20+ Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

Subtitle goes here

By:

September 22, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Geografi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang umumnya di Indonesia akan dipelajari ketika kamu menempuh masa SMA. Geografi cukup diminati oleh berbagai kalangan karena ilmu ini menarik yang secara keseluruhan membahas bumi dan sekitarnya.

Geografi sebagai pengetahuan sudah muncul sejak masa Yunani Kuno. Tokoh yang pertama kali memperkenalkan geografi adalah Eratosthenes yang saat itu geografi disebut dengan nama geografika.

Geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu geo yang memiliki arti bumi dan graphein yang berarti lukisan, tulisan, atau penjelasan. Jadi geografi memiliki makna lukisan yang berada di permukaan bumi.

Secara umum, geografi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang perbedaan dan persamaan, makhluk hidup, tentang lokasi, tentang fenomena fisik dan manusia yang berada di permukaan bumi.

Perkembangan geografi yang panjang ini banyak membuat disiplin ilmu tersebut memiliki beragam bidang kajian yang semakin luas. Hingga kedudukan geografi ini menjadi ilmu yang penting untuk dipelajari dan membuat banyak ilmuwan tertarik untuk membedahnya.

Para ilmuwan pun memiliki pendapat yang berbeda namun masih berada di inti yang sama. Yuk, simak penjelasan dari para ilmuwan dunia tentang geografi!

1). Eratosthenes

Merupakan ilmuwan yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang geografi dan diperkenalkan untuk pertama kalinya pada abad-1 atau awal tahun Masehi. Menurutnya geografi adalah ilmu yang membahas tentang permukaan bumi.

2). Immanuel Kant

Geografi dianggap sangat dekat kedudukannya dengan ilmu filsafat, menurut Kant. Menurutnya, geografi adalah ilmu yang membahas permukaan bumi dengan objek ilmunya berupa hal-hal, benda-benda, atau gejala-gejala yang tersebar.

3). Lobeck

Lobeck mengungkapkan bahwa geografi adalah imu yang terbentuk dari kehidupan dan lingkungan sekitarnya yang kemudian akan dipelajari hubungan atau keterkaitan antara satu sama lain.

4). Ferdinand Von Richthofen

Geografi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat serta gejala yang ada di permukaan bumi. Dia juga menambahkan bahwa penduduk yang hidup di dalamnya disusun menurut letaknya dan di dalamnya akan dibahas tentang hubungan timbal balik atau feedback antara gejala dan sifat dengan penduduk.

5). Preston E. James

Menyatakan bahwa geografi adalah mother of all science yaitu ibu atau induk dari keseluruhan ilmu pengetahuan yang ada. Karena bidang ilmu pengetahuan selalu bermula dari keadaan permukaan bumi yang kemudian akan dialihkan pada studi tertentu ilmu pengetahuan lain.

6). Karl Ritter

Menyatakan bahwa geografi adalah sebuah studi tentang bumi dan rumah untuk manusia. Ruang lingkup dari geografi mencakup bermacam-macam fenomena yang terjadi di permukaan bumi baik organic maupun non-organik.

7). Elsworth Huntington

Geografi menurutnya fenomena yang berlangsung di permukaan bumi dan penduduk yang menghuninya. Ia juga menyatakan bahwa iklim adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam keberlangsungan hidup manusia. Hal ini menjadikannya sebagai determinis iklim.

8). Friedrich Ratzel

Ratzel mengungkapkan pengertian geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie yakni wilayah geografis merupakan tempat hidup bagi suatu kaum atau organisme untuk berkembang. Konsep yang terkenal ini diberi nama Lebensraum.

9). Alexander Von Humboldt

Ia mengutarakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari kaitan bumi dengan matahari. Tak hanya itu saja, perilaku bumi di ruang angkasa, gejala dan cuaca, iklim-iklim dunia, serta tipe-tipe permukaan bumi dan proses terjadinya, dan juga hal-hal yang memiliki kaitin dengan hidrosfer dan bisofer merupakan semua yang akan dibahas di dalam ruang geografi.

10). Halford Mackinder

Geografi menurutnya adalah ilmu yang menyelidiki tentang interaksi manusia dalam masyarakat serta lingkungannya yang berbeda dan ditentukan dengan lokasinya.

11). Yeates dan Hagget

Mengemukakan bahwa geografi memiliki peran terhadap perkembangan suatu lokasi yang diperngaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan berbagai alasan yang rasional.

12). Vernor E. Finch dan Glen Trewatha

Geografi merupakan sebuah penjelasan yang memberikan penjelasan dan menganalisis permukaan bumi dan pandangan yang ada bersifat dinamis.

13). John Hanrath

Hanrath menyatakan bahwa geografi adalah ilmu yang menyelidiki tentang persebaran gejala fisik biologis. Beliau menambahkan bahwa ruang di permukaan bumi dan gejala-gejalanya dapat dibandingkan juga dari aspek antropologisnya menurut ukuran nilai dan motifnya.

14). Paul Vidal de la Blache

Posibilisme dalam geografi merupakan teori yang dipelopori oleh Vidal yang merupakan geograf asal Prancis. Posibilisme adalah teori tentang lingkungan yang berperan dalam menetapkan kendala atau Batasan tertentu, tetapi budaya ditentukan oleh kondisi sosial.

Lingkungan memberikan tawaran kepada manusia untuk bisa berkembang. Vidal juga terkenal dengan konsep genre de vie atau mode of live yang berarti cara hidup.

15). Starbo

Menyatakan bahwa geografi memiliki kaitan erat dengan karakteristik tempat yang memperhatikan hubungan atara berbagai tempat secara keseluruhan.

Sejak awal perkembangannya, geografi memulai dengan menceritakan mengenai daerah lain dan setelahnya dikhususkn lagi, kemudian akan memiliki konsep atau derah yang memiliki ciri khas dan hubungannya.

16). Fielding

Fielding menyatakan bahwa geografi merupakan ilmu yang membahas tentang persebaran fenomena yang terjadi di permukaan bumi yang memiliki kaitan dengan lokasi serta tatanan fenomena yang terjadi.

17). Seminar Lokakarya Ikatan Gograf Indonesia (IGI)

Dalam hasil seminarnya, IGI menyepakati bahwa geografi adalah imu tentang persamaan dan perbedaan yang dilihat dari gejala geosfer melalui sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

18). Daldjoeni

Geografi adalah ilmu yang terdiri atas tiga hal pokok, yakni cangkupan spasial (ruang) yaitu tentang persebaran gejala-gejala alam, cangkupan ekologi (kondisi) yaitu tentang manusia yang beradaptasi dengan lingkungan, dan cangkupan region (wilayah) yaitu tentang wilayah tempat manusia tinggal berdasarkan kesatuan fisiografis.

19). Herioso Setiyono

Mengemukakan pendapat bahwa geografi adalah ilmu yang menjelaskan hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan. Hal ini merujuk kepada pola persebaran horizontal di permukaan bumi.

20). Halim Khan

Menurutnya geografi adalah lingkungan alan dan sosial yang berbentuk wilayah yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan, mendeskripsikan, menganalisis, dan menikmati tingkah laku manusia di bumi bagi kelangsungan hidupnya.

Berdasarkan pendapat ahli tentang pengertian geografi, disimpulkan bahwa geografi merupakan ilmu yang membahas secara keseluruhan tentang hubungan bumi dan isinya yang meliputi berbagai gejala, sifat, dan semua fenomena yang terjadi.

Demikianlah ulasan terkait geografi dalam pandangan ahli. Diharapkan tulisan ini membantu teman-teman yang sedang membutuhkan.

0 Comment

Comments closed.