut, kamu perlu menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang, sambil mengonsumsi jenis makanan tertentu yang baik untuk tubuh.

Misalnya, makan beragam sayuran, buah, biji-bijian, dan beras merah, serta membatasi konsumsi makanan tinggi garam, gorengan, atau berlemak.

Kamu harus memastikan bahwa asupan gizi makanan terpenuhi, agar tidak terjadi malnutrisi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat.

Akibatnya, berbagai masalah kesehatan bisa muncul. Mulai dari gangguan pencernaan, masalah kulit, bahkan demensia.

Demikian artikel kami tentang pengertian gizi lengkap dengan jenis zat gizi, manfaat gizi dan cara memenuhi gizi seimbang.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah pengetahuan kamu mengenai gizi. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Biaya Balik Nama Mobil Bekas dan Syarat Pengurusan Terbaru

Terkadang kita memutuskan untuk membeli barang bekas yang tentunya masih layak, untuk memenuhi kebutuhan. Salah satu barang berharga yang seing…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Semarang yang Wajib Dikunjungi

Semarang merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Dengan Kota Ungaran sebagai ibu kotanya. Semarang menyuguhkan pemandangan yang memukau dengan…

Viral Pengantin Wanita Pakai Perhiasan Emas Menutupi Tubuh Sampai Tak Mampu Jalan, Kisahnya Tuai Simpati

Pengantin tampil mewah di hari pernikahan tentu sudah menjadi hal yang umum. Salah satu membuat penampilan pengantin terlihat mewah di…

15 Tempat Wisata di Karangasem Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Karangasem memang menjadi salah satu kabupaten yang berada di daerah Bali. Masih sama seperti daerah-daerah lainnya yang berada di…

Cara Membuat CV yang Baik dan Benar

CV atau Curriculum Vitae merupakan Daftar Riwayat Hidup secara individual. CV biasanya digunakan oleh para pelamar kerja guna sebagai dokumen…

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule: Janda Anak Dua

Lama Disembunyikan, Nathalie Holscher Akhirnya Bongkar Alasannya Ceraikan Sule. Nathalie Holscher secara tiba-tiba menceraikan Sule. Kini, Sule kembali menduda. Sebelumnya,…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

Hanya Gara-gara Masalah Sepele Ini, Sosok Santri Pondok Gontor Ini Alami Penganiayaan Sampai Meninggal Dunia, Hotman Paris yang Bongkar Semuanya

Seorang santri Pondok Gontor berinisial AM dianiaya sampai tewas. Kasus bermula ketika seorang ibu asal Palembang, Sumatera Selatan, mengadu ke…

Lesti Kejora Laporkan Rizky Billar ke Polisi soal Dugaan KDRT

Penyanyi dangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),…