Pengertian E-mail, Jenis – Jenis dan Manfaat E-mail

Semakin berkembang teknologi, semakin memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan mengirimkan pesan.

Pada zaman dahulu kita harus bertemu supaya bisa berkomunikasi dan jika ingin mengirim surat harus melalui kantor pos dan proses pengirimannya bisa berhari-hari, saat ini mengirim pesan hanya butuh waktu beberapa detik saja dengan menggunakan e-mail (surat elektronik).

Saat ini, mengirim pesan via email merupakan salah satu cara yang paling efisien, cepat, dan murah. Email sudah jadi kebutuhan primer sebagian besar orang, apalagi hampir semua administrasi offline dan online sekarang membutuhkan alamat email.

Untuk mengenal lebih jauh denagn Email, simak ulasan kami mengenail Email, jenis serta manfaat Email berikut ini.

Pengertian E-mail

E-mail (Electronic Mail) atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet.

Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer / laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan dikenakan biaya namun pada surat elektronik hanya dibutuhkan sambungan internet.

Jenis – Jenis Email

Email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. Berikut penjelasan ketiganya:

1). POP Mail

POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email email yang menggunakan server pop. Email ini didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

Cara kerja jenis email ini adalah dengan menyimpan semua email pengguna ke sebuah server di direktori penyimpanan. Ketika pengguna menghubungi server, email akan secara otomatis dikirim ke computer client.

Jenis dari email pop ini adalah Eudora, MS Outlook Express, Netscape Communicator, Pegasus dan lain sebagainya.

2). Webmail

Webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

Termasuk juga bila ingin memeriksa email masuk dan mengirim pesan email. Jenis email Webmail contohnya adalah Yahoo mail, Gmail, Hotmail dan lain sebagainya.

3). Forward Mail

Forward Mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.

Sederhanya, kamu memiliki banyak akun email, tetapi kamu ingin bila ada pesan masuk ke salah satu akun email kamu, kamu berharap pesan tersebut masuk ke email utama kamu

Manfaat E-mail

Fungsi dan manfaat email secara umum adalah untuk mengirimkan pesan atau surat kepada orang lain. Lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa fungsi email selengkapnya:

1). Mengirim dan Menerima Pesan

Kegunaan email yang paling umum adalah untuk mengirim dan menerima email dari orang lain di manapun mereka berada. Pesan tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik saja.

Bahkan dari sekian banyak media pengirim pesan di internet, mengirim pesan melalui email dianggap jauh lebih sopan dan formal. Namun, tentu saja kecepatan tersebut dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik si pengirim atau si penerima email.

2). Mengirim dan Menerima File

Email juga dapat mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik itu foto, video, teks, dan lain-lain. Biasanya file tersebut ditambahkan di dalam lampiran (attachment) pada email.

3). Sebagai Identitas Diri

Email juga berfungsi sebagai identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna email melalui alamat email miliknya. Dalam berbagai aspek, penggunaan email bagi seseorang sudah menjadi kewajiban.

Email seringkali menjadi syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai layanan digital, misalnya untuk aktivasi smartphone, aktivasi media sosial, aktivasi layanan berlangganan surat, dan lain-lain.

4). Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs

Sebagian besar layanan website saat ini membutuhkan email penggunanya agar bisa melakukan aktivitas di website tersebut. Mulai dari situs media sosia, situs e-commerce, game online, situs forum, dan berbagai layanan lainnya mengharuskan pengguna mendaftarkan email.

Berbagai layanan website tersebut membutuhkan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya bisa dilakukan bila penggunanya memiliki alamat email yang valid.

5). Email untuk Media Pemasaran

Pemasaran online saat ini banyak dilakukan dengan memanfaatkan email. Dan sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan.

Pemasaran melalui email merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Dan hingga saat ini email marketing masih termasuk jenis pemasaran online yang sangat efektif.

Demikian artikel kami mengenai pengertian Email lengkap dengan jenis serta manfaat Email. Semoga ulasan kami dapat membantu, khususnya menambah wawasan kamu mengenai Email. Terimakasih sudah berkunjung.

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN

Viral Sosok Wanita Disebut Reinkarnasi Vanessa Angel, Ramai Diminta Temui Gala Sky

Kabar kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah masih menjadi perhatian khalayak ramai. Di tengah kabar duka kepergian Vanessa Angel, mendadak…

Klaim Punya Kos-kosan Bernilai Rp 2 M, Teddy Pardiyana Tuding Pihak Sule Curi Uang Setorannya: Saya Mau Mempertanyakan

Teddy Pardiyana kini kembali berselisih dengan keluarga Sule soal harta warisan Lina Jubaedah. Konflik tersebut kembali mencuat usai Teddy Pardiyana…

Tubagus Joddy Jadi Tersangka Kecelakaan Maut Vanessa Angel dan Suami

Tubagus Joddy (24) sudah berstatus tersangka kasus kecelakaan Vanessa Angel di Tol Jombang. Status hukum Joddy terungkap dari surat pemberitahuan…

Makam Vanessa Angel Dikabarkan Rusak, Penjaga Makam Bilang Begini

Makam Vanessa Angel dan suaminya Bibi Andriansyah di TPU Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dikabarkan dirusak orang tak bertanggung jawab. Hal…

‘Selamat Jalan Sahabat’, Dulu Sempat Diminta Tolong Beli Rokok Kini Kawan Dekat, Arya Saloka Langsung Kirim Doa Begini untuk Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Kepergian Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan kerabat yang ditinggalkan. Salah satunya ialah bintang Ikatan…

Sehidup Semati, Vanessa Angel dan Bibi Dimakamkan di Satu Liang Lahat

Kisah cinta artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri "Bibi" Andriansyah sehidup semati. Kini keduanya akan dikebumikan dalam satu liang lahat…

Adik Tiri Vanessa Angel Mendadak Buka Suara

Selepas meninggalnya Vanessa Angel, banyak keluarga dan kerabat dekat buka suara. Tak terkecuali adik tiri Vanessa, Mayang. Tanpa basa-basi Mayang…

Pengertian Pencemaran Udara, Jenis – Jenis, Penyebab dan Dampak Polusi Udara

Secara sadar, kita memahami bahwa udara khususnya di daerah perkotaan yang kita hirup sekarang ini sudah tersemar. Ya, pencemaran udara…

Pengertian XAMPP dan Unsur – Unsur XAMPP

Mungkin kata XAMPP masih sangat asing bagi kita yang tidak memiliki pengetahuan dasar tentang pemrograman, namun bagi para web designer…

Pengertian E-mail, Jenis – Jenis dan Manfaat E-mail

Semakin berkembang teknologi, semakin memudahkan manusia dalam berkomunikasi dan mengirimkan pesan. Pada zaman dahulu kita harus bertemu supaya bisa berkomunikasi…