Pengertian E-mail, Fungsi dan Jenis – Jenis E-mail

Subtitle goes here

By:

Agustus 31, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Pada saat sekarang ini, internet banyak dipakai dalam berbagai aktivitas. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan seperti kegiatan surat menyurat (E-mail). Dengan bantuan internet, kegiatan surat menyurat dapat dilakukan secara cepat dan tidak memerlukan banyak waktu.

Sebelum itu, apa sebenarnya defenisi dari e-mail itu? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengertian e-mail secara umum dan menurut para ahli, fungsi-fungsi dan jenis-jenis suatu e-mail.

Pengertian E-mail Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, e-mail dapat dikatakan sebagai sebuah surat digital yang dapat digunakan untuk mengirim maupun menerima pesan melalui jaringan komputer dan juga jaringan internet.

Sebuah e-mail dapat mengirimkan pesan yang berupa teks, video, gambar dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan smartphone atau laptop yang anda miliki untuk mengirim sebuah e-mail.

Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai defensi e-mail, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi dari e-mail. Berikut beberapa defenisi e-mail menurut beberapa para ahli didunia.

1. Ali Zaki dan Smitdev Community

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, e-mail merupakan jenis surat elektronik yang dapat digunakan oleh semu orang untuk mengirim atau menerima pesann melalui jaringan internet.

2. Happy Chandraleka

Happy Chandraleka berpendapat bahwasannya e-mail merupakan surat yang disampaikan melalui smarthpone atau perangkat elektronik lain seperti komputer.

3. Jack Popo

Menurut Jack Popo, e-mail merupakan salah satu dari jenis sarana dalam bertukar pesan dimana dapat digunakan dalam hal berbagi foto atau video melalui jaringan online.

4. Marsha Egan

Marsha Egan berpendapat bahwa e-mail merupakan salah satu media digital istimewa dalam komunikasi dikarenakan terdapat banyak fitur yang bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik.

5. Mac Bride (1995)

Menurut Mac Bride, e-mail ialah suatu kegiatan yang paling sederhana yang banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan diinternet.

6. Sandrina Wijaya (2009)

Sandrina Wijaya mendefenisikan e-mail sebagai jenis korespondensi terbaru yang memanfaatkan kemajuan teknologi pada saat ini. Alamat dari sebuah e-mail sendiri terdiri dari pengirim serta penerima e-mail.

7. Mico Pardosi (2001)

Mico Pardosi mendefenisikan e-mail sebagai kegiatan surat menyurat yang dilakukan diinternet. Sama seperti kegiatan surat menyurat yang dikirim melalui media tukang pos, dalam mengirim e-mail juga harus memperhatikan etika penulisannya.

8. David Woole

Menurut David Woole. E-mail merupakan salah satu media yang berfungsi sebagai digital message. Hal ini terlihat dari banyak orang yang sudah bisa menggunakan internet dengan mudah dan murah.

9. John Rhoton

Menurut John Rhoton dalam buku yang berjudul Programmer Guide Internet Mail menyebutkan bahwa e-mail merupakan jembatan yang memudahkan aktivitas dan juga dalam memperolah informasi di media jejaring sosial.

10. Jasmadi dan E-Media Solusindo

Menurut Jasmadi dan E-Media Solusindo, e-mail ialah suatu program yang dapat mengirimkan pesan menggunakan sebuah perangkat atau device tertentu dengan dukungan media internet.

Fungsi E-mail

E-mail sendiri memiliki beberapa fungsi yang dapat memberi manfaat bagi penggunananya. Berikut beberapa fungsi email sebagai berikut.

1. Mengirim dan menerima pesan

Fungsi yang paling penting dalam sebuah e-mail yaitu e-mail dapat digunakan oleh seseorang untuk mengirim atau juga menerima pesan.

Yang lebih hebatnya lagi, proses pengirmn dapat terjadi dengan waktu yang relatif singkat saja. Namun, faktor-faktor lain seperti kecepatan internet pengguna juga dapat mempengaruhi kecepatan pengiriman e-mail tersebut.

2. Mengirim dan menerima file

Selain dapat mengirm dan menerima pesan, e-mail juga berfungsi untuk mengirim dan menerima file yang dikirm oleh pengguna.

Namun, dalam mengirim file tadi perlu diperhatikan kembali ukuran file tersebut. Jika tidak, maka anda tidak dapat mengirimkan file tersebut melalui e-mail.

3. Media pemasaran

Bagi seorang yang berkecimpung didunia bisnis, e-mail dapat digunakan sebagai media untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Penggunaan e-mail sendiri dapat meningkatkan penjuala. Dengan e-mail, anda dapat melakukan promosi ke banyak orang sekaligus tanpa perlu menjumpai secara pribadi.

4. Media informasi

Fungsi lain e-mail sendiri yakni e-mail dapat digunakan dalam mendapatkan informasi dari beragam macam media. Seperti ketika anda melakukan aktivitas yang berhubungan dengan keamanan akun. Anda akan menerima e-mail berupa informasi yang terkait konfirmasi jika aktivitas itu benar-benar dilakukan oleh anda.

Jenis – Jenis E-mail

E-mail sendiri memiliki beberapa jenis sesuai dengan kegunaan dan pemakaiannya. Berikut beberapa jenis-jenis email sebagai berikut.

1. POP Mail

Post Office Protocol atau yang disingkat dengan POP Mail merupakan jenis e-mail yang hanya dapat dibuka dan dibaca melalui internet service provider yang digunakan. Keunggulan dari POP Mail sendiori yaitu anda dapat membaca e-mail tersebut meskipun tidak terhubung ke jaringan internet.

2. Forward Mail

Forward mail merupakan salah satu jenis e-mail dimana sebuah layana bagi para pengguna e-mail yang suka berganti alamat e-mail. Dengan mendaftarkan diri anda di layanan ini, andak akan tetap memperoleh pemberitahuan jika ada pesan baru pada alamat e-mail lainnya.

3. Web Mail

Web mail sendiri merupakan jenis email yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satu contoh dari layanan dari jenis e-mail seperti layanan google yang dapat anda akes dengan menuju ke halaman website nya. Keunggulan dari e-mail anda dapat mengirim sekaligus membaca e-mail melalui device elektronik.

Demikan artikel kami mengenai pengertian e-mail secara umum dan menurut para ahli, fungsi dan jenis-jenis dari e-mail. Semoga bermanfaat bagi anda.

0 Comment

Comments closed.