Pengertian Flowchart, Tujuan, Fungsi dan Jenis – Jenis Flowchart

Subtitle goes here

By:

November 15, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing dengan flowchart atau sering disebut juga dengan diagram alir, namun bagi yang belum tahu yuk simak ulasan kami mengenai Pengertian Flowchart, tujuan, fungsi serta jenis flowchart.

Pengertian Flowchart

Flowchart adalah diagram dengan tanda-tanda tertentu yang memvisualisasikan rangkaian metode yang terperinci dan hubungan antara satu metode dengan metode lainnya dalam sebuah desain.

Secara singkat flowchart adalah gambaran berupa diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah dari alur program.

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan flowchart, berikut ini beberapa penjelasan mengenai pengertian flowchart menurut para ahli:

1). Pahlevy (2010)

Pahlevy menyatakan bahwa Flowchart (bagan alir) adalah gambaran berupa diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah aliran program tersebut.

2). Krismiaji (2010)

Dalam bukunya yang berjudul Sistem Informasi dan Akuntansi, Krismiaji menyebutkan bahwa diagram alir adalah teknik analisis yang digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat dan logis.

3). Sariadin Siallagan

Menurut Sariadin Siallagan, flowchart adalah bagan alir yang menggunakan tanda-tanda untuk menyelesaikan suatu masalah.

Tujuan Flowchart

Tujuan dari flowchart adalah untuk dapat menggambarkan suatu tahapan penyelesaian suatu masalah secara sederhana, tidak terurai, rapi dan jelas yang dapat menggunakan simbol-simbol standar.

Berikut ini adalah tujuan lengkap dari Flowchart, antara lain:

1). Menjelaskan tahapan penyelesaian masalah.

2). Sederhana, terurai, rapi dan jelas.

3). Menggunakan simbol standar.

Fungsi Flowchart

Flowchart memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat. Diantaranya yaitu:

1). Merancang Proyek Baru

Saat kamu akan mulai merancang sebuah proyek, hal berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah membagi proyek tersebut menjadi sebuah diagram alur.

Flowchart dapat membantu kamu dalam merancang beberapa tahapan yang melibatkan keputusan bersama.

2). Mengelola Alur Kerja

Untuk dapat mengatur alur kerja flowchart merupakan teknik yang sangat penting untuk dilakukan.

Karena, flowchart berfungsi dalam menentukan integritas prosedur, yang dapat menghasilkan hasil berkualitas tinggi berdasarkan langkah-langkah yang ada.

3). Membuat Model Prosedur Bisnis

Prosedur bisnis tidak hanya terkait dengan keuntungan, selain itu serangkaian tugas, baik yang mudah maupun yang sulit, juga termasuk dalam prosedur bisnis.

Tujuan dari pemodelan flowchart ini dapat diimplementasikan untuk mendapatkan hasil yang stabil dan juga dapat direncanakan.

4). Dokumentasi Setiap Proses

Dalam menyelesaikan suatu proyek diperlukan suatu dokumentasi dari suatu proses. Dengan itu, flowchart atau diagram alur juga dapat menjadi alat yang baik untuk pemenuhan tujuan yang
diinginkan.

Jika kita bandingkan dengan membuat sebuah dokumen dalam setiap prosesnya dengan sebuah narasi dan mengelompokkannya menjadi sebuah diagram alur, maka menggunakan diagram alur adalah sesuatu yang sangat efisien jika dibandingkan dengan membuat sebuah narasi.

5). Menjelaskan Algoritma

Umumnya, sebelum mengajukan proyek yang akan dibangun ke dalam program, perencana sistem terlebih dahulu menentukan algoritma untuk dapat membuat proyek menggunakan SDL.

SDL (Specification and Description Language) adalah bahasa spesifikasi yang digunakan untuk menggambarkan perilaku sistem yang ada.

Karena, flowchart menyediakan berbagai simbol atau gambar unik yang dapat digunakan untuk memposisikan sistem yang akan dibangun.

Selain itu, flowchart juga dapat menyediakan sumber daya yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah.

6). Sebagai Proses Prediksi

Biasanya flowchart ini dapat digunakan untuk memprediksi kerusakan yang terjadi pada setiap prosedur.

Bagan Flowchart dapat membantu kamu untuk memecahkan masalah dengan memetakan setiap proses dari ke bagian yang lebih rinci, kemudian memeriksa langkah mana yang tidak berfungsi atau perlu diperbaiki.

Jenis – Jenis Flowchart

Ada beberapa jenis flowchart yang sering divgunakan. Diantaranya adalah:

1). Flowchart Sistem

Bagan alir sistem adalah bagan yang menunjukkan alur kerja atau apa yang sedang dikerjakan dalam sistem secara keseluruhan dan dapat menjelaskan urutan prosedur yang ada dalam sistem.

Flowchart sistem ini terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang mentransformasikan data tersebut. Data dan proses dalam flowchart sistem ini dapat digambarkan secara online maupun offline.

2). Flowchart Dokumen

Bagan alir dokumen atau juga dikenal sebagai bagan alir formulir adalah bagan alir yang menunjukkan alur laporan dan formulir termasuk salinannya.

Bagan alir dokumen menggambarkan keseluruhan alur suatu dokumen tanpa harus membacanya terlebih dahulu, juga membantu orang yang akan membaca dokumen tersebut untuk lebih memahaminya. Bagan alir dokumen ini dapat menggunakan simbol yang sama dengan yang digunakan dalam bagan alir sistem.

3). Flowchart Skematik

Bagan alir skema adalah bagan alir yang menggambarkan suatu skema yang menggambarkan prosedur-prosedur dalam sistem.

Bagan alir skema mirip dengan bagan alir sistem, perbedaannya adalah bagan alir skematik menggunakan simbol-simbol untuk menjelaskan bagian-bagian dari bagan alir sistem secara lebih jelas dan prosedural. Tujuan penggunaan gambar adalah untuk memudahkan komunikasi bagi masyarakat yang belum memahami simbol diagram alir.

4). Flowchart Program

Flowchart program adalah bagan alir yang menggambarkan secara rinci langkah-langkah proses program. Flowchart program ini dibuat dari turunan dari flowchart sistem.

Flowchart program digunakan sebagai tolak ukur dalam membuat listing program menggunakan bahasa komputer, oleh karena itu flowchart program sering disebut sebagai notasi algoritma.

5). Flowchart Proses

Flowchart proses adalah diagram yang menggambarkan proses melakukan suatu kegiatan. Biasanya diagram alur proses digunakan dalam produksi industri sebagai elemen analisis sistem produksi.

Melalui diagram alur proses kita dapat menganalisis langkah-langkah selanjutnya dalam suatu prosedur atau sistem. Flowchart proses biasanya digunakan oleh para insinyur industri dalam mempelajari dan mengembangkan proses manufaktur.

Demikian artikel kami mengenai pengertian flowchart lengkap dengan tujuan, fungsi serta jenis flowchart. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai flowchart. Terimakasih sudah berkunjung.

0 Comment

Comments closed.