Pengertian Empiris Menurut Para Ahli

Pernahkah kamu mendengar istilah empiris? Ya, tentunya bagi kamu yang berkecimpung dalam penelitian tidak asing lagi dengan istilah empiris.

Namun agar lebih memahami istilah tersebut, yuk simak ulasan mengenai pengertian dan tipe empiris menurut ahli, serta definisi empirisme, tipe dan karakteristik empirisme berikut!

Pengertian Empiris Menurut Ahli

Empiris adalah suatu keadaan yang didasarkan pada peristiwa atau kejadian nyata yang telah dialami dan diperoleh melalui penelitian, pengamatan atau percobaan yang telah dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian empiris menurut beberapa sumber dan ahli.

1). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jika membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, kita akan menemukan pengertian empiris yang didasarkan pada pengalaman. Yaitu pengetahuan yang diperoleh dari suatu penemuan, percobaan, serta pengamatan yang telah dilakukan.

Empiris juga diartikan sebagai pengetahuan yang didasarkan pada pengalaman indrawi. Pengalaman indrawi di sini diartikan sebagai melihat, merasakan, mencium, mendengar, dan menyentuh seseorang pada sesuatu yang telah dipelajarinya.

Selain itu, data empiris ini menghasilkan apa yang dikenal sebagai bukti empiris. Bukti empiris ini merupakan sumber pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan atau percobaan yang telah atau telah dilakukan.

Bukti empiris di dalamnya mengandung informasi yang membenarkan suatu keyakinan, baik itu tentang kebenaran atau juga kebohongan dari suatu klaim empiris.

2). Yesmil Anwar & Adang: 2008

Pengertian empiris dalam sosiologi adalah ilmu yang didasarkan pada akal sehat, bukan spekulatif dan berdasarkan pengamatan terhadap kenyataan.

Dimana pengertian empiris dalam sejarah adalah suatu kenyataan, artinya bukan mitos atau dongeng belaka karena sejarah memiliki sumber yang valid berdasarkan kajian dan pengamatan yang mendalam terhadap peristiwa atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu.

3). Hilman Hadikusuma (1995)

Menurut Hilman Hadikusuma penelitian empiris adalah penelitian yang menggali (explorer), mendeskripsikan (deskriptif) dan juga menjelaskan (explanator).

4). Amiruddin dan Zainal Asikin (2004)

Penelitian empiris adalah penelitian yang menitikberatkan pada suatu fenomena atau kondisi objek yang diteliti secara rinci dengan mengumpulkan fakta-fakta yang terjadi dan juga mengembangkan konsep-konsep yang ada.

5). Sugiyono (2013)

Empiris adalah metode pengamatan yang dilakukan oleh indera manusia, sehingga metode yang digunakan juga dapat diketahui dan juga diamati oleh orang lain.

6). Izzatur Rusuli (2015)

Empiris ini merupakan suatu gagasan yang sifatnya rasional yang dibentuk dan diperoleh individu melalui pengalaman.

Tipe Empiris

Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa empiris ini adalah ilmu yang didasarkan pada peristiwa nyata yang telah dialami oleh panca indera manusia.

Diperoleh dari pengamatan, pengalaman dan eksperimen yang telah dilakukan. Empirisme ini juga tidak dapat dipisahkan dari empirisme.

Adapun bentuk empiris diantaranya adalah sebagai berikut:

1). Sosial

Empiris dalam bidang sosial sering terjadi di masyarakat. Ini berkaitan dengan pemecahan suatu masalah atau penelitian sosial. Empiris dalam bidang sosial juga perlu memperhatikan faktor lingkungan. Interaksi dan hubungan sosial juga memiliki pengaruh.

2). Ekonomi

Kegiatan ekonomi seringkali memerlukan data empiris untuk menentukan transaksi ekonomi. Seperti penentuan harga jual, penentuan penawaran, pengecekan dan sebagainya. Data empiris di lapangan perlu diketahui untuk menentukan perkembangan ekonomi.

3). Sains

Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat kental dengan data empiris. Segala sesuatu yang berhubungan dengan penelitian ilmiah harus melalui pengujian untuk mengetahui data yang diperoleh secara objektif tanpa ada rekayasa.

Empiris dalam bidang sains diperlukan untuk membuktikan kebenaran sesuatu karena pengetahuan adalah hasil dari mengamati realitas.

4). Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, mengetahui data empiris diperlukan untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan dunia medis.

Misalnya seperti mengetahui penyebab timbulnya penyakit, mengetahui jenis penyakit dan upaya penyembuhan yang dapat dilakukan.

Dalam dunia kesehatan, data empiris dapat diperoleh dengan melakukan uji laboratorium yang hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli di bidang kesehatan.

Kelebihan dan Kekurangan Empirisme

Berikut dibawah ini kelebihan dan kekurangan empirisme, antara lain sebagai berikut.

Kelebihan Empirisme

Kelebihan empirisme dari pengalaman indrawi adalah merupakan sumber pengetahuan yang sejati, karena empirisme ini menekankan pada fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Kelemahan Empirisme

Berikut dibawah ini kelemahan empirisme, antara lain.

1). Indra terbatas, yakni menyangkut hal-hal yang jauh terlihat kecil.

2). Indranya menipu, misalnya pada orang yang sakit malaria, gula rasanya pahit, udara panas juga dingin. Hal ini akan menimbulkan pengetahuan empiris yang tentunya salah.

3). Objek yang menipu, yang contohnya seperti ilusi, fatamorgana. Jadi, objek sebenarnya tidak seperti yang dirasakan oleh indr; itu berarti dia menipu indra. Ini jelas dapat atau dapat menyebabkan indra yang salah.

4). Indra sekaligus objek, dimana empirisme ini lemah karena keterbatasan indera manusia.

Karakteristik Empirisme

Empirisme ini memiliki dua ciri utama, antara lain teori makna dan teori pengetahuan. Adapun penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut:

1). Teori makna, yaitu teori yang menyatakan asal usul pengetahuan, seperti asal usul ide atau konsep.

2). Teori pengetahuan, yaitu teori yang menyatakan bahwa semua kebenaran diturunkan dari kebenaran a posteriori atau juga kebenaran yang diperoleh melalui pengamatan

Demikian ulasan kami mengenai pengertian dan tipe empiris menurut ahli, serta definisi empirisme, tipe dan karakteristik empirisme.

Semoga ulasan kami membantu, khususnya dalam memberikan pemahaman yang berkaitan dengan kehamilan. Terimakasih ya sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Foto Penampakan Jenazah Brigadir J Sesaat Usai Dieksekusi Ferdy Sambo cs

Komnas HAM menunjukkan foto jenazah Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, terkapar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo. Foto…

Foto-foto Istri Sambo di Rekonstruksi: Tiduran dan Adegan Yosua Masuk Kamar

Putri Candrawathi, istri Sambo yang menjadi salah satu tersangka kasus pembunuhan Brigadir J ikut melakukan rekonstruksi yang digelar hari ini…

Diperkosa Tetangga sebelum Pernikahan, Pengantin Wanita Ini Dipaksa Tes Keperawanan

Seorang pengantin wanita berusia 24 tahun di Bhilwara, Rajasthan, India , dipaksa untuk tes keperawanan oleh mertuanya. Pemaksaan itu terjadi…

Biaya Balik Nama Sepeda Motor dan Syarat Pengurusan Terbaru

Kini, lebih mudah mengatur kembali nama dan membuat STNK). Biasanya nama kendaraan bermotor berubah karena adanya pergantian nama pemiliknya. Misalnya,…

Cara Membuat Website Pribadi dan Jualan Online dengan Mudah

Menggunakan website sebagai media berbagi informasi memang sangat menarik, anda bisa berbagi informasi tentang apapun kepada para pengunjung website yang…

Video Raffi Ahmad Diduga Senggol Payudara Niena Kirana Viral, Netizen Auto Pasang Badan

Raffi Ahmad turut menghadiri acara ulang tahun Niena Kirana Riskyana yang digelar pada hari Selasa (30/8/2022) kemarin. Dalam unggahan Instagram…

15 Tempat Wisata di Kabupaten Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Banyak pulau-pulau indah yang…

Viral! Video Ustadz Abdul Somad tantang dukun berwajah seram santet dirinya: Bertambah pula musuh saya

Ustadz Abdul Somad (UAS) menjadi salah satu tokoh agama yang kerap mengajarkan syi'ar islam dengan pembawaan yang ringan dan mudah…

Pantas Saja Betah Menjanda, Diam-Diam Ayu Ting Ting Masih Ngarep Berjodoh dan Dinikahi Berondong Tampan Ini, Sayang Harus Berakhir Patah Hati Gegara Hal Ini

Ayu Ting Ting memang dikenal sebagai biduan dangdut yang memiliki paras cantik. Hal inilah yang membuatnya kerap didekati oleh sejumlah…

15 Tempat Wisata di Tabanan Bali yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Tabanan memang terkenal dengan area persawahannya, tak heran jika 28% dari luas wilayahnya merupakan lahan persawahan. Tanahnya yang subur,…