Pengertian Emosi, Macam-Macam Emosi dan Fungsi Emosi

Subtitle goes here

By:

September 22, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Emosi kerap disandingkan dengan sikap marah yang dilakukan oleh seseorang. Kita sering berpikir bahwasannya marah adalah satu-satunya bentuk emosi yang dirasakan oleh manusia.

Pikiran-pikiran seperti ini sudah seperti tertanam di alam bawah sadar kita. Karena sedari dini kita hanya menerima dan menyimpan pesan bahwa emosi sama dengan marah.

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya emosi bukanlah hanya marah semata? Emosi sejatinya merupakan sebuah perasaan yang abstrak dan bercampur aduk, tumpang tindih dalam waktu yang singkat. Orang marah adalah suatu bentuk emosi begitu pula dengan orang yang sedang sedih dan bahagia merupakan salah satu sub-unit dari emosi.

Dengan penjelasan singkat di atas sudah pahamkah kamu dengan kata emosi? Kira-kira apa ya yang buat seseorang bisa merasakan emosi? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Emosi

Melalui KBBI, emosi diungkapkan sebagai luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu. Bukanlah perasaan marah saja yang bisa disebut emosi, ya.

Emosi secara umum memiliki arti kumpulan perasaan terhadap sesuatu yang dipengaruhi dari pikiran kita, subjektivitas kita, respon prilaku, dan respon tubuh kita ketika sedang menghadapi situasi tertentu. Sifat dan intensitas emosi bersifat singkat.

Seorang EQ bagian organization consultant dan pengajar di Potchefstroom University, Afrika Selatan yang bernama Prezz (1999) mengemukakan bahwa emosi merupakan suatu reaksi kepada situasi tertentu oleh tubuh.

Hal ini merupakan hasil berpikir tentang kondisi yang khusus, yang mana ada keterkaitan antara aktivitas berpikir dan hasil dari persepsi tentang kondisi. Emosi yang ada di diri acapkali menjadi hambatan bagi seseorang untuk melakukan perubahan diri.

Emosi merupakan salah satu aspek yang memiliki pengaruh besar kepada sikap seseorang. Bersamaan dengan dua aspek lainnya, yaitu aspek kognitif (daya pikir) dan konatif (psikomotorik), emosi atau yang sering disebut aspek afektif merupakan penentu sikap atau salah satu prediposisi perilaku individu.

Pengertian Emosi Menurut Para Ahli

Berikut dibawah ini pengertian emosi menurut para ahli, antara lain:

1. Robert C. Solomon mengatakan bahwa emosi merupakan pengalaman kompleks akan kesadaran, sensasi jasmani, dan perilaku yang mencerminkan pemaknaan perseorangan terhadap sebuah kejadian, keadaan atau peristiwa.

2. Don Hockenbury dan Sandra E. Hockenbury menyatakan bahwa emosi adalah suatu kondisi psikologi yang kompleks dan mencakup ke dalam tiga komponen yaitu pengalaman subjektif, respon fisiologis, dan respon perilaku/ekspresif.

3. James-Lange mengemukakan bahwa emosi merupakan serangkaian kejadian yang bermula saat seseorang menerima situasi yang akan menghasilkan emosi kemudian memberikan reaksi ke situasi dan kita memperhatikan reaksi kita sendiri. Perubahan reaksi tubuh yang terjadi memunculkan pengalaman emosional.

4. Chaplin mengutarakan bahwa emosi adalah keadaan yang terangsang dari organisme yang mencakup perubahan-perubahan yang disadari yang sifatnya mendalam dari perubahan perilaku tersebut.

Faktanya, emosi menjadi hal yang penting dalam hidup manusia karena dari luapan emosi itu segala bentuk kecemasan, rasa stress, ataupun rasa kecewa akan terasa kurang bebannya. Semakin seseorang pandai mengungkapkan perasaannya, akan semakin tumbuh rasa nyaman yang penuh kepada diri sendiri.

Emosi biasanya muncul karena:

  • Kualitas tidur
  • Olahraga
  • Kepribadian
  • Gender
  • Suasana dalam satu hari atau selama seminggu
  • Usia
  • Aktivitas sosial

Macam – Macam Emosi

Secara umum, emosi digolongkan menjadi dua, yakni:

1. Emosi positif

Merupakan suatu bentuk perasaan yang muncul karena rasa bahagia, senang, gembira, dan cinta.

2. Emosi negatif

Merupakan suatu bentuk perasaan yang muncul dari rasa sedih, kecewa, takut, cemas dan marah. Menurut Watson dalam Sobur, menyatakan bahwa manusia pada dasarnya memiliki tiga emosi dasar, yakni:

  • Rage, akan berkembang menjadi anger (marah).
  • Fear, akan berkembang kepada anxiety (cemas).
  • Love, akan berkembang menjadi simpati.

Fungsi Emosi

Emosi adalah hal yang dibawa manusia sejak lahir di dunia. Emosi berperan memberikan warna ke kehidupan yang dijalankan oleh manusia. Manusia akan sulit bila hidup tanpa memiliki emosi.

Emosi yang ada pada setiap individu mencerminkan bagaimana keadaan jiwanya dan akan tampak pada secara nyata pada gestur serta respon tubuhnya.

Bagi manusia, emosi tidak hanya diperlukan sebagai bentuk pertahanan hidup, akan tetapi emosi memberikan gairah atau energi dlam kehidupan manusia. Selain itu emosi juga merupakan sebuah pesan yang diinstruksikan oleh pikiran kemudian mengalir ke tubuh.

Selain itu, penggunaan emosi yang sesuai pada keadaan atau situasi akan memberikan hasil pada tingkat aktivitas yang dapat dijalankan oleh individu.

Demikianlah ulasan terkait emosi beserta macam-macam dan fungsinya. Diharapkan tulisan ini memperoleh manfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.

0 Comment

Comments closed.