Pengertian Entrepreneur, Ciri – Ciri dan Manfaat Entrepreneur

Subtitle goes here

By:

September 15, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Dewasa ini, kata entrepreneur seperti kata yang sangat diagungkan dan kerap digaungkan kepada pemuda-pemudi Indonesia. Beberapa orang berpendapat bahwa entrepreneur merupakan seorang pedagang juga.

Namun, pernyataan tersebut ternyata kita keliru loh, teman-teman. Pada aktivitas berdagang yang ada hanya barang yang diberi margin kemudian dijual. Sementara dalam entrepreneur pasti ada aktivitas berdagang (jual beli).

Sederhananya entrepreneur merupakan seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha yang biasanya dalam melakukan aktivitas tersebut pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru serta menentukan cara produksi baru.

Tak hanya itu saja, seorang entrepreneur juga harus menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, setelah itu harus memasarkannya, serta mengatur permodalan operasi pada usahanya.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Pendapat yang dikemukakan oleh para ahlinya pastinya berbeda-beda namun tetap dalam inti yang sama. Berikut beberapa pendapat ahli tentang entrepreneur:

Zimmerer Scarborough

Entrepreneur adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru yang harus menanggung banyaknya resiko dan ketidakpastian sebagai sebuah tujuan demi mencapai keuntungan.

Ia juga menambahkan bahwa pertumbuhan yang terjadi di tengah bisnis harus terus diidentifikasi peluangnya serta mengumpulkan sumber daya yang penting sebagai modal utama.

Ebert Griffin

Entrepreneur berarti pelaku bisnis yang menerima gabungan antara resiko dan peluang ketika menciptakan dan mengoperasikan peluang usaha baru.

Resiko bisnis kepemilikan dengan sasaran utamanya pertumbuhan dan perkembangan adalah tanggung jawab yang akan dipikul seorang entrepreneur.

Thomberry

Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki ide inovatif serta mampu melihat peluang yang ada di pasar dan berusaha untuk merubah mimpi menjadi kenyataan yang bersinar.

Timmons

Entrepreneur adalah seorang manusia, yang memiliki tekad untuk bertindak kreatif membangun suatu nilai dari hal yang praktis.

Ia menambahkan bahwa hal ini merupakan sekaligus pencarian peluang yang memperhatikan sumber daya atau masing-masing sumber daya yang ada.

Kuratko dan Hodgetts

Entrepreneur memiliki makna sebuah proses inovasi serta penciptaan spekulasi baru melalui empat dimensi utama yaitu individual, organisasi, lingkungan, proses juga dibantu dengan kerjasama jaringan dalam pemerintahan, pendidikan, dan institusi.

Ciri – Ciri Entrepreneur

Beberapa ciri-ciri entrepreneur sukses yang sering muncul di antaranya:

Memiliki mindset positive

Mindset adalah hal yang penting karena dapat mempengaruhi perkembangan bisnis yang akan dijalani. Seorang entrepreneur tidak hanya sekadar berhubungan dengan hal-hal teknis, tetapi juga harus bisa mengelola mindset yang positive.

Mempunyai rancangan bisnis

Rancangan bisnis bagi seorang entrepreneur merupakan salah satu komponen yang penting. Melalui rancangan bisnis ini, bisnis yang akan dijalani selanjutnya menjadi jelas, terstruktur, dan terukur.

Pantang menyerah

Seorang entrepreneur yang sejati tidak akan mudah menyerah pada satu keadaan. Tidak mudah menyerah di sini bukan berarti melakukan hal yang sama dengan kegagalan yang sama, akan tetapi dia selalu belajar untuk menemukan solusi agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan.

Manfaat Entrepeneur

Zimmerer T. & Scarborough N menyatakan bahwa manfaat dari menjadi entrepreneur, antara lain:

Peluang mengendalikan nasib sendiri

Ketika memimpin perusahaan kita memiliki kebebasan dan peluang mencapai tujuan penting yang diharapkan. Entrepreneur bisa menenangkan hidupnya dan menggunakan bisnis dalam mewujudkan impiannya.

Peluang melakukan perubahan

Peluang yang ada merupakan sebuah jalan untuk melakukan perubahan yang dirasa penting yang dapat berdampak pada bisnis mereka.

Dalam hal ini, entrepreneur mempunyai cara tersendiri untuk mengungkapkan wujud kepedulian terhadap masalah-masalah sosial dan mempunyai keinginan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik yang disesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalani.

Peluang untuk mencapai potensi sepenuhnya

Entrepreneur sudah seharusnya mengetahui bahwa batasan terhadap keberhasilan yang dimiliki adalah segala hal yang ditentukan oleh kreatifitas, antusias, dan visi mereka sendiri.

Peluang untuk meraih keuntungan tanpa batas

Uang bukanlah faktor utama bagi entrepreneur, keuntungan dari bisnis merupakan motivasi yang penting untuk mendirikan perusahaan.

Peluang berperan dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usaha

Melalui ini para entrepreneur akan sadar bahwa sebuah pengakuan adalah hal yang penting untuk kelanjutan karirnya. Yang mana dampak dari bisnis yang dijalankan mampu melancarkan fungsi ekonomi sebagai sebuah imbalan.

Peluang melakukan sesuatu yang disukai dan bersenang-senang dalam mengerjakannya

Para entrepreneur memiliki kesempatan penuh untuk mengembangkan suatu hal yang bermula dari kesenangan mereka.

Demikianlah ulasan terkait entrepreneur. Semoga tulisan ini membantu teman-teman yang sedang membutuhkan.

0 Comment

Comments closed.