Pengertian Game, Jenis-Jenis dan Manfaat Game

Saat ini teknologi sangat mudah ditemukan dalam berbagai aspek. Antara satu dengan yang lainnya tentunya memiliki manfaat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Ada yang bermanfaat untuk membantu atau meringankan pekerjaan manusia, menunjang pendidikan, memberikan hiburan, dan lain-lain.

Game merupakan salah satu wujud nyata dari pemanfaatan teknologi. Dapat dilihat bahwa perkembangan game dari tahun ke tahun dapat dilihat memberikan dampak yang sangat signifikan bagi masyarakat.

Tapi apakah kamu tahu pengertian dari game itu sendiri? Untuk menambah wawasan, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian game, jenis dan manfaat game berikut ini.

Pengertian Game

Dari segi bahasanya, game mempunyai arti permainan. Game adalah permainan yang diprogram pada perangkat yang dapat dijalankan secara offline maupun online.

Berdasarkan cara bermainnya, game dapat dijalankan pada perangkat yang tidak terhubung ke internet (offline) dan harus terhubung ke internet (online) untuk dapat mengakses server terpusat. Oleh karena itu, pengguna tidak dapat memainkan game online jika perangkat mereka tidak terhubung ke internet.

Adapun game yang satu dengan yang lainnya memiliki fungsi logika yang berbeda. Hal ini juga membuat setiap game memiliki perintah dan data yang berbeda.

Pada dasarnya, arti dari game ini sangat mendunia. Dengan kata lain, game bukan hanya permainan yang bisa dijalankan oleh perangkat, tetapi juga bisa dimainkan secara tradisional.

Hal terpenting dari sebuah game adalah adanya aturan yang dapat memandu jalannya sebuah game. Dengan adanya aturan dalam suatu permainan, pemain yang berinteraksi dengan sistem dapat terlibat langsung dalam situasi tertentu dengan memecahkan masalah yang tidak lepas dari aturan yang telah dibuat.

Dalam sebuah game juga terdapat tujuan atau target yang dapat dijadikan sebagai penentu prestasi pemain. Walaupun pada awalnya game ini ditujukan sebagai bentuk hiburan dan proses refreshing atau penyegaran terhadap aktivitas yang penat, pada kenyataannya game tertentu seringkali menambah beban pemain.

Bisa dilihat, perkembangan game yang tentunya didukung oleh perangkat canggih, membuat pasar developer game semakin terbuka lebar. Hingga dipastikan di tahun-tahun berikutnya, publik akan terus dikejutkan dengan hadirnya game-game baru yang terus bermunculan dan diminati publik.

Jenis – Jenis Game

Sejak game dari generasi pertama hingga sekarang, tentunya sudah banyak sekali jenis game yang beredar.

Game juga dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Berdasarkan alat atau platform yang digunakan, jenis permainan dibagi menjadi lima, yaitu:

1). Arcade Games

Pada jenis permainan arcade ini, alat atau platform yang digunakan memiliki sebuah kotak atau mesin yang dirancang khusus untuk kebutuhan permainan itu sendiri.

Misalnya, permainan menembak juga dilengkapi dengan senjata yang membantu pemain seolah-olah berada di dalam permainan. Atau dengan setir tambahan untuk game balap mobil.

2). Console Games

Jenis game ini menggunakan alat berupa console yang dimainkan pada game Playstation, Nintendo Switch, Xbox 360 dan lain-lain.

Pada console game, tampilan grafiknya masih berupa monitor, namun pengontrolnya membutuhkan joystick atau pengontrol. Jadi, joystick dengan monitor biasanya terpisah.

3). Handheld Games

Jika pada console game membutuhkan bantuan monitor untuk menampilkan grafik atau video game, pada handheld game ini sudah terdapat monitor dengan pengontrol yang dapat berupa tombol-tombol yang digabungkan.

Jadi, jenis handheld game ini bisa dibawa kemana-mana karena perangkatnya yang cukup kecil dibandingkan dengan monitor. Contoh yang paling populer adalah permainan tamagotchi.

4). PC Games

PC Games adalah game yang menggunakan platform PC atau komputer pribadi tentunya merupakan game yang bisa dimainkan menggunakan PC. Pengontrolnya bisa berupa mouse, keyboard, atau bahkan joystick.

5). Mobile Games

Mobile games merupakan game yang digandrungi oleh semua orang. Pasalnya, game mudah dipasang dan dimainkan di perangkat seluler.

Mobile games ini juga terbagi menjadi dua lagi yaitu game yang bisa dimainkan secara offline atau online. Contoh game yang populer adalah mobile legend, free fire, pubg dan lain sebagainya.

Manfaat Game

Dalam sebuah game ternyata ada manfaat yang bisa kita ambil. Berikut adalah manfaat dari bermain game:

1). Sebagai Media Hiburan

Manfaat pertama game sebagai media hiburan. Game dapat menghilangkan kejenuhan dan kebosanan disebabkan oleh rutinitas sehari-hari. Hal inilah yang membuat game dapat menjadi sarana hiburan.

2). Mengasah Kemampuan Otak

Dalam sebuah game tentu memiliki peraturan dan logika yang harus dipecahkan oleh pemainnya. Karena saat bermain dengan sendirinya otak kita akan merekam gambar yang ada disekitarnya.

3). Melatih Emosi

Seorang yang bermain game akan punya nalar dan bisa mengujinya, misalnya untuk memarkir mobil atau memenangkan sebuah permainan membutuhkan arah dan perhitungan yang tepat agar mobil tidak nabrak.

4). Mengembangkan Kemampuan Diri

Dalam bermain game, seseorang akan beradaptasi dengan lingkungan dalam game tersebut, sehingga secara tak langsung sikap juga akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian artikel kami tentang pengertian game lengkap dengan jenis serta manfaat game.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan anda tentang game. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN