Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang mudah, besarnya risiko merupakan salah satu hambatan terbesar bagi seseorang untuk memulai suatu usaha.

Bahkan karena takut dengan resiko yang dihadapi, banyak yang berhenti di tengah jalan dan banyak pula yang mundur sebelum mencoba arti berwirausaha.

Seorang enterpreneur harus siap menanggung segala resiko yang ditanggung, karena seorang wirausaha harus menggunakan keterampilan yang dimilikinya untuk siap menghadapi resiko yang akan dihadapi.

Meskipun begitu, banyak juga yang menginginkan menjadi entrepreneur. Nah untuk menambah wawasan kamu mengenai entrepreneur, kali ini kami akan memberikan beberapa informasi untuk mu. Untuk itu, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pengertian Entrepreneur Secara Umum

Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, dan aset lainnya dalam suatu kombinasi yang mampu membuat perubahan atau nilai tambah yang lebih besar dari nilai sebelumnya.

Dari segi bahasa, entrepreneir berasal dari bahasa Perancis yaitu entreprendre yang artinya berusaha.

Kemudian dari terminologi tersebut, entrepreneur dapat disebut sebagai entrepreneurship yaitu suatu disiplin ilmu yang membahas tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk mendapatkan peluang dengan berbagai resiko yang dialaminya.

Secara sederhana entrepreneur adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha yang mempunyai ciri-ciri yang diberikan dalam pengelolaan dan pengelolaan suatu usaha yang dijalankan.

Untuk dapat menjadi seorang entrepreneur, seseorang harus memiliki kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif ketika melihat peluang bisnis.

Dari hasil produknya, pelanggan akan selalu mengingatnya dan dia memiliki manajemen bisnis yang sangat baik dan rapi.

Selain itu, biasanya seorang entrepreneur dapat memberikan manfaat bagi banyak orang di sekitarnya melalui bisnis yang didirikannya.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu entrepreneur, berikut ini adalah pengertian entrepreneur  menurut para ahli.

1). Suryana

Pengertian entrepreneur menurut Suryana adalah suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan dan mengelola peluang dari masalah yang dihadapi setiap orang dalam kehidupan sehari-hari.

2). Drucker

Pengertian entrepreneur menurut Drucker adalah seseorang yang mampu memanfaatkan peluang.

3). Schumpeter

Pengertian entrepreneur menurut Schumpeter adalah orang yang melihat peluang untuk menciptakan suatu organisasi dengan memanfaatkan peluang tersebut.

4). Thomas W. Zimmerer (2008)

Pengertian entrepreneur menurut Thomas W. Zimmerer adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang dihadapi setiap hari.

5). Andre J. Dubrin (2008)

Pengertian entrepreneur menurut Andre J. Dubrin adalah seseorang yang mengetahui dan menjalankan suatu usaha yang inovatif.

Ciri – Ciri Entrepreneur

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ciri-ciri atau karakteristik seorang entrepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa wirausaha yang dibangun dan dikembangkan antara pengetahuan dan kemampuan pasar.

Secara umum ciri-ciri yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah sebagai berikut:

1). Creation, yaitu menciptakan peluang bisnis dan peluang yang ada.

2). Inovasi, yaitu mengembangkan bisnis inovasi dalam lingkungan bisnisnya yang meliputi produk baru, proses, pasar, material, dan organisasi.

3). Risk Undertake, setiap pengusaha menerima dan menanggung resiko bahwa usaha yang menang akan mengalami kerugian atau kegagalan.

4). General management, pemilik bisnis harus mampu mengelola dan mengalokasikan semua sumber daya yang terbatas.

5). Performance Intention, menciptakan pertumbuhan yang tinggi dan menghasilkan profit

Sifat – Sifat Entrepreneur

Alma menyatakan bahwa sifat-sifat yang harus dimiliki seorang wirausahawan agar berhasil dalam usaha atau bisnisnya adalah sebagai berikut:

1). Percaya Diri

Seorang entrepreneur harus memiliki sifat percaya diri yang dimulai dari diri yang mantap, tidak mudah terombang-ambing oleh saran orang lain tetapi menggunakan saran sebagai masukan.

2). Berorientasi Tugas dan Hasil

Seorang entrepreneur harus fokus pada prestasi yang ingin dicapai, bukan gengsi atau gengsi.

3). Berorientasi Masa Depan

Seorang entrepreneur harus memiliki visi ke depan atau berpikir ke depan, hal ini karena dalam berbisnis tidak hanya didirikan sementara tetapi permanen, sehingga sebelum mendirikan usaha atau bisnis harus dilakukan perencanaan dan strategi yang matang.

4). Pengambilan Risiko

Cara mengambil risiko akan berdampak penting pada dunia wirausaha yang penuh dengan risiko dan tantangan. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana seorang entrepreneur mengambil resiko dengan penuh pertimbangan.

5). Kepemimpinan

Seorang entrepreneur harus memiliki jiwa kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik harus mendengarkan saran dan kritik dari bawahannya demi kemajuan kinerja perusahaan.

6). Orisinalitas

Orisinalitas disini artinya, menjadi seorang entrepreneur yang tidak hanya menjadi pengikut bagi orang lain, memiliki pendapat sendiri, ide orisinal dan dapat mewujudkan ide tersebut.

7). Kreativitas dan Inovasi

Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru untuk melihat peluang atau berupa masalah yang akan dihadapi.

Sedangkan inovasi adalah kemampuan menggunakan solusi kreatif untuk mengisi peluang sehingga dapat membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat.

Manfaat Menjadi Entrepreneur

Ada beberapa manfaat kenapa kita harus menjadi seorang entrepreneur, yaitu sebagai berikut:

1). Kita tidak terikat dengan orang lain, artinya semuanya menjadi kehendak kita. Kita bebas melakukan apapun sendiri, mengatur dan mengatur apa yang kita lakukan tanpa perintah dari orang lain.

2). Kita dapat memiliki kesempatan untuk menyediakan pekerjaan bagi orang lain.

3). Kita memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk meningkatkan bisnis kami dengan saling menguntungkan.

4). Menjadi entrepreneur membuat kita mandiri, tidak bergantung pada orang lain.

Demikian artikel kami mengenai pengertian entrepreneur lengkap dengan ciri-ciri, sifat dan manfaatnya.

Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai entrepreneur. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Download Driver Epson T1100

Printer Epson memang menjadi printer pilihan dengan alasan kualitasnya yang terbilang nendang. Maka tak heran jika printer Epson selalu menjadi…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Situbondo yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Situbondo memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Letaknya yang berada di tengah jalur transportasi Jawa-Bali ini menjadikan Situbondo…

Lihat! Ibu Ini Membawa 3 Anak Kembarnya Masuk Tahanan, Kak Seto Bela-belain Istri Sambo Agar Tak Dibui, Netizen: Dibayar Berapa Sama Ibu PC?

Perlakuan istimewa dari Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto terhadap istri Ferdy Sambo,…

Tertangkap Mesum dengan Mantan hingga Viral Se-Indonesia, Istri Polisi Tanggung Malu, padahal Wajah Suami Mirip Arya Saloka!

Kasus perselingkuhan selalu jadi sorotan utama warga Indonesia. Terutama jika pelaku maupun korbannya merupakan orang yang terpandang. Salah satu yang…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Ngawi yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Ngawi, salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur ini selain memiliki alam yang begitu mengagumkan juga memang kaya…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Tuban yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tuban memang menarik untuk dikunjungi. Tempat yang dulunya merupakan pusat penyebaran agama Islam ini juga menyimpan banyak sejarah menarik…

Di luar ekspektasi, ternyata segini bayaran Farel Prayoga sekali manggung

Penyanyi cilik Farel Prayoga melejit namanya pasca bernyanyi di acara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022 lalu. Ia berhasil…

17 Tempat Wisata di Kabupaten Sragen yang Wajib Dikunjungi

Sragen merupakan sebuah Kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kondisi geografis serta kebudayaan di kabupaten Sragen ini membuatnya memiliki destinasi wisata…

15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika mendengar Kota Jakarta Pusat ? Selain tentang kemacetan, kesibukan, Jakarta juga memang cukup terkenal…

Ditantang Turunkan Salju di Korea dengan Honor Rp 5 M, Mbak Rara Angkat Tangan

Mbak Rarara ditantang untuk menurunkan salju secara sengaja oleh Richard Lee. Siapa sangka jika ia menolk tantangan itu meski diiming-imingi…