Pengertian Desain Grafis, Unsur-Unsur dan Prinsip Desain Grafis

Subtitle goes here

By:

Agustus 30, 2021

Shares

0.0 of 0 Users
Loading...

Apakah sebelumnya anda pernah mendegar istilah desain grafis? Pada saat sekarang ini, banyak perusahaan atau para start up yang mencari seseorang yang memiliki kemampuan dalam mendesain terutama desain grafis.

Namun sebelum membahas lebih lanjut, kira-kira apa sih yang dimaksud dengan desain grafis tersebut? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian desain grafis secara umum dan menurut para ahli,unsur-unsur dan prinsip-prinsip desain grafis.

Pengertian Desain Grafis Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Secara umum, desai grafis dapat didefenisikan sebagai sebuah karya estetika yang diolah dari proses komunikasi yang menggabungkan beberapa elemen visual seperti tipografi, fotografi ataupun ilustrasi untuk menyampaikan sebuah pesan secara efektif.

Pada awalnya kemunculannya, desain grafis sering dgunakan untuk keperluan perusahaan seperti membuat logo dan merek,desain produk dan lain sebagainya.

Akan tetapi, seiring waktu desain grafis tidak hanya digunakan dalam mendesain logo atau merek saja, melainkan di segala bidang. Seperti sosial media yang semakin populer yang didukung dengan sentuhan warna dan konsep yang lebih kekinian.

Untuk dapat mengetahui lebih dalam mengenai desain grafis, kami telah merangkum beberapa pendapat para ahli mengenai defenisi desain grafis. Berikut beberapa pendapat para ahli mengenai  defenisi desain grafis.

1. Suryanto

Suryanto berpendapat bahwa desain grafis merupakan penerapan dari kemampuan seni dan juga komunikasi sebagai suatu kebutuhan bisnis dan juga industri.

Contoh pengaplikasiannya seperti dalam membuat sebuat iklan dan dalam hal penjualan produk,menciptakan identitas visual untuk institusi dan lain sebagainya.

2. Warren

Warren berpendapat bahwa desain grafis merupakan suatu ide atau pemikiran yang dituangkan dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

3. Jessica Helfand

Menurut Jessica Helfand, desain grafis ialah kombinasi secara kompleks dari kata-kata dan gambar,angka-angka dan juga foto-foto yang membutuhkan suatu pemikiran khusus dari seorang individu yang mampu menggabungkan beberapa elemen tadi sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang khusus,mengejutkan atau yang mudah diingat banyak orang.

4. Blancard

Blancard berpendapat bahwa desain grafis merupakan sebuah bentuk kemampun dalam berkomunikatif yang berkaitan dengan industri dan proses dalam menghasilkan sebuah gambar visual pada segala permukaan.

5. Michael Kroger

Michael Kroger berpendapat bahwa desain grafis merupakan latihan teori dan konsep melalui tema-tema visual yang menggunakan warna,garis dan unsur-unsur lainnya.

6. Danton Sihombing

Danton sihombing berpendapat bahwasannya desain grafis merupakan suatu bentuk pekerjaan yang dimana mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol dan unsur lainnya yang divisualisasikan melalui sebuah tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun dalam bentuk ilustrasi.

7. Henricus Kusbiantoro

Menurut Henricus Kusbiantoro, desain grafis merupakan makna kompromi diantara seni dan bisnis. Kusbiantoro berpendapat desain grafis melayani kebutuhan orang banyak pada pemecahan problem visual, tetapi juga tidak kehilangan ciri khas dari segi eksekusi visual secara konsep maupun teknis.

Unsur – Unsur Desain Grafis

Beberapa unsur-unsur desain grafis diantaranya:

1. Garis

Garis merupakan salah satu unsur dari desain grafis. Garis sendiri merupakan gabungan dari beberapa tiik yang saling terhubung dengan rapat.

2. Bidang

Bidang sendiri merupakan bentuk yang dihasilkan dari bertemunya tiitk awal dan titik akhir dari suatu garis.

3. Ruang

Ruang merupakan unsur desain grafis yang berupa dimensi dari sebuah desain grafis atau juga dapat dikatakan sebagai sebuah tempat dimana seluruh unsur desain grafis berkumpul dalam satu kesatuan.

4. Warna

Secara dasar, warna ialah potret atau gambaran yang diterjemahkan oleh otak dari mata manusia yang menangkap gelombang cahaya.

5. Tekstur

Tekstur merupakan salah satu unsur desain grafis yang berupa gambaran sifat dari jenis permukaan sehingaa dapat memberi kesan seolah-olah terlihat dan dapat diraba.

Prinsip Desain Grafis

Seorang desainer penting rasanya untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar desain grafis. Berikut beberapa prinsip-prinsip sebuah desain grafis.

1. Komposisi

Komposisi merupakan gabungan atau penataan. Tiap-tiap bagian dari desain grafis ditata dengan baik sehingga saling mendukung sebagai satu kesatuan visual yang utuh. Hal ini bisa diraih dengan menerapkan prinsip-prinsip desain grafis secara keseluruhan.

2. Keseimbangan

Dalam desain grafis, keseimbangan bukan berarti ukuran harus selalu sama persis. Keseimbangan juga dapat diterapkan lewat bentuk,warna serta juga tekstur. Suatu keseimbangan dapat dikatakan baik jika terlihat enak dipandang dan meninggalkan kesan yang positif.

3. Proporsi

Proporsi sendiri merupakan perbandingan antara setiap unsur sebuah desain grafis. Proporsi sendiri dapat diwujudkan melalui ukuran,posisi atau ruang.

4. Harmoni

Harmoni merupakan salah satu dari prinsip dasar desain grafis yang berkaitan erat dengan keserasian. Elemen-elemen pada desain grafis dalam nuansa yang tertata secara teratur serta proporsional sehingga dapat menarik perhatian bagi para penikmatnya.

5. Irama

Irama juga merupakan salah satu unsur prinsip desain grafis yaitu sebuah cara untuk menampilkan gerak. Pada desain grafis dua dimensi, gambar dibuat seolah-olah bergerak.

Sebuah karya desain grafis yang baik pastinya memperhatikan dan memenuhi seluruh prinsip-prinsip desain grafis. Tidak ada batasan dalam bagaimana menerapkan prinsip tersebut, yang terpenting desain grafis tersebut dihasilkan dengan baik dan dapat menarik perhatian.

Sekian pembahasan kami mengenai pengertian desain grafis secara umum dan menurut para ahli,unsur-unsur dan prinsip dasar desain grafis. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Comment

Comments closed.