Pengertian Desain, Prinsip dan Unsur – Unsur Desain

Subtitle goes here

By:

Agustus 30, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Apa yang ada di benak anda ketika mendegar kata desain? Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar kata desain. Namun, apa sih pengertian desain itu?

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian desain secara umum dan menurut para ahli,prinsip dan unsur-unsur sebuah desain.

Pengertian Desain Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Kata desain sendiri merujuk pada bahasa inggris “design” yang berarti sebuah rancangan atau merancang. Secara umum, desain memiliki arti sebagai sebuah rancangan yang dilakukan sebelum dilakukannya pembuatan sebuah objek.

Ada juga yang mengatakan bahwa desain adalah proses dalam merencanakan sebuah objek yang bertujuan supaya objek yang dibuat memiliki nilai dan fungsi bagi manusia.

Untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai desain, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian dari desain. Berikut beberapa pengertian desain menurut beberapa para ahli.

1. Dudy Wiyancoko

Dudy Wiyancoko mengatakan bahwa desain merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembuatan suatu konsep, analisis sebuah data dan masih banyak lagi.

2. Soekarno dan Lanawati Basuki

Soekarno dan Lanawati Basuki mengatakan bahwa desain ialah sebuah pola rancangan yang menjadi basic dalam penciptaan sebuah benda.

3. Coirul Amin

Coirul Amin mengatakan bahwa desain ialah sebuah sketsa bentuk, bentuk perencanaan yang dapat diterapkan kepada sebuah objek.

4. J.B. Reswick

J.B. Reswick mengatakan bahwa desain ialah kegiatan yang bersifat kreatif yang didalamnya terdapat pembuatan sesuatu yang baru dan juga memiliki manfaat yang tidak ada sebelumnya.

5. Bruce Nussbaum

Bruce Nussbaum mengatakan bahwa desain ialah alat pembantu untuk membuat inovasi di berbagai sektor industri serta bisnis.

6. Oxford Dictionaries

Oxford Dictionaries mengatakan bahwa desain ialah sebuah rancangan atau gambar yang diciptakan untuk menujukkan tampilan serta fungsi sebuah bangunan dan benda lainnya sebelum diciptakan.

7. Dedi Nurhadiat

Dedi Nurhadiat mengatakan bahwa desain ialah suatu rancangan dalam merealisasikan bermacam gagasan.

8. Andya Primanda

Andya Primanda mengatakan bahwa desain ialah suatu cara yang dilakukan untuk mencari titik terang dari berbagai macam kritik yang seringkali terdapat perbedaan.

9. Jones

Jones mengatakan bahwa desain ialah suatu kegiatan atau inisiatid yang dilakukan guna mengubah karya manusia.

10. Janner Simarmata

Janner Simarmata mengatakan bahwa desain ialah sebuah aplikasi yang telah dirancang untuk bisa melakukan sesuai dengan keinginan.

Prinsip Desain

Prinsip sebuah desain sendiri memberi kemudahan dalam memilih seperti apa penggunaan elemen desain. Berikut beberapa prinsip desain, diantaranya:

1. Keselarasan

Keselarasan merupakan salah satu prinsip desain yang merupakan keteraturan tata letak diantara bagian-bagian pada sebuah karya.

Keselarasan ini menjadi faktor pembentukan unsur-unsur lain seperti keseimbangan dan lain sebagainya dan perpaduan itu saling mengisi dan menimbang.

2. Kesebandingan

Kesebandingan merupakan salah satu prinsip desain yang berarti hubungan perbandingan diantara satu bagian dengan bagian lain maupun bagian dengan elemen secara keseluruhan.

3. Irama

Irama merupakan salah satu dari prinsip desain yang dapat dirasakan. Ritme sendiri dapat muncul dikarenakan adanya pengulangan pada bidang yang menyebabkan seseorang dapat merasakan suatu getaran atau perpindahan dari satu unsur ke unsur-unsur lainnya.

4. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan salah satu dari prinsip desain yang menjadikan suatu karya itu bagus. Keseimbangan dapat dicapai jika setiap elemen diletak dan disusun dengan serasi

5. Penekanan

Penekanan merupakan salah satu dari prinsip desain yang bersifat untuk menekan atau mengarahkan para pembaca terhadap sesuatu yang menjadi fokus utama sebuah desain.

Unsur – Unsur Desain

Beberapa unsur-unsur desain diantaranya :

1. Garis

Garis ialah unsur desain yang terbuat serta terbentuk dari titik-titik yang dimana titik tersebut dihimpit yang akan membentuk sebuah garis. Sebuah garis memiliki wujud yang sangat beragam dan mempunyai kesan tertentu sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan.

2. Bidang

Bidang merupakan salah satu unsur desain yang berarti seluruh wujud yang memiliki tinggi dan juga lebar dapat dikatakan sebagai sebuah bidang. Bidang sendiri memiliki banyak bentuk seperti persegi, lingkaran dan masih banyak lainnya.

3. Warna

Warna merupakan salah satu unsur desain yang menjadi menarik perhatian seseorang. Penggunaan warna sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena warna itu dapat memberikan kesan persepsi yang berbeda-beda kepada orang yang melihatnya. Warna pada sebuah desain memiliki dua warna penting yaitu Red,Green,Blue (RGB) dan CYMK yang kedua warna tersebut dapat digunakan sesuai dengan keinginan.

4. Tekstur

Tekstur merupakan salah satu unsur desain yang menjadi permukaan suatu benda. Tekstur pada sebuah desain umumnya bersifat semu, yang berarti hanya memberikan kesan tidak nyata saja.

5. Ukuran

Ukuran merupakan salah satu unsur desain yang memberikan penekanan tertentu kepada besar atau kecilnya suatu objek. Adapun besar dan kecilnya ukuran bisa memberikan kemudahan kepada para pembaca untuk memilih suatu informasi yang dirasa penting dikarenakan pembaca tersebut secara tidak langsung diarahkan kepada suatu objek dengan penekanan tertentu.

Demikian pembahasan kami mengenai pengertian desain secara umum dan menurut para ahli, prinsip dan unsu-unsur dari sebuah desain. Semoga bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.