Pengertian FTP, Cara Kerja, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan FTP

Apakah kamu pernah mengalami masalah seperti membutuhkan password dan username untuk dapat mengakses situs atau file yang diinginkan? Nah, masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan FTP.

Namun sebenarnya apa itu FTP? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pengertian FTP, persyaratan, cara kerja, manfaat hingga kelebihan dan kekurangan FTP berikut!

Pengertian FTP

FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, ialah protokol di internet yang dapat digunakan untuk bisnis dalam pengiriman data di jaringan komputer. Didalamnya meliputi mengunggah dan mengunduh file yang dilakukan oleh klien FTP dan di server FTP.

Layanan ini dapat diatur menjadi FTP publik, yang berarti semua orang di seluruh dunia dapat masuk dan mengakses data di server FTP dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, FTP dapat disetel menjadi FTP publik yang didalamnya terdapat layanan yang dapat di atur agar tidak semua orang dapat masuk dan mengakses data di server. Melainkan hanya pengguna yang terdaftar saja yang dapat mengakses data di dalamnya.

FTP dapat bekerja menggunakan salah satu protokol yang ada dan dapat diandalkan untuk dapat mengurus komunikasi data yang dilakukan antara server dan client. Misalnya dengan menggunakan protokol TCP atau lebih tepatnya pada port nomor 21.

Persyaratan Penggunaan FTP

Meskipun FTP merupakan layanan yang dapat digunakan oleh banyak pengguna, namun layanan ini memiliki tingkat keamanan yang baik.

Sebab, hanya klien yang terdaftar yang nantinya dapat mengakses server FTP. Pun untuk menggunakannya, ada beberapa syarat yang harus dilakukan.

Dimana untuk menggunakan FTP, pengguna komputer harus memiliki informasi yang cukup tentang server FTP. Tak lain adalah username dan password serta alamat server FTP.

Namun ada juga server FTP yang tidak memberikan username dan password, sehingga pengguna komputer dapat mengakses secara anonim. Sedangkan untuk alamat server FTP umumnya berbentuk seperti alamat domain.

Cara Kerja FTP

FTP dapat digunakan jika pengguna dapat memberikan password dan username yang diperlukan untuk otentikasi dan dapat masuk ke server FTP.

Pengguna terdaftar memiliki akses penuh ke beberapa file atau direktori yang terdapat di dalamnya dan memungkinkan pengguna untuk memindahkan, menyalin, membuat, dan menghapus file yang terdapat di dalamnya.

Manfaat FTP

Setelah memahami pengertian, persyaratan penggunaan dan cara kerja FTP, tentu yang menjadi pertanyaan adalah manfaat dari FTP.

Adapun manfaat dari FTP dalam dunia komputer adalah sebagai berikut!

1). FTP menyediakan transfer data yang efisien dan andal.

2). Dapat bertukar data dengan mudah.

3). Dapat dilakukan secara tidak langsung atau implisit komputer jarak jauh.

4). Pemilik situs web dapat membuat cadangan situs web mereka dengan mudah.

Kelebihan FTP

FTP yang berperan sebagai protokol akan menjadi penghubung pertukaran informasi pada sebuah komputer. Maka tentu saja FTP memiliki beberapa keunggulan, antara lain seperti:

1). Memiliki sistem keamanan enkripsi pada jaringan yang digunakan sehingga tidak perlu takut untuk meretas data pribadi.

2). FTP memiliki fungsi untuk menyimpan data yang dikirim agar tidak terhapus atau hilang dari komputer dan perangkat elektronik lainnya.

3). Meskipun FTP memerlukan verifikasi, ada software yang dapat membantu untuk melakukannya. Lengkap dengan petunjuk verifikasi yang dapat dilakukan hanya dalam 2 langkah.

4). FTP dapat menjadi link untuk bertukar informasi dan file antar komputer. Selama proses tersebut, juga dilengkapi dengan sistem keamanan untuk melindungi data yang dikirim dan terima.

5). FTP dapat membackup data dan file, termasuk untuk restore ke sebuah website.

6). Transfer data dan informasi melalui FTP dapat dilakukan secara efisien yang tentunya mudah.

7). FTP dapat digunakan untuk komputer tidak langsung atau komputer jarak jauh implisit.

Kekurangan FTP

Seperti beberapa protokol lainnya, FTP tidak hanya memiliki kelebihan seperti beberapa protokol lainnya. Tetapi juga memiliki kekurangan yang harus diwaspadai diantaranya:

1). Tergantung pada sistem keamanan enkripsi. Sehingga tanpa sistem keamanan enkripsi, FTP tidak aman digunakan baik untuk transfer data maupun informasi.

2). Dilihat dari desainnya tidak terlalu kuat, sehingga dapat membahayakan bagi administrator karena minimnya informasi mengenai faktor resiko yang mungkin terjadi.

3). Sering terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi, sehingga akan menyulitkan pengelola dalam memahami informasi yang telah diterima.

Demikian artikel kami mengenai pengertian FTP, persyaratan, cara kerja, manfaat hingga kelebihan dan kekurangan FTP.

Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai FTP. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Pengertian Fotografi, Jenis – Jenis, Teknik dalam Fotografi dan Manfaat Fotografi

Istilah fotografi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Fotografi merupakan salah satu bidang seni yang cukup digemari banyak orang.…

Bikin Heboh, Maia Estianty Mendadak Tampil Botak Plontos: Mirip Laki Gue, kan?

Musisi Maia Estianty mendadak bikin netizen heboh. Maia Estianty tiba-tiba jadi sorotan karena penampilan barunya. Melalui unggahan di Instagram, Minggu…

Geram Anak Lahir Prematur Dicibir, Rizky Billar: Enggak Terima Gua Anak dan Ibunya Diginiin

Di tengah kebahagiaan menyambut kelahiran anak pertamanya Minggu (26/12/2021), aktor Rizky Billar meluapkan kekesalan atas tudingan negatif netizen di media…

Pengertian Enzim, Karakteristik, Sifat – Sifat dan Cara Kerja Enzim

Tahukah kamu bahwa ada begitu banyak reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup? Sebagai salah satu contohnya ada dalam tubuh kita,…

Menghilang Kabarnya usai Cerai dari Raul Lemos yang Ngebet Nikahi Krisdayanti, Kehidupan Sang Mantan Istri kini jadi Sorotan

Menghilang Kabarnya usai Cerai dari Raul Lemos yang Ngebet Nikahi Krisdayanti, Kehidupan Sang Mantan Istri kini jadi Sorotan. Mundur sedikit…

Makin Berbuntut Panjang, Foto-Foto Pria yang Dipajang di Acara 40 Harian Vanessa Angel Ternyata Tanpa Izin? Ini Buktinya!

Sebuah Video yang diputar pada pengajian 40 hari Vanessa Angel ternyata menambah keruh polemik antara keluarga Doddy Sudrajat dan Haji…

Puput Sudrajat Pernah Bangkrut

Puput Sudrajat, ibu tiri Vanessa Angel ikut disorot media belakangan ini. Puput Sudrajat ikutan disorot karena mendukung semua pernyataan suaminya.…

2 Sosok Artis Ini Akui Bergantian Pria yang Sama untuk ‘Berbagi’ Suami, Maia Estianty Syok: Bekas Temen, Gue Nggak Bisa!

Musisi Maia Estianty, terlihat terkejut dengan pengakuan dua sosok artis yang menjadi bintang tamu di YouTubenya. Bagaimana tidak, pasalnya 2…

Hafiz Fatur Resmi Jadi Tersangka, Zaskia Sungkar Ungkap Kondisi Irwansyah Pasca Ditipu Adik Kandung Sendiri, Rumah Hingga Tanah Raib

Pasangan selebriti Irwansyah dan Zaskia Sungkar diterpa masalah yang cukup besar. Mereka mengalami kerugian hingga miliaran rupiah akibat ditipu adik…

Bunda, Ini 6 Minyak Goreng Alternatif Pengganti Minyak Sawit

Minyak goreng, yang berasal dari lemak tumbuhan atau lemak hewan yang dimurnikan, merupakan salah satu kebutuhan dapur yang paling penting…