Pengertian Digital, Sejarah, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangan Digital

Digital adalah sebuah gambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 atau off dan On. Digital sendiri berasal dari kata digitus yang artinya jari jemari dalam bahasa Yunani.

Jadi, jika kita hitung jari jemari dari orang dewasa, maka akan berjumlah sepuluh. Nah, nilai sepuluh itu yang terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0. Untuk memahami lebih lanjut kami akan mengulas dalam pembahasan dibawah ini.

Pengertian Digital

Digital adalah suatu penggambaran dari suatu keadaan atau juga situasi bilangan yang terdiri dari angka 0 serta 1, atau on dan off.

Dalam pendapat lain ada juga yang mendefenisikan bahwa digital ini ialah suatu sinyal atau data yang dinyatakan dalam serangkaian angka yaitu angka 0 dan 1, pada umumnya semua itu diwakili dengan adanya nilai kuantitas fisik seperti tegangan  atu polarisasi magnetik.

Digital menggambarkan suatu teknologi elektronik yang menyimpan, menghasilkan dan memproses data dalam dua kondisi: seperti kondisi positif dan non-positif. Angka satu di wakili oleh angka 1 dan non-positif diwakili oleh angka  0.

Setiap digit status ini disebut dengan bit (byte). Sebelum ditemukannya teknologi digital ini, transmisi elektronik terbatas diteknologi analog.

Dengan menyampaikan data dalam bentuk sinyal elektronik dai berbagai macam frekuensi atau amplitudo yang ditambahkan kegelombang pembawa frekuensi tertentu.

Teknologi digital pada umumnya digunakan dimedia komunikasi baru misalnya seperti satelit dan juga transmisi serat optik(fiber optik).

Kita bisa berpedoman seperti contohnya yaitu modem yang sering digunakan untuk mengubah informasi digital pada komputer menjadi sinyal analog untuk  saluran telepon dan untuk mengubah sinyal telepon analog menjadi infomasi digital disebuah komputer.

Sejarah Singkat Digital

Digital atau yang lebih sering kita kenla dengan digitalisasi merupakan bentuk dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital. Kita perlu ketahuai bahwa digitalisasi ini telah terjadi sejak tahun 1980 dan masih tetap berlanjut sampai saat ini.

Kemunculan era digital ini karena darevolusi yang dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Kehadiran inilah yang menjadi awal era informasi digital atau bisa dikatakan perkembangan teknologi modern.

Digital merupakan bentuk modernisasi atau sebuah pembaharuan dari penggunaan teknologi yang mana sering dikaitkan dengan kemunculan komputer dan internet.

Segalanya bisa kita kerjakan melalui suatu peralatan canggih tersebut agar memudahkanurusan masyarakat. Dengan terjadinya revolusi digital inilah yang mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang semakin canggih.

Karena adanya perkembangan dalam bidang teknologi tentu sangat membuat perubahan besar diseluruh dunia. Mulai dari membantu mempermudah pekerjaan saat ini.

Manfaat Digital

Sebagaimana yang telah dijabarkan dari pengertian dan sejarah digitalisasi tentu juga memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Apalagi digital tidak hanya menjangkau lingkup kecil, kita bisa saja lebih dekat dengan siapapun meskipun terhalang jarak yang cukup jauh secara geografisnya. Berikut beberpa manfaat digital:

1). Kemudahan dalam berkomunikasi

Tentu dengan kehadiran era digital saat ini sangat memudahkan kita saat berkomunkasi. Sekarang setiap orang sudah dikelilingi dengan perangkat canggih contohnya smartphone. Dengan perangkat tersebut kita bisa saling terhubung meskipun kita berada dibelahan dunia yang berbeda.

Apalagi dengan adanya internet yang semakin meluas . Kemajuan digital semakin terasa dan sangat memudahkan kita dalam mengakses sesuatu.

2). Mobile dan fleksibel

Tentu dengan kehadiran era digital, apapun yang kita lakukan akan terasa lebih mudah dan tanpa batas.

Dengan begitu bisa kita buktikan dari adanya kemudahan untuk mengikuti berbagai jenis acara tanpa harus hadir dalam acara tersebut.

Sekarang apapun bisa dilakukan secara mobile. Misal saat melakukan pendaftarn dan penerimaan mahasiswa baru di sekolah atau perguruan tinggi.

3). Internet lebih domain dari penggunaan pulsa

Saat ini di zaman digitalisasi penggunaan internet tentu lebih mendominasi  dalam berbagai keperluan.

Apalagi kita sebagai kaum milenial internet sangat berperan penting misal dalam perkuliahan yang dilakukan secara daring atau kegiatan seminar dan lainnya.

Semua orang lebih memilih kehabisan pulsa daripada paket data. Paket data bisa mengakses segala macam termasuk berkomunikasi dengan menggunakan berbagai aplikasi.

4). Mudah berbelanja dan memperoleh berbagai hal yang diperlukan

Kehadiran internet yang mendukung berkembangya digital juga memunculkan ecommerce dan juga toko online. Sehingga, kita merasa sangat mudah melakukan transaksi saat memenuhi kebutuhan.

Ini sangat memudahkan kita karena kita tidak perlu datang ke lokasi yang juga butuh waktu dan biaya. Kita bisa tahu penjual dan pembeli meskipun dari jarak jauh.

Kelebihan dan Kekurangan Digital

Tentunya sebagus apapun sebuah perkembangan teknologi pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Mari kita ulas kelebihan dan kekurangan dari digital.

Kekurangan Teknologi Digital

Berikut dibawah ini kekurangan teknologi digital, antara lain sebagai berikut.

1). Data-data yang dikirim akan selalu tersimpan dan tidak akan terdampak pada cuaca buruk atau dampak lainnya. Karena, data yang ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital.

2). Terdapat berbagai jenis sistem komunikasi sudah tersedia dan bisa kita manfaatkan.

3). Untuk biaya perawatannya tentu lebih rendah, praktis dan lebih stabil.

Kelebihan Teknologi Digital

Berikut dibawah ini kelebihan teknologi digital, antara lain sebagai berikut.

1). Kadang terdapat potensi kesalahan saat mengubah sinyal analog ke sinyal digital.

2). Kadang terjadi peretasan data yang penting seperti data pekerjaan, biodata, nomor rekening dan lain sebagainya oelh oknum yang tidak bertanggung jawab atau yang biasa disebut hacker.

3). Memberi efek candu yang berlebihan kepada para penggunanya. Yang mempengaruhi kurangnya rasa peduli terhadap sesam saat sekarang ini.

Sekian ulasan kami mengenai pengertian, sejarah, manfaat, dan kelebihan serta kekurangan digital.

Semoga ulasan kami bermanfaat dan membantu kamu memahami tentang digital. Terimakasih ya telah berkunjung.

 

Berita terkait:
JANGAN LEWATKAN