Pengertian Fintech, Jenis-Jenis dan Manfaat Fintech

Subtitle goes here

By:

September 17, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

National Digital Research Centre atau NDRC menjelaskan bahwasanya fintech merupakan salah satu dari istilah yang bisa digunakan untuk menyebutkan suatu inovasi yang terdapat pada bidang jasa keuangan. Bentuk dari suatu inovasi bisa dijadikan sebagai suatu inovasi finansial yang diberi dengan suatu sentuhan teknologi modern.

Fintech mencakup tentang cara pembayaran hingga suatu bentuk transfer dana, pengumpulan dana, pinjaman dana, hingga bentuk dari pengelolaan aset yang mampu untuk ditingkatkan kecepatannya dan dipersingkat dengan memanfaatkan teknologi.

Berdasarkan pengertian tersebut, maka tidaklah heran apabila fintech secara cepat menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat dan pada akhirnya pun akan mampu untuk mengubah gaya hidup bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang melakukan pergerakan pada bidang keuangan dan teknologi.

Manfaat Fintech

Fintech memiliki berbagai macam alasan yang mampu memberi dampak pengaruh gaya pada hidup masyarakat. Berikut ini merupakan manfaat fintech saat berada pada lapisan masyarakat:

1). Membantu Perkembangan Untuk Suatu Perusahaan Startup

Banyak sekali dari berbagai perusahaan startup yang baru muncul dan melahirkan sebuah produk inovasi pada bidang fintech. Contoh dari fintech yaitu ialah Moneythor.

Perusahaan ini membuat sebuah produk baru yang bisa memberikan pengalaman dalam bidang digital banking yang hasil analisanya memiliki tingkat yang lebih spesifik dan detail.

Biasanya, sebuah perusahaan yang memiliki karakteristik ini ialah bagi perusahaan baru mulai tumbuh. Perusahaan seperti ini biasanya berada di Singapura yang mana kemudian targetnya ialah Asia.

2). Meningkatkan Taraf Hidup

Selain mampu untuk bisa mendatangkan keuntungan atau pendapatan yang besar bagi sebuah perusahaan startup, adanya keberadaan fintech pun mampu juga untuk meningkatkan taraf hidup yang baik serta daya beli bagi masyarakat.

Contohnya yaitu sebuah perusahaan startup yang telah berkembang dan mampu meningkatkan inovasi guna bisa menghadirkan merchant, yang mana merchant disini mampu untuk bisa menerima sistem pembayaran dengan adanya kartu debit ataupun kredit dengan adanya jumlah biaya yang rendah.

Selain itu, terdapat juga perusahaan startup yang mampu membuat suatu inovasi fintech dengan meningkatkan infrastruktur dari dunia perbankan guna meningkatkan daya beli konsumen maupun masyarakat.

Selain itu, fintech mempunyai peranan yang penting dalam upaya untuk bisa menurunkan tingkat kemiskinan yang mencapai hingga 600 juta jiwa.

3). Kemudahan Layanan Finansial

Manfaat fintech yang paling terasa yaitu agar bisa memberikan kemudahan pada bagian layanan finansial yaitu pada penggunaan ATM.

Biasanya untuk menggunakan ATM kita mesti terlebih dahulu untuk mengantre. Hal tersebut cukup merepotkan karena akan menguras waktu yang terbilang lama.

Jenis – Jenis Fintech

Ada beberapa jenis fintech yang saat ini berkembang di Indonesia yaitu, sebagai berikut:

1). Payment, Clearing dan Settlement

Fintech satu ini sudah tidak asing lagi terdengar di tengah masyarakat kita. Beberapa diantara kita juga banyak sekali yang tidak sadar bahwa dalam kesehariannya sering menggunakan jenis fintech ini.

Namun, fintech ini seringkali digunakan untuk melakukan pembayaran pada berbagai merchant, seperti dalam pembayaran transportasi umum maupun ojek online.

2). Market Aggregator

Jenis dari fintech memiliki peran penting sebagai pembanding bagi suatu produk keuangan. Jenis fintech ini bisa mengumpulkan berbagai informasi dan data finansial yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi para pengguna.

3). Risk dan Investment Management

Fintech jenis ini memiliki konsep awal sebagai seorang financial planner yang memiliki bentuk digital. Fungsinya adalah untuk bisa melakukan perencanaan keuangan secara lebih praktis dan mudah. Sehingga bisa untuk dipantau dimana pun dan kapan pun.

4). Crowdfunding

Jenis dari fintech ini merupakan crowdfunding. Platform memiliki peran penting dalam mempertemukan pihak yang membutuhkan dana bersama dengan pihak lain yang akan memberikan dana. Adapun pada proses transaksinya cenderung mudah dan aman.

Fintech sangat membantu bagi masyarakat, khususnya bagi orang-orang yang memiliki UKM. Sehingga akan lebih memudahkan dalam mengajukan pinjaman dengan lebih mudah daripada mengajukan pinjaman pada perbankan.

5). Penerapan Fintech dalam Perusahaan dan Industri Keuangan

Selain startup pada saat ini perusahaan perbankan dan perusahaan besar lainnya yang juga mulai untuk mengintegrasikan teknologi dalam sektor keuangan tradisional agar bisa lebih cepat, aman dan efisien.

0 Comment

Comments closed.