Pengertian Facebook, Sejarah, Fitur, Manfaat dan Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Mendengar kata “Facebook” sudah tidak asing lagi bagi setiap orang yang menggunakan internet. Facebook adalah salah satu media sosial yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Kebanyakan dari mereka menggunakan Facebook untuk berteman dan berkomunikasi dengan banyak orang, baik itu saudara, teman dekat bahkan teman jauh.

Sebagai perusahaan teknologi, Facebook merupakan pionir dalam mengendalikan kehidupan sosial manusia di dunia maya. Tidak hanya berfungsi sebagai jejaring sosial, Facebook telah berkembang menjadi media hiburan hingga bisnis. Dukungan komunitas yang begitu besar membuat Facebook bertahan dan terus berinovasi.

Melalui situs jejaring Facebook, seseorang dapat mengunggah berbagai informasi tentang dirinya sehingga dapat dilihat oleh pengguna lain. Tak hanya itu, pengguna Facebook bisa membuat kata-kata yang disebut status tentang berbagai hal. Status yang dibagikan tersebut dapat dikomentari oleh pengguna lain. Nah untuk pembahasan lebih lanjut tentang Facebook, yuk simak ulasan kami di bawah ini.

Pengertian Facebook

Facebook adalah layanan jejaring media sosial yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan pengguna lain dari seluruh dunia. Definisi kata “Facebook” yang terdiri dari dua frase bahasa Inggris yaitu “Face” dan “Book”. Face berarti wajah sedangkan book berarti buku. Frasa “buku muka” dalam bahasa Indonesia mungkin terdengar aneh, namun hal inilah yang menjadikan Facebook dengan fungsi dasarnya sebagai media sosial yang menampilkan segala informasi pengguna.

Melalui Facebook, pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lain seperti membuat status, berbagi foto dan video, menambah teman, membuat halaman pribadi (fanspages), membuat grup/komunitas, dan mengirim pesan melalui fitur messenger. Facebook juga terus menghadirkan dan mengembangkan fitur baru lainnya seperti filter untuk story, marketplace, hingga lowongan kerja.

Sejarah Berdirinya Facebook

Facebook dibuat oleh Mark Zuckerberg dan teman-temannya di Universitas Harvard, yaitu Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Fokus utama situs ini hanya pada mahasiswa Harvard dan kemudian diperluas ke universitas lain seperti Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.

Pada akhirnya, situs yang dibangun Mark dan teman-temannya menarik perhatian mahasiswa hingga siswa sekolah menengah. Awal mula berdiri dan berkembangnya Facebook cukup menarik karena melibatkan banyak mahasiswa Harvard. Situs ini memiliki perjalanan panjang hingga akhirnya menjadi Facebook seperti yang dikenal saat ini. Berikut akan kami jelaskan sejarah singkat facebook secara detail :

1). Facemash.com

Pada tanggal 23 Oktober 2003, yang menjadi titik awal bagi Mark Zuckerberg untuk mulai bereksperimen di dunia jejaring sosial dengan dibuatnya Facemash.com. Situs ini memungkinkan kita untuk membandingkan dua gambar, yang diperoleh Mark dari database Universitas Harvard.

Namun, pihak administrasi Harvard segera menutup server yang akan diteruskan karena Mark telah menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, melanggar hak individu sehingga Mark terancam dikeluarkan.

Namun, Mark membuat ulang proyek tersebut dengan mengunggah 500 lukisan ke situs tersebut, di mana setiap gambar dilengkapi dengan kolom komentar. Mark membuktikan bahwa orang suka melihat foto orang lain.

2). TheFacebook.com

Untuk menghindari kesalahan dari Facemash.com, Mark mendaftarkan domain TheFacebook.com pada 24 Januari 2004. Mark bermaksud membuat situs web untuk menghubungkan mahasiswa di Harvard dengan memodelkan situs Friendster.

Mark dan teman-temannya Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes yang merupakan mahasiswa Universitas Harvard hanya memiliki waktu seminggu untuk menyelesaikan proyek tersebut. Hanya dalam 24 jam, 1.200 mahasiswa Harvard telah mendaftar di situs tersebut.

Namun perjalanan Mark untuk menyelesaikan proyek tersebut tidak mulus. Mark dituduh mencuri ide dari situs HarvardConnection.Com. Situs tersebut milik tiga senior Mark, yakni Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra. Mark dan tiga senior memecahkan masalah. TheFacebook.com terus dikembangkan hingga pada Desember 2004 jumlah pendaftar TheFacebook mencapai 1 juta anggota

3). Facebook.com

TheFacebook.com berganti nama menjadi facebook.com pada Desember 2005 seharga $200.000. Tahun itu juga Facebook mendapat banyak investor dan bekerjasama dengan perusahaan yaitu Apple Inc dan Microsoft Inc. Tepat 24 September 2006, Facebook membuka pendaftaran untuk semua orang yang berusia 13 tahun.

Itulah sekilas tentang sejarah situs Facebook.com. Perseroan juga mengalami penurunan pada tahun-tahun berikutnya karena mengalami banyak kerugian. Namun, Facebook kembali berkembang menjadi situs jejaring sosial global yang dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

 Fitur pada Facebook

Hingga saat ini Facebook masih bertahan hingga puluhan tahun dan masih banyak digunakan dari anak-anak hingga orang dewasa dengan berbagai kebutuhan. Facebook juga memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan dan menjadi yang terbaik.  Berikut adalah beberapa di antaranya:

1). News Feed

Fitur Facebook pertama yang bisa kamu gunakan adalah News Feed. Fitur ini sudah mulai digunakan 2 tahun setelah Facebook dirilis. Dengan fitur ini, kamu bisa mendapatkan informasi yang baru saja diunggah pengikut di jejaring sosial. Fitur ini sangat membantu pengguna karena pengguna dapat mengakses informasi tidak hanya dari lingkungan sekitar tetapi juga dari belahan dunia lain.

2). Internet.org

Fitur selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah internet.org. Fitur ini dapat digunakan hingga 2/3 orang di dunia yang saat itu masih belum menggunakan internet. Internet.org juga dikenal sebagai mengakses Facebook secara gratis. Bahkan dalam perkembangannya, internet.org juga bekerja sama dengan beberapa provider agar pengguna tetap bisa mengakses Facebook tanpa menggunakan pulsa.

3). Safety check

Fitur selanjutnya dari Facebook bernama Safety Check, yang dapat digunakan pengguna untuk saling mengenalkan teman dan keluarga melalui Facebook jika aman dari suatu peristiwa atau bencana alam yang sedang dialami.

4). Reaction

Reaction adalah fitur selanjutnya di Facebook berupa emoji untuk memudahkan pengguna dalam memberikan ekspresi dan respon terhadap sebuah unggahan. Dengan begitu, perasaan yang ingin kamu sampaikan bisa sangat jelas namun tetap ringkas.

5). Marketplace

Selain emoji, ada fitur lain yang diperkenalkan Facebook, yaitu Marketplace, yang bisa digunakan para pebisnis untuk mempromosikan merchandise mereka. Selain itu, logo dari fitur marketplace juga strategis dan mudah ditemukan pengguna.

Dengan fitur ini, kamu sebagai pengguna dapat menemukan penjual di lokasi terdekat. Hal ini dikarenakan fitur marketplace menggunakan geolocation. Namun jika kurang puas dengan penjual lokal, maka pencarian lokasi bisa diperluas atau pencarian bisa disaring berdasarkan jenis barang dan harganya.

6). Messenger day

Messenger day juga merupakan fitur yang diluncurkan pada bulan yang sama dengan Facebook 360 yang menyaingi Snapchat dan Instagram Stories. Hal ini dikarenakan fitur Facebook ini memiliki kemiripan dengan beberapa pendahulunya. Bahkan beberapa fitur seperti stiker, filter dan tulisan juga akan hilang dalam waktu 24 jam seperti halnya media sosial lainnya.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa mengaksesnya melalui Facebook Messenger yang ada sehingga bisa membantu mengecek orang yang sedang aktif chatting. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan untuk membagikan apa yang sedang dilakukan. Aplikasi ini semakin menarik berkat filter interaktif yang dapat dengan mudah diterapkan pada foto.

7). Facebook Live

Facebook Live merupakan fitur yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan live streaming. Sebelumnya, kamu harus menggunakan Facebook Live API di tablet atau smartphone, tetapi sekarang kamu dapat menggunakan komputer pribadi dan laptop untuk menambahkan komentar ke siaran langsung.

8). Video Grup

Grup video adalah fitur yang dapat digunakan untuk melakukan obrolan video dengan orang lain. Meski mirip dengan Instagram, Video Group Facebook memiliki kelebihan yaitu bisa menambah hampir 50 pengguna dalam satu video group chat.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk menambahkan filter yang menarik agar obrolan bisa lebih seru. Jika tampilan kepala obrolan Facebook tampak mengganggu, itu juga dapat dihapus di pengaturan profil.

Manfaat Menggunakan Facebook

Karena pengguna Facebook begitu besar dengan jangkauan yang begitu luas, tentunya Facebook memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang datang dengan menggunakan Facebook dari sudut pandang pribadi, sosial, dan ekonomi.

1). Manfaat Pribadi

Dari segi personal, pengguna mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah mencari teman baru tanpa dibatasi oleh wilayah atau wilayah. Pengguna dapat saling berkomunikasi, berkomentar, berbagi informasi dan pengetahuan dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa hal yang bisa didapatkan pengguna saat menggunakan Facebook.

  • Mendapatkan hubungan dan teman baru.
  • Sebagai media hiburan dan menghilangkan stress.
  • Sebagai tempat curhat dan berbagi pengalaman.
  • Kirim pesan secara pribadi melalui messenger.
  • Mengisi waktu luang

2). Manfaat Sosial

Dengan Facebook, pengguna dapat terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna lain, baik melalui pertemanan, komentar, suka, hingga pesan pribadi. Bahkan dalam satu kasus, seseorang menemukan keluarganya yang hilang melalui Facebook.

Selain itu, pengguna juga dapat belajar dan bergabung dengan komunitas/grup yang memiliki hobi yang sama.  Berikut adalah aspek sosial dari penggunaan Facebook;

  • Membawa keluarga dan teman-teman bersama-sama.
  • Bergabung dengan grup/komunitas.
  • Menyatukan pengguna dengan hobi yang sama.
  • Bisa mengikuti halaman tentang tokoh, artis, aktor, atau pengusaha.
  • Terhubung dengan siapa pun.
  • Berbagi foto dan video satu sama lain.

3). Manfaat Ekonomi

Facebook tidak hanya berfungsi sebagai media sosial, tetapi telah merambah ke bisnis dan ekonomi menengah/UKM. Internet marketer telah lama menggunakan Facebook sebagai media promosi dan menjual produknya secara tepat dan tepat sasaran. Banyak pengalaman bisnis online membuktikan bahwa mereka berhasil mempromosikan produk melalui iklan Facebook.

Berikut adalah aspek bisnis dan ekonomi bagi pengguna Facebook:

  • Mencari lowongan pekerjaan.
  • Bisa digunakan untuk bisnis online.
  • Iklan bertarget dengan Iklan Facebook.
  • Media promosi e-commerce/marketplace.
  • Media untuk pembuat konten.

Kelebihan dan Kekurangan Facebook

Dalam hal penggunaan, Facebook pasti memiliki sisi positif dan negatif yang penting untuk diperhatikan. Tanpa basis pengetahuan yang baik, Facebook menjadi tempat menakutkan yang justru menurunkan produktivitas pengguna. Untuk itu, simak kelebihan dan kekurangannya saat menggunakan Facebook di bawah ini;

Kelebihan Facebook

1). Fitur super lengkap

Facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki fitur super lengkap, mulai dari marketplace, lowongan kerja, grup/komunitas, halaman, hingga game. Hal inilah yang membuat pengguna betah menggunakan Facebook dalam waktu lama.

2). Terhubung dengan WhatsApp dan Instagram

Karena Facebook adalah induk dari WhatsApp dan Instagram, semua informasi Instagram dan WhatsApp dapat disinkronkan. Salah satunya adalah konten yang dapat dibagikan satu sama lain.

Berbagi media dengan mudah. Facebook bisa menjadi media berbagi foto, video, hingga pengalaman dan informasi menarik lainnya dengan mudah dan cepat.

3). Media iklan Facebook Ads yang ditargetkan

Facebook Ads merupakan salah satu layanan periklanan yang diberikan Facebook kepada para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya secara tepat sasaran sesuai dengan minat, passion, hobi, usia, dan sejenisnya.

4). Tempat diskusi unggulan

Banyaknya grup dan komunitas yang tersebar di Facebook memudahkan pengguna untuk berdiskusi dan belajar sesuai dengan hobi/kegemarannya.

Kekurangan Facebook

Mengurangi produktivitas seseorang. Saat menggunakan Facebook dalam waktu lama tanpa kendali, produktivitas akan menurun dan pengguna terus bersenang-senang menggunakan Facebook.

1). Sangat Adiktif

Facebook dibuat sangat adiktif seperti narkoba, pengguna perlu mengontrol waktu, mematikan notifikasi agar tidak sering dibuka. Konten yang disajikan memang terkait dengan pengguna sehingga pengguna akan terus melihatnya.

2). Kelalaian dalam tugas sekolah

Akibat produktivitas yang menurun, banyak siswa yang lalai dalam mengerjakan tugas dan lebih memilih bermain dengan Facebook.

3). Lalai dalam bekerja.

Tak hanya soal tugas sekolah, dalam hal pekerjaan Facebook juga sangat menyebalkan. Kita tahu bahwa karyawan lebih sibuk dengan smartphone dan media sosial mereka daripada teman-teman mereka.

4). Merasa tidak aman.

Hal ini karena kesempurnaan foto seseorang terkadang membuat penggunanya merasa minder. Merasa bahwa teman atau artis yang mereka ikuti terlihat lebih cantik dan keren dari diri mereka sendiri.

5). Penyebaran hoax terlalu mudah.

Facebook sering digunakan untuk menyebarkan berita buruk dan hoax yang tidak berdasar. Pengguna perlu memfilter agar tidak mendapatkan informasi yang salah. Jangan biarkan misinformasi menciptakan kekacauan, perpecahan, dan konflik sosial.

Demikian artikel kami tentang pengertian facebook lengkap dengan sejarah, fitur, manfaat serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai facebook. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Vicky Prasetyo Telah 25 Kali Kawin Cerai, Nikita Mirzani Sebut Ukuran Mr P-Nya Tidak Normal: Seperti Anakonda…

Siapa sih yang tak kenal dengan sosok Vicky Prasetyo? Beberapa waktu lalu Vicky Prasetyo menjadi sorotan usai pernikahannya dengan Kalina…

Haji Faisal ngamuk pertanyakan uang asuransi Gala senilai Rp530 juta pada Doddy Sudrajat: Saya dibohongi!

Doddy Sudrajat kembali berulah. Kini dia dikabarkan tengah membatalkan hak wali asuh Gala Sky yang awalnya diserahkan kepada keluarga Haji…

13 Tahun Nikah Hingga Dikaruniai 5 Anak, Wanita Ini Diceraikan karena Suami Mau Nikah Lagi

Walau berat, wanita bernama Nur Hidayu Rosly ini mencoba ikhlas menerima kenyataan bahwa sang suami, Imam Muda Syed Mohd Faris…

Ikhlas Meski Diperlakukan Bak Pembantu, Angelina Sondakh Tak Masalah, Asalkan Bisa Bisa Lebih Dekat dengan Sosok Keanu Massaid

Angelina Sondakh rela melakukan apa pun agar Keanu Massaid putranya mau dekat dengannya. Bahkan, wanita yang akrab disapa Angie ini…

‘Gak Ada Adab’ Bikin Geram! Keluarga Haji Faisal Tengah Khusyuk Berdoa di Makam Vanessa dan Bibi, Sosok Tak Dikenal Lancang Lakukan Ini pada Gala Sky

Belakangan netizen dibikin geram dengan ulah seseorang yang sudah kelewat batas. Nahloh, kenapa ya? Sebagaimana diketahui, keluarga Haji Faisal dikenal…

Pasangan Gay Ragil Mahardika-Frederik Vollert Mengaku Bisa Bantu Deddy Corbuzier Berfantasi Menyukai Sesama Jenis

Pasangan sesama jenis alias gay Ragil Mahardika dan Frederik Vollert diundang oleh Deddy Corbuzier di podcast-nya pada Sabtu 7 Mei…

Rumor Perceraian Makin Jelas? Nia Ramadhani Sudah 2 Bulan Ogah Pulang ke Rumah Ardi Bakrie?

Kabar tentang perceraian Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie sempat menghebohkan beberapa waktu lalu. Tepatnya saat Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie…

Punggung Luna Maya Ditepuk, Video Mantan Ariel NOAH Akrab dengan Sosok Pria di Belakang Panggung Viral, Netizen Geger Tahu Sosoknya

Kedekatan Luna Maya dengan sosok pria ini di belakang panggung memicu keterkejutan netizen. Sebab, tak satu orang pun menyangka Luna…

Bisa Gawat Kalau Reino Barack Tahu, Masa Lalu Syahrini Saat Zaman Jahiliah Terbongkar, Ternyata Sempat Tinggal Seatap dengan Sosok Pria Ini

Sejak menikah dengan Reino Barack, penampilan Syahrini mulai berubah lebih tertutup. Kini, Syahrini bahkan telah mantap untuk mengenakan hijab. Hal…

10 Potret Ragil Mahardika Mudik Bareng Suami, Bak Honeymoon di Bali

Ragil Mahardika akhirnya mudik ke Indonesia setelah sekian tahun menetap di Jerman. Tak lupa, pria asal Medan ini membawa serta…