Pengertian FTP, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan FTP

Apakah kamu pernah mengalami masalah seperti membutuhkan password dan username untuk dapat mengakses situs atau file yang diinginkan? Nah, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan FTP.

Namun sebenarnya apa itu FTP? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian FTP, persyaratan, cara kerja, manfaat hingga kelebihan dan kekurangan FTP berikut!

Pengertian FTP

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, ialah protokol di internet yang dapat digunakan untuk bisnis dalam pengiriman data di jaringan komputer. Didalamnya meliputi mengunggah dan mengunduh file yang dilakukan oleh klien FTP dan di server FTP.

Layanan ini dapat diatur menjadi FTP publik, yang berarti semua orang di seluruh dunia dapat masuk dan mengakses data di server FTP dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, FTP dapat disetel menjadi FTP publik yang didalamnya terdapat layanan yang dapat di atur agar tidak semua orang dapat masuk dan mengakses data di server. Melainkan hanya pengguna yang terdaftar saja yang dapat mengakses data di dalamnya.

FTP dapat bekerja menggunakan salah satu protokol yang ada dan dapat diandalkan untuk dapat mengurus komunikasi data yang dilakukan antara server dan client. Misalnya dengan menggunakan protokol TCP atau lebih tepatnya pada port nomor 21.

Persyaratan Penggunaan FTP

Meskipun FTP merupakan layanan yang dapat digunakan oleh banyak pengguna, namun layanan ini memiliki tingkat keamanan yang baik.

Sebab, hanya klien yang terdaftar yang nantinya dapat mengakses server FTP. Pun untuk menggunakannya, ada beberapa syarat yang harus dilakukan.

Dimana untuk menggunakan FTP, pengguna komputer harus memiliki informasi yang cukup tentang server FTP. Tak lain adalah username dan password serta alamat server FTP.

Namun ada juga server FTP yang tidak memberikan username dan password, sehingga pengguna komputer dapat mengakses secara anonim. Sedangkan untuk alamat server FTP umumnya berbentuk seperti alamat domain.

Cara Kerja FTP

FTP dapat digunakan jika pengguna dapat memberikan password dan username yang diperlukan untuk otentikasi dan dapat masuk ke server FTP.

Pengguna terdaftar memiliki akses penuh ke beberapa file atau direktori yang terdapat di dalamnya dan memungkinkan pengguna untuk memindahkan, menyalin, membuat, dan menghapus file yang terdapat di dalamnya.

Manfaat FTP

Setelah memahami pengertian, persyaratan penggunaan dan cara kerja FTP, tentu yang menjadi pertanyaan adalah manfaat dari FTP.

Adapun manfaat dari FTP dalam dunia komputer adalah sebagai berikut!

1). FTP menyediakan transfer data yang efisien dan andal.

2). Dapat bertukar data dengan mudah.

3). Dapat dilakukan secara tidak langsung atau implisit komputer jarak jauh.

4). Pemilik situs web dapat membuat cadangan situs web mereka dengan mudah.

Kelebihan FTP

FTP yang berperan sebagai protokol akan menjadi penghubung pertukaran informasi pada sebuah komputer. Maka tentu saja FTP memiliki beberapa keunggulan, antara lain seperti:

1). Memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan sehingga tidak perlu takut untuk meretas data pribadi.

2). FTP memiliki fungsi untuk menyimpan data yang dikirim agar tidak terhapus atau hilang dari komputer dan perangkat elektronik lainnya.

3). Meskipun FTP memerlukan verifikasi, ada software yang dapat membantu untuk melakukannya. Lengkap dengan petunjuk verifikasi yang dapat dilakukan hanya dalam 2 langkah.

4). FTP dapat menjadi link untuk bertukar informasi dan file antar komputer. Selama proses tersebut, juga dilengkapi dengan sistem keamanan untuk melindungi data yang dikirim dan terima.

5). FTP dapat membackup data dan file, termasuk untuk restore ke sebuah website.

6). Transfer data dan informasi melalui FTP dapat dilakukan secara efisien yang tentunya mudah.

7). FTP dapat digunakan untuk komputer tidak langsung atau komputer jarak jauh implisit.

Kekurangan FTP

Seperti beberapa protokol lainnya, FTP tidak hanya memiliki kelebihan seperti beberapa protokol lainnya. Tetapi juga memiliki kekurangan yang harus diwaspadai diantaranya:

1). Tergantung pada sistem keamanan enkripsi. Sehingga tanpa sistem keamanan enkripsi, FTP tidak aman digunakan baik untuk transfer data maupun informasi.

2). Dilihat dari desainnya tidak terlalu kuat, sehingga dapat membahayakan bagi administrator karena minimnya informasi mengenai faktor resiko yang mungkin terjadi.

3). Sering terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi, sehingga akan menyulitkan pengelola dalam memahami informasi yang telah diterima.

Demikian artikel kami mengenai pengertian FTP, persyaratan, cara kerja, manfaat hingga kelebihan dan kekurangan FTP.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai FTP. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…

15 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang berada di kawasan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini memang sangat terkenal dengan keindahannya. Kabupaten Kepulauan…

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar Terbaru

Sering kali anda sebagai pelajar maupun mahasiswa diminta untuk mengerjakan tugas berupa makalah, sayangnya tidak semua tahu cara membuat makalah…

Raul Lemos terseret uang korupsi miliaran rupiah dan puluhan ribu dolar AS, ini pasal hukum yang menantinya

Sosok suami artis Krisdayanti, Raul Lemos, kini tengah hangat diberitakan terkait masalah yang sedang menjeratnya. Padahal seperti diketahui, Raul Lemos…

Dituding Manfaatkan Kesulitan Orang demi Konten, Baim Wong Menangis: Tidak Sebanding dengan Adsense

YouTuber dan aktor Baim Wong tak bisa menahan air matanya saat mendengar tudingan bahwa dirinya terus memanfaatkan kesulitan orang lain…

Selama Ini Dikenal Sabar! Bak Kelewat Murka, Bunga Citra Lestari sampai Tega Semprot Syahrini karena Tak Nyaman: ‘Parah’

Penyanyi cantik Bunga Citra Lestari sempat semprot Syahrini. Kira-kira apa yang terjadi? Sosok Bunga Citra Lestari selama ini dikenal sangat…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Probolinggo yang Wajib Dikunjungi

Sudahkah Anda berkunjung ke Kabupaten Probolinggo ? Probolinggo memiliki banyak sekali objek wisata menarik lho untuk Anda kunjungi. Probolinggo memiliki…

7 Fakta Unik Mbak Rara Si Pawang Hujan, Dari Keturunan Muslim tapi Mengaku Non Muslim

Rara Istiati Wulandari atau yang lebih dikenal Mbak Rara Pawang Hujan kembali ramai dibicarakan oleh warganet. Hal ini terjadi lantaran…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Pati yang Wajib Dikunjungi

Pati merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya, seperti Rembang, Kudus, Jepara, Blora, dan…

Putrinya Kaya Raya hingga Punya Rumah Serba Emas Senilai Rp 20 Miliar, Ibunda Inul Daratista Justru Demen Dandan Sederhana, Begini Gayanya yang Jauh dari Kesan Glamor

Baru-baru ini, potret ibunda Inul Daratista mendadak jadi sorotan netizen. Pasalnya, Ibunda Inul Daratista tampil sangat sederhana meski putrinya seorang…