Pengertian Film, Jenis – Jenis, Fungsi dan Manfaat Film

Perkembangan dunia perfilman saat ini begitu pesat tidak hanya di luar negeri tetapi juga di Indonesia. Terbukti dengan banyaknya film-film baru yang muncul saat ini.

Ide untuk membuat film pertama kali muncul dari para pelukis. Dengan penemuan sinematografi, maka muncul ide dari pelukis untuk menghidupkan gambar yang mereka lukis.

Pembuatan film kini telah menjadi industri besar yang cukup populer di seluruh dunia, dimana film layar lebar selalu ditunggu-tunggu di bioskop. Industri film terbesar termasuk film Hollywood, Bollywood dan lain sebagainya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu film, yuk simak ulasan kami mengenai pengertian film, jenis-jenisnya, fungsi dan manfaat film berikut ini.

Pengertian Film

Secara harfiah, film berasal dari kata cinematographie yang berarti cinema (gerak), tho atau phytos (cahaya) dan graphie atau grhap (tulisan, gambar, gambar). Sehingga dapat diartikan bahwa film menggambar gerak dengan cahaya. Untuk melukis gerak dengan cahaya menggunakan alat khusus yang biasa disebut kamera.

Definisi lain menyatakan bahwa film adalah ciptaan suatu karya seni yang memiliki kelengkapan beberapa unsur seni untuk melengkapi kebutuhan spiritual. Unsur seni yang ada dan mendukung sebuah film antara lain seni rupa, fotografi, arsitektur, tari, puisi, sastra, teater, musik, pantonim dan novel.

Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian film adalah film tipis yang terbuat dari seluloid untuk gambar-gambar negatif (yang akan dibuat potret) atau untuk gambar – gambar positif (yang akan diputar di bioskop).

Proses pembuatan film dilakukan dengan dua cara utama. Pertama melalui teknik pengambilan gambar dan perekaman melalui kamera film. Metode ini dilakukan dengan cara mengambil gambar atau objek. Dan yang kedua menggunakan teknik animasi tradisional.

Cara ini dilakukan melalui animasi komputer grafis atau teknik CGI. Keduanya juga dapat dikombinasikan dengan teknik dan efek visual lainnya. Syuting sebuah film biasanya memakan relatif lama.

Selain itu, produksi film juga membutuhkan kru dan job desk masing-masing, mulai dari sutradara, produser, editor, wardrobe, cinematographer, visual effect, music director dan lain-lain.

Jenis – Jenis Film

Jenis film setidaknya dibagi menjadi 3 jenis, antara lain film cerita, dokumenter, dan film kartun. Berikut penjelasan dari jenis-jenis film tersebut:

1). Film Cerita

Film cerita adalah jenis film yang mengandung cerita yang biasanya ditampilkan di bioskop dengan memainkan bintang film terkenal dan juga didistribusikan sebagai barang dagangan (objek keuntungan).

Cerita yang diangkat dalam film jenis ini bisa berupa cerita fiksi atau berdasarkan kisah nyata yang kemudian dimodifikasi, sehingga terdapat unsur-unsur yang menarik, baik dari jalan cerita maupun dari sudut pandang penonton yang menyaksikan film.

2). Film Dokumenter

Film dokumenter adalah film yang menceritakan tentang perjalanan suatu kenyataan dari awal hingga akhir. Dimana tidak ada cerita rekaan atau fiktif dalam film dokumenter ini.

Film dokumenter adalah hasil interpretasi pribadi pembuatnya terhadap realitas. Film jenis ini biasanya memiliki durasi yang sangat panjang.

3). Film Kartun

Film kartun adalah jenis film yang dimainkan dengan gambar animasi, seperti Doraemon, Naruto, Shinchan, dan sebagainya. Film kartun ini tidak dimainkan oleh manusia, melainkan dengan memanfaatkan media teknologi seperti komputer dan desain grafis.

Fungsi Film

Film sering ditonton sebagai media hiburan. Namun, film ini mengandung fungsi informatif, edukatif, dan bahkan persuasif. Film nasional dapat dijadikan sebagai media pendidikan bagi pembinaan generasi muda dalam rangka pembangunan bangsa dan karakter.

Fungsi pendidikan dapat tercapai jika film nasional menghasilkan film sejarah atau dokumenter atau film yang objektif berdasarkan kehidupan sehari-hari secara seimbang.

Film juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu dari pembuat film itu sendiri. Beberapa studio dan perusahaan juga menggunakan film untuk menyampaikan dan mewakili simbol dan budaya mereka.

Pembuatan film juga merupakan bentuk ekspresi, pikiran, ide, konsep, perasaan dan suasana hati seorang manusia yang divisualisasikan dalam film. Film – filmnya sendiri kebanyakan adalah cerita fiksi, meski ada juga yang berdasarkan kisah nyata atau berdasarkan kisah nyata.

Meski begitu, film yang diadaptasi dari kisah nyata juga terkadang diubah sedemikian rupa sehingga mengandung unsur yang lebih dramatis.

Manfaat Film

Kegunaan atau manfaat yang dapat diperoleh dari media film ini antara lain sebagai berikut;

1). Informatif, Edukatif, bahkan Persuasif

Sebuah film berbasis cerita rakyat akan mengandung unsur informatif, edukatif bahkan persuasif jika digarap seoptimal mungkin dengan kerjasama berbagai pihak. Informatif artinya akan diperoleh berbagai macam informasi yang bermakna.

Informatif dalam sebuah film akan memperkuat pengetahuan masyarakat tentang kondisi lingkungan, kekayaan alam dan budaya serta lebih mengenal negaranya sendiri.

Sedangkan edukatif, artinya mengandung makna belajar, baik pembelajaran dalam meningkatkan kualitas hidup, pembentukan karakter diri hingga menjalani kehidupan sosial bersama masyarakat.

Dan yang terakhir adalah persuasif, artinya mengajak masyarakat yang menonton film untuk menyadari betapa pentingnya menjaga kekayaan alam dan budaya negeri sendiri.

Film persuasif ini banyak digunakan oleh pemerintah atau instansi pemerintah dalam mengajak penonton untuk mengikuti apa yang sedang dilakukan dalam adegan tersebut.

2). Sebagai Media Ekspresi dan Pengembangan Seni

Di sinilah keterampilan artistik manusia diolah dan digali sedemikian rupa sehingga menghasilkan karya yang mengandung makna dan berkualitas tinggi.

Dalam pembuatan film kita akan mengetahui pengembangan ide cerita tanpa menggeser esensi/ makna hidup yang terkandung dalam film.

3). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

Antusiasme para penggiat seni atau yang lebih dikenal dengan seniman akan semakin terpacu dalam dedikasinya terhadap penciptaan karya berbasis cerita rakyat. Selain itu, akan tercipta pemberdayaan sumber daya manusia yang terlibat dalam pembuatan film ini.

4). Meningkatkan Kualitas Industri Film

Industri film merupakan salah satu industri kreatif dengan nilai jual yang tinggi di era modern ini. Optimalisasi produksi, distribusi, dan kualitas film nasional dapat menunjang devisa negara. Devisa ini tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara bersama-sama.

Demikian artikel kami tentang apa itu film, mulai dari pengertiannya lengkap dengan jenis, fungsi dan manfaat film.

Kami berharap ulasan kami dapat membantu, terutama untuk memperluas wawasan kamu tentang film. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Gara-gara Terlalu Banyak Kentut untuk Dijual Kembali dalam Toples, Bintang Televisi AS Ini Harus Dirawat di RS

Seorang bintang televisi program reality show Amerika telah menyerah pada karirnya menjual kentut dalam toples setelah dilarikan ke rumah sakit.…

Dulu Cerai Ribut Harta Gono-gini dan Hak Asuh Anak, Artis Ini 4 Tahun Hidup Menjanda, Kini Buka Hati untuk Cari Jodoh Pemain Bola: Comblangin Aku Gais!

Sudah empat tahun berstatus janda, artis Tsania Marwa masih betah hidup sendiri. Diketahui, Tsania Marwa resmi bercerai dari Atalarik Syah…

Didoakan Rujuk dengan Sosok Mantan Suami, Gisel Akui Selalu Sebut Gading Marten Dalam Doanya: Aku Tidak Pernah Bilang Tidak Mau

Putus dari Wijaya Saputra alias Wijin, Gisella Anastasia alias Gisel ramai dijodoh-jodohkan kembali dengan mantan suaminya, Gading Marten. Kabar Gisel…

Suami Tetiba Menggelinjang Kesakitan Saat Malam Pertama, Pengantin Wanita Panik hingga Pasrah Keluarga Mendadak Geruduk Kamar Mantennya, Endingnya Mengejutkan

Malam pertama pasangan pengantin ini nampaknya menjadi tragedi yang tak pernah dilupakan. Pasalnya, bukannya berlangsung dengan romantis, malam pertama pasangan…

Puput Sudrajat Pernah Bangkrut

Puput Sudrajat, ibu tiri Vanessa Angel ikut disorot media belakangan ini. Puput Sudrajat ikutan disorot karena mendukung semua pernyataan suaminya.…

2 Bulan Lagi Menikah, Venna Melinda Baru Tahu, Ferry Irawan Pengangguran, Cuma Obral Janji Manis

Dimabuk asmara, ungkapan itu tampaknya pantas disematkan pada dua artis tanah air Venna Melinda dan Ferry Irawan. Di usia yang…

Innalilahi Wainna Ilaihi Rojiun, Dunia Hiburan Berduka karena Satu Per Satu Pemain Sinetron Si Doel Anak Sekolahan Meninggal Dunia

Rasanya hampir semua masyarakat hiburan mengenal sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini. Penggemarnya sangat banyak karena sinetron ini menampilkan keluarga…

Bikin Geger, Kematian Komedian Ini Jadi Bahan Lelucon Sahabat Ayu Ting Ting, Keluarga Mendiang Langsung Murka hingga Ucapkan Hal Ini

Kabar duka selalu membawa kesedihan dan kehilangan bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Tak etis rasanya jika kematian seorang publik…

Bikin Mual! Alat Kelamin Wanita Dipenuhi Belatung Viral di Twitter

Viral di media sosial adanya video yang menampilkan alat kelamin wanita dipenuhi oleh binatang kotor belatung. Awalnya video tersebut dikabarkan…

Dulu Dicap Bangkrut Gegara Nekat Gelar Pernikahan Mewah, Rizky Billar Kini Ngaku Jalani Upacara 7 Bulanan Lesti Kejora Lebih Sederhana, Benar Bangkrut?

Kabar mengejutkan datang dari pasangan artis muda, Lesti Kejora dan Rizky Billar baru-baru ini. Keduanya tiba-tiba mengaku telah menjalankan upacara…