Pengertian Edmodo, Fitur, Fungsi Serta Kelebihan Edmodo

Dewasa ini, banyak sekali teknologi informasi muncul di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya dalam bidang pendidikan, dimana saat ini sudah banyak platform pendidikan online yang menawarkan fitur-fitur canggih.

Kegiatan pembelajaran online di era sekarang ini disebut dengan e-learning. Salah satu platform e-learning yang paling populer dan banyak digunakan saat ini adalah Edmodo.

Orang-orang menyebut Edmodo sebagai media sosial khusus untuk para penggiat pendidikan. Jadi, baik itu guru, siswa, mahasiswa hingga dosen dapat menggunakan platform tersebut bahkan Edmodo juga menyediakan fitur khusus untuk orang tua siswa yang belajar menggunakan platform ini.

Untuk mengetahui informasi lebih jauh mengenai apa itu edmodo, yuk simak ulasan kami dibawah ini.

Pengertian Edmodo

Edmodo merupakan salah satu platform learning management system (LMS) berbasis cloud.  Dalam platform Edmodo ini, baik guru maupun siswa dapat saling berinteraksi dengan mudah.

Tentunya hal ini akan memudahkan kegiatan belajar seperti pemberian tugas, mengerjakan ujian, kuis, dan masih banyak lagi. Intinya baik guru maupun siswa akan sama-sama diuntungkan saat menggunakan platform ini, pembelajaran akan lebih efisien dan efektif.

Bagi seorang guru, ketika menggunakan platform ini dengan baik, sangat mudah bagi untuk mengelola pembelajaran yang mereka lakukan. Fitur-fitur yang disediakan oleh Edmodo akan membantu kinerja para guru tersebut.

Mulai dari pembagian tugas yang bisa mencakup berbagai sumber, pemberian kuis atau ujian yang bisa dilakukan secara online, pengelolaan nilai siswa ketika sudah mengumpulkan tugas dan masih banyak lagi.

Dan bagi siswa, hal ini akan membantu mereka untuk lebih disiplin dan kolektif dalam belajar karena biasanya tugas yang diberikan oleh guru diberi batas waktu.

Tidak hanya fitur tersebut, di Edmodo, guru dan siswa dari satu sekolah dengan sekolah lainnya dapat saling berkomunikasi, berdiskusi, dan belajar bersama.

Layaknya media sosial bagi para penggiat pendidikan, Edmodo membantu siswa untuk berkomunikasi dengan siswa lain meskipun berada di wilayah yang berbeda bahkan negara.

Hal ini tentunya berdampak positif bagi dunia pendidikan dimana terdapat wadah untuk saling berbagi dan berdiskusi agar ilmu yang dimiliki semakin luas.

Sebelum menjadi sebesar sekarang, platform Emodo ini dikembangkan oleh dua orang hebat, yaitu Nic Borg dan Jeff O’hara. Mereka membuat Edmodo versi pertama pada akhir tahun 2008 dan Edmodo dalam perkembangannya mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Pada awal 2011, Edmodo mencapai 1 juta pengguna. Beberapa bulan kemudian jumlah ini meningkat drastis hingga mencapai 7 juta pengguna, pada tahun 2015 jumlah pengguna Edmodo adalah 50 juta.

Tidak mengherankan jika Edmodo sekarang menjadi pemimpin dunia sebagai jejaring pembelajaran sosial K-12.

Fitur Edmodo

Edmodo memiliki fitur yang solutif terhadap perkembangan teknologi informasi bagi dunia pendidikan. Edmodo menyediakan layanan manajemen sistem pembelajaran melalui dunia online.

Pengelolaan di Edmodo juga sangat mudah yang akan sangat cocok untuk institusi pendidikan yang ingin menggunakan Edmodo. Keunggulan tersebut ada karena fitur-fitur yang telah dibuat oleh Edmodo.

Di bawah ini adalah penjelasan dari fitur unggulan yang dimiliki oleh Edmodo.

  • Parent Code

Edmodo tidak hanya memudahkan siswa dalam proses pembelajaran dan juga guru dalam mengelola sistem pembelajaran. Namun, orang tua juga dapat mengikuti platform Edmodo ini dan untuk mengikuti platform ini orang tua harus mendaftarkan akunnya di aplikasi atau website Edmodo.

Edmodo telah lama menjadi alat yang ampuh bagi guru yang ingin membuat orang tua tetap terlibat karena orang tua dapat mengikuti tugas kelas, melacak nilai, dan menerima pesan tentang acara dan aktivitas. Mereka dapat menindaklanjuti melalui situs web Edmodo, atau dengan aplikasi Android atau iOS Edmodo yang dirancang untuk orang tua.

  • Award Badge

Sebagai bentuk apresiasi dan apresiasi terhadap siswanya di Edmodo, guru dapat memberikan Award Badge. Siswa yang mampu menyelesaikan kuis, ujian, dan tugas dengan baik serta mendapatkan nilai yang baik berhak mendapatkan lencana penghargaan dari gurunya.

Fitur ini memberikan manfaat yang tidak main-main bagi siswa. Siswa akan lebih termotivasi dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya. Bentuk apresiasi ini akan mendorong siswa untuk lebih rajin dan berusaha dalam setiap tugas dan ujian yang diberikan. Dalam fitur ini, guru dapat memberikan badge sekaligus kepada siswanya

  • Polling

Dilihat dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa fitur polling ini berkaitan dengan voting. Fitur ini membantu guru menggunakan Edmodo untuk mengetahui respon siswanya. Misalnya, ketika siswa telah menyelesaikan tugas atau kuis.

Fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui respon siswa dengan cepat terkait penyelesaian tugas dan kuis. Namun, penggunaan fitur ini terbatas hanya untuk guru saja.

  • Assignment

Fitur ini berperan paling penting dalam membantu tugas seorang guru kepada murid-muridnya. Dengan fitur Assignment ini, guru diberikan layanan oleh Edmodo agar lebih efektif dan efisien dalam memberikan tugas kepada siswanya.

Dalam memberikan tugas, guru dapat menyertakan file, dokumen, tautan, dan sumber daya apa pun yang ingin mereka berikan. Siswa juga mudah mengumpulkan tugas di fitur ini, hanya dengan mengunggah dokumen penyelesaian, menekan giliran ini, maka tugas telah dikumpulkan. Tugas yang diberikan ini nantinya dapat digunakan kembali oleh guru dan akan disimpan secara otomatis di fitur Library yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

  • GradeBook

Setelah guru memberikan tugas melalui fitur tugas dan siswa telah mengumpulkannya, fitur selanjutnya ini akan membantu guru mengelola hasil tugas siswanya. Fitur ini diberi nama oleh Edmodo, yaitu gradebook.

Fitur buku nilai ini memudahkan guru untuk mengelola nilai baik secara manual maupun otomatis. Dengan fitur Buku Nilai, data dari suatu nilai akan terkumpul dengan rapi dan guru bisa mendapatkan file output dalam format .csv dari data ini. Fitur Buku Nilai ini sepenuhnya dikendalikan oleh guru dan siswa hanya dapat melihat datanya.

  • Quiz

Di era digital ini, berbagai aktivitas juga bisa dilakukan melalui internet. Dulu, untuk melakukan kegiatan ujian, kuis, dan kegiatan evaluasi pembelajaran lainnya, kamu akan membutuhkan kertas tanya jawab, sekarang bisa lebih disederhanakan dengan bantuan fitur LSM.

Di Edmodo terdapat fitur Quiz yang dapat membantu para guru untuk memberikan ujian online, baik itu kuis, ulangan, ulangan, dan hal lainnya. Quiz ini juga akan disimpan di fitur Library sehingga kedepannya jika diperlukan kuis ini dapat digunakan kembali.

  • File dan Link

Jika dulu seorang guru dalam memberikan pelajaran di kelas biasanya hanya menggunakan media whiteboard, di Edmodo media ini dapat dikembangkan lebih efektif dengan menggunakan fitur File and Link.

Fitur ini membantu guru memberikan catatan berupa file dokumen, teks, audio, video, dan lain-lain. Format file yang dapat digunakan guru untuk membantu proses pembelajaran adalah doc, ppt, xls, dan pdf. Dengan bantuan fitur ini, guru akan dapat menjelaskan lebih detail suatu materi kepada siswanya karena didukung oleh sumber materi yang lengkap.

  • Library

Seperti pada umumnya perpustakaan yang menyimpan berbagai dokumen penting untuk pembelajaran baik itu buku, soal ujian tahun lalu, referensi jurnal, dan lain-lain, pada platform Edmodo juga terdapat fitur ini. Perbedaan fitur Library di Edmodo dengan dunia nyata lebih pada efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaannya. Fitur ini dapat menampung berbagai macam file dan link yang digunakan guru sebagai bahan ajar bagi siswanya.

Jadi bisa dibilang fitur ini merupakan tempat siswa untuk mempelajari materi yang diberikan oleh guru dan perpustakaan ini juga merupakan tempat penyimpanan materi pembelajaran. Edmodo menyediakan layanan tanpa batas penyimpanan untuk guru sehingga guru dapat dengan mudah mengatur, mengelola, menyortir, dan bahkan berbagi sumber materi pelajaran mereka.

Fungsi Platform Edmodo

Secara umum, fungsi platform Edmodo adalah untuk membantu para penggiat pendidikan, baik itu guru, mahasiswa, dosen, bahkan mahasiswa. Dalam mengelola sistem pembelajaran menggunakan Edmodo ini dapat dilakukan dengan mudah.

Fungsi dari platform ini cukup banyak, mulai dari sebagai media sosial bagi siswa dan guru, tempat belajar, tempat melakukan evaluasi materi, dan masih banyak lagi. Fungsi paling menarik dari platform Edmodo adalah membantu guru untuk berbagi pengalaman melalui Komunitas Edmodo.

Kelebihan dari Platform Edmodo

Sebagai platform Social Learning Management papan atas di dunia, tentunya tidak lepas dari kelebihan yang ditawarkan Edmodo kepada penggunanya yang mayoritas adalah para penggiat pendidikan, baik guru maupun siswa. Edmodo memberikan banyak keuntungan yang bisa dinikmati oleh penggunanya. Beberapa kelebihannya adalah membantu manajemen pembelajaran, layanan komunikasi antara siswa dan siswa, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kelebihan yang dimiliki Edmodo.

  • Komunitas Edmodo

Ini adalah salah satu alasan utama Edmodo dicintai oleh banyak orang. Komunitas yang bisa diikuti sebagai pendidik memang luar biasa. Mereka bekerja sebagai forum diskusi terbuka di mana guru dapat berbagi sumber daya, bertanya/menjawab pertanyaan, dan belajar dari rekan kerja.

  • Kebebasan yang dimiliki Murid

Salah satu keuntungan lainnya adalah membangun kemandirian siswa karena mereka bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas. Ini adalah keterampilan yang bagus untuk mereka pelajari, terutama di lingkungan yang aman.

Seperti kasus di atas, penting bagi siswa untuk mandiri karena di tahun-tahun mendatang mereka akan berada di situs media sosial lainnya. Menjadi bagian dari grup Edmodo mengajarkan siswa keterampilan menggunakan media sosial dengan tepat.

  • Kegiatan Sekolah Menjadi Efisien

Guru menyukainya ketika siswa dapat mengakses akun Edmodo mereka dari sekolah dan dari rumah yang memungkinkan mereka untuk mempersiapkan acara mendatang, tugas, atau tugas sambil mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Hal ini juga memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan guru mereka (langsung) atau mengajukan pertanyaan dari rekan-rekan mereka (di dinding umum) saat mengerjakan tugas rumah.

  • Dapat Berbagi Sumber Belajar

Guru dapat mencari materi dengan siswa mereka di Edmodo, termasuk di situs web, klip YouTube yang disematkan, tautan tugas baik file, dokumen, dan gambar.

Dengan cara ini, proses pembelajaran menghemat kertas dan menunjukkan kepada siswa berbagai sumber daya yang solid tanpa mereka perlu mencarinya di Google.

  • Konektivitas bagi para pengajar

Memiliki akun guru di Edmodo memungkinkan guru atau pendidik untuk terhubung dengan pendidik lain dari seluruh dunia. Seorang guru dapat mengirim catatan ke pendidik lain danjuga mengajukan pertanyaan, atau berbagi ide dengan mereka melalui salah satu koneksi ini.

Demikian artikel kami tentang pengertian edmodo lengkap dengan fitur, fungsi serta kelebihan dari platform edmodo. Semoga ulasan kami dapat membantu, terutama menambah wawasan kamu mengenai Edmodo. Terima kasih telah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Lirik Lagu Dermaga Biru – Thomas Arya

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Batak Jolma Biasa – Arghado Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Friendzone – UN1TY

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Tartipu Au yang Dinyanyikan oleh Falado Trio

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Si Raja Batak

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Top Topan – Safira Inema

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Lirik Lagu Angel Baby – Troye Sivan

Lirik menjadi salah satu komponen yang penting dan dapat menarik minat masyarakat dalam mendengarkan sebuah lagu. Lirik yang mudah dihafal…

Nagita Slavina Alami Momen Tak Mengenakan di Acara Ulang Tahun Pernikahan Ayu Dewi, Istri Raffi Ahmad: Maaf Banget

Sebuah momen tak mengenakan dialami oleh Mama Rafathar yang mana dirinya sempat salah kostum ketika menghadiri acara Ayu Dewi dan…

Sarwendah Dilarikan ke Rumah Sakit, Istri Ruben Onsu Ungkap Kondisi Tubuhnya

Kabar mengejutkan kembali datang dari keluarga Ruben Onsu. Pasalnya setelah Ruben Onsu dilarikan ke rumah sakit, kini giliran Sarwendah yang…

Harga Mobil Honda City Hatchback Terbaru 2022

Honda tampaknya sudah menjadi salah satu merek yang sudah legend di Indonesia sendiri. Salah satu faktornya sebab produk keluaran Honda…